Pelita Hidup
“Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga...

Hidup Oleh Roh Mengalahkan Keinginan Daging“Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh” Galatia 5:24-25

Tuhan senantiasa mengijinkan proses demi proses terjadi dalam hidup kita agar karakter kita dapat semakin disempurnakan hingga seperti Yesus.

Tapi dalam proses demi proses yang dijalani, keinginan daging senantiasa timbul dalam hidup kita. Sehingga pada akhirnya banyak umat Tuhan yang merasa putus asa, kenapa keinginan daging selalu mendominasi hidup mereka. Mereka menjadi bertanya-tanya, mengapa susah untuk melakukan perintah Tuhan.

Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya.

Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” Galatia 5:19-21

Keinginan daging selalu bertentangan dengan keinginan Roh, demikian juga sebaliknya. Firman Tuhan menyatakan bahwa siapapun yang hidupnya masih dikuasai oleh keinginan daging tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Mungkin kita bertanya-tanya, mengapa amarah, iri hati atau perselisihan bisa membuat kita tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Bukankah Yesus sendiri juga pernah marah ketika Bait Suci digunakan untuk tempat berjualan?

Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu.” Efesus 4:26

Tuhan tidak melarang kita untuk marah, tetapi biarlah amarah yang keluar tidak membawa kita kepada dosa. Maksudnya adalah jika kita membiarkan amarah kita berlarut-larut hingga menjadi dendam berhari-hari, berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun, maka kita telah berdosa di hadapan Tuhan. Jangan biarkan amarah kita terlalu lama, segera bereskan secepat mungkin agar kita tidak jatuh ke dalam dosa.

Sebelum kita mengenal Yesus, keinginan daging telah begitu menguasai hidup kita. Bahkan keinginan daging telah menjadi suatu hal yang biasa dalam hidup kita. Oleh karena itu ketika kita mengenal Yesus, walau hati kita sudah percaya kepadaNya, tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan lama. Kita harus selalu berusaha agar keinginan daging tidak menguasai hidup kita.

Bagaimana agar keinginan daging tidak lagi menguasai hidup kita? Kuncinya adalah dengan hidup oleh Roh.

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.” Galatia 5:16

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
” Galatia 5:22-23

Buah Roh hanya keluar ketika kita hidup di dalam Firman Tuhan, menjaga kehidupan doa, dan senantiasa melakukan apa yang menjadi perintahNya. Ketika kita hidup di luar Tuhan, maka kita tidak dapat hidup berbuah.

Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.” Yohanes 15:4

Hanya hidup yang memiliki buah Roh-lah yang dapat mengalahkan segala keinginan daging yang timbul. Rasa amarah akan dikalahkan oleh kesabaran. Segala percabulan, kecemaran dan hawa nafsu akan dikalahkan oleh penguasaan diri. Kejahatan, perselisihan, iri hati, percideraan dan lainnya akan dikalahkan oleh kebaikan.

Hiduplah di dalam Tuhan, hiduplah oleh Roh, sehingga karakter kita akan menjadi semakin sempurna seperti Yesus.

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Matius 5:48

Doa:

Tuhan ampuni kami jika selama ini kami masih mengikuti segala keinginan daging yang timbul. Mampukan kami agar kami dapat hidup oleh Roh. Bimbing kami dengan FirmanMu agar kami dapat mengalahkan segala keinginan daging yang timbul. Biarlah hidup kami semakin berkenan di hadapanMu dan mengeluarkan buah banyak bagi kemuliaan nama Tuhan.

Langkah iman:

  • Tinggalkan segala kebiasaan lama yang selalu mengikuti keinginan daging.
  • Tolak segala pikiran maupun keinginan daging yang timbul.
  • Lakukan Firman Tuhan, praktekkan kasih, sukacita, penguasaan diri dan buah Roh lainnya.

Renungan ini merupakan renungan pilihan dari ‘Pelita Hidup Membership’. jika Anda rindu menerima renungan seperti ini setiap hari, silahkan klik disini untuk lihat info detailnya.

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • PETTER paTTIwaellapIA

    September 23, 2010 #1 Author

    Renungan ini kiranya selalu menjadi alarm bagi iman kristen kita negeri ini, sebab daging (apa saja) lebih banyak kita jumpai, karena penjual dan pemilknya banyak, dari mal sampai pasar tradisional, tapi roh hanya pemilik tunggalnya ada pada Yesus, karenanya sebagai pengikut Kristus (roh) kita mesti setia untuk berusaha mendapatkannya, tentu dengan kesabaran dan keteguhan iman. dan itu bedanya kita dengan yang lainnya.

    Reply

  • Damron

    September 22, 2010 #2 Author

    Praise The Lord!

    Reply

  • M.Frida WR

    September 22, 2010 #3 Author

    Trima kasih untuk Renungan Harian ini, sangat membantu kami dalam membagi pemberitaan kebenaran Firman Tuhan bagi sesama kita.

    Reply

  • Roy Saragih

    September 20, 2010 #4 Author

    Roh Vs Daging,,,
    Merokok juga Tantangan terbesar,,karena itu juga senjata iblis merusak hub Roh.

    Reply

  • Alex Pattiasina

    September 18, 2010 #5 Author

    Saya sangat memerlukan renungan Firman TUHAN untuk membangun mezbah persekutuan pribadi dengan TUHAN setiap hari dan hal itu mendorong saya untuk menjadi anggota Pelita Hidup. Kiranya Tuhan memberkati sarana ini sehingga saya dan banyak lagi umat dapat dituntun untuk semakin intim dengan TUHAN.

    Reply

  • juliher marbun

    September 17, 2010 #6 Author

    Terimakasih, renungan ini menjadi suluh peringatan selalu agar kita tidak tergoda terus dengan keinginan daging, yang pada zaman sekarang ini semakin deras godaannya. Tuhan tolong kami, Amin.

    Reply

  • Johny Rohi

    September 17, 2010 #7 Author

    Thx PH, ….. Firman ini membuatku menjadi malu dengan kehidupanku selama ini ….. Mampukan hambaMu ini agar tetap berada pada JalanMu ……

    Reply

  • juliher marbun

    September 17, 2010 #8 Author

    Terimakasih, renungan ini sungguh menjadi peringatan bagi kita agar selalu berjalan didalam kuasa roh, sebab di zaman sekarang ini sungguh susah melawan godaan keinginan daging. Tuhan tolong kami dan kuatkan kami. Amin.

    Reply

  • Angel

    September 16, 2010 #9 Author

    Terima kasih Pelita Hidup, saya sangat di berkati dengan renungan ini, semoga Tuhan mengampuni dosa dosa saya dan saya di mampukan untuk hidup dalam Roh Kudus demi hormat dan kemuliaan nama Tuhan. Amin

    Reply

  • en

    September 15, 2010 #10 Author

    harus jadi terang ditengah bangsa yang terpuruk oleh intoleransi

    Reply

  • pedrik

    September 15, 2010 #11 Author

    trm ksh, renungan ini memberikan kami kekuatan, untuk selalu menjadikan Tuhan yang utama dalam hidup kami.

    Reply

  • dani

    September 14, 2010 #12 Author

    Puji Tuhan. Tapi sampai kapan seseorang siap memutuskan hidupnya atau ia relakan dibawah Otoritas Roh Kudus atau dibawah otorirtas Tuhan secara totalitas dalam segala hal mulai dia tahu dan mengenal Tuhan dan kehendakNya, sampai akhir nafasnya.Pengakuan, berkomitmenlah dan nyatakan padaNYa, bahwa kita siap. Tanpa keberanian menyatakannya, seseorang akan gampang untuk tidak menepati dan konsisten. Kekristenan adalah pengalaman atau mengalami bukan agamawi. Firman Tuhan akan tetap hebat, dahsyat, berkuasa, ajaib, menakjubkan, luar biasa selamanya, Tapi kita harus merngalaminya…mengalaminya ..mengalaminya. Jesus Blesses all of us.Praise Him….forever.

    Reply

  • sarjono

    September 14, 2010 #13 Author

    renungan ini menguatkan iman kami dan sekaligus sebagai pengendali munculnya kemauan daging dalam diri kami , walaupun sulit namun ini lah yang menjadi niat kami untuk senantiasa dapat mengalahkan kemauan daging .sehingga atas bantuan doa sangat kami harapkan sehingga kami dapat melakukan sesuai kehendak Allah. GBU.

    Reply

  • Poly

    September 14, 2010 #14 Author

    Setan bergerak dengan kekuatan rohnya. Sehingga untuk mengalahkannya harus juga dengan kekuatan roh. Roh Tuhan yang ada di dalam diri kita lebih besar dari kekuatan manapun di dunia ini. Oleh sebab itu Pakailah selengkap senjata Allah maka segala kuasa akan tunduk. Sekarang…! maukah kita memelihara roh Tuhan dalam diri kita dengan melakukan kehendakNya? Maukah kita mengandalkan Tuhan dalam seluruh aspek hidup kita? Dalam praktenya kadang ini masih sulit.

    Reply

  • dew

    September 14, 2010 #15 Author

    Saya diberkati dengan renungan ini yang mengajarkan bagaimana kita mesti hidup dalam roh, karena roh lah yang akan mendapatkan tempat yang kekal di kerajaan Allah dan bukan daging kita. GBU pak..

    Reply

  • gideon

    September 13, 2010 #16 Author

    Memang tidak mudah untuk mengalahkan kedagingan………….tapi kalau kita sungguh tinggal di dalam Firman/Tuhan Yesus maka tidak ada yang mustahil kita dapat mengalahkan keinginan karena Roh yang ada di dalam kita lebih besar dari roh yang ada di dalam dunia ini. Tq buat renungannya…..maju terus dan tetap berikan yang terbaik!!!!!!!!!gbu

    Reply

  • Rm. Aloysius Kok

    September 13, 2010 #17 Author

    Terimakasih sekali Renungannya telah memperkaya dan mempermudah saya dalam menemukan Makna Salib Yesus bagi kehidupan.

    Reply

  • Veron

    September 13, 2010 #18 Author

    Hi! Thanks pelita hidup wat renungannya…sya sngt terdorong dgn renunganya,renungannya sangat sesuai dengan keadaan saya saat ni…bergumul untuk melawan keinginan dan kehendak sendiri….memang bukan mudah untuk melakukannya, tetapi saya percaya bahawa Roh Kudus tinggal dalam hati kita,bisa menolong kita mengatasinya….Sehingga kita dapat melaluinya….Asal sahaja kita mahu mengizinkannya beracara dalam hidup kita…..Amen

    Reply

  • alvi

    September 13, 2010 #19 Author

    Tx Tuhan dan Pak Sinjal. Karena aku bisa belajar untuk belajar, belajar untuk mengetahui, belajar untuk melakukan dan belajar untuk hidup dari Firman Tuhan

    Reply

  • Evelyn Naomi

    September 13, 2010 #20 Author

    saya sangat diberkati dengan artikelnya…
    memang keinginan daging sering muncul karena kita masih manusia biasa tapi kita mempunyai penangkalnya yaitu buah-buah roh, marilah kita semakin mengembangkan buah buah rou tersebut
    Tuhan memberkati…

    Reply

  • yudha mulya

    September 12, 2010 #21 Author

    Bapak,terimkasih atas renunganya_
    saya hari ini sedang difitnah oleh kakak kendung saya sendiri_sakit hati menyeruak didalam dada_
    saya tak tahu menahu kenapa dia spt itu kepada saya.mohon pencerahannya.Tuhan Memberkati.

    Reply

  • eka

    September 12, 2010 #22 Author

    Shalom!
    Puji Tuhan, terima kasih untuk firman kebenaran Allah ini, semoga semakin hari-semakin kita dikuatkan untuk bekerja & melayani lebih sungguh lagi,sedapat mungkin lakukanlah yang terbaik bukan untuk manusia tetapi hanya untuk hormat dan kemuliaan namu Tuhan.Amin!
    Manseren Fyaduru Au bahasa biak-papua (some as with God Bless You)

    Reply

  • Juanda.Tolage

    September 12, 2010 #23 Author

    thanks buat renungannya semoga renungan ini bisa menjadi berkat bagi tiap pribadi yang membacanya

    Reply

  • at3nn3ta

    September 11, 2010 #24 Author

    Kita adalah manusia berdosa. Ini jelas tertulis dlm Alkitab. Tdk seorangpun yg tdk luput dari pernah berbuat kesalahan, baik kpd diri sendiri atau kpd sesama. Kesalahan yg cenderung kita lakukan adalah; mengikuti keinginan daging. Tdk seorangpun yg akan sanggup sepenuhnya mengalahkan keinginan daging yg ada didalam dirinya.

    Alkitab dg tegas mengatakan; Roh memang penurut tetapi daging lemah! setiap kita selalu berusaha utk hidup mengikuti keinginan Roh. Berjuang mengalahkan roh-roh jahat yg ada disekeliling kita, namun keinginan daging seringkali dominant menguasai diri kita. Secara jujur kita tdk dpt pungkiri hal ini.

    Hanya ada 2 pilihan yg boleh kita lakukan.
    1. Mendengar dan mengikuti perintah Tuhan melalui pembacaan firman-NYA setiap hari…dan mengundang Tuhan utk ikut campur tangan dlm mengatur kehidupan kita…serta memohon dlm doa agar Tuhan memampuhkan kita utk dpt mengalahkan keinginan daging atau…
    2. Membiarkan diri ini selamanya terlena mengikuti semua keinginan daging….yg pd akhirnya akan membawa kebinasaan pd diri sendiri.

    Tuhan kiranya selalu memberikankan hikmat-NYA kpd setiap mereka yg selalu memohon campur tangan Tuhan dalam keseharian hidupnya. Terimakasih Tuhan Yesus.

    Reply

  • Royders karianga

    September 11, 2010 #25 Author

    Terimakasih renungannya sangat memberkati saya. Tuhan memberkati

    Reply

  • deng says:

    September 11, 2010 #26 Author

    Syaloom,Terima kasih renungannya ,luar biasa sekali , karena manusia cenderung berbuat keinginan daging karena keinginan daging itu selalu menarik dan menyenangkan hati,tapi percayalah apabila kita bersandar pada TUHAN YESUS dan menjalani perintahnya dan peka akan kehendaknya dalam kehidupan ini ,niscaya Dosa dapat kita kalahkan, Buah Buah Roh akan berbuah dg baik. AMIN GBU

    Reply

  • sari

    September 11, 2010 #27 Author

    syalom…terimakasih atas renungannya….coz semakin dikuatkan utk melakukan hal2 yg brkenan di hadapan Tuhan. Gbu

    Reply

  • dominica

    September 11, 2010 #28 Author

    Puji Tuhan. Untuk membiarkan diri dikuasai oleh Roh Allah, perlu membuka diri dan hati yang lebih dalam merasakan betapa besarnya kuasa kasih Allah itu. HAl ini tidak mudah tetapi perlu latihan dan latihan secara pribadi dan bersama dalam kelompok atau keluarga. Kedamaian akan terasa lebih indah karena Roh Allah yang memampukan kita. Terima kasih renungannya yang selalu baru. GBU all.

    Reply

  • Asri

    September 10, 2010 #29 Author

    Terpujilah Tuhan atas renungan ini membuatku tetap hidup dalam roh.JBU

    Reply

  • vera

    September 10, 2010 #30 Author

    Renungan yang indah,qt mampu menyelesaikan perkara hidup qt dengan menguasai keinginan daging qt dan terus bersandar pada TUHAN dengan mengandalkan kekuatan Doa.Amin….

    Reply

  • sinur

    September 10, 2010 #31 Author

    Renungan yang sangat memberkati, terima kasih Tuhan Yesus memberkati bapak.

    Reply

  • Yoas

    September 10, 2010 #32 Author

    Tengkyu buat renungannya…..GBU

    Reply

  • wellem

    September 9, 2010 #33 Author

    Syaloom tks.atas renungannya. Memang kita manusia memiliki sifat kemanusiaan yang terkadang lebih dominan dalam menjalani hidup ini. Tetapi perlahan namun pasti bersama TUHAN kita bisa mengendalikan diri dan menundukkan diri kita sepenuhnya kepada kehendak TUHAN YESUS niscaya DIA akan merubah sifat hidup kita, dan menjadi alat kesaksianNya.

    Reply

  • Irene Priscilla Dian Elina

    September 9, 2010 #34 Author

    Terima ksh atas renungan ini, sy mohon didoakan karena masih ada keinginan daging melekat pd sy, sy ingin dibebaskan…amin

    Reply

  • astrid

    September 9, 2010 #35 Author

    renungan yg bener2 menguatkan…trimakasih buat renungannya,baik jasmani maupun rohani tpi terutama dlm rohani dimana kita senantiasa harus hidup dalam Roh dan berusaha untuk mengalahkan keinginan daging.amin.JBU

    Reply

  • wahyu

    September 9, 2010 #36 Author

    thank’s buat renungannya… selalu memberi dorongan lebih dan lebih lagi.. Gbu..

    Reply

  • Ester

    September 8, 2010 #37 Author

    Ma Kasih y… Atas RenunganNya Moga Jadi saluran berkat dalam hidup ini GBU.

    Reply

  • Reky jd

    September 8, 2010 #38 Author

    Thanks a lot…..renungan yang mengingatkan saya untuk harus bisa mengalahkan keinginan daging dengan hidup dalam roh dan menghasilkan buah2 roh dlm kehidupan sehari hari, saya sungguh diberkati lewat renungan ini…..Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • antoni

    September 8, 2010 #39 Author

    terima kasih atas renungan yang luar biasa didalam hidup saya. Tuhan memberkati

    Reply

  • Yohanes Gatot Subroto

    September 8, 2010 #40 Author

    Terima kasih Pak Riva.. dalam pergumulan melawan daging, saya malah mendapati ia makin berkuasa dalam diri saya.. tapi renungan ini menyadarkan bahwa “hidup yang dipimpin Roh..adalah cara terbaik menang atas daging”.

    Reply

  • judith

    September 8, 2010 #41 Author

    Trima kasih pak Riva saya sangat diberkati dg renungan dari pelita hidup ini sangat membangun iman saya dan semakin nikmat membaca FIRMAN TUHAN GBU

    Reply

  • sudarmi

    September 8, 2010 #42 Author

    amarah, iri hati, kecemaran perseteruan, memikirkan diri sendiri (egois) ,kadang sulit dihindari terlebih apabila lingkungan kita tidak mendukung. Kasih, sukacita damai sejahtera, kesabaran mudah diucapkan bahkan kadang bisa disalah artikan, Tuhan Yesus aku yakin bahwa kau akan memampukan hamba-hambamu yang menghadapi situasi seperti ini, dan mengubahkannya seperti yang Tuhan mau. Amin

    Reply

  • rita

    September 8, 2010 #43 Author

    sesungguhnya kita adalah manusia yg bnyak kelemahan menghadapi banyak sekali cubaan dan godaan dalam hidup…namun kekuatan yg nya datang dari Tuhan melalui Firman Tuhan yg dikongsikanbersama ini membuka hati kita, menyedarkan kita, memberi kekuatan kpd kita….saya sungguh sungguh diberkati oleh renungan ini….Segala Kemuliaan hanya untuk Tuhan,!!

    Reply

  • rieka

    September 8, 2010 #44 Author

    thanks atas renungannya
    i’m blessed :))

    Reply

  • desy

    September 8, 2010 #45 Author

    Thanks buat renungannya ,memberkati banget..thanks sudah mengingatkan utk hidup dalam Roh krn itu jawaban Tuhan buat saya supaya sy tidak jatuh bangun terus dalam dosa dan tetap hidup berkemenangan didalam Tuhan.GBU ^^

    Reply

  • Eto

    September 8, 2010 #46 Author

    Terima kasih untuk Firman-Nya. Tuhan memberkati bapak dalam pelayanan dan keluarga.

    Reply

  • Simalango

    September 8, 2010 #47 Author

    Shalom, terimakasih atas firman dan kiranya kita saling mendoakan agar Iman kita semakin bertumbuh.GBU

    Reply

  • setyobudi

    September 8, 2010 #48 Author

    Terima kasih atas renungannya.

    Memang keinginan daging itu harus selalu dan selalu dilawan dengan:
    Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” Mat 26:41

    jangan beri kesempatan iblis untuk menggoda kita

    Reply

  • Imanuela

    September 8, 2010 #49 Author

    Renungann yg sangat baik utk diteladani,,,memberi diri dipimpin oleh roh bukan keinginan daging,,,trims bwt renunganya. Kiranya Tuhan Yesus memberi aq tuntunan dan memampukan aq untuk melawan keingina daging qu dan berserah kepadNya …Thank’s Lord………

    Reply

  • georgemy

    September 8, 2010 #50 Author

    Satu renungan yang baik. Peringatan kepada kita semua bahwa tiada yang mustahil bagi orang yang berkenan kepada Tuhan. Amen

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *