Pelita Hidup
“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.” Filipi 1:22a Begitu banyak hal yang harus kita hadapi selama...

Tujuan Hidup: Bekerja Memberi Buah“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.” Filipi 1:22a

Begitu banyak hal yang harus kita hadapi selama kita masih hidup di dunia ini. Masalah tidak akan pernah habis-habisnya, tetapi akan terus datang. Menjadi pengikut Kristus bukan berarti bahwa kita akan terlepas dari masalah, tetapi kita akan mendapat kekuatan dari Tuhan untuk dapat melalui masalah tersebut.

Rasul Paulus sendiri juga menyadari hal tersebut. Dia mengalami begitu banyak masalah dalam hidupnya. Tidak hanya masalah biasa, tetapi hingga aniaya dan penderitaan yang hampir merenggut nyawanya.

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.” Filipi 1:21

Rasul Paulus mengerti bahwa jika dia sudah tidak ada di dunia ini lagi, dia tidak akan mendapat berbagai masalah lagi dan tidak perlu bersusah-payah seperti yang dia alami saat itu. Tetapi dia tetap menyadari bahwa hidupnya adalah milik Kristus. Dan jika dia masih hidup, dia harus terus bekerja untuk menghasilkan buah bagi kemuliaan nama Kristus.

Kita banyak melihat anggota keluarga, teman, kenalan dan orang-orang yang sudah dipanggil Tuhan lebih dahulu. Mereka yang telah percaya kepada Yesus akan menerima upahnya di Sorga. Mereka telah lebih dahulu menjalankan tugas yang diberikan Tuhan bagi mereka dan tugas mereka telah selesai.

Lalu bagaimana dengan kita yang masih hidup? Sama seperti yang disampaikan oleh Rasul Paulus, kita harus menyadari bahwa kita hidup dengan suatu tujuan. Dan kita mempunyai tugas untuk menghasilkan buah bagi Kerajaan Sorga, baik itu buah pertobatan, buah pelayanan, buah jiwa-jiwa dan lainnya.

Kita dapat melayani Tuhan di manapun kita berada. Pelayanan bagi jiwa-jiwa tidak hanya di dalam gereja saja, tetapi juga di luar gereja. Begitu banyak jiwa yang belum terjangkau dan belum mengenal Kristus. Melalui setiap pribadi kita, Tuhan dapat memakai hidup kita untuk menjadi saksi Kristus. Orang-orang di sekitar kita akan melihat kehidupan yang kita jalani sehingga mereka akan mendapat berkat melalui kehidupan kita.

Mari kita terus bekerja untuk memberi buah bagi Kristus. Tidak ada kata selesai selama kita masih hidup di dunia ini. Kalaupun saat ini kita masih belum tahu apa yang harus kita lakukan, lakukan saja kebaikan dan perintah-perintah yang Tuhan Firmankan. Dengan menjalani hidup sesuai dengan Firman Tuhan, tidak menyimpang ke kiri dan ke kanan, kita telah ikut ambil bagian untuk memberi buah bagi Kristus.

Tidak hanya itu saja, bagi kita yang bekerja di dunia sekuler, biarlah kita bekerja dengan sungguh-sungguh. Bagi yang berwirausaha, biarlah melakukan usahanya sesuai dengan nilai kebenaran. Bagi yang sedang studi, biarlah belajar dengan rajin. Bagi yang ada dalam pelayanan pekerjaan Tuhan, biarlah tetap melayani dengan hati yang murni. Apapun yang kita kerjakan, biarlah itu kita lakukan dengan sungguh-sungguh seperti kita melakukannya untuk Tuhan.

Tuhan akan terus menambahkan talenta bagi setiap pribadi yang tekun dan setia menjalani pekerjaannya dan melakukan perintahNya. Dia akan terus mengangkat hidup kita dan Dia akan senantiasa memberikan kekuatan bagi hidup kita.

Ada saatnya kita merasa lelah, tetapi jika kita mengalami kelelahan tersebut, biarlah kita datang kepada Tuhan. Dia akan memberikan kekuatan baru bagi hidup kita. Dan kita tidak akan pernah berhenti bekerja untuk memberi buah. Haleluya!

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. ” Yesaya 40:31

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • Jack

    June 16, 2013 #1 Author

    terimakasih ^^

    Reply

  • Mat Supriadi

    October 2, 2012 #2 Author

    Hidup kekristenan adalah berakar, bertumbuh dan berbuah. itu benar, tapi mengapa sungguh sangat sulit untuk kita bisa mencapai nya?

    Reply

  • Daniel adi negoro

    September 26, 2012 #3 Author

    Terima KAsih Pelita hidup yang terus memberikan inspirasi untuk sellau memuji dan menyembah Tuhan dalam keadaan apapun. TUHAN YESUS BERKATI PELITA HIDUP, terus di pakai untuk pekerjaan ALLH.

    Reply

  • elizabeth

    August 21, 2012 #4 Author

    Puji Tuhan di atas sharing diatas.saya percaya diberkati dari sharing ini dan terus belajar daripadanya.Marilahkita semua menjadi berkat bagi yang lain melalui pekerjaan kita dan perbuatan kita..biarlah kita terus meminta kekuatan yang berpanjangan daripada Tuhan maka kita terus tetap bekerja dan menghasilkan buah.Thank God….AMIN……..

    Reply

  • ana

    June 13, 2012 #5 Author

    SYALOM………

    Terima kasih buat santapan rohani setiap saat buat kami . semga tuhan mau mebuka jalan bagi kami .untuk menjalankan misi pelyanan mu di tengah dunia . agar kami bsa menghasilkan buah yang baik kepada org-org yang percaya kpd tuhan yesus

    Reply

  • octo

    June 5, 2012 #6 Author

    kalau kita berbicara tentang berbuah……..apa yang kita lakukan dalam hidup kita….selagi kita masih ada di dunia ini….apa yang saudara lakukan ….lakukan yang baik berarti saudara sudah berbuah.artinya perbuatan kita mengenangkan orang lain di sekitar kita……

    Reply

  • octo

    June 5, 2012 #7 Author

    Trima kasih pelitahidup.com

    jika kita melakukan hal hal yang berguna dalam diri kita…..maka saudara dan saya sudah berbuah dan buah itu di….petik lewat segala perbuatan kita dan tutur kata kita….bila kita berada di lingkungan di mana kita berada dan jaukan diri kita dari hal-hal yang tidak di muliakan Tuhan…….

    Reply

  • berlian

    May 3, 2012 #8 Author

    terima kasih buat renungan Nya yg mengingatkan akan keberadaan fungsi kita dalam lingkungan utk slalu berbuah kebaikan nama Kristus.

    Reply

  • Muskadi Sembiring

    April 12, 2012 #9 Author

    berbuah,,, apakah buahku. aku harus merenunginya. Walau aku bekerja dalam pelayanan .. Aku masih terus harus bertanya .. Apakah buahku???? Tuhan mampukan aku , kuatkan aku .. supaya aku menghasilkan buah.

    Reply

  • Yosmar Kala

    March 21, 2012 #10 Author

    Ada banyak orang yang bekerja namun tidak memberikan buah bagi orang lain, padahal kita dituntut untuk berbuah dan memberikan buah bagi orang lain, agar orang tersebut dapat memahami maksud Tuhan dan pada akhirnya mau mengikut Yesus.Semoga Kasih Tuhan selalu bersama Pelita Hidup, amin

    Reply

  • Susi

    February 29, 2012 #11 Author

    Pelita hidup,thanks renungannya sangat membantu untuk menambah wawasan dlm menyampaikan khotbah khususnya utk pemula sangat terbantu,GBU.

    Reply

  • micha dima

    February 16, 2012 #12 Author

    provisiat untuk Tuhan, provisiat bagi renungan pelita hidup, aku menjadikan renungan pelita hidup sebagai santapan dipagi hari sebelum ku memulai pekerjaan ku di kantor, melalui renungannya pelita hidup tentunya Tuhan Yesus akan selalu mendatangkan banyak berkat terutama bagi kelancaran pelaksanaan tugas ku baik di rumah, dikantor, di gereja maupun dimana saja berada. Amin Tuhan memberkati

    Reply

  • wita

    January 30, 2012 #13 Author

    Hidup kekristenan adalah berakar, bertumbuh dan berbuah. Ingat, Iman tanpa perbuatan adalah sia-sia. Untuk itu Kesaksian Hidup itulah yang terpenting. GBU

    Reply

  • octo

    December 15, 2011 #14 Author

    trima kasih pelita hidup.com

    Membuat saya menjadi lebih dekat kepada Tuhan karena selalu merubah hidup saya lewat renungan-renungan yang ada….semoga pelitaHidup.com tetap jaya di udara…..harap jangan bosan bosan kunjungi pelita hidup.com…slom semoga Tuhan mengertai kita sekalian….

    Reply

  • edward

    December 13, 2011 #15 Author

    Terimkasih Pak Riva buat renungannya.saya merasa dikuatkan dan disegarkan oleh renungan bapak.

    Reply

  • christina

    December 7, 2011 #16 Author

    Kalau semua pengikut Tuhan dapat melakukan apa yang ada di renungan ini maka akan terjadi kedamaian yang luar biasa…..!!!!!!

    Reply

  • MUSTIKAWATI BUNTORO

    November 23, 2011 #17 Author

    Kadang masalah hidup,dipelayanan yg silih berganti ,kita lupa TUJUAN HIDUP KITA ORANG PERCAYA ,bukan sekedar jalani hidup BERSAMANYA ,tapi MENGHASILKAN BUAH ,syukur dan tanggung jawab kita ,yang kadang lupa ,thanks GOD ,ingatkan TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KAMI .

    Reply

  • igat

    October 23, 2011 #18 Author

    Shalom saudara Riva,terima kasih dan segala puji syukur kepada Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus kerna telah memberikan anda karunia yang begitu indah untuk menjadi alat saluran berkat kepada para pembaca pelita hidup.GBU

    Reply

  • paulus niman

    February 1, 2011 #19 Author

    terima kasih pak, tuhan Yesus memberkati

    Reply

  • stefanus sanam

    December 31, 2010 #20 Author

    Terima kasih, kami sangat diberkati oleh renungan dari pelita hidup, kiranya Tuhan selalu memberkati.

    Reply

  • Subiantoro

    December 11, 2010 #21 Author

    terima kasih pak riva … renungannya bisa menjadi penyegar dan penguat bagi jiwa yang lelah, Tuhan memberkati pelayanan pak riva. amin.

    Reply

  • bagus aviantoro

    December 8, 2010 #22 Author

    sungguh luar biasa.Tuhan Memberkati

    Reply

  • tanzebua

    November 26, 2010 #23 Author

    Terima kasih atas renungan ini, semoga sisa hidup ini dapat digunakan untuk hal hal yang berkenan kepada tuhan dan bermanfaat bagi sesama.

    Reply

  • Marselina B.Radja-Rihi

    November 16, 2010 #24 Author

    Terima kasih Pelita Hidup atas renungannya, renungan ini mengingatkan kepada saya musibah yang menimpa keluarga saya 2,6 tahun silam tepatnya 14 Mei tahun 2008, dimana anak perempuan saya yang berumur 26 mengalami kecelakaan lalulintas ( kegilas dumptruck yang memuat material) sehingga kakinya harus diamputasi karena hancur, tetapi Puji Tuhan , baik dokter dan semua orang memvonis dia meninggal tetapi Mujizat Tuhan melebihi segalanya dan sampai sekarang masih bersama-sama dengan kami dan melayani Tuhan dengan segala yang dia punyai. Pengalaman iman yang luar biasa bagi kami sekeluarga tetapi kami sanggup melewati ini semua oleh karena kami menyadari baik hidup maupun mati adalah milik Kristus . Dan harapan kami sekeluarga hidup yang masih Tuhan berikan ini dapat berguna bagi sesama terutama buat Tuhan.GBU

    Reply

  • Regina

    November 15, 2010 #25 Author

    Thanks Pak Riva, aq berharap tidak hanya bisa membacanya tapi jg bisa melakukannya..JBU

    Reply

  • musa tami liubana

    November 15, 2010 #26 Author

    Shalom Riva terima kasih renungan ini membuat hidup ini selalu diberkati dan akn memberikan buah2 rohani bagi banyak orang GBU

    Reply

  • eka

    November 11, 2010 #27 Author

    Terima kasih untuk pelita hidup yang selalu membagi berkat buatku dan banyak membantu untuk tetap semangat dalam hidupku untuk selalu berbuah kebaikan. GBU

    Reply

  • Lukman

    November 9, 2010 #28 Author

    terima kasih atas renungannya, yang menyejukkan iman.

    Reply

  • dian

    November 9, 2010 #29 Author

    bri ku hati untuk melayani….

    Reply

  • kiki hadinata

    November 9, 2010 #30 Author

    terimakasih pelita hidup yg memberi aku cahaya baru untuk menjalani hidup agar berguna bagiku dan orang lain.

    Reply

  • at3nn3ta

    November 8, 2010 #31 Author

    Satu hal yg tdk dpt dipungkiri bhw dlm perjalanan kehidupan kita sbg orang yg percaya kpd Yesus Kristus adalah…kita perlu mengingat pesan-NYA…….”sebab diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa”…..! Ya….di dlm segala hal / perkara tanpa melibatkan campur tangan-NYA kita tdk akan mendapatkan hasil apa-apa! Gbu All.

    Reply

  • Ferry Supit

    November 7, 2010 #32 Author

    Tuhan yang empunya karunia dan Ia selalu akan memberikannya kepada kita setiap saat. Lakukanlah perkara yang benar sebab upah menanti si sorga

    Reply

  • grace

    November 7, 2010 #33 Author

    cepat atau lambat tapi pasti kematian akan menjadi bagian kita,jangan kita sia2 hidup yang berharga ini hanya untuk menikmati dunia tapi biarlah kita pakai hidup ini untuk kemuliaan nama Tuhan….maka mahkota kehidupan akan menjadi bahagian kita ketika Tuhan panggil kembali ke rumahnya di surga mulia….JBU

    Reply

  • dolvi

    November 6, 2010 #34 Author

    segala sesuatu yg dri Tuhan pasti akn sll berguna buat kt…terlebih setiap Hikmat yg Tuhan bri akn trs mmbuat kita semakin istimewa di mata org trlebih di mata Tuhan…lewat hikmat yg Tuhan bri,maka kt akn dgn mudah mempraktekkn gaya hidup Tuhan dlm hidup kita…yg pasti tetap memiliki kekudusan dlm hidup….tanks buat mannax….sukses sll dlm sgl hal JBU now and forever…

    Reply

  • Dewi Barus

    November 6, 2010 #35 Author

    Puji Tuhan………renungannya sangat membangun sekali….
    Tuhan Yesus……berkati hambaMU ini menjadi bertumbuh,berakar dan berbuah di dalam namaMu…
    ajari hambaMu ini untuk selalu setia di dalam namaMu Yesus…..Amin.

    Reply

  • Renny

    November 5, 2010 #36 Author

    yaaa…
    Tuhan hadirkan kita d dunia ini bukan tuk hidup senang2, tp ada sebuah tugas besar yg Tuhan kasih yaitu melayani n menjadi saksiNYA….
    Trimakasih Pelita Hidup,jadilah berkat bagi siapapun n jangkaulah banyak jiwa yg blm mengenal Kristus…
    GBU^^

    Reply

  • yohan

    November 5, 2010 #37 Author

    Terimah kasih Renungan Pelita Hidup yang terus mengirim email Firman Tuhan kepada saya untuk menolong dan memberikan kekuatan kehidupan rohani saya thank’s.GBU

    Reply

  • Corina Dusinta

    November 5, 2010 #38 Author

    Terkadang saya pun bertanya, misi apa yang Tuhan ingin saya kerjakan? Di mana? Dan bagaimana melakukannya?
    Semoga sebelum hidup di dunia ini berakhir, misiku berhasil, hidupku memberi buah yang menyenangkan Tuhan. Trimakasih renungannya.

    Reply

  • Rian

    November 5, 2010 #39 Author

    Dari pohon yang baik, akan menghasilkan buah yang baik pula
    Tiap perkataan yang baik, akan memberikan kebaikan bagi yang mendengarnya
    Perbuatan baik yang kita lakukan, tentu akan mendatang kebaikan bagi yang menerimanya
    Sebarkanlah terus kabar baik, tentang kisah kebenaran Firman Allah.
    Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Roma 8:28) Trims.. untuk renungannya God bless you…

    Reply

  • winda

    November 5, 2010 #40 Author

    thanx pak renungannya luar biasa memberikan kekuatan buat saya & keluarga….Kiranya kami tetap di berikan hikmat dr Tuhan untuk melakukan kehendakNya…amin Jlu

    Reply

  • Damaris

    November 5, 2010 #41 Author

    Trims pak renungannya, GOD BLESS…,Tuhan akan membrikan kemampuan kepada hamba untuk melakukannya, amin.

    Reply

  • agnes sri rahayu

    November 5, 2010 #42 Author

    renungan ini membawa hidu lebih berarti dan kekuatan dalam menghadapi segala masalah…..terimakasih ya mr Riva. Good Bless You..

    Reply

  • sinur

    November 4, 2010 #43 Author

    Renungannya yang sangat menantang untuk tetap terus bertumbuh dalam iman.Terima kasih pak Riva Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • Atin

    November 4, 2010 #44 Author

    kerinduanku bekerja dengan Mu Tuhan, biarkan segala kekurangan dan kelebihanku bekerja untuk Mu selalu ..Amin
    terima kasih kak Riva

    Reply

  • santi

    November 4, 2010 #45 Author

    Thanks for this renungan…
    Sungguh indah kasih Tuhan
    Mari kita bekerja dan tetap bersemangat utk mendapatkan buah bagi Tuhan^^

    Reply

  • yusuf adi winoto

    November 4, 2010 #46 Author

    Terima kasih pelita hidup, renungan ini membuat aku tetap semangat untuk membangun iman dan terus berkarya untuk melayani Tuhan dan sesama, sallom Tuhan memberkati……

    Reply

  • daniel

    November 4, 2010 #47 Author

    Haleluya,
    Trims buat renungan yang membangun iman kita. Yesus = Luar Biasa, maka kita yang dipilih-Nya juga luar biasa. Hidup kita ini merupakan berkat dari kebaikan Tuhan – sudah seharusnya kita dapat menjadi berkat (berbuah) bagi sesama.
    Tuhan Yesus Kristus memberkati kehidupan dan pelayanan kita semua. Amin.

    Reply

  • lena

    November 4, 2010 #48 Author

    Terima kasih buat Pelita hidup yang begitu setia mengirim renungan firman Tuhan buat saya, dimana renungan-renungan yang bapak kirim akan terus membangun iman dan kekuatan saya.
    Jayalah terus Tuhan Yesus memberkati bapak dan keluarga . Gbu

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *