Pelita Hidup Jangkau Dunia

Suami Yang Mengasihi Isteri Bagai Kristus Mengasihi Jemaat

Suami Yang Mengasihi Isteri Bagai Kristus Mengasihi Jemaat“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.
Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.” Efesus 5:25,28

Tuhan begitu mengasihi umatNya sehingga Bapa mengirimkan AnakNya yang tunggal yaitu Kristus untuk menebus dosa setiap umatNya (Yohanes 3:16). Kasih Kristus atas jemaatNya tidak ada batasnya. Dia menjadi penolong dan penghibur, memberikan kekuatan, sukacita, kesembuhan, kelepasan dan kemenangan bagi umatNya. Dia rela mati di atas kayu salib demi kita semuanya.

Sikap seperti itulah yang harus dimiliki seorang suami terhadap isterinya. Sama seperti Kristus yang memandang umatNya sebagai tubuhNya, demikian juga suami memandang isteri sebagai tubuhnya. Isteri merupakan bagian yang tak terlepaskan dari suami. Isteri merupakan bagian kehidupan dari suami. Tanpa isteri maka suami tidak dapat berjalan, karena itu berarti suami berjalan tanpa tubuhnya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Renungan ini merupakan renungan pilihan dari ‘Pelita Hidup Membership’. jika Anda rindu menerima renungan seperti ini setiap hari, silahkan klik disini untuk lihat info detailnya.

Suami harus menjadi penolong dan penghibur bagi isterinya. Suami harus memberikan kekuatan, dorongan, motivasi dan support bagi isterinya. Suami tidak boleh memandang rendah isterinya. Suami harus membuat isterinya merasa memiliki hidup yang berharga di mata Tuhan.

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.” 1 Petrus 3:7


Tuhan telah menempatkan isteri sebagai teman pewaris tahta, bukan sebagai pembantu atau bahkan orang yang tak dianggap sama sekali. Segala kekurangan yang dimiliki oleh isteri tidak boleh dijadikan alasan bagi suami untuk memandang rendah isterinya, karena Tuhan telah menempatkannya sebagai pasangan hidup kita. Sikap yang meremehkan isteri akan membuat segala doa kita terhalang di hadapan Tuhan. Jika ingin agar Tuhan mendengarkan doa-doa dari seorang suami, maka dia harus belajar untuk menghargai isterinya sesuai dengan Firman Tuhan.

Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat.” Efesus 5:29
*courtesy of PelitaHidup.com
Dengan alasan apapun, suami tidak boleh membenci isterinya, karena dengan demikian maka dia membenci tubuhnya sendiri. Hal ini bertentangan dengan sikap Kristus yang senantiasa mengasuh dan merawat tubuhNya yaitu jemaatNya. Suami harus benar-benar memperhatikan isterinya dan memberi perhatian lebih terhadap bagian yang lemah. Tidak ada manusia yang mau menyakiti tubuhnya sendiri, demikian juga seharusnya seorang suami tidak boleh menyakiti isterinya baik secara perasaan, maupun secara fisik.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Perhatikan kata-kata yang keluar dari mulut, karena jika tidak hati-hati maka kata-kata tersebut dapat melukai hati sang isteri. Perempuan sangat peka pada pendengarannya. Berilah pujian atas isterimu. Berilah penghargaan bagi isterimu. Katakan dan ungkapkan rasa sayang kepada isteri, sehingga dia benar-benar mengetahui bahwa suaminya mengasihi dia. Ungkapan kasih sayang memang harus ditunjukkan melalui perbuatan, tetapi juga harus dinyatakan melalui kata-kata. Kedua ungkapan baik melalui perbuatan dan kata-kata sangat penting demi keharmonisan rumah tangga. Komunikasi harus dibangun dengan sebaik mungkin agar tidak ada rasa curiga di antara pasangan suami isteri.
*courtesy of PelitaHidup.com
Suami harus belajar mendengar apa yang menjadi keluhan, ungkapan perasaan, bahkan juga nasehat dari isterinya. Ketika suami mau belajar mendengar kepada isterinya, akan ada suatu perubahan yang luar biasa terjadi dalam rumah tangga tersebut. Berkat Tuhan akan tercurah dengan luar biasa dalam rumah tangga dan keluarga.

Menjadi seorang suami tidak boleh mementingkan diri sendiri, tanpa memperhatikan kepentingan isterinya. Dengan mengasihi isteri sebagaimana mengasihi tubuhnya sendiri berarti bahwa segala hal yang menyangkut kepentingan isteri juga harus menjadi perhatian bagi suami. Ini bukan berarti isteri dapat menuntut apapun yang menjadi keinginannya. Tetapi tentunya semua harus berjalan sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.

Ketika suami dan isteri memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing di hadapan Tuhan, maka mereka akan memiliki rumah tangga yang kuat. Rumah tangga yang kuat akan membentuk keluarga yang kuat. Keluarga yang kuat akan menjadi pondasi yang kuat bagi gereja. Sehingga pada akhirnya gereja-gereja yang ada di muka bumi ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi bangsa-bangsa, nama Tuhan dimuliakan di atas muka bumi ini.

Doa:

Tuhan mampukan para suami agar dapat lebih lagi menghargai dan mengasihi isterinya sebagaimana mereka mengasihi dirinya sendiri. Mampukan para suami untuk dapat menjadikan isterinya merasa memiliki hidup yang sangat berarti dan berharga baik di hadapan Tuhan maupun bagi banyak orang. Biarlah kehidupan rumah tangga dari setiap pasangan yang ada menjadi harmonis dan kuat di dalam Tuhan.

Langkah iman:

  • Mulailah untuk mengasihi dan memperhatikan isterimu.
  • Jangan melakukan kekerasan baik secara kata-kata ataupun secara fisik terhadap isterimu.
  • Beri telinga atas setiap ungkapan maupun keluhan isterimu. Hargai setiap pendapat maupun nasehatnya.
  • Beri perhatian atas segala kebutuhannya untuk dihargai dan dilindungi.
  • Beri pujian dan ungkapkan rasa kasih sayang melalui kata-kata dan perbuatan.

Renungan ini merupakan renungan pilihan dari ‘Pelita Hidup Membership’. jika Anda rindu menerima renungan seperti ini setiap hari, silahkan klik disini untuk lihat info detailnya.


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 79 respon

  1. Terpujilah nama Tuhan Yesus karena kasih-Nya yang besar bagi umat-Nya. Renungan ini benar menggugah hati setiap suami untuk menerima Istri apa adanya, mengasihi mencintai Istri sama seperti Kristus mengasihi dan mencintai Jemaat. Terima kasih buat hambanya bpk Riva Sinjal yang mengingatkan kami para Suami untuk mengasihi Istri sama seperti Kristus mengasihi Jemaat. Tuhan memberkati.

  2. Bacaan yang indah,, semoga ini terjadi dalam keluargaku,, setelah suatu hari nanti aku bertemu dengan pujaan hatiku.. Amin2

  3. puji Tuhan, suamiku taat pada FA

  4. Syalom, Terima kasih atas renungan indah ini, Ya Tuhan Yesus, Ajari kami untuk lebih mengasihi istri kami, Amien

  5. Saya lihat tanggal penulisan artikel ini sudah cukup lama, tapi berkatnya tetap baru…
    terima kasih Pak Riva. Tuhan terus memakai anda dalam Pelayanan-Nya, amin.

  6. Mampukan kami Tuhan….tuk seturut kehendakMu

  7. Renungan yang mengingatkan saya untuk lebih sungguh-sungguh mengasihi isteri…terimakasih

  8. mengasihi istri sebuah pelayanan prima, yang dilakukan oleh seorang pria sejati… good GBU

  9. syalom…… terima kasih untuk renungannya, bagi para suami sebenarnya memiliki hak dan kewajiban yang sangat istimewa dari Tuhan Allah untukmenjadi kepela rumah tangga yang baik sehingga dapat menikmati berkat – berkat kerajaan Allah kedalan rumah tangganya sehingga rumah tangganya menjadi bberkat bagi orang lain atau menjadi surat terbuka yang dapat dibaca oleh setiap orang yang ada disekelilingnya. GBU Papua Jayapura.

  10. bersyukurlah bagi mereka yang percaya kepada Kristus Yesus , karena hanya pada ajaran Kristus Yesuslah yang mengajarkan kasih sesama umat manusia khususnya suami-istri . sama seperti Dia telah mangisihi umat_Nya dengan mengorbankan tubuh_Nya untuk menebus dosa-dosa kita ,
    terimakasih atas Firman yang di wartakan kiranya banyak jiwa yang di selamatkan oleh kebenaran Firman Tuhan
    dan kiranya Tuhan Yesus kristus memberkati Pewarta dan Website ini.

  11. Bapa ini hari baru yang engkau beri dan hidup kami ini baru, web pelita yang baru baru saya berkomunikasi dengan sesama, pimpin kami bapa agar kami tidak jau dari kehendakMU.
    sebagai suami yang juga sebagai imam kepala bagi keluargaMu…. amin

  12. Nah mslhnya ada istri yg sdh tdk mengasihi diri sendiri apalagi mengasihi suami, Tp suami ttp hrs mengasihinya toh…???….

  13. Ini pertama kali saya membuka web ini. Dan saya merasa sangat terberkati dengan renungan ini. Di kehidupan perkawinan saya yang masih seumur jagung, betapa saya saat ini merasa sungguh berdosa. Saya belum bisa memberikan kepada istri saya sesuai yang Tuhan harapkan. Namun kini saya tahu dan kiranya Tuhan berkenan untuk memberikan saya kesempatan untuk memperbaikinya.

  14. makasi untuk renungan yg sangat baik…..

  15. artikel yang menarik dan luar biasa memberkati saya. saya akan bagikan berkatnya bagi jemaat.

  16. Shalom,
    Renungan ini mengingatkan kita semua sebagai orang-orang yang percaya kepada Kristus yesus, diharapkan mengerti posisi mereka masing-masing, namun kenyataan yang terjadi saat ini, banyak orang kristen mempuyai standard sendiri, sehingga rumah tangganya tidak menjadi berkat bagi keluarga apalagi bagi orang lain. So jangan heran banyak muda-mudi yang tidak ambil peduli siapa jodoh mereka, karena gambaran kehidupan rumah tangga orangtua mereka yang kacau balau.

  17. masalah nya sebagian suami merasa tdk sayang ke istrinya adalah faktor tidak cantik.karena manusia lebih melihat dari luarnya saja.( tidak dari hati.) sehingga suami sering iseng mencari diluar rumah.memang perlu juga si istri menyadari bahwa kadang si istri menyepelekan suami karena faktor keuangan dan sambutannya bila pulang kerja tidak ada respon.tapi kalau kita perlu saling mengasihi suami dengan istri maka juga harus saling transpran dalam sesuatu hal dengan demikian akan tercipta suatuyang lebih baik dan saling memahami kekurangan dan kelebihan diantara suami dan istri.jika si istri merasa kurang cantik oleh karena sudah melahirkan beberapa anak .suami juga harus bertanggung jawab untuk mempercantik istrinya jangan malah pergi keluar rumah.kalau uang yang dikeluarkan jajan diluar rumah .itu kan cukup diberikan kepada istri untuk mempercantik dirinya. Tuhan Yesus telah memanggil kita saling mencintai suami – istri .namun kita tidak cukup hanya merenungkan firmanNYa tapi disampin itu Suami istri haruslah saling memahami

  18. Syalom….. ayo para pria2 terus semangat jangan lupa kita di ciptakan serupa dengan kristus dan otoritas Allah ada pada setiap Pria, mari kembalikan gambar diri yang Allah telah berikan itu bawa dlm keluarga kita sehingga Kristus akan nyata dalam setiap kehidupan kita dan lihatlah sesuatu yang besar dan melampaui segala akal pikiran kita akan terjadi…..GBU… Papua

  19. Oh Tuhan, Engkau begitu baik mengasihi kami, ajarlah kami untuk hidup saling mengasihi, ajarlah kami untuk selalu hidup berkenan dihadapan HadiratMu yang kudus. Terima kasih Tuhan Yesus Amin

  20. Terima kasih Tuhan Yesus , engkau telah memberikan Istri dan anak-anak bagi saya, yg begitu aku kasihi dan mereka juga sangat mengasihi saya, Terima kasih Tuhan Yesus .

  21. Dear Pak Riva

    Ijinkan saya menampilkan kembali artikel yang sangat memberkati ini ke blog saya Artikel Kristen

  22. Tuhan Yesus,
    Terimakasih atas penyertaanMu, berkat Mu , pengampunanMu. Aku mengucapkan terimakasih atas tanda ajaib yang Kau berikan padaku.
    Aku punya kelemahan Tuhan, dan Engkau pasti tahu.
    Aku tidak tahu harus bagaimana.
    Tuhan tolong aku
    [—edited by mod—]

  23. saya akan tunjukkan renungan ini kepada suamiku, mudah2an dia dapat mengerti

  24. TUHAN YESUS terima kasih karna engkau telah memberiku suami yang baik, terutama suami yang takut TUHAN tank…….jesus

  25. Amin, firman Tuhan kiranya mengubah aku sebagai suami

  26. Amin. Saya naikkan syukur kpd Bapa di Surga saat ini saya diingatkan dan dibangun kembali akn ikrar dn janji pernikahan kami 16 th silam di hadapan Bapa yaitu janji utk tetap setia, saling menghargai, saling mengasihi, saling tolong menolong baik dalam suka dn duka dg isteri. Tq pelita hidup dn mhn bantu doa utk mjd klg kudus yg dipakai Tuhan. Amin TYM

  27. Puji Tuhan….sy bersyukur dapat membaca teks ini…
    saya sangat diberkat dengan teks ini…
    sy mahu buat seperti itu dlm hubungn cinta sy…
    terima kasih Yesus…

  28. Membaca renungan Firman ini, sy merasa diingatkan dan sekaligus diberi pengertian oleh Tuhan untuk menerima istri saya secara utuh, sering kekurangan istri menjadi beban bagi saya tapi sekarang saya tahu bahwa saya harus menerima apapun kondisi istri saya sebagai tubuhku sendiri, yang harus dirawat dan dipelihara dengan baik.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: