Pelita Hidup
Tidak Menjadi Tawar Hati Karena Penderitaan Tidak Menjadi Tawar Hati Karena Penderitaan
“Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.” Amsal 24:10 Ketika kita sudah percaya kepada Yesus dan mengakuiNya sebagai Tuhan dan juruselamat hidupnya,... Tidak Menjadi Tawar Hati Karena Penderitaan

Tidak Menjadi Tawar Hati Karena PenderitaanJika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.” Amsal 24:10

Ketika kita sudah percaya kepada Yesus dan mengakuiNya sebagai Tuhan dan juruselamat hidupnya, ini bukan berarti bahwa kita tidak akan menghadapi masalah. Bukan berarti juga bahwa kita bebas dari masalah dan kita akan langsung diberkati secara berkelimpahan baik dalam keluarga, pekerjaan, bisnis, usaha, pendidikan, di lingkungan dan lainnya.

Justru pada saat kita memutuskan mengikut Yesus, iblis akan berusaha untuk menarik kita kembali agar jatuh ke dalam dosa, karena dia tidak suka dengan keputusan yang kita ambil.

Berbagai masalah juga tetap akan datang menerpa kehidupan kita tanpa habis-habisnya selama kita masih bernafas.

Seringkali juga kita menyerah atas persoalan yang sedang menimpa kita. Kita berharap bahwa Tuhan segera menolong dan memberi jalan keluar atas masalah yang kita hadapi. Pada kenyataannya jawaban Tuhan tidak datang juga, sehingga kita menjadi tawar hati. Kita tidak tahu bahwa Tuhan sedang menguji dan memproses hidup kita agar kita dapat benar-benar percaya dan berserah kepada Tuhan dengan segenap hati kita.

Rasa tawar hati sering diikuti dengan perasaan kecewa dengan kondisi hidup kita dan bahkan ada juga yang kecewa kepada Tuhan, hingga tidak pergi lagi ke gereja.

Kondisi ini akan membuat kita semakin lemah dan tidak mempunyai kekuatan untuk dapat melangkah maju menghadapi masalah yang ada.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami
.” 2 Korintus 4:16-17

Rasul Paulus dalam penderitaannya yang begitu banyak dia alami, juga tetap menjaga hatinya agar tidak tawar hati. Walaupun secara lahiriah dia semakin lemah, tetapi manusia rohaninya semakin kuat di dalam Tuhan. Dia tahu bahwa apa yang telah Tuhan sediakan bagi dia jauh lebih besar dari apa yang dia alami. Inilah kekuatan yang memampukan Rasul Paulus untuk tetap setia mengiring Tuhan sampai akhir hidupnya.

Tawar hati justru akan membuat kita semakin lemah dan membuat hidup kita tidak mempunyai kekuatan yang cukup untuk menjalani masalah yang ada. Kita membutuhkan pengharapan kepada Yesus untuk tetap dapat kuat menghadapi masalah yang ada.

Jangan biarkan rasa tawar hati itu datang atau bahkan berlarut-larut melingkupi hidup kita. Cari wajah Yesus, maka Dia akan memberikan pengharapan dan kekuatan baru bagi kita untuk menjalani langkah hidup kita.

Doa:

Tuhan, berikanlah kami kekuatan agar sanggup menjalani hari-hari kami yang penuh dengan berbagai masalah. Biarlah terang FirmanMu yang menuntun jalan kami agar kami dapat tetap bersemangat di dalam kasih Tuhan, sehingga kami dapat menjadi pemenang dalam masalah yang kami hadapi.

Langkah iman:

  • Perkatakan Firman Tuhan dalam hidup kita, sehingga itu menjadi kekuatan bagi kita.
  • Tolak segala rasa tawar hati maupun rasa kecewa yang ada.
  • Percaya bahwa Tuhan telah menyediakan yang terbaik bagi kita tepat pada waktuNya.

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • Alfred D

    November 2, 2010 #1 Author

    Berharap kepada TUhan selalu dan kita pasti diberkati tanpa kita sedari.

    Reply

  • dwi atmoko

    November 2, 2010 #2 Author

    TERIMA KASIH ATAS SEGALA FIRMAN PAGI INI BIARLAH SEMUA YANG TERJADI ATAS HIDUPKU ADALAH KEHENDAK / RENCANA TUHAN , BIARLAH APA YANG SAYA RASAKAN DI DUNIA INI SEDIH ,KHAWATIR ,SENANG ,CEMAS ,MARAH TAK PERNAH LEPAS DARI MATA TUHAN YESUS . SEMOGA KITA SEMUA DIKUATKAN AMIN

    Reply

  • berliana sinaga

    November 2, 2010 #3 Author

    shaloom trimakasih atas renungannya..krn saat ini tawar hati sedang menyelimuti hati n pikiranku..setelah baca renungan ini aku jd sadar bahwa betapa bodoh n lemah nya aku..aku punya rencana kegiatan natal di grj awalnya aku semangat berkoar2 tapi bgtu teman2 pada loyo,malas, dan sok..bwt ku jd emosi,patah semangat,putus asa,ga ada hrapan n tawar hatilah…tapi skrg aku mw berubah kembali bersemangat n berjuang mendapatkan hasil yg terbaik..kerja utkTuhan n sesamaku..

    Reply

  • yunita timbani

    November 1, 2010 #4 Author

    trims renungannya, saya dihiburkan dan terus menjadi kuat dalam iman kepada Yesus.

    Reply

  • Flora tristania

    November 1, 2010 #5 Author

    saat ini iblis bekerja keras membuat anak-anak Tuhan sibuk dengan sesuatu hal yg sepertinya rohani, shg kita kekurangan waktu utk berkata-kata dgn Tuhan…akibatnya kita jadi cepat tawar hati……mari kita lebih melekat lagi dengan Kristus.

    Reply

  • christiono

    November 1, 2010 #6 Author

    shallom…Pak Riva,
    Thanks atas tulisan anda yg mamberi kekuatan disaat kehidupan saya berada dalam kebimbangan. kebimbangan diantara pekerjaan pelayanan dengan kondisi ekonomi keluarga yg pas-pasan dengan keinginan untuk kembali bekerja dengan waktu yg sangat terbatas untuk melayani Tuhan dan keluarga.
    Mohon dukungan doa …..Tuhan kiranya sll menguatkan .

    Reply

  • mega

    November 1, 2010 #7 Author

    renungan nya bagus banget , pakkkkk…..
    bagus buat bahan sharing ( Komsel ) and bahan khotbah..
    heheheheee….. 😀

    Reply

  • mega

    November 1, 2010 #8 Author

    renungan nya bagus banget , pakk ???
    bagus banget buat bahan sharing u/ ke temen2 ku n khotbah…
    hehheheee….. 😀

    Reply

  • Ferdinand Labatar

    November 1, 2010 #9 Author

    Puji Nama Tuhan, Firman yg hidup, Imanuel

    Reply

  • selly

    October 31, 2010 #10 Author

    Shalom?terima kasih sangat memberkati saya .

    Reply

  • sinur

    October 31, 2010 #11 Author

    Tawar hati? kapan saja bisa muncul, mari yakinkan diri bahwa Tuhan Yesus sanggup memberi solusi terbaik bagi semua permasalah kita. Tetap semangat!

    Reply

  • Nixon

    October 31, 2010 #12 Author

    Amin!
    Terima kasih atas renungan yang menguatkan.
    Saya sedang mengalami hal ini, tapi puji Tuhan, saya tidak akan tawar hati.

    Reply

  • suryani

    October 30, 2010 #13 Author

    terima kasih atas renungannya pak, saya percaya bahwa persoalan yang saya hadapi tidak akan melebihi kemampuan yang saya miliki, dan saya percaya TUHAN memberi yang terbaik buat anakNya

    Reply

  • Pdt.Fransis Tiwa,STh

    October 29, 2010 #14 Author

    shalom..saya yakin banyak orang yang merasa di berkati dengan renungan ini..karena di masa kini..banyak orang yang mengaku umat percaya tapi selalu berada dlm keadaan tawar hati saat doa belum terjawab,saat kerinduan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi..kita harus mengingat bahwa iman harus melewati proses..sebab tanpa di proses maka tidak akan terlihat sejauh mana kualitas iman kita kepada Tuhan..karena itu jaga hati supaya tidak tawar dalam menghadapi perjuangan iman..Tuhan pasti menyertai kita..:)

    Reply

  • natalia

    October 29, 2010 #15 Author

    Thank’s buat renungannya.Saya percaya bahwa TUHAN tau pa yg terbaik tuk masa depan kita…..kekuatan kn slalu DIA berikan buat kita hingga kita tidak menjdi manusia yg tawar hati……tetapi manusia yg berpengharapan……..di dlm TUHAN.

    Reply

  • ROI

    October 29, 2010 #16 Author

    JBU

    Reply

  • susan

    October 29, 2010 #17 Author

    Puji Tuhan…
    Renungan hari ini mengajarkan kita untuk selalu berfikir positif dengan apa yang terjadi, dan sehingga kita tidak lekas menjadi tawar hati, kecewa sama Tuhan karena apa yang kita doakan belum terjawab…..
    Kita bangga punya Yesus yang Dasyat dan hidup Dia tidak pernah membiarkan anaknya dalam masalah tapi Dia Tuhan yang selalu berada disisi kita dan siap mengendong kita……………………
    Sekali Yesus tetap Yesus

    Reply

  • daniel

    October 29, 2010 #18 Author

    5ksh untuk renungan yang memberi kekuatan iman kita.
    Rasul Paulus adalah teladan kita dalam menjalani kehidupan ini, sekalipun menghapi banyak masalah bahkan penderitaan. Allah kita adalah Allah yang setia yang selalu menolong dan memberi kekuatan kepada kita, sehingga kita dapat menanggung segala penderitaan yang kita alami ~ I Korintus 10:13 Amin ……
    Tuhan Yesus Kristus memberkati kehidupan dan pelayanan kita semua.

    Reply

  • Manda

    October 29, 2010 #19 Author

    Thank, masalah memang diizinkan Tuhan supaya kita semakin kuat, dan itu merupakan ujian kalau kita lulus maka manivestasi ujian itu diberikan ada kelegaan dan berkat serta ucapan syukur, tapi kalau kita tawar hati maka kita akan kalah dan level iman kita tidak akan naik.

    Reply

  • at3nn3ta

    October 29, 2010 #20 Author

    Setiap kita akan menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan ini…apakah itu sebuah masalah kecil atau masalah besar..! Lamanya penyelesaian sebuah masalah seringkali membuat kita jadi tawar hati, putus asa bahkan adalah kalanya membiarkan masalah itu begitu saja…apa yang terjadi, terjadilah…!

    Belajar dari pengalaman hidup…bahwa menghadapi/menyelesaikan sebuah masalah, kita memerlukan CAMPUR TANGAN TUHAN. Tanpa meminta campur tangan Tuhan…rasanya sulit untuk melakukannya…kita seperti seorang yang sedang kehilangan arah. Tapi apabila kita selalu minta campur tangan Tuhan….masalah seberat apapun juga yang kita hadapi….akan terasa menjadi ringan..dan kita tidak akan tawar hati, oleh karena kita sudah menyerahkan-nya kepada Tuhan…. agar DIA ikut campur tangan..!

    Hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah…mari jalani dan nikmati hidup ini apa adanya…dengan ucapan syukur kepada-NYA. Walaupun setiap hari kita diperhadapkan dengan sebuah masalah….jangan melihat kepada kecil/besarnya masalah yang sedang kita hadapi….tetapi lihatlah kepada kekuatan yang ada pada diri kita… yang Tuhan MASIH berikan kepada kita hingga detik ini…untuk mengadapi masalah yang sedang kita hadapi….! Karena kita tahu….hanya DIA-lah yang memegang kendali kehidupan ini..! Jadi, sudah sepantasnya kita berharap dan butuh campur tangan-NYA.

    @Pelita Hidup, Terimakasih untuk renungannya..semoga kita semua saling dikuatkan dalam iman untuk tidak tawar hati didalam mengatasi/menghadapi berbagai masalah dalam keseharian hidup ini.! Kiranya Tuhan memberkati kita semua.\aten.-

    Reply

  • Risma

    October 29, 2010 #21 Author

    Jesus help me….. don’t let me walk on my own

    Reply

  • Linawati

    October 28, 2010 #22 Author

    Puji Tuhan saya sangat terbangun setelah membaca renungan ini semoga kita selalu kuat di Dalam Tuhan Yesus Karena Dialah satu-satunya Sumber Kekuatan dan Pengharapan kita… GBU

    Reply

  • donny

    October 28, 2010 #23 Author

    terima kasih atas renungannya. memang secara manuasia kalau dipikir-pikir susah jadi orang krsisten tetapi lebih susah kalau tidak ada Kristus

    Reply

  • andini

    October 28, 2010 #24 Author

    Tetap berpikirlah positif untuk maju di dalam hidup ini, karena semua rencana Tuhan Yesus dibalik derita kita ada rencana yg indah dan sukacita besar yang menanti.Terima kasih untuk Pak Riva yang selalu memberikan semangat dalam renungan ini dan hidup saya semakin hari semakin dikuatkan.Tuhan Yesus memberkati kita semua

    Reply

  • Ayub

    October 28, 2010 #25 Author

    Pak trims untuk renungannya. Tuhan Yesus memberkati

    Reply

  • elrijo

    October 28, 2010 #26 Author

    Anak saya (ada 2 orang) dalam satu bulan sakit-sakitan silih berganti, sehingga membuat badannya menjadi kurus. Segala obat-obatan sudah diminum, tapi tak kunjung sembuh, walaupun sembuh hanya sebentar kemudian sakit kembali. Akhirnya saya berserah pada Tuhan, tidak mengandalkan dokter dan obat-obatan lagi, namun akhirnya sembuh dan berangsur-angsur berat badanya kembali normal. Terima kasih Tuhan Yesus.

    Reply

  • Arben Tobing

    October 28, 2010 #27 Author

    Terima kasih pak riva,,,Hatiku sekarang terbuka,,,karena Tuhan masih baik kepada saya,,,banyak sekali cobaan yang Dia berikan tetapi selalu ada jalan keluarnya,,,,Amin GBU

    Reply

  • cen

    October 28, 2010 #28 Author

    great job.JBU

    Reply

  • tina

    October 28, 2010 #29 Author

    Thank’s buat renungannya yang sangat memberkati. Setiap orang pasti pernah mengalami kekhawatiran. karena mau ngga mau masalah akan datang. tetapi sebagai anak-anak Tuhan yang percaya, akan selalu berharap kepada Nya.

    Reply

  • Tommy Suryadi

    October 28, 2010 #30 Author

    Syalom Pak Riva, Memang Rasul Paulus tokoh teladan sejati yang memberikan teladan hidupnya sebagai reformator Injil. Renungannya memberi kekuatan agar kita tidak tawar hati dalam pemberitaan Injil. GBU ALL

    Reply

  • Filipus K

    October 28, 2010 #31 Author

    Amin. Renungan yg membawa kita lebih mengenal maksud Tuhan dalam penderitaan. Gbu

    Reply

  • Filipus K

    October 28, 2010 #32 Author

    Amin. dibalik semua penderitaan yang kita alami pasti ada Tuhan yg punya rencana untuk kita. Gbu

    Reply

  • Yermias

    October 28, 2010 #33 Author

    Semakin kita dekat dengan TUHAN semakin banyak Ujian yang harus kita hadapi untuk memperkuat Iman kita
    Trimakasih atas Firman yang indah dan menguatkan untuk kiranya kita tidak tawar hati kepada TUHAN karena DIA tidak pernah meninggalkan kita sendiri dalam segala penderitaan dan kesusahan yang kita alami,TUHAN selalu memberikan jalan bagi kita untuk dapat keluar dari segala penderitaan dan kesusahan yang kita alami.TUHAN YESUS Memberkati….Amin

    Reply

  • matius

    October 28, 2010 #34 Author

    “Tuhan itu baik dan selalunya Tuhan itu baik.”Saya mengucapkan Puji syukur atas renungan yang saya baca daripada pelita hidup karena bertepatan dengan kondisi kehidupan saya saat ini…untuk pengetahuan saudara/i didalam Kristus Yesus,saya baru memulai biz dan banyak sekali cabaran yang melibatkan kewangan dan keluarggga. pada saat saya membaca renungan daripada Pelita hidup yang dikirimkan ke e-mail saya,mata Iman saya terbuka dan saya merasakan ada kekuatan dan semangat baru dalam hidup saya…”Terima kasih Yesus atas kemurahanMu”,yang tidak pernah membiarkan hambamu didalam kesesakan..Amin!

    Reply

  • sarjono

    October 28, 2010 #35 Author

    terima kasih renungan yg kami terima pagi ini, sangat menguatkan iman kami untuk menghadapi manakala kami mendapatkan goncangan dalam kehidupan kami , memang namanya masih hidup di dunia itu takkan terluput dengan apa yg namanya permasalah/persoalan/ pergumulan hidup.. Dengan renungan ini sungguh memberkati kami . – GBU & all.

    Reply

  • joseph

    October 28, 2010 #36 Author

    Terima kasih atas renungannya, semoga semakin banyak orang-orang yang dikuatkan atas renungan Pelita Hidup, Tuhan memberkati syaloom..

    Reply

  • Erni

    October 28, 2010 #37 Author

    tawar hati bisa terjadi krn mengalami kekecewaan yg terus menerus dalam waktu yg lama….

    Reply

  • murni dorkas

    October 28, 2010 #38 Author

    Masalah apapun yang kita hadapai pasti ada jalan keluar yang baik, asal kita dapat meletakannya di bawah salib Yesus dan bersedia menerima, membaca serta mendengar firmanNya.
    Tidak tawar hati tentunya. Karena apapun cobaan yang kita hadapi tidak akan melampaui kekuatan kita.
    amin.

    Reply

  • dewes

    October 28, 2010 #39 Author

    (sing)…….” Bagi TUHAN tak ada yang mustahil…..bagi TUHAN tak ada yang tak mungkin….., mujizatnya disediakan bagiku ku diangkat dan di pulihkannya…”

    Reply

  • dinov

    October 28, 2010 #40 Author

    “Praise d’Lord……TUHAN JESUS tetap dahsyat dari kekal sampai kekal……, segala puji, hormat, kemuliaan, keagungan dan kedahsyatan hanya bagi Dia yang layak menerimanya….”

    Reply

  • wancik

    October 28, 2010 #41 Author

    Betul sekali setelah menerima Tuhan Yesus secara pribadi sebagai juru selamat ke dalam hidup kita, justru masalah secara silih berganti muncul, pasti kerjaan Iblis yang tidak relah karena pengikutnya berkurang 1 jiwa apalagi 1 keluarga sudah diselamatkan, tapi saya akui pertolonganNya tidak pernah terlambat sebagaimana saya alami sekarang dan memang betul Yesus itu baik. Saya teramat sangat percaya bahwa Tuhan sedang mempersiapkan suatu rencana yang jauh lebih baik daripada apa yang saya duga. Saya siap tidak tawar hati ! sebab saya hanya imani bahwa saya sudah memiliki Allah yang dasyat dan ajaib, sedangkan sisa hidup saya dan keluarga biarlah Dia yang atur. Diberkatilah Pengasuh acara ini, Amin.

    Reply

  • Frick

    October 28, 2010 #42 Author

    Syaloom, Terima kasih luar biasa renyngan yang indah indah untuk menguatkan Iman percaya yang sungguh pada YESUS KRISTUS, trima kasih, untuk Firman Tuhan. diberkati semua pekerjaan ini dengan kuasa Allah sendiri. IMANUEL….

    Reply

  • SUSI

    October 27, 2010 #43 Author

    Terima kasih pak, tulisan anda menjadi inspirasi bagi saya untuk berbagi kabar kesuakaan ini, maaf saya mengcopynya agar dapat saya bacakan di shell group
    Sekali lagi terima kasih, Tuhan memberkati bapak dan keluarga beserta pelayanan dan rekan-rekan yang membantu pelayanan bapak

    Reply

  • Juni M Siahaan

    October 27, 2010 #44 Author

    Puji Tuhan Yesus, saya diberkati dengan Firman Tuhan ini, thanks God, thanks Pelitahidup, JBU, amin

    Reply

  • aminson saragih

    October 27, 2010 #45 Author

    sungguh senang sekali membaca renungan ini
    sehingga sy bertambah kuat dalam menjalani kehidupan sehari2 untuk tidak tawar hat
    gbu

    Reply

  • Wilson

    October 27, 2010 #46 Author

    Terima kasih atas renungan ini. Semoga kita tidak menjadi tawar hati atas kejadian yang menimpa kita saat ini. Amin

    Reply

  • selvy sambuaga

    October 27, 2010 #47 Author

    Renungan ini semakin membuat saya lebih kuat untuk melawan kondisi tawar hati yang saya rasakan , saya hampir saja meninggalkan Tuhan karena tekanan batin yang saya alami, tapi karena Kasih Tuhan yang sangat besar mendorong saya untuk tetap mempunyai pengharapan dan terus mengingatkan saya supaya tidak jatuh dalam kuasa iblis. Terimakasih untuk renungannya… semua renungan yang saya terima benar-benar menyentuh………Tuhan Memberkati.

    Reply

  • Astrid

    October 27, 2010 #48 Author

    Terimakasih untuk renungannya. Mohon dukungan doa, agar tetap kuat dan berpikir postif dalam menyelesaikan semua persoalan. Amin.

    Reply

  • Dewi Barus

    October 27, 2010 #49 Author

    terima kasih buat renungannya…..skrg bgt bnyk masalah2 yg sy hadapi…
    renungan ini datang tepat pd wktunya,…yg menguatkan sy…bhwa dlm setiap penderitaan itu…
    ada rancangan tangan Tuhan luar biasa untuk hidup kita…
    Terima Kasih Yesus buat anugrahMu….Amin..

    Reply

  • albert

    October 27, 2010 #50 Author

    terima kasih PH. dengan baca ini saya sangat diberkati.

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *