Pelita Hidup Jangkau Dunia

Apakah Engkau Mengasihi Tuhan Allahmu?

Apakah Engkau Mengasihi Tuhan Allahmu?Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Yohanes 14:21

Bacaan Alkitab : Ulangan 6:1-6
(1) “Inilah perintah, yakni ketetapan dan peraturan, yang aku ajarkan kepadamu atas perintah TUHAN, Allahmu, untuk dilakukan di negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, (2) supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan TUHAN, Allahmu, dan berpegang pada segala ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu. (3) Maka dengarlah, hai orang Israel! Lakukanlah itu dengan setia, supaya baik keadaanmu, dan supaya kamu menjadi sangat banyak, seperti yang dijanjikan TUHAN, Allah nenek moyangmu, kepadamu di suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. (4) Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! (5) Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. (6) Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan.

Allah sudah banyak melakukan segala sesuatu untuk Anda dan saya, bahkan dia rela mengorbankan nyawanya untuk menghapus setiap kesalahan kita. Perhatikan yang di tulis dalam Yohanes 3:16: Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Begitu besar kasih Nya Allah untuk kita, lalu bagaimana dengan kita? Apa yang dapat kita lakukan buat Tuhan? Jawabannya adalah sampai kapanpun kita tidak akan pernah dapat membalas setiap kebaikan Tuhan yang Dia beri untuk kita. Yang hanya dapat kita perbuat adalah dengan mengasihiNya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Yosua banyak melewati hal yang sangat luar biasa bersama dengan Tuhan. Yosua melihat apa yang Tuhan lakukan untuk Dia dan bangsanya sangat istimewa. Perhatikan Yosua 23:9-10: Bukankah TUHAN telah menghalau bangsa-bangsa yang besar dan kuat dari depanmu, dan akan kamu ini, seorang pun tidak ada yang tahan menghadapi kamu sampai sekarang. Satu orang saja dari pada kamu dapat mengejar seribu orang, sebab TUHAN Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu. Yosua merasakan betapa Allah melakukan jauh lebih banyak dari apa yang dapat mereka lakukan dan perbuat. Lihatlah yang Yosua tegaskan kepada bangsanya dalam Yosua 23:11 Maka demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu.

Dalam bacaan dia atas, Musa juga mengajarkan kepada bangsa Israel agar mereka takut akan Tuhan dan mengasihi Tuhan Allah dengan segenap jiwa dan kekuatan, supaya mereka memperoleh umur panjang, baik keadaannya, berkembang, di berkati dan memperoleh setiap janji yang Tuhan sediakan untuk mereka. Dikatakan bahwa perintah ini harus menjadi perhatian bagi setiap bangsa Israel.

Kepada kita pun di tuntut untuk mengasihi Tuhan dengan segenap jiwa, kekuatan dan segenap hati kita. Kalau kita perhatikan dengan baik-baik bahwa hanya Allah yang sanggup menebus hidup Anda dari dosa. Tuhan sanggup menyelesaikan setiap permasalahan Anda sekalipun orang mengatakan itu tidak mungkin, tetapi bagi Allah itu mungkin. Allah sanggup memberi lebih bagi kita, karena Dia tahu kebutuhan kita yang sesungguhnya. Perhatikan I Korintus 2:9 Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” Semua akan dilakukan bagi mereka yang mengasihi Dia. Firman Allah mencatat I Korintus 8:3 Tetapi orang yang mengasihi Allah, ia dikenal oleh Allah. Dan I Korintus 16:22 Siapa yang tidak mengasihi Tuhan, terkutuklah ia. Maranata!



.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengasihi Dia?
*courtesy of PelitaHidup.com
Yohanes 14:15 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.” Karena setiap perintah Tuhan itu adalah kehidupan buat kita manusia. Dan dikatakan dalam Mazmur 97:10a Hai orang-orang yang mengasihi TUHAN, bencilah kejahatan. Kita tidak akan melakukan yang Allah tidak suka dan benci. Kita akan meninggalkan semua hal yang tidak berkenan terhadap Tuhan. Orang yang mengasihi Tuhan akan mengutamakan Tuhan di atas segalanya.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Matius 10:37, Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.
*courtesy of PelitaHidup.com
Apakah Anda mau membalas semua yang Tuhan telah lakukan untuk Anda? Apakah Anda mengasihi Tuhan Allah? Seperti Daud, dia menyanyikan cintanya pada Tuhan dalam Mazmur 18:2, Ia berkata: “Aku mengasihi Engkau, ya TUHAN, kekuatanku! Karena memang Tuhan itu sumber kekuatan Daud. Dikatakan dalam Amsal 8:17 Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku. Yohanes 14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”

Pilihan di tangan Anda, jika mau hidup pilihlan mengasihi Dia. (Gbu)

KASIHILAH TUHAN ALLAH ANDA
DENGAN SEGENAP HATI, KEKUATAN DAN JIWA
KARENA HANYA DENGAN ITU
KITA DAPAT MEMBALAS CINTANYA TUHAN
YANG JAUH LEBIH BESAR DARI APAPUN


SEM
SEM_adalah salah satu kontributor di Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 46 respon

  1. Luar biasa, sebab kemurahaan Tuhan Yesus saja selalu ada hikmat bagi kehidupan kita. ini bagi mereka yang sudah dikuatkan dengan perantaraan roh kudus untuk membagi kebenaran firman Tuhan ini agar selalu berkarir dalam Pelayanan Pekerjaan Allah. Tuhan Yesus memberkati mereka yang selalu memeberitakan Firman Nya.

  2. Puji dan syukur kepada Tuhan penyelenggara kehidupan karena DIA telah memberi kuasa kepada Bapak dan keluarga sehingga dapat membuat renungan untuk dipublikansikan kepada setiap umat yang haus / lapar akan kebenaran firman Tuhan dan juga saya sangat berterima kasih karena dari renungan ini kami pakai dalam pelayanan pekabaran injil Tuhan dari rumah tangga sampai ke pedekasaan, kami tidak dapat membalasnya, tapi kami percaya tuhan akan memperhitungkan semua jerihpaya Bapak dan keluarga, Tuhan Yesus memberkati

  3. PUJI TUHAN, AJARLAH KAMI ROH KUDUS UNTUK DAPAT MENGASIHI YESUS DENGAN SEGENAP HATI, JIWA DAN AKAL DAN AJARLAH KAMI UNTUK MENGASIHI SESAMA KAMI, TERLEBIH AMPUNI KAMI BAPA ATAS DOSA YANG BESAR DAN DOSA YANG KECIL KARENA DIDUNIA YG FANA INI SANGAT BANYAK GODAAN SETAN YG MENGGANGGU KEHIDUPAN ROHANI KU, BIARLAH ROH MU MENYALA-NYALA DALAM HIDUPKU. AMIN

  4. Sungguh merupakan renungan yang luar biasa. Banyak orang berpikir datang ibadah di gereja, pengarahan Baptisan, dibaptis, kemudian datang ke gereja setiap minggu tanpa perobahan hidup akan memperoleh hidup kekal. padahal pertobatan sejati dilihat dari perobahan hidup, yaitu mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan melakukan perintahNya. Terima kasih p, Riva buat renungannya. Tuhan berkati Bapak berlimpah2 bersama keluarga dan website itu terus dipakai untuk kemuliaan-Nya,

  5. kenalilah TUHAN agar kita dapat mengasihi-Nya…!!!

  6. Tuhan tidak pernah meninggalkan umat-Nya justru manusia itu sendirilah yang selalu meninggalkan Dia, Yesus sudah menunjukkan teladan bagaimana mengasihi sesama dan justru mendoakan orang2 yang membunuh Dia Yesus memang Allah Kita yang penuh Kasih semoga kiranya kita dapat meneladani bahwa “YESUS MERUPAKAN PRIA SEJATI”. Amin

  7. Tuhan selalu mengasihi umatnya, akan tetapi manusia banyak mengandalkan kekuatan sendiri dan melupakan Tuhan. Terimakasih Tuhan karena Engkau selalu mengasihi aku. Haleluya.

  8. Tuhan sangat mengasihi saya, dengan apalagi ku balas kebaikan-Nya kecuali hanya dengan kembali mengasihi-Nya….Ya Tuhan ajar aku untuk selalu taat akan Engkau, mencintai dan mengasihi Engkau lebih dari apapun di dunia ini.

  9. Tuhan sangat mengasihi saya, dan ini saya rasakan seumur hidup saya. Dia memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk saya. membantu saya dalam pelayanan, memampukan saya dalam menghadapi suka dan duka hidup. Jujur saja, dalam hati dan pikiran saya sangat mengasihi Tuhan, tetapi seringkali terbentur dengan kelemahan pribadi yang belum dapat saya atasi. contohnya sadar atau tidak sadar saya seringkali menyakiti hati Tuhan yang penuh kasih dengan segala sikap dan tutur kata, perilaku yang kadang menyakitkan orang lain. Tetapi saya juga tetap percaya bahwa melalui kelemahan dan kekurangan saya Tuhan tetap mengasihi saya. Buktinya banyak sekali.

  10. Aku mau mengasihiMu Tuhan.. tp seringkali aku gagal…bahkan seringkali aku jalan dengan caraku sendiri..tanpa melibatkan Engkau.. ampuni aku ya Tuhan….
    Terima kasih renungannya Pelita hidup.. aku merasa diberkati melalui renungan ini.. aku merasa selalu diingatkan untuk mengingat.. betapa Dia sangat mengasihiku…

  11. Benar kita tidak dapat membalas kasih BAPA yang telah menyelamatkan kita, Tuhan hanya minta ketaatan kita untuk melakukan KEHENDAKNYA. PUJI TUHAN kita memiliki TUHAN YESUS YANG BANGKIT DAN MENGALAHKAN MAUT.

  12. renungan begitu bagus dan indah untuk kita lakukan, apunilah kami ya Yesus Sang Raja Gereja, dan ajarlah kami untuk senantiasa mengasihiMu, baik suka maupun duka, untuk tanamkanlah ya Tuhan dalam hati, pikiran dan angan-2 kami, supaya kami dapat meneladani segala perilakumu, amin.
    thanks pelita hidup, GBU.

  13. Wow, menguatkan banget renungannya hari ini..trims..

  14. Kasih kita temui dimana-mana… namun sumbernya dari Tuhan Yesus pemilik kehidupan … mari warnailai kasih Tuhan dalam setiap aktivitas hidup kita… membagi kasih dengan semua orang tanpa melihat latar belakangnya.

  15. Trima kasih renungannya memberi pemahaman yang sangat jelas tentang mengasihi Tuhan. Semoga bermanfaat bagi pembaca lainnya

  16. Renungan yg bagus. Kiranya Tuhan Yesus membimbing pikiran & hati kita supaya dapat melakukan yg terbaik dalam kehidupan ini untuk kemuliaan Allah.

  17. Allah kita emang luar biasa. Kita seringkali bingung dan merasa kesulitan mencari cinta sejati di dalam hidup kita. Padahal cinta sejati sudah kita dapatkan yaitu cinta sejati dari Tuhan Yesus yang rela mati bagi kita di kayu salib. Tapi kita kog seringkali masih suka bebal ya?

  18. 5 Cara Praktis Mengasihi Tuhan dengan prinsip 5 B:
    Selalu Tekun & Rajin dalam :
    1. Berdoa, (hubungan intim dg Bapa)
    2. Baca Firman (renungkan & lakukan),
    3. Beribadah (bersekutu dg saudara seiman).
    4. Berkorban, (pikul salib)
    5. Bersaksi. (amanat agung)

    Salam Kasih Kristus.

  19. Sebenarnya banyak dari kita yang tahu betul bahwa Allah begitu mengasihi kita, tetapi kita selalu gagal untuk membalas kasih Allah. Kasih Allah tanpa syarat, tetapi kasih manusia selalu bersyarat, mungkin ini yang membuat kita gagal menyatakan kasih Allah. Kiranya Roh Kudus menolong saya juga untuk menyatakan kasih saya terhadap Allah, mulai dulu dari orang-orang terdekat. Terima kasih untuk renungan yang selalu menguatkan.

  20. Haleluya… Renungannya cukup bagus, saya percaya renungan ini sangat menguatkan setiap pembacanya. Roh Kudus pasti memberikan hikmatNya. Amsal 16:20 : Siapa memperhatikan firman akan mendapat kebaikan, dan berbahagialah orang yang percaya kepada TUHAN. Amsal 13:13 : Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. Terima kasih dan Tuhan Yesus memberkati.

  21. Terima kasih Tuhan,..bimbing dan urapi kami dengan roh kudusmu agar kami (aku) dapat senantiasa mengasihi Engkau dengan seluruh Hidup kami dan senantiasa menjaga kekudusan kami sehingga kami layak untuk Hidup bersama Engkau,..Trimakasih Tuhan Yesus,…
    aku mencintaiMU,..

    salam
    anakMU yang selalu merindukan Engkau

  22. Praise the Lord..sungguh merupakan renungan yang sangat luar biasa dan merupakan jawaban saat banyak pertanyaan di benak saya untuk mencari tahu cara mengasihi Tuhan dengan sungguh2…karena sebagai manusia lemah kadang saya mengecewakan hati Tuhan..padahal saya tahu Tuhan mengasihi saya luar biasa..so saat Renungan ini hadir membuat saya lebih bersemangat untuk mengubah sikap dan cara pandang saya dalam menjalani hidup dan tentunya mengasihi Tuhan dengan tulus.

  23. Renugannya mantap, saya merasa terbantu sekali dengan adanya renungan-renungan yang dikirimkan ke mail saya. Terima kasih, GBU

  24. Tidak ada satu kekuatanpun yang dapat kita lakukan untuk membalas KASIH yang sudah dinyatakan melalui kelahiran, kematian, dan kebangkitan NYA. Satu hal yang DIA rindukan untuk merespon kasihNYA adalah, pertobatan kita (2Ptr3:10), lahir baru (merubah seluruh paradigma hidup, RM 12:2), hidup dalam kekudusan Tuhan karena lahir baru (Rm12:1) karena hidup kita seutuhnya merupakan persembahan yang hidup, punya arti, ada rasa tanggung jawab didalamnya yang harus kita nyatakan sebagai ungkapan Thanks GOD aku boleh ada hari ini. AMIN

  25. Terima kasih Pelita Hidup atas renungan hari ini.Renungan hari ini semakin menyadarkan saya betapa besar kasih Allah kepada kita semua.Renungan ini menyadarkan saya,kalau saya belum berbuat banyak untuk membalas kasih Allah yg telah saya terima.Semoga dengan bimbingan Roh Kudus memampukan saya untuk lebih mengasihi Allah dengan meninggalkan segala keinginan kedagingan saya dan taat serta melakukan kehendakNya.Gbu

  26. Renungan ini sungguh membuka pemahaman mengapa kita harus mengasihi Allah, sebab sesungguhnya hanaya itu yang dapat kita lakukan. namun di dalam melakukan kasih kepada Allah tidakllah mempertentangkan dengan kasih kepada sesama manusia, sebab setiap orang yang mengasihin Allah pasti mengasihi sesama manusia tetapi orang yang yang mengasihi sesama manusia belum tentu mengasihi Allah. sebab setiap orang yang lahir dari Allah mengasihi saudaranya (Bdk. 1 Johanes 3: 9 – 10). Puji Tuhan.

  27. Jelas Saya mengasihi Tuhan karena pada dasarnya Dia sendiri yang mengasihi terdahulu kepada kita layaknya Bapa mengasihi anak2nya, hanya kita anak2nya terkadang lupa akan kasih itu…nah timbul pertanyaan mengasihi Tuhan yg bagaimana ? apakah pada waktu tertentu saja atw total dlm hidup dan kehidupan kita…karena Mengasihi Tuhan adalah dimaknai/ diartikan secara luas…. jika tidak ? tentu belum mengasihi DIA ?… Tuhan ajarkan/ ingatkan kami selalu akan semua itu agar kami dapat mengasihi Engkau sesuai dengan kehendakMu…amin.

  28. Bagaimanakah aku bisa dgn setia melakukan ini, sebab menurut saya renungan ini semuanya harus kita lakukan dengan sempurna …….

  29. Selalu menegur dgn lembut..

  30. benar2 mengoreksi kehidupan saya. thx.GBU

  31. Terima kasih Tuhan Yesus… Engkau baik, sangat baik.. ajar kami untuk dapat mengasihi Mu seperti yang Engkau kehendaki…. Amin

  32. mengasihi Tuhan tidak hanya dengan ucapan syukur dan pujian di bibir tp lebih dari itu, mengasihi DIa dengan -perbuatan kita, dan kita juga bisa menunjukkan kasih kita kepada Allah dengan mengasihi sesama kita. tidak ada gunanya kita mengatakan bahwa kita mengasihi Allah tp tidak mengasihi sesama kita. itu sama saja bohong. 🙂

    so, mari mengasihi Tuhan dengan mengasihi sesama kita. Keep on fire to show His love! 🙂

  33. Hidup mengasihi Tuhan adalah hal yg wajib/harus dilakukan setiap umatNYA.
    Thanks Buat Renungan hari ini,karena sudah mengingatkan agar sy/kita smua semakin hidup utk mengasihi DIA:)GOD BLESS

  34. Shalom. Terimakasih atas renungan pagi ini. Yg tak habis pikir adalah pagi2 benar sebelum bangun dari tempat tidur, saya teringat akan kitab Ul 6 ini dan merenungkannya. Betapa hebatnya tangan Tuhan menuntun umat Israel. JanjiNya ya dan amin. Setelah tiba di kantor, saya membaca email masuk, salah satunya dari Pelita Hidup, yang isinya pas dengan apa yg dapatkan pagi ini. Sy percaya pertolongan dari Roh Kudus, Tuhan berbicara jelas bagi saya. Thanks Pelita Hidup.
    Selamat melayani. GBU all……

  35. Thx, untuk renungan hari ini. Memang kita harus senantiasa belajar membalas untuk mengasihi TUHAN selagi kita hidup didunia ini . Salah satu cara nya dengan kita mau peduli kepada sesama kita yg saat ini sedang membutuhkan pertolongan kita, tentunya disertai ketulusan dan kemampuan kita yg terbatas. memang kadang2 terasa sulit untuk memulai melangkah, tetapi saya percaya asal kita MAU saja, maka ROH KUDUS sendiri yg akan memampukan kita Amin . Mari kita berlomba2 untuk lebih mengasihi TUHAN melalui kehidupan se hari2 kita (mat 25:35-40 ) TUHAN MEMBERKATI kita semua.

  36. Saya memang harus mengasihi Tuhan,karena Tuhan begitu mengasihi saya,saya adalah orang yang paling malang jika saya tidak mengasihi Allah,karena Allah sangat mengasihi saya,saya berterimakasih kepada Pelita Hidup,yang membuka rubrik ini saya merasa pasti banyak orang di berkati lewat program ini,GBU

  37. Natanael A. Pradana
    Tuesday 27 April 2010, 8:23 am

    Mari mengasihi Tuhan lebih sungguh, JBU all, amin!

  38. Ya Tuhan,. maafkan aku,.. selama ini aku telah gagal mengasihi ENGKAU,.. aku gagal dalam mewujudkan kasihMu kepada sahabat maupun keluarga,. ampunilah kami ya Tuhan,..

  39. Mengasihi itu perkataan yang mudah di ingat dan di ucapkan tapi sulit untuk dilakukan jika tidak mendapatkan kekuatan dari Tuhan ..Namun demikian karena Mengasihi itu suatu PERINTAH, maka kita percaya Tuhan pasti memberikan kita kekuatan untuk melaksanakannya, yang harus kita lakukan adalah Taat pada perintah itu , dengan demikian kita bisa melihat bagaimana KUASA KASIH itu di perlihatkan oleh Tuhan Yesus, amin

  40. Aku mengasihi Engkau Yesus dengan segenap hatiku
    Aku mengasihi Engkau Yesus dengan segenap jiwaku
    kurenungkan firmanMu siang dan malam
    kupegang perintahMu dan kulakukan
    Engkau tahu ya Tuhan tujuan hidupku
    hanyalah untuk menyenangkan hatiMu…menyenangkan hatiMu

  41. Thanks God. Amazing. Hidup yang mempunyai kerinduan untuk mengasihi Tuhan adalah hidup yang selalu merenungkan firman Tuhan siang-malam dan taat dalam melakukan perintahNya. Karena Tuhan yang memilih kita dan mengasihi kita terlebih dahulu. Renungan yang cukup inspiratif dan memotivasi. Tuhan memberkati.

  42. Allah memang sanagat mengasihi saya dan smua org, jujur saya akui. Dan sadari
    Roh saya slalu ingin mengasihi Tuhan, tpi sering kali pikiran kedagingan masih belum sejaln dgn kemaun roh, sering saya coba dan slalu gagal, akhirnya saya pasrahkan
    Dan memohon Roh Kudus utk menguatkan saya dlm sgala hal, Puji Tuhan melalui renungan yg saya trima ini Roh kudus
    telah bekerja setahap demi setahap dlm diri saya. Dimuliakan Tuhan, Anak, Roh Kudus sampai selanya.

  43. Bukti cinta kasih Allah telah di wujudkan dengan kematian kristus Yesus di dunia ini nyawaNYA di berikan untuk keselamatan kita… Wujud cinta manusia kepada Allahnya adalah menerima Yesus sepenuhnya sebagai juruslamat dan TUHAN bagi hidupnya. GBU

  44. Perintah-Ku, disini yang mana ya? apakah sepuluh hukum? atau perintah yang lain? mungkin harus ada pembahasan yang rinci tentang perintah yg harus kita lakukan…. Thanks bagus sekali renungannya…. GBU

  45. Renungan hri ini sangat menyentuh & menguatkan hati saya dalam menghadpi pergumulan saya. Thank’s . Pelita hidup.

  46. Untuk bisa mengasihi Tuhan diperlukan suatu hati yang rendah diri & hati yang penuh bersyukur dengan segala keberadaan kita. Hal ini yang kadang-2 sulit kita lakukan. Kita sering tidak sadar akan siapa diri kita sebenarnya. Namun saya yakin dengan tuntunan roh kudus kita akan dimampukan untuk mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati & jiwa .Amin…
    Terima kasih untuk Renungan hari ini, semoga Pelita Hidup akan selalu menyinari jalan bagi anak-anak Tuhan dalam menghadapi pergumuln hidup ini. Thank’s

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: