Pelita Hidup Jangkau Dunia

3 Langkah Untuk Terlepas Dari Masalah

3 Langkah Untuk Terlepas Dari Masalah

3 Langkah Untuk Terlepas Dari Masalah

“Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN:

“Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”

*courtesy of PelitaHidup.com
Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.

Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.” Mazmur 91:1-4

Tidak habis-habisnya kita menghadapi masalah dalam kehidupan ini. Tetapi Tuhan memang tidak pernah berjanji kepada kita bahwa Dia akan menghilangkan masalah dari kehidupan kita.


Satu hal yang pasti adalah Dia berjanji akan melepaskan kita dari segala masalah yang kita hadapi dan memberikan kemenangan bagi kita atas masalah-masalah tersebut.

Lalu bagaimana agar kita dapat menerima kelepasan dari Tuhan dan meraih kemenangan atas setiap masalah?
*courtesy of PelitaHidup.com
.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Berikut 3 langkah yang dapat menjadi panduan bagi kita untuk terlepas dari masalah:

1. Jangan menjauh dari Tuhan

Keadaan susah yang kita alami tidak boleh membuat kita menjauh dan mundur dari Tuhan. Jika perlu kita harus lebih aktif lagi mencari wajah Tuhan.
*courtesy of PelitaHidup.com
Semakin kita menjauh dari Tuhan, maka perlindungan Tuhan juga akan menjauh dari kita. Kita akan menjadi lebih rentan lagi terhadap berbagai masalah dan bahaya yang menghadang. Kita tidak memiliki kekuatan untuk menghadapinya.

Tetapi jika kita tetap berada dalam naungan Tuhan, maka Tuhan akan selalu memberikan perlindungan bagi kita. Tidak ada sehelai rambutpun akan jatuh tanpa sepengetahuan Tuhan.

Sama seperti kisah Ayub yang mengalami pencobaan yang begitu berat, tetapi dia tetap menggantungkan hidupnya kepada Tuhan. Sehingga Tuhanpun memulihkan kehidupannya bahkan memberkatinya berlipat ganda.

Tetaplah dekat kepada Tuhan dan berusaha untuk lebih dekat lagi kepadaNya ketika kita sedang masalah yang berat. Maka kita akan melihat tangan Tuhan yang akan menolong dan melepaskan kita dari segala jerat yang ada.

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” Ibrani 10:25

Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.” 1 Timotius 4:8

.

2. Melangkah dengan iman

Tuhan akan mencurahkan hikmatNya bagi kita jika kita senantiasa dekat kepadaNya. Dia akan memberikan jalan keluar bagi kita. Melalui hikmatNya kita dapat mengambil tindakan untuk dapat menyelesaikan masalah.
*courtesy of PelitaHidup.com
Jangan takut untuk melangkah, berbuat sesuatu dan mengambil tindakan jika Tuhan sudah membukakan hati dan pikiran kita.
Damai sejahteraNya akan menjadi tanda bagi kita bahwa Tuhan akan menyertai langkah yang akan kita ambil.

Ketika Bangsa Israel melangkah dengan iman untuk menyeberangi Sungai Yordan dan masuk ke Tanah Perjanjian, mujizatpun terjadi dan sungai langsung terbelah dua menjadi kering.

Mujizat terjadi ketika kita melakukan langkah iman. Tanpa langkah iman, maka tidak akan ada mujizat dan pintu yang terbuka bagi kita.
Jangan takut dan kuatir, karena Tuhan senantiasa menyertai setiap langkah kita.

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.” Yosua 1:9

.

3. Nikmati kehidupan yang kita jalani

Rasul Paulus mengalami suka maupun duka, susah maupun senang, kelebihan maupun kekurangan, tetapi dia tetap menikmati seluruh kehidupannya.

Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Filipi 4:12-13

Apapun yang kita alami saat ini, tetaplah berusaha untuk menikmatinya. Tetaplah naikkan ucapan syukur kepada Tuhan. Mungkin kita berpikir bahwa masalah kita adalah masalah yang paling berat yang pernah ada di muka bumi ini.
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi jika kita lebih peka lagi untuk melihat ke sekeliling kita, lebih banyak orang yang memiliki kesusahan yang jauh lebih berat dari yang kita alami saat ini.
Dan Tuhan tetap memberikan kekuatan bagi masing-masing kita untuk melaluinya, karena Dia tidak pernah memberikan pencobaan melebihi kekuatan kita.

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” 1 Korintus 10:13

.

.

Cerita kehidupan kita tidak akan pernah berhenti sampai kita dipanggil oleh Tuhan. Cerita demi cerita, masalah demi masalah, suka maupun duka silih berganti berdatangan dalam kehidupan kita.

Tetapi jika kita dapat menikmatinya dan berjalan bersama Tuhan, maka kita akan semakin disempurnakan hari lepas hari. Dan cerita kehidupan kita akan menjadi bacaan terbuka bagi setiap orang yang ada di sekeliling kita bahkan menjadi berkat dan teladan bagi mereka semuanya.

Tetap berada dalam hadiratNya, tetap minta hikmatNya dan melangkah dengan iman, serta nikmati apa yang ada pada kita dan mengucap syukur kepada Tuhan. Kita pasti akan melihat pertolongan Tuhan atas hidup kita.

Dia tidak pernah berhutang kepada kita. Jangan pernah ragukan kebesaran tangan Tuhan. Tetap berharap dan andalkan Dia. Haleluya!

.

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” Filipi 4:6

“TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya;
apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” Mazmur 37:23-24


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 81 respon

  1. sungguh menguatkan hati.

  2. Tuhan pasti buka jalan ….. tetap teguh dalam pengharapan akan KRISTUS ..

  3. Tq 4 d article..
    It reminds me to get closer to God,,
    Sukses terus
    Gb

  4. Thx bt renungannya pk Riva bnr2 sngt menguatkan sy yg sdg dlm pergumulan,sy dpt menangkp pesen TUHAN bhw disaat dlm pergumulan hrs smkin dkt dg TUHAN,melangkahlah dg iman bhw apapun yg sdg kt gumuli skrg psti TUHAN bri jln keluar,tp hndaknya uji stiap jln keluar dlu krn jln TUHAN ada damai sjhtra,jd jgn menggunakan cara dan jln sndiri krn mslh justru smkin rumit,menikmati hdp skrg sy bljr utk lbh brsyukur dg smua yg trjdi dlm hdp sy,pergumulan2 yg sy alami membuat sy smkin kuat dan jd lbh berserah,bersandar pd TUHAN,thx JESUS,U ARE MY LORD

  5. sy sdg menghadapi beban berat,dimasalah keuangan sy terlilit hutang dan kredit card,bisnis agency asuransi sy sdg drop krn team terpecah direkrut oleh team lain.sy tetap berdoa dan saat teduh tp bbrp bln inerikan sy sarani sy slalu takut,khwatir,cemas sehingga sy tdk bisa melakukan apa,sy tdk bersemangat baca firmanpun rasanya biasa saja tdk ada sukacita.apa yg hrs sy lakukan tolong sy

    • kita bukan direkrut team lain.. melainkan dengan opsi sendiri karna beberpa pertimbangan.. besar harapan saya setadinya bapa bisa berubah dan mengarah ke hal positive.. tapi bapa seakan menantang dan membiarkan.. saya sudah buka diri untuk mediasi.. tapi malah dibilang pahlawan kesiangan.. saya berdoa semoga pa jul ada dalam lindungan-Nya

    • saya punya kisah yg sama dg bpk, saya ditipu orang -+700jt-an. orang itu kabur entah kemana.sampai saat ini saya masih nyicil bayar keorang2. Dalam keadaan pikiran saya yg kacau akhirnya saya kecelakaan dan kaki saya retak dan bergeser dipersendian lutut saya, hingga membuat saya tidak bisa berjalan setelah itu masih ada lagi kejadian yg mengejutkan saya. mami mertua saya meninggal. hingga dalam keadaan yg kekurangan saya harus hadapi dan tanggulangi seluruh masalah itu. Dan harus keluar uang yg cukup banyak, sedangkan saya masih dililit hutang yg bukan hutang saya. Tapi saya punya keyakinan BAHWA TUHAN KITA LEBIH BESAR DARI PERMASALAHAN KITA. Saya pasrah apa yg Tuhan mao dalam hidup saya. Saya lakukan apa yg menjadi bagian saya yaitu tetap bekerja dan saya serahkan apa yang menjadi bagiannya Tuhan. Puji Tuhan saat ini saya sdh mendapatkan jalan keluar dan saya yakin bersama Tuhan saya akan lepas dari permasalahan saya yang begitu kompleks. BADAI PASTI BERLALU DAN MATAHARI PASTI BERSINAR KEMBALI. Percayalah kepada Tuhan kita BAHWA TUHAN YESUS ITU AJAIB. Dia yang melukai dan Dia juga yang membebat. terpujilah nama Tuhan. Semoga kesaksian saya bermanfaat buat bapak. Tuhan Yesus memberkati

  6. Tiga langkah yaitu: Jgn menjauh dari Tuhan; Melangkah dengan iman dan Menikmati kehidupan yg kita jalani adalah wujud kesediaan kita sebagai orang percaya untuk bertahan dalam pencobaan (Yak 1 : 12) agar dapat menerima janji-janji Allah. Itu sebabnya Yakobus mengatakan: “Berbahagialah orang yg bertahan dalam percobaan (masalah). Dan Allah mengijinkan percobaan itu terjadi dalam hidup kita untuk memberkati kita. Jangan takut, karena kita mengimani bahwa cobaan yg kita alami tidak melebihi kekuatan kita, karena yang mau bertahan dalam ujian itu Tuhan akan berikan jalan keluar yang berharap kepada-Nya (1 Kor 10 : 13)

  7. “Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku. Amin. I love Jesus.

  8. berbahagialah orang yang mendengar dan percaya apalagi yang membaca firmanNYA dan merenungkannya, percayalah kasih dan karuniaNYA akan terus melimpah dalam kehidupan kita amin.
    Salam Dahsyat buat pak Riva semoga berkatNYA melimpah terus, juga tak lupa Met Natal buat semua..

  9. Sungguh indah janji Tuhan, bahwasanya Dia telah menentukan langkah dalam hidup kita…sebagai manusia yang penuh dengan kelemahan sering kita lupa bahwa kita memiliki Allah yang sangat mengasihi anak-anakNya yang setia menopang dengan Tangan KuasaNya………
    Terima Kasih Kristus Engkau telah mengingatkanku……. amin

  10. Hanya dekat Tuhan saja aku tenang, renunganya semakin menguatkan aku menjalani hidup yang penuh tantangan dan rintangan, Tuhan Yesus memberkati kita semua Amin.

  11. Puji Tuhan,melalui renuangan ini saya sangat diberkati dan didorong sewaktu saya berada dalam kesesakan,firman inilah yang menguatkan saya,dan bukan itu sahaja bahkan saya berkongsi di Persekutuan Doa untuk menguatkan mereka,mari kita sama-sama bergumur dalam doa supaya ramai lagi jiwa yang dimenangkan,Tuhan memberkati. . . Amin

  12. Luar biasa……….

  13. selagi kita berjalan bersama Tuhan, semua masalah ada jln penyelesaian…
    kerana tiada yg mustahil bg NYA…gbu

  14. 3 Langkah sesuai ayatnya : 1. duduk dalam naungan yg maha tinggi 2. bermalam dalam naungan yg Maha Kuasa…. 3. berkata kepada Tuhan : Engkaulah tempat perlindunganku, kubu pertahananku.. tidak ada masalah yg betah tinggal dgn kita….God bless bung Rivai

  15. Pertama-tama saya selalu ucapkan terima kasih kepada Pak Riva yang dengan setia mengirim renungan untuk saya.
    Selama kita masih hidup dalam dunia ini tak habis-habisnya masalah yg kita hadapi tak terkecuali dari masalah yg ringan sampai yg berat, namun kita tetap bersyukur Tuhan kita Yesus Kristus selalu ada dalam kehidupan kita, dan kita diberi hikmat untuk melihat setiap masalah yg kita hadapi lalu Tuhan tidak membiarkan kita untuk menghadapi masalah itu sendirian ada Dia yg sanggup menyelesaikan semua masalah kalau kita tetap didalam Dia.
    Trims Pak Riva, GBU jaya terus Pelita Hidup untuk selalu memberi terang dalam setiap kehidupan kita melalui firmanNya.

  16. bagus sekali…terimakasih ya buat pesannya,,,
    kiranya dalam tiap pergumulan kita senantiasa berlari kepada Bapa..
    AMEN..
    Tuhan Yesus memberkati..
    GBU..
    –@.@–

  17. saya percaya setiap masalah pasti punya jalan keluar,,dalam renungan ini pun ada kiatnya untuk mengatasi masalah,,thanks yaa,,renungannya memberikan penguatan,,..

  18. Terima kasih Firman Tuhan ini sangat memberkati, saya dikuatkan melalui firman Tuhan ini dan memberi keyakinan yang penuh untuk terus berjuang di dalam hidup bersama Yesus. sebagai manusia kita tidak pernah lari dari masalah tetapi saya yakin Tuhan masih tetap mengasihi kita dan mengangkat kita lebih tinggi lagi Amin. tq ya Tuhan memberkati pelayanan Pastor.

  19. Puji Tuhan..hari ini saya memperoleh sukacita dari renungan ini, kiranya sukacita ini boleh menjadi berkat juga buat keluargaku dan saudara2ku..terima kasih Pelita Hidup, kiranya pelitamu senantiasa bersinar dan menerangi hati umat yang percaya padaNya…amin..

  20. kuatkan diriku untuk menempuhi segala masalah aku hadapi..aku tak sanggup menanggung beban ini

  21. trima kasih Pak Riva buat renungannya.saya bersyukur karena renungan ini membuat saya tdk perlu takut utk menjalani hidup ini,baik didalam tantangan atau dlm segala hal,karena ada Tuhan Allah yg selalu menyertai dan memberi kemenangan bagi yg mengandalkan Dia.Trims GBU

  22. renungan yang luar biasa, saya mau belajar selalu bersandar kepada TUHAN dalam keadaan apapun ,semoga Tuhan memberikan kekuatan untuk mengatasi segala persoalan,karena saya percaya Tuhan maha kasih, maha pengampun dan penolong yang tepat pada waktunya,Amin.

  23. Terimakasih pak rival Tuhan Yesus menyertai dan memberkati semua orang yang percaya kepadaNya
    biarlah berkat itu mengalir seperti air yang mengalir disungai yang tak pernah kering, dan kuasanya menyertai kita sekalian. Amin

  24. terima kasih atas renungan ini. Puji Tuhan renungan ini benar2 menguatkan saya dalam menjalani kehidupan ini, saya percaya Tuhan selalu menyertai dan memberkati kehidupan kita..Amin.

  25. terima kasih atas renungan ini.saya percaya banyak orang akan mendapatkan kekuatan. semoga tuhan memberkati pelayanan ini.

  26. sungguh dasyat kuasa Tuhan, dengan renungan ini aku diberi solusi

  27. TUHAN memang sangat luar biasa……………! walau terkadang kita berontak tetapi Tuhan maha pengampun. Di saat datang pergumulan terkadang kita mengeluh sebelum menjalaninya, terima kasih untuk Renungan Baru, membuka mata hati dan pikiran saya bahwa disaat datang pergumulan Tuhan selalu ada bersama dan Rancangan Tuhan indah pada akhirnya.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: