Pelita Hidup
Apakah Anda Sangat Ingin Disembuhkan? Apakah Anda Sangat Ingin Disembuhkan?
Jawab Yesus: “Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” Markus 9:23 Bacaan Alkitab : Yohanes 5:1-6 (1) Sesudah itu... Apakah Anda Sangat Ingin Disembuhkan?

Apakah Anda Sangat Ingin Disembuhkan?Jawab Yesus: “Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” Markus 9:23

Bacaan Alkitab : Yohanes 5:1-6
(1) Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem. (2) Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani disebut Betesda; ada lima serambinya (3) dan di serambi-serambi itu berbaring sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan goncangan air kolam itu. (4) Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apa pun juga penyakitnya. (5) Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit. (6) Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: “Maukah engkau sembuh?”

Jika berbicara tentang kesembuhan, maka kebanyakan orang akan mempunyai pemikiran bahwa itu pasti hanya untuk orang yang sakit. Namun yang dimaksud oleh Tuhan bukan hanya untuk orang yang sakit secara jasmani saja, tetapi untuk semua yang mengalami penderitaan dalam bentuk apapun. Apakah mereka yang sedang mengalami kepahitan – terluka hatinya, mereka yang sedang mengalami stress, trauma, mengalami perpecahan hubungan keluarga, hubungan antara orang tua dan anak yang saat ini yang tidak dapat berkomunikasi karena kemarahan, tidak mempunyai harapan akan masa depan; semuanya itu dapat disembuhkan oleh Dia.

Dalam bacaan Firman Tuhan di atas, seorang yang lumpuh mengalami penderitaan selama 38 tahun lamanya. Orang lumpuh ini hanya menunggu nasibnya saja, karena ia merasakan ketidakmampuan untuk dapat bergerak. Satu hal yang dia yakini dalam hidupnya adalah bahwa dia merasa tidak mungkin bisa sembuh karena tidak ada yang mau mengangkat dirinya ke kolam.

Dalam Yohanes 5:7a, “Jawab orang sakit itu kepada-Nya: “Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang”.

Kesalahan yang dibuat orang lumpuh ini adalah ketika dia hanya mengharapkan bantuan orang lain agar berbelas kasihan atas penderitaannya, dan itu membuat dia merasakan ketidakmampuan dari dirinya.

Bukankah kita juga sering melakukan hal yang sama? Ketika kita menderita sakit, betapa kita sangat berharap pada dokter yang menangani, untuk memberi pengobatan yang terbaik. Padahal di atas segalanya ada yang menciptakan dokter yaitu Tuhan.Walaupun dokter juga tetap dapat menjadi perpanjangan tangan Tuhan, kita tetap harus berharap kepada Tuhan agar Dia dapat menyembuhkan penyakit kita.

Bukankah pada saat kita menghadapi luka hati, kita berusaha mencari orang untuk berbagi, untuk mencurahkan isi hati? Banyak orang berpikir bahwa setelah menceritakan kesusahannya, ia akan merasa lega. Mengapa tidak menceritakannya pada Tuhan yang tahu diri kita lebih dari pada kita sendiri ? Seberapa besar usaha Anda untuk mencari orangpun itu tidak akan bisa menyelesaikan penderitaan Anda. Yang Anda butuhkan adalah mencari wajah Tuhan.

2 Tawarikh 20:3a “Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN.”

Apakah dalam hal ini Yosafat belum mengenal Tuhan ? Yosafat sudah mengenal Tuhan dan ia membutuhkan pertolongan Tuhan. Ia tidak mungkin bisa meminta pertolongan orang lain, karena ia tahu hanya Tuhan yang dapat menolong hidupnya, keluarganya, kerajaannya, bahkan rakyatnya. Ya, hanya Tuhan saja yang sanggup memulihkan, memberi kekuatan, memberi kemenangan bahkan kesembuhan.

Tuhan menawarkan kepada Anda kesembuhan atas semua penderitaan, Dia menginginkan Anda dapat terbebas dari semua itu. Jangan pernah taruh pikiran dan mengatakan bahwa Anda tidak bisa dipulihkan. Jangan pernah katakan penyakit Anda tidak dapat di sembuhkan dan masalah keluarga Anda sudah hancur tidak mungkin Tuhan bisa menyembuhkan. Jangan pernah katakan luka hati ini sudah berkarat dan Tuhan tidak akan mau menyembuhkan.

Perhatikan 38 tahun orang lumpuh tersebut menderita, ketika ia berjumpa dengan Yesus, ia mengalami mujizat. Anda cukup mencari Tuhan dan wajahNya.

“TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.” Bilangan 6:25-26

Ketika kasih karunia Allah tercurah dalam hidup kita, maka kasih karunia itu memberi hidup dan membuat kita kuat. Oleh sebab itu carilah Tuhan dan percaya saja padaNya, maka tidak ada yang mustahil buat Tuhan untuk memberi kesembuhan dan melakukan semuanya hanya bagi Anda! ( Gbu )

CARILAH TUHAN, TEMUKAN DIA,
TERIMALAH KESEMBUHAN
ATAS SEMUA PENDERITAAN
YANG TERJADI DALAM HIDUP ANDA.

SEM

_adalah salah satu kontributor di Pelita Hidup.

  • mit

    September 26, 2010 #1 Author

    terima kasih ats kriman ini. ia sngat mbrkti sya. GBU

    Reply

  • Ferry Supit

    September 26, 2010 #2 Author

    Ternyata Firman Tuhan telah menjelaskan bahwa, Tuhan tidak memberikan syarat-syarat yang mengikat kepada kita untuk mau disembuhkan dari berbagai macam penyakit, baik penyakit rohani maupun penyakit jasmani, asal percaya dan meyakini akan kemahakuasaanNya. Sungguh Tuhan itu luar biasa bagi setiap orang yang telah merasakan jamahanNya.

    Reply

  • Siez Siswati

    September 25, 2010 #3 Author

    Firman Tuhan yang sangat menguatkan, karena hanya Yesus yang mampu memulihkan, memberi kemenangan dan menyembuhkan setiap luka baik penderitaan maupun sakit penyakit… Terima kasih.. Tuhan memberkati.

    Reply

  • ramos

    September 25, 2010 #4 Author

    puji Tuhan, Kuasanya tidak terbatas,,

    Reply

  • yulianto

    September 24, 2010 #5 Author

    Terima kasih atas kiriman renungannya. Sungguh luar biasa Kasih Setia Tuhan Yesus. Saya sangat diberkati dan selalu dibimbingnya setiap saat. Janjinya selalu tepat. GBU.

    Reply

  • Katerine

    September 24, 2010 #6 Author

    Saya, baru saja selesai menyaksikan, bagaimana sy pertama kali percy YESUS dpt menyembuhkan saya dari infeksi rahim 2002 dan influensa +batuk100 hari sampai diduga sinusitis tahun 2003 terhadap seseorg. Benar, saat sy ambil sikap PERCAYA bhw Tuhan dapt menyembuhkan sgala sakit penyakit, maka aliran kesembuhan itu mengalir kedalam tubuhku, menyentuh bagian2x yg sakit, maka aku sembuh. Dan sampai sekarang sy sehat, anak 2 , dan saya sampai hari ini tdk pernah kena flu sekalipun sy tiap hari bersentuhan deng bnyk anak karn mengajar piano bt ank kecil yg rawan kena batuk pilek. YESUS LUAR BIASA

    Reply

  • bams

    September 23, 2010 #7 Author

    Terima kasih untuk renungannya, Semoga Tuhan memakai Pak Sinjai lebih heran lagi dalam pelayananan. GBU

    Reply

  • Efi

    September 23, 2010 #8 Author

    Firman nya sangat menyetuh hati saya, bahwa Kesembuhan itu hanya datang dari Tuhan Yesus.

    Reply

  • PURNOMO

    September 23, 2010 #9 Author

    TERIMA KASIH TUHAN ENGKAU TELAH MENEGUR HAMBA UNTUK SELALAU MENCARI TUHAN

    Reply

  • eliz

    September 22, 2010 #10 Author

    Saya sangat terdorong dengan renungan diatas dan diberkati lewat daripadanya.Saya percaya Tuhan memberikan kaasihNya pada keluarga ku dan memandang wajahnya kepada keluarga ku dgn membri damai sejahtera.Oleh tiu saya tidak takut dan khuatir sebab jika kita mancari wajah Yesus,kita akan disembuhkan dan percaya tiada yg mustahil bagi Dia….AMEN!

    Reply

  • sudarmi

    September 22, 2010 #11 Author

    Hanya Yesus ada jawaban pasti atas semua masalahku dan masalahmu. Terima kasih Yesus atas penyertaanMu sepanjang hidupku sekarang dan selamanya.Amin.

    Reply

  • jhon swit

    September 22, 2010 #12 Author

    manusia selalu berpikir bahwa apa yang kelihatannya selalu bisa memberi pertolongan, tetapi kemudian ia kecewa. Apa yang tidak kelihatan dalam hal ini Tuhan lebih banyak dan pasti sanggup menolong, Kita harus sadar bahwa kita hidup dibawah, didalam janji Tuhan. Kita harus lebih banyak berharap kepada Tuhan dengan ini kita menghormatiNya sebagai Tuhan.

    Reply

  • Timotius

    September 21, 2010 #13 Author

    Renungan harian sungguh menguatkan bagi iman saya, tak kala saya menghadapi masalah problem kehidupan sehari- hari kita perlu mengadakan renungan harian setiap hari disitu Tuhan memberi jawaban atas segala permasalahan saya.Tuhan Yesus Memberkati.

    Reply

  • sutikno

    September 21, 2010 #14 Author

    Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.( Flp 4:13 ) Dengan kuasa darah dan bilur-bilurNya kamu menjadi sembuh.

    Reply

  • Lucxy

    September 21, 2010 #15 Author

    Hanya Yesus lah jawaban,..
    Hanya Yesus lah yang sanggup pulihkan,..
    dan sanggup berikan kelegaan di hidupmu…

    Buka hatimu bagi Dia,..
    izinkan kasih Nya memulihkan mu…
    Yesus kan selalu, selalu ada untuk mu…

    GOD bless all.

    Reply

  • Cornelius Eddy

    September 21, 2010 #16 Author

    Sungguh Luar biasa!!!! terima kasih atas berkat yg kuterima melalui renungan ini.
    Semoga memberi kekuatan bagi sdr yg saat ini masih membutuhkan Kesembuhan. Amien.

    Reply

  • Bintang

    September 21, 2010 #17 Author

    Aku tahu , bahwa aku juga dalam eadaan yang harus disembuhkan. Semoga Tuhan Yesus Menyembuhkanku. Terimakasih atas renungan ini.

    Reply

  • Tri

    September 20, 2010 #18 Author

    Halleluyah…..Terima Kasih untuk renunganya, menjadi berkat dan memberikan kekuatan.
    Tetap berharap pada Tuhan Yesus.
    Gusti Yesus Berkahi……..

    Reply

  • ucok

    September 19, 2010 #19 Author

    Terima kasih atas kiriman renungannya sangat memberkati sekali…

    Reply

  • gina

    September 18, 2010 #20 Author

    sangat memberi kekuatan, thx tuk renungannya. Tuhan memberkati

    Reply

  • medrobe

    September 18, 2010 #21 Author

    Terimakasih buat renungannya,sangat menyentuh pribadi lepas pribadi hidup kami bagaikan di segarkan ke air yang tenang..dan dibaringkan kepadang rumput yang hijau,kita cuman modal percaya kepada TUHAN,dan menjalankan perintah-Nya serta menjauhkan larangan-larangan-Nya,gak perlu pake ongkos/biaya2 administrasi,,, Terpujilah Nama-Mu TUHAN YESUS sekarang sampai selama-lamanya.Amin GBU :-))

    Reply

  • Yenny Susanto

    September 17, 2010 #22 Author

    Puji Tuhan…saya percaya bahwa Kuasa TUhan luar biasa dan tanganNya tidak pernah terlambat untuk menolong dan menyembuhkan kita. Renungan yang sangat memberkati. Amin

    Reply

  • rut

    September 17, 2010 #23 Author

    thats very good.

    mari periksa diri kita, jangan2 sekarang ini kita lg “sakit”…???
    tidak diragukan lagi klo Yesus adalah satu2nya dokter yg bs sembuhkan kita dari semua “penyakit”.
    YESUS…YESUS DOKTERKU YG BAIK
    YESUS DOKTERKU YG BAIK 😉

    Reply

  • Yanti

    September 17, 2010 #24 Author

    terima kasih Tuhan buat berkat firman ini yang menyegarkan jiwa ku..Roh ku ku percaya akan penyembuhan yang Engkau berikan di dalam hidup ku selama ini. God bless all……

    Reply

  • Amoi@ helen

    September 17, 2010 #25 Author

    Firman Tuhan yg sangat indah sekali yang dapat mengajar,menegur dan menguatkan lagi iman percaya saya kpda Tuhan…disaat kegoncangan dalam rumahtangga saya pada saat ini…

    Reply

  • Johny Rohi

    September 17, 2010 #26 Author

    Sangat menyentuh ….. saya sangat percaya, bahwa bagi Tuhan Yesus tiada sesuatupun yang Mustahil …..

    Reply

  • diky

    September 17, 2010 #27 Author

    Manusia hanya melihat pada kolam saja (mungkin itu dokter, uang, teman yg sanggup menolong, dll). Mereka tidak melihat dan bersandar pada Tuhan yg menggoncangkan kolam itu. Terima kasih buat renungannya. Sangat memberkati. JBU

    Reply

  • Alex Pattiasina

    September 17, 2010 #28 Author

    Kasih Tuhan sungguh luar biasa, dasyat dan universal…. berlaku bagi siapapun, sungguh kubangga Bapa, punya Allah seperti Engkau…

    Reply

  • jonie

    September 16, 2010 #29 Author

    amien..renungan yg menggugah hati dan pikiran

    Reply

  • REVIE

    September 16, 2010 #30 Author

    sangat memberkati, jadi sadar kalo kita ini orang yang “SAKIT”, dan kaya kayanya “pernah” ke dokter (YESUS), tapi ga mau kembali “kontrol” (datang pada YESUS), lupa minum obat dan Vitaminnya (DOA DAN FIRMANNYA)
    TRUS KAPAN MAU SEMBUH ??
    trusss melayani

    Reply

  • Prayogo Danardono

    September 16, 2010 #31 Author

    Orang yang beriman kepada Tuhan Yesus tidak cukup berdoa tetapi harus melangkah, mintalah hikmat kepada Tuhan senantiasa supaya kita tdk salah mengambil keputusan dalam setiap kehidupan kita. JBU

    Reply

  • eddie

    September 16, 2010 #32 Author

    Amin…,Tuhan Yesus sumber dari segala hal di mampu mengadakan yang kita perlukan di luar pemikiran kita,serahkan kehidupan kita hanya ke dalam tangan pengasihannya karena Ia telah membuat rancangan Kehidupan yang sangat indah dan Luar biasa bagi kita yang percaya Kepada Dia. Amin…2x.

    Reply

  • josi

    September 16, 2010 #33 Author

    segala kemuliaan hanya bagi Tuhan….

    Reply

  • ryn

    September 16, 2010 #34 Author

    Amen..semua rencana yang kita lakukan haruslah disertai dengan kuasanya Tuhan..sememangnya saya inginkan penyembuhan daripada Tuhan selalu..

    Reply

  • Hengki

    September 16, 2010 #35 Author

    Amin, REnungan yang patut direnungkan… Selalu ada kemenangan dan pemulihan ketika kita mau menaruh pengharapan dan berserah total kepada NYA…
    Tuhan Yesus Berkati kita semua…

    Reply

  • rivan

    September 16, 2010 #36 Author

    sangat diberkati, merobah cara kita berpikir.
    terkadang kita hanya menilai sesuatu dengan apa yang kita lihat sehingga kita merasa tidak mampu dan itu yang menjadi isi dari pikiran kita bahwa “kita tidak mampu”
    tapi dengan renungan ini kita di ajak untuk merobah cara kita berpikir bahwa apapun yang kita lihat, rasakan dan alami, pandanglah Tuhan yang menciptakan kita,,,

    Reply

  • andre

    September 16, 2010 #37 Author

    trimah ksh Tuhan kami sdh diberkati dgn firman Tuhan pada pagi ini.

    Reply

  • indra christian

    September 15, 2010 #38 Author

    Tiada yg mustahil bagi TUHAN.. DIA yg berkuasa atas hidup kita .. kesembuhan akan datang asal kita percaya ..

    Reply

  • asti

    September 15, 2010 #39 Author

    saat ini saya sangat merindukan hidup tanpa rasa sakit, sejak 1 tahun yang lalu sampai sekarang pikiran saya hanya dibayang-bayangi oleh rasa sakit dan penyakit yg adadalam tubuh saya, saya hanya pasrah apaun yang terjadi pasti yang terbaik darinya..karena SAYA INGIN DISEMBUHKAN….

    Reply

    • Katerine

      September 24, 2010 #40 Author

      Saudaraku, tetap setia jk ada hal yg hrs kt perbaiki, lakukan Yer 33:2-3,6

      Reply

  • Ronald Manufandu

    September 15, 2010 #41 Author

    Terimah Kasih krna saya boleh bergabung di link ini

    saya rasa di berkati setelah saya membaca ini semu dan sangat membantu saya dalam menyiapkan bahan khotbah nantinya.

    sekali lagi terima kasih banyak

    Tuhan berkati kita semua.

    Reply

  • sherly

    September 15, 2010 #42 Author

    TUHAN YESUS yang punya segala isinya artinya IA berkuasa atas segalanya dan terlebih lebih lagi atas penderitaan yang saya alami…………. SAYA PERCAYA, DIA SANGGUP !!!!!
    NOTHING IMPOSSIBLE IN HIM

    Reply

  • droy

    September 15, 2010 #43 Author

    Terima kasih Tuhan untuk renungan hari ini..saya mendapat kekuatan untuk menatap hari esok

    Reply

  • liansunhendry

    September 15, 2010 #44 Author

    Renungan hari ini ,sungguh mengusik iman saya…dimana selama ini saya alami….ramai drpd kita yg menderita cuma berharap sesuatu yg ajaib.Berlaku keatas kita,tetapi tdk tahu untuk menggunakan doa utk menghubungkan kita dgn tuhan yesus……secara lebih dekat…….cuba baca petikan dlm yohanes 5:7a di atas…..ajaib sungguhkan…………puji tuhan…..

    Reply

  • manuel

    September 15, 2010 #45 Author

    Kasih tuhan tak pernah terbatas kepada umatnya. setiap penyakit pasti ada kesembuhannya jika kita mempercayai sepenuh nati.

    Reply

  • John

    September 15, 2010 #46 Author

    trima kasih banget, renungan hari ini sangat menolong saya dalam memberi pengertian yang lebih dalam tentang kebenaran firman Tuhan. ada begitu banyak kalimat-kalimat yang membangun dalam renungan ini. terutama sekali saya diberi pengetahuan yang luas dalam melakukan pelayanan kepada orang lain. bahkan yang lebih menarik lagi ternyata kesembuhan itu mencakup berbagai hal dalam kehidupan manusia. Dalam pengertian bahwa, Tuhan Yesus pada saat itu ingin menunjukkan bahwa setiap orang layak menerima kesembuhan terhadap penyakit yang ia derita. terima Kasih Tuhan Yesus Memberkati.

    Reply

  • fanolo

    September 15, 2010 #47 Author

    Percaya? setan juga bisa mengatakan itu, yang penting yakin dan percaya yang di ikuti dengan perbuatan sesuai dengan perintahNya. Tuhan memberkati.

    Reply

  • nathan

    September 15, 2010 #48 Author

    Besar ataupun kecil perkara yang kita hadapi mintalah dan memohonlah kepada Tuhan Yesus karena Dialah yang sanggup memberikan kesembuhan dalam seluruh kehidupan kita baik jasmani maupun rohani, tks atas renungannya Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • Rudy

    September 15, 2010 #49 Author

    Kita perlu punya IMAN yg TEGUH utk dapat melihat Mujizat Allah bekerja mengatasi seluruh perkara yg MUSTAHIL Jangan pernah bimbang & meragukan Kuasa Allah kita. Karena Dia Allah yg HIDUP & Dahsyat utk mengatasi seluruh persoalan hidup kita. IMAN – PENGHARAPAN & KASIH hanya itu yg Allah ingin kita LAKUKAN SETIAP HARI…….Bravo Allah Bapa, Bravo Jesus Kristus & Bravo Roh Kudus. GBU

    Reply

  • Benie

    September 15, 2010 #50 Author

    Puji Tuhan…semua kemuliaan bagi Allah..haleluya…setiap manusia punya masalah hidup masing-masing, namun semua hanya bisa diselesaikan apabila kita selalu bersyukur dan berserah di dalam doa, yakin Tuhan akan mendengar, pujilah Ia selalu walau dalam kesesakan, kesedihan serta beban berat kehidupan kita.

    Reply

  • yosefa yulianawaty

    September 15, 2010 #51 Author

    Terima kasih atas renungan dalam pelita hidup ini karena renungan ini terjadi dalam hidupku, aku membutuhkan kesembuhan tapi bukan dalam hal penyakit badani tetapi tentang kekecewaan yang aku alami, luka hati dan batin ini dan aku tak tahu kapan luka ini dapat sembuh secara sempurna. Tapi satu hal yang selalu ku percaya tak ada yang mustahil bagi Nya semua bisa terjadi.

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *