Pelita Hidup
“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.” Filipi 1:22a Begitu banyak hal yang harus kita hadapi selama...

Tujuan Hidup: Bekerja Memberi Buah“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.” Filipi 1:22a

Begitu banyak hal yang harus kita hadapi selama kita masih hidup di dunia ini. Masalah tidak akan pernah habis-habisnya, tetapi akan terus datang. Menjadi pengikut Kristus bukan berarti bahwa kita akan terlepas dari masalah, tetapi kita akan mendapat kekuatan dari Tuhan untuk dapat melalui masalah tersebut.

Rasul Paulus sendiri juga menyadari hal tersebut. Dia mengalami begitu banyak masalah dalam hidupnya. Tidak hanya masalah biasa, tetapi hingga aniaya dan penderitaan yang hampir merenggut nyawanya.

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.” Filipi 1:21

Rasul Paulus mengerti bahwa jika dia sudah tidak ada di dunia ini lagi, dia tidak akan mendapat berbagai masalah lagi dan tidak perlu bersusah-payah seperti yang dia alami saat itu. Tetapi dia tetap menyadari bahwa hidupnya adalah milik Kristus. Dan jika dia masih hidup, dia harus terus bekerja untuk menghasilkan buah bagi kemuliaan nama Kristus.

Kita banyak melihat anggota keluarga, teman, kenalan dan orang-orang yang sudah dipanggil Tuhan lebih dahulu. Mereka yang telah percaya kepada Yesus akan menerima upahnya di Sorga. Mereka telah lebih dahulu menjalankan tugas yang diberikan Tuhan bagi mereka dan tugas mereka telah selesai.

Lalu bagaimana dengan kita yang masih hidup? Sama seperti yang disampaikan oleh Rasul Paulus, kita harus menyadari bahwa kita hidup dengan suatu tujuan. Dan kita mempunyai tugas untuk menghasilkan buah bagi Kerajaan Sorga, baik itu buah pertobatan, buah pelayanan, buah jiwa-jiwa dan lainnya.

Kita dapat melayani Tuhan di manapun kita berada. Pelayanan bagi jiwa-jiwa tidak hanya di dalam gereja saja, tetapi juga di luar gereja. Begitu banyak jiwa yang belum terjangkau dan belum mengenal Kristus. Melalui setiap pribadi kita, Tuhan dapat memakai hidup kita untuk menjadi saksi Kristus. Orang-orang di sekitar kita akan melihat kehidupan yang kita jalani sehingga mereka akan mendapat berkat melalui kehidupan kita.

Mari kita terus bekerja untuk memberi buah bagi Kristus. Tidak ada kata selesai selama kita masih hidup di dunia ini. Kalaupun saat ini kita masih belum tahu apa yang harus kita lakukan, lakukan saja kebaikan dan perintah-perintah yang Tuhan Firmankan. Dengan menjalani hidup sesuai dengan Firman Tuhan, tidak menyimpang ke kiri dan ke kanan, kita telah ikut ambil bagian untuk memberi buah bagi Kristus.

Tidak hanya itu saja, bagi kita yang bekerja di dunia sekuler, biarlah kita bekerja dengan sungguh-sungguh. Bagi yang berwirausaha, biarlah melakukan usahanya sesuai dengan nilai kebenaran. Bagi yang sedang studi, biarlah belajar dengan rajin. Bagi yang ada dalam pelayanan pekerjaan Tuhan, biarlah tetap melayani dengan hati yang murni. Apapun yang kita kerjakan, biarlah itu kita lakukan dengan sungguh-sungguh seperti kita melakukannya untuk Tuhan.

Tuhan akan terus menambahkan talenta bagi setiap pribadi yang tekun dan setia menjalani pekerjaannya dan melakukan perintahNya. Dia akan terus mengangkat hidup kita dan Dia akan senantiasa memberikan kekuatan bagi hidup kita.

Ada saatnya kita merasa lelah, tetapi jika kita mengalami kelelahan tersebut, biarlah kita datang kepada Tuhan. Dia akan memberikan kekuatan baru bagi hidup kita. Dan kita tidak akan pernah berhenti bekerja untuk memberi buah. Haleluya!

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. ” Yesaya 40:31

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • ferdinand

    November 3, 2010 #1 Author

    Terimakasih atas Renungan Pelita Hidup yang menolong pelayanan saya,melalui renungan yang saya diberkati dan memberkati jemaat Tuhan yang saya layani.

    Reply

  • eelly

    November 3, 2010 #2 Author

    thx u/ renungannya sangat memberkati saya. selama kt msh hdp, tujuan kt blm berakhir. thx pelita hdp team.

    Reply

  • Nur Husodo

    November 3, 2010 #3 Author

    Terima kasih …. pak Riva, atas renungannya. ya …. selagi kita masih diberi kesempatan untuk hidup di dunia ini …. itu berarti Tuhan Yesus memberi kesempatan untuk berbuah.

    Reply

  • murni dorkas

    November 3, 2010 #4 Author

    Ya, renungan hari ini mengingatkan kembali kepada kita-kita bahwa semangat akan terus bekerja di ladang Tuhan tidak akan mudah berhenti karena iblis juga tidak berhenti ingin bertahta di hati kita.
    Untuk itu marilah kita tingkatkan pelayanan kita sesuai dengan telenta yang telah Tuhan berikan kepada kita masing-masing.

    Reply

  • sangap bakara

    November 3, 2010 #5 Author

    kembali mengingatkan saya kepada kasih mula mula.
    terimakasih karena renungan ini membantu saya mengevaluasi diri.

    Reply

  • wancik

    November 3, 2010 #6 Author

    Hidup ternyata tidak sekedar rutinitas belaka, butuh kekuatan dari Tuhan, bahkan berbuah untuk kemuliaan nama Kristus, Amin.

    Hidup menjadi panutan sesuai firman Tuhan bagi keluarga dan lingkungan kita, bukanlah perkara mudah ! perlu konsistensi dan tanggung jawab. Untuk tindakan nyata tidak ada salahnya saya curi start daripada tidak pernah memulainya sama sekali meskipun “tomat”, yang tentunya tetap bersandar kepada kekuatan Allah kita dan saya sangat percaya bahwa, saya akan dibentuk indah pada waktunya sesuai janji Kristus.

    Tuhan berkati !

    Reply

  • Ria

    November 3, 2010 #7 Author

    Hidup ini terlalu singkat untuk di pakai dengan hal yang berguna,terlalu lama untuk di pakai dengan hal-hal yang tidak berguna.Biarlah semua anak-anak Tuhan semakin menyadari dan tidak menunda2 untuk melakukan hal yang berguna dan melakukannya sungguh2 untuk Kemulian nama Tuhan.

    Reply

  • Theo MB

    November 3, 2010 #8 Author

    Terima kasih, Pelita Hidup, melalui renungan-renungan yang dikirim ke saya, banyak memberikan inspirasi dan kekuatan dalam menjalani hidup dan panggilan saya.
    Saya kira ini adalah salah satu buah pelayanan dari Pelita Hidup yang dapat dinikmati oleh banyak pembacanya. Terima kasih, maju terus, Tuhan memberkati.

    Reply

  • Melda

    November 3, 2010 #9 Author

    Terima kasih buat renungan ini, sungguh luar biasa. saya mendapat kekuatan baru dan semakin semangat dalam menjalani hidup yg penuh liku yg kadang sulit untuk dimengerti. namun setelah baca renungan ini, saya percaya Tuhan punya rencana yg indah dalam hidupku. kiranya Tuhan memampukan kita untuk menjadi berkat kapanpun dan dimanapun kita berada, supaya org2 semakin prcaya dan menerima Yesus.

    Tuhan memberkati.

    Reply

  • Stevanus At

    November 3, 2010 #10 Author

    Jadilah Surat Kristus yang hidup….
    Perlihatkan terangmu….
    maka orang-orang di sekitar kita akan melihat kehidupan yang kita jalani dengan demikian kita juga telah ikut ambil bagian untuk memberi buah bagi Kristus.

    Reply

  • Sunarko

    November 3, 2010 #11 Author

    Makna judulnya sungguh indah Pak Riva, memang hidup ini harus berbuah dalam segala hal tidak dalam satu macam [pekerjaan, akan tetapi bermacam – macam kegiatan yang kita lakukan bisa menghasilkan buah. Dan kita tak pernah takut dalam menjalankan suatu yang benar , terima kasih untuk renungannya hari ini Amin

    Reply

  • Anita Charolin

    November 3, 2010 #12 Author

    Shalom,
    Puji Tuhan.. terimakasih atas renungan baru yang sangat menguatkan. saya mengaminkan bahwa sebagai umat percaya kita tidak akan pernah lepas dari masalah dan telah menjadi kesaksian saya bahwa melalui pergumulan hidup iman kita semakin bertumbuh semakin dewasa, dalam segala usaha/kerja harus selalu mengucap syukur dan melakukannya dengan segenap hati serta bertanggung jawab karena dengan begitu kita akan memetik buah kebaikan.

    Reply

  • Zelinsky Agustinus Kansil

    November 3, 2010 #13 Author

    Trima Kasih untuk Firman Tuhan yg sudah boleh menguatkan saya untuk melangkah,berkarya dan bekerja bagi kemuliaan nama Tuhan sehingga bisa memberi buah… Terpujilah Tuhan.HALELUYAH AMIN

    Reply

  • David Mulyono

    November 3, 2010 #14 Author

    Satu hal yang harus kita yakini,
    Saat kita ngurusi pekerjaan Tuhan,maka Tuhan yang sama akan MENGURUSI segala kebutuhan dan keperluan kita.
    GBU

    Reply

  • ferry

    November 3, 2010 #15 Author

    Terima kasih buat renungannya,saya sangat dberkati karena sangat mengajar dan mengingatkan kita untuk selalu menghasilkan buah dimanapun kita berada dan dlm keadaan bagaimanapun keadaan kita.Kiranya kita tetap berbuah didalam Tuhan.Maju terus dalam pelayanan.God Bless We All

    Reply

  • Jessica

    November 3, 2010 #16 Author

    Terimakasih renungan ini. Sangat membantu ketika diri saya tepat dalam permasalahan. Tuhan akan membantu umatnya dalam berbagai cara salah satunya, ketika saya membuka link ini. Tuhan spt memberi jawaban dan kekuatan kepada saya. Terimakasih banyak.

    God Bless All.

    Reply

  • Stevanus At

    November 3, 2010 #17 Author

    Jadilah Surat Kristus yang hidup…
    Perlihatkan terangmu….
    maka kita telah ikut ambil bagian untuk memberi buah bagi Kristus.

    Reply

  • Muliani

    November 3, 2010 #18 Author

    terimaksih buat renungannya, dan renungan hidup untuk menghasilkan buah, mengingatkan kita bahwa kesempatan untuk hidup yang diberikan Tuhan sangat berarti untuk menghasilkan buah. terimaksih, Tuhan Yesus memberkat

    Reply

  • St.Dwi Martanto

    November 3, 2010 #19 Author

    Puji Tuhan, walaupun saat ini kita diperhadapkan dengan situasi, problem dan krisis yang dapat mengakibatkan kita sebagai anak Tuhan kadang goyah dan kehilangan identitas jati diri, tetapi Syukur kepada Allah Bapa Tuhan Kita tetap tidak Berubah hari ini sampai selama-lamanya. Amin

    Reply

  • David

    November 3, 2010 #20 Author

    Banyak orang2 saat ini tidak mengetahui tujuan mengapa dia hidup. Tidak tahu arah dan tujuan. Jadi menjalani hidup hanya sekedar nya saja. Tapi kita sebagai orang percaya, sangat bersyukur, krn kita mempunyai tujuan hidup yang jelas dalam dunia ini, yaitu menjadi “ambassador” nya Tuhan. Kita jadi orang2 kepercayaanNya, untuk hidup memuliakan namaNya. Menjadi berkat buat orang lain. Sungguh sangat berbahagia bila melalui hidup kita orang lain diberkati atau bahkan mengenal Kristus pertama kali sewaktu melihat kesaksian hidup kita. Morning. Be Blessed All. Jesus love you

    Reply

  • F.Ernie

    November 3, 2010 #21 Author

    Renungan ini sungguh memberi semangat dan inspirasi bagi saya pribadi yang kadang suka lelah dan lemah dalam Pelayanan.
    Terima kasih ,dan sungguh dapat menjadi berkat bagi banyak orang, saya akan selalu rindu dengan renungan2 yg menyejukkan ini.
    Terimakasih pak Reva, Cinta Kasih dan Berkat Tuhan selalu menyertai Bapak.

    Reply

  • ishak Iskandar Simarmata

    November 3, 2010 #22 Author

    Terima kasih buat Pelita Hidup, yg dapat menguatkan saya dan sekarang saya bekerja harus bisa memberi buah, Tuhan Yesus Memberkati. Amen

    Reply

  • Jessy

    November 3, 2010 #23 Author

    Renungan yang menyejukan hati, Terima kasih di ingatkan kembali bahwa pekerjaan kita merupakan ladang pelayanan dan semuanya itu untuk Yesus saja… Kelelahan fisik hanya sebagian kecil tantangan… Yesus memberikan kekuatan

    Reply

  • lenta

    November 3, 2010 #24 Author

    Renungan ini memberi semangat baru, bekerja untuk memberi buah. terimakasih. Tuhan memberkati

    Reply

  • wanwan

    November 3, 2010 #25 Author

    So blessed..
    ? ? ? •?Ha?k Ý??• ? ? ? so much..
    Langkah awal dihari yang baru.. Pelita hidup sangat memberkati.. ? ? ? •?Ha?k Ý??• ? ? ? so mucchhhh.. May ????:)??€ŠŠ:)?Ö?? always.. Have a blessed day..

    Reply

  • fenny

    November 3, 2010 #26 Author

    terima kasih wat renungannya y..mudah2 dari renungan ini fenny semakin di beri hati untuk bisa seperti firman di atas…

    Reply

  • musa tami liubana

    November 3, 2010 #27 Author

    Shalom
    Terima kasih renungan Pelita Hidup, hidup saya terasa nyaman setelah membaca renungan ini dan membuat saya semakin percaya bahwa hidup ini adalah Anugrah yang luar biasa yang Tuhan berikan kepada kita amin..

    Reply

  • ajun

    November 3, 2010 #28 Author

    Terima kasih untuk untuk renungan yang menguatkan. Bekerja itu adalah anugerah dari Tuhan, jadi bekerja harus dilakukan dengan sepenuh hati dan sukacita baik bekerja di ladang Tuhan maupun di dunia sekuler, bagi yang bekerja di dunia sekuler haruslah bisa membawa nilai-nilai prinsip Kerajaan Allah di manapun kita berada sehingga kita dapat menjadi saksi dan menjadi berkat bagi banyak orang, karena untuk itulah Tuhan Yesus memanggil dan memilih kita menjadi anakNya. Lord Jesus Bless us. amin.

    Reply

  • simon suganda

    November 3, 2010 #29 Author

    Puji Tuhan, saya mengaminkan Firman Tuhan tsb, Tuhan memeng tidak menjanjikan langit selalu biru cerah, tapi kadang-kadang mendung, bahkan hujan lebat, begitu juga dalam kehidupan saya, seringkali Tuhan izinkan saya mengalami masalah, pergumulan dan problema yang begitu berat, tetapi Tuhan selalu memberikan kekuatan kepada saya untuk menjalaninya bersama dengan Tuhan saya Yesus Kristus.

    Reply

  • esterlina

    November 3, 2010 #30 Author

    Renungan yang sangat indah di hari ini, dan sungguh saya merasa diberkati bahwa memang kita yang hidup di dunia ini seharusnya terus bekerja yang menghasilkan buah bagi sesama dengan tidak memandang status, jabatan, golongan atau siapapun dia. Kristus menginginkan kita terus berkarya di dunia. Tuhan Memberkati

    Reply

  • melky

    November 3, 2010 #31 Author

    terimakasi banyak Pelita Hidup…sungggu sangat membantu saya dalam pelayanan saya di kampus saya…banyak saja bahan yang di berikan yang membuat inspirasi sehat saya keluar..
    trus berkarya pelita hidup.. Gbu

    Reply

  • daniel

    November 3, 2010 #32 Author

    Siiip….ok deh…..
    lebih banyak belajar lagi dalam hari2 menanti kedatangan TUHAN
    ‘JADI TENTARA ALLAH DI AKHIR ZAMAN’

    thx..Gbu all.

    Reply

  • Yanti

    November 3, 2010 #33 Author

    Thanks, renungan ini membawa spirit baru. Mengingatkan kita untuk terus menghasilkan buah dan jangan menyerah pada keadaan yang ada disekitar kita.

    Reply

  • Jack

    November 3, 2010 #34 Author

    Tuhan Yesus itu baik.trims utk renungannya..

    Reply

  • Frederick

    November 3, 2010 #35 Author

    Firman Tuhan itu tepat, apapun pekerjaan kita dan dimanapun kita bekerja, mari kita untuk menjadi saksi dan berbuah di tengah banyak orang, saya juga mengalami hal itu, saya bekerja di suatu perusahaan dan juga mengambil bagian dalam pelayanan di gereja. saya begitu banyak mengalami masalah dalam hidup ini. Benar sekali apa yang sudah tertulis di atas, bahwa kita harus bersyukur selalu dan mari bekerja seperti untuk Tuhan. maka kita akan di berkati melimpah.

    Reply

  • marciana

    November 3, 2010 #36 Author

    Sungguh indah renungan ini sehingga membuatkan hati yang membacanya seakan diberi kekuatan untuk terus hidup dalam sukacita dan damai sejahtera.Susah ataupun senang dalam meniti kehidupan haruslah diharungi dengan sikap terbuka di sertakan dengan doa dan iman dalam hati…hanya Nama Yesus yang memberi kekuatan dalam hidup kita….Marilah kita sama sama tekun dalam berdoa .Amin.

    Tuhan Maha pengasih dan Maha Penyayang…semoga kita semua diberkati.

    Reply

  • Risma

    November 3, 2010 #37 Author

    Tuhan aku bersyukur atas pekerjaan dan penghidupan yg Kau beri….. Bapa, tolong aku ya Bapa, supaya aku dapat bekerja dengan sungguh-sungguh untuk kemuliaanMu, bukan untuk manusia semata
    Amin

    Reply

  • amelia

    November 3, 2010 #38 Author

    terima kasih untuk renungan hari ini, sangat menuntun dan menguatkan. halleluya….
    renungan pelita hidup semakin diberkati amin

    Reply

  • Jack

    November 3, 2010 #39 Author

    Thanks Pak Rival dan Pelita Hidupnya. Renungan pagi ini sangat menguatkan dan meneguhkan saya sebelum melakukan aktivitas serta memberikan gairah hidup untuk melayani Tuhan senantiasa. Tuhan memberkati.

    Reply

  • Yenni

    November 3, 2010 #40 Author

    Terima kasih renungan ini telah membangkitkan semangat saya yang sudah letih lesu. Renungan ini memberikan saya pandangan baru bahwa hidup ini bukan hanya mencari kelimpahan materi saja tapi juga harus berbuah dalam hal yang lain dan juga memberikan kekuatan bahwa hidup yang penuh masalah itu adalah hal yang umum dan tidak hanya terjadi untuk satu individu saja. Dan ayat terakhir memberi kekuatan dan harapan bahwa Tuhan akan selalu menyertai kita.

    Terima kasih atas revelation ini. Tuhan memberkati

    Reply

  • Rinus Waruwu

    November 3, 2010 #41 Author

    Trima kasih, setiap renungan Firtu sangat menguatkan saya karena hidup percaya mampu melalui setiap masalah dengan kekuatan baru yang dari Tuhan…GBU

    Reply

  • ROY

    November 3, 2010 #42 Author

    SOMO BARAKTIFITAS … TA ADA BACA …. EHHHH
    KITA MO BA BUAH BANYA HARI INI
    BIAR MO JADI BARKAT FOR BANYA ORANG.
    SALAM DARI MANADO

    Reply

  • Jonathan

    November 3, 2010 #43 Author

    Terimakasih Pak Riva, bpk telah mengingatkan saya untuk selalu memberi buah dalam hidup ini, terkadang kita terlalu ego menjalani hidup ini bahkan lupa siapa diri kita dihadapan Tuhan, sungguh tidak ada artinya karena kita orang berdosa, namun oleh kasiNya kita diangkat menjadi anakNya sungguh itu luar biasa, untuk itu biar hidup ini berarti maka kita harus menjadi berkat kepada orang lain dan berbuah banyak yaitu buah-buah kebaikan. Sekali lagi Terimakasih Bpk atas renungannya, jangan lupa kirimi terus renungan yang lain. Tuhan Yesus memberkati Bpk dan keluarga dan jaya terus Pelita Hidup.

    Reply

  • Timothy

    November 3, 2010 #44 Author

    Yes, Firman Tuhan Dahsyat hari ini, Buah adalah hasil dari Benih yang tumbuh, lalu menjadi pokok dan seterusnya memang harusnya memberi buah yang kemudian mungkin itu kembali menjadi benih lagi ditanah hati orang lain. dan jika itu terus berulang maka semua kita akan berbuah untuk Tuhan.

    Reply

  • Hana

    November 3, 2010 #45 Author

    Thanks, renungan ini kembali mangingatkan bahwa bila Tuhan masih memperkenankan kita untuk menghirup udara di dunia ini, berarti Tuhan menghendaki kita untuk tetap berkarya demi kemulyaan namaNya.

    Reply

  • Ario Murdiko

    November 3, 2010 #46 Author

    Hidup hanya sekali, berikan yang terbaik dengan satu motivasi : semua yang kita lakukan adalah untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kol 3:23. Jbu

    Reply

  • Harlen

    November 3, 2010 #47 Author

    Terimah kasih Renungan Pelita Hidup yang terus mengirim email Firman Tuhan kepada saya untuk menolong dan memberikan kekuatan kehidupan rohani saya.GBU

    Reply

  • dedi ginting

    November 3, 2010 #48 Author

    Terimakasih buat renungan paginya sudah mengajarkan saya hadirat Tuhan pasti bekerja bersama sama kita semua ..amin

    Reply

  • Eben

    November 3, 2010 #49 Author

    Terima Kasih Renungan Pelita Hidup Yang terus yang terus menolong kehidupan rohani saya tetap segar, kuat, dan sigap. Hidup adalah kesempatan untuk berbuah.

    Reply

  • setyobudi

    November 3, 2010 #50 Author

    Sungguh sangat indah renungan ini, yang selalu dapat memberi semangat untuk selalu dan selalu berkarya dalam hidup kita ini. Kita bekerja dan selalu berkarya bagi keluhuran nama Tuhan.
    Kiranya kita selalu dikuatkan dalam semangat melayani

    Tuhan memberkati

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *