Pelita Hidup
“Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.” Yesaya 49:15 Bacaan Alkitab...

Tuhan Tidak Pernah Melupakan UmatNya“Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.” Yesaya 49:15

Bacaan Alkitab : Ester 6:1-3
(1) Pada malam itu juga raja tidak dapat tidur. Maka bertitahlah baginda membawa kitab pencatatan sejarah, lalu dibacakan di hadapan raja. (2) Dan di situ didapati suatu catatan tentang Mordekhai, yang pernah memberitahukan bahwa Bigtan dan Teresh, dua orang sida-sida raja yang termasuk golongan penjaga pintu, telah berikhtiar membunuh raja Ahasyweros. (3) Maka bertanyalah raja: “Kehormatan dan kebesaran apakah yang dianugerahkan kepada Mordekhai oleh sebab perkara itu?” Jawab para biduanda raja yang bertugas pada baginda: “Kepadanya tidak dianugerahkan suatu apa pun.

Banyak orang yang mempunyai pendapat bahwa Allah sering melupakan mereka dan Allah tidak peduli dengan keberadaan mereka. Kesengsaraan yang mereka alami dan penderitaan yang mereka jalani dijadikan bukti dari ketidakpedulian Allah.

Mereka berseru tapi tidak mendengar. Orang-orang tersebut tidak mengenal Allah yang sebenarnya. Mereka hanya melihat dari sudut pandang mereka sendiri, mereka tidak menyadari bahwa banyak hal yang harus mereka lakukan, salah satunya adalah introspeksi diri.

Pada dasarnya Allah selalu peduli dan Dia senantiasa tergerak oleh belas kasihan. Perhatikan II Petrus 3:9 “Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.” Semua yang Dia lakukan adalah untuk kebaikan kita semua!

Allah tidak pernah menjadi sibuk atau lalai terhadap salah seorang anak-Nya, bahkan tertidur sekalipun. Daud mengalami banyak hal dengan Allah, salah satu yang dikatakannya mengenai Allah ada dalam Mazmur 121:3-4, “Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel. Mata Allah selalu memandang kepada anak anakNya.”

Coba kita pelajari apa yang Allah katakan dalam ayat nas di atas : Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Jawabannya adalah ya! Bahkan di zaman sekarang ada ibu yang tega menjual anaknya sendiri! Perhatikan kelanjutan dari perkataan Allah : Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau. Bukankan ini suatu jaminan bagi hidup kita?

Seorang ibu yang sedang menyusui memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap bayinya, bahkan ketika bayi tersebut berada dalam ruangan lain sesibuk apapun seorang ibu sangat peka ketika anaknya menangis dan membutuhkannya, ia tidak akan pernah mengabaikan kebutuhan anaknya. Jika seorang ibu bertindak seperti itu, apalagi Allah, Tuhan kita.

Perumpamaan ini Allah pilih untuk menggambarkan bagaimana Dia memelihara umatNya, karena Dia lebih peka terhadap kebutuhan anak-anak-Nya daripada ibu yang paling penuh kasih di dunia ini. Dia mengantisipasi setiap anakNya yang berteriak minta tolong. Perhatikan Yesaya 65:24, “Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya.” Hal Ini adalah salah satu janji yang paling menyenangkan bagi kita: Tuhan tidak akan pernah melupakan kita.

Saat Mordekhai menggagalkan rancangan pembunuhan untuk raja, yang akan di lakukan oleh Bigtan dan Teres, sida sida yang sakit hati terhadap raja. Apa yang Mordekai lakukan terlupakan seakan-akan tidak dihiraukan, dan tidak mendapatkan hadiah apapun. Peristiwa itu hanya ditulis dalam kitab sejarah saja.

Namun sekali lagi, Allah adalah Allah yang tahu apa yang terbaik buat anak anakNya, saat kritis menghantui Mordekhai yang akan di gantung di tiang gantungan yang di buat oleh Haman, Allah membuat raja Ahasyweros tidak dapat tidur dan meminta orang membacakan kitab sejarah. Bukan suatu kebetulan, tetapi Allah yang merancang semua itu sempurna, Allah yang membuat raja mendengar satu nama yaitu Mordekhai yang menggagalkan rencana pembunuhan terhadap dirinya.

Jangan biarkan keadaan sulit yang Anda hadapi meyakinkan Anda bahwa Allah telah melupakan Anda. Jangan pernah beranggapan bahwa Allah lebih peduli dengan kebutuhan orang lain yang lebih penting dari Anda.

Ingatlah jika saat ini Anda merasa bahwa Allah belum menjawab doa pergumulan Anda dan membiarkan Anda menderita, itu adalah suatu kesalahan dalam pemikiran Anda! Jangan biarkan pemikiran itu berlama-lama ada dalam hidup kita.

Ketahuilah bahwa Allah melihat Anda dengan penuh kasih, jauh melebihi dari kepedulian seorang ibu yang menyusui. Hal ini akan meyakinkan Anda untuk mengetahui bahwa Bapa sangat mengasihi Anda. (Gbu)

SEM

_adalah salah satu kontributor di Pelita Hidup.

  • Laney

    August 5, 2015 #1 Author

    Renungan yang menguatkan dan membuka hati saya yang terkadang mencap Tuhan tidak peduli atas persoalan hidup saya, padahal itu semua karna kebodohan saya yang selalu mengandalkan kekuatan sendiri,tanpa mengandalkan kekuatan Tuhan.
    ampuni aku Tuhan,
    Layak kan ku untuk dapat memanggil Mu Bapa.. Kau beri yang ku pinta saat ku mencari ku mendapatkan,Kau selalu ada bagi ku, sbab Kau Bapa ku Bapa yang kekal..

    Reply

  • djohanes buntara

    December 20, 2010 #2 Author

    Allah tidak akan memberikan anak Nya sebuah motor , ketika anak Nya baru bisa naik sepada , karena itu akan mencelakakan nya , Tuaha pasti memberikan apa yang kita minta kalau kita sudah cakap dan siap untuk menerina nya GBU all ( DB )

    Reply

  • firman simanjuntak

    December 20, 2010 #3 Author

    bersyukurlah tetap Kepada Tuhan,”karena nyatanya Tuhan memang tidak pernah pergi meninggalkan(melupan manusia),namun yg lebih nyata lagi manusia itu sendirilah yang kerap kali meninggalkan(melupakan Tuhan),yang penuh kasih karunia itu……

    Reply

  • Nancy Rambitan

    December 8, 2010 #4 Author

    Mmng hanya Tuhan lah yG tidak akan pernah melupakan Kita, Walaupun Kita Manusia sering Kali Lali di hadapan-Nya …
    Thanx GOD for All 🙂

    Reply

  • Rimbun Gultom

    November 25, 2010 #5 Author

    Tuhan Yesus, aku menyadari atas apa yang telah terjadi atas kehidupanku. Dan aku mengerti atas segala kehendakMu untukku. Bapa…. bukakan pintu hati rohaniku agar kudapat melihat rancanganMu atas hidupku. Tiada yang lebih indah apabila kudapat memiliki sukacita dan damai sejahtera yang dariMu, karena dari situlah akan tumbuh kekuatan, ketabahan, dan kesabaran untuk menghadapi kehidupanku ke depan. Tuhan Yesus……… dengarkanlah setiap tangis dan doaku.

    Reply

  • Melisati Telaumb.

    November 25, 2010 #6 Author

    Amin. renungan yang menguaTKAN DAN MEMBERKATI settiap kita.
    satu-satunya penolong yg setia yg mengasihi kita lebih dari seorang sahabat bahkan dari seorang ibu adalah TUHAN YESUS. GBU

    Reply

  • Dewi Barus

    November 19, 2010 #7 Author

    Tuhan Yesus…..terima kasih buat berkatMu dlm hidup ku…buat janjiMu Engkau tidak akan meninggalkan aku…ya Bapa,Engkau tau pergumulan hati ku saat ini….Bapa aku ingin sampai menutup mataku Engkaulah Juruslamat ku….jgn biarkan hati ku luput dri kasih Mu Bapa….jika dia orang terbaik untuk ku tolong buka kan hati nya tuk mengakui Engkaulah Juruslamat nya….tp jika dy buka org terbaik untuk ku…biarlah dy di jauhkann dri ku….dan tolong aku Bapa yg pertemukan hambaMu ini dgn org yg terbaik…org pilihan Tuhan….agar kami pun boleh menjadi keluarga kristen yg selalu hidup mengandalkan Tuhan Yesus….Amin.

    Reply

  • Filipus K

    October 28, 2010 #8 Author

    Amin. Kita bisa lupa dengan Tuhan, tetapi Tuhan tidak bisa lupa dengan kita. Haleluya ini adalah jaminan yg membuat kita tenang menghadapi hidup ini. GBU

    Reply

  • Nilon Evendi

    October 1, 2010 #9 Author

    Shalom,

    Buat semua saudaraku pembaca Renungan Pelita Hidup, Jangan pernah muncul dalam hatimu bahwa Tuhan melupakan kamu, karena Tuhan akan selalu memberi pertolongan pada saat kita membutuhkannya, menurut ukuran Nya, tetepi bukan menurut ukuran manusia.

    Reply

  • Lidya Cs

    September 14, 2010 #10 Author

    Terima kasih bwt renungannya. Kasih Yesus slalu ada buat saya dan semua orang….
    JBU

    Reply

  • elisabeth

    August 31, 2010 #11 Author

    syalom,

    ketika kesulitan datang dan keadaan tidak segera membaik, seringkali aku ngerasa kalau Tuhan meninggalkan dan tidak mau menolong aku keluar dari masalah ini. tapi memalui renungan ini saya akhirnya tahu, bahwa saya harus lebih menyerahkan hidup saya pada Tuhan. Bukan malah egois agar Tuhan selalu menolong ketika saya dalam masalah. yang sebenanya adalah Tuhan tidak akan pernah meninggalkan saya.

    Reply

  • Andreas Samiyono

    August 31, 2010 #12 Author

    Yes, memang Tuhan selalu perduli dengan anak-anak-Nya, ayo kawan-kawan maju terus dan selalu berharap pada-Nya, Dia pasti menolong tepat pada waktunya. Amin. IMANUEL

    Reply

  • Kesar Panjaitan

    August 21, 2010 #13 Author

    Shalom
    Saya tertari membaca renungan dari Pelita hidup karena sangat membangun hidup kerohanian pembacanya. Tuhan berkati penulisnya.

    Reply

  • Ponijan

    August 12, 2010 #14 Author

    Syalom
    Trimakasih atas renungan ini ,hati saya sangat dikuatkan ,Tuhan Kita Yesus Kristus sungguh luar biasa,Dia tidak pernah meninggalkan anak-anakNya yang percaya kepadaNya,GBU

    Reply

  • jefri

    August 9, 2010 #15 Author

    puji Tuhan …..begitulah kasih sayang Bapa kepada kita…..kiranya Bapa selalu melindungi dan membimbing anakNya dalam keadaan apapun amin.

    Reply

  • darmi

    August 7, 2010 #16 Author

    terimakasih atas firman yang memberi kita hidup sesuai kehendaNya.

    Reply

  • dessy natalia

    August 2, 2010 #17 Author

    syalom
    luar biasa kasih setia yesus kristus yang telah memberikan seluruh cinta kasih nya kepada kita umatnya , juga sungguh besar penyertaan dan pengorbanannya, hai saudara seiman jangan lah kita berputus asa akan segala masalah yang kita alami dalam kehidupan kita percaya lah dan kita juga harus meminta dengan sungguh sunguh percaya dan yakin dan jangan lupa untuk berdoa dan berharap kepadanya, aku telah mengalaminya begitu baik tuhan dan dia mengerti apa yang aku butuhkan dia tau kapan kita benar2 membutuhkan dia dan kita juga harus ingat bila apa yang tlah diberikan tuhan YESUS pada kita jangan lupa untuk mengucapkan syukur agar berkatnya smakin hari smakin bertambah dan jangan melupakan firman nya dalam kehidupan kita . amin GBU

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *