Pelita Hidup Jangkau Dunia

Belajar Bersandar Kepada Tuhan

Belajar Bersandar Kepada Tuhan“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!” Yeremia 17:7

Bacaan Alkitab : Yesaya 31:1-3
(1) Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN. (2) Akan tetapi Dia yang bijaksana akan mendatangkan malapetaka, dan tidak menarik firman-Nya; Ia akan bangkit melawan kaum penjahat, dan melawan bala bantuan orang-orang lalim. (3) Sebab orang Mesir adalah manusia, bukan allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila TUHAN mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama.

Saya percaya bahwa Anda mengerti akan arti mengandalkan Tuhan dalam kehidupan setiap hari. Namun coba renungkan apakah Anda senantiasa melibatkan Tuhan di dalam setiap apa yang Anda lakukan ? Apakah Anda sepenuhnya mengandalkan Tuhan di dalam setiap detail kehidupan Anda ?
*courtesy of PelitaHidup.com
Perhatikan sebagai contoh yang kecil saja, berapa banyak orang yang menganggap enteng mengenai hal beribadah kepada Tuhan, ada juga yang beribadah hanya sekedar kewajiban saja. Bukankah orang seperti itu tidak mengenal siapa Tuhan yang sesungguhnya ? Padahal jika mereka tahu siapa Tuhan, saya percaya mereka akan berbalik dan mulai beribadah dengan benar, baca dan renungkan Matius 10:28 Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

Tuhan punya kuasa yang sangat tidak terbatas ! Iblis takut padaNYa ! Beruntungnya kita, bahwa Tuhan sangat senang jika diriNYa di libatkan oleh kita, Jika kita senantiasa mengandalkan DIA ! berapa kali saya katakan : ketika Tuhan kita libatkan dalam setiap langkah kita, maka langkah kita di atur olehNya, bukan itu saja Dia juga yang akan melakukan segala sesuatunya untuk kita !

Keluaran 14:14 TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja. Bukankah ini adalah sesuatu yang sangat istimewa ? Namun demikian kenyataannya, tetap saja kita sering mengandalkan pikiran kita, kekuatan kita bahkan pandangan kita untuk memutuskan sesuatu dan untuk mengerjakan serta menyelesaikan sesuatu hal !



Perhatikan suatu contoh yang sangat baik. Abraham ketika dia melihat tidak ada dasar apapun untuk berharap, ketika dia lihat dirinya yang sudah sangat tua, ketika dia lihat Sara yang juga semakin tua dan sangat mustahil untuk mempunyai keturunan atau tidak mungkin akan terjadi sama sekali. Ketika intimidasi terus menekan Abraham dengan apa yang dia lihat dan dengar ! Abraham tidak mau mengandalkan pikirannya, Kekuatannya untuk mengatasi semua itu.

Perhatikan apa yang Abraham lakukan Roma 4:18 Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” Abraham tetap menfokuskan semuanya pada Allah yang besar, yang sanggup melakukan semua itu !
*courtesy of PelitaHidup.com
Bagaimana dengan kita ? bukankah seringkali ketika kita diperhadapkan dengan masalah yang kecil saja, kita goyah ? mungkin mulut kita berbicara percaya pada Tuhan, tetapi tidak dengan hati ! kita mulai berpikir jalan keluar, kita mulai mencari sesuatu yang dapat menenangkan hati kita, bukankah begitu ? semua terjadi karena kita tidak mau belajar untuk berani mengandalkan Tuhan dan menaruh harapan kita kepada Dia , Allah yang sanggup melakukan apapun !

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Tuhan berfirman kepada nabi Yesaya dalam bacaan di atas bahwa hanya Tuhan yang sanggup menjadi penolong satu satunya. Dia yang pantas dan layak di andalkan ! ketika Anda berharap dan mengandalkan kekayaan Anda, semua itu bisa lenyap dalam sekejap ! Anda mengandalkan kepintaran atau kekuatan Anda, tubuh Anda bisa melemah dan menderita sakit penyakit , Anda mengandalkan orang, suatu saat Anda pasti akan kecewa.
*courtesy of PelitaHidup.com
Yesaya 2:22 Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?

Daud katakan dalam Mazmur 147:11 TUHAN senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya.

Perhatikan pada saat Daud mengalami tekanan, apa yang dia lakukan ? Mazmur 42:6 Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku! Daud tetap berharap pada Allah !

Apa yang Anda hadapi saat ini ? mulai belajar mengandalkan Tuhan sepenuhnya ! mulai belajar untuk berharap pada Dia, Ratapan 3:25 TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia.

Firman Allah tidak pernah berdusta, Setiap apa yang ada dalam Firman Tuhan pasti di genapi, Perhatikan Yeremia 17:7-8 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Jika demikian jangan tunggu lagi, mulai belajar untuk mengandalkan Tuhan dalam setiap hidup Anda, biarkan Anda mengalami kebaikan Allah dan penggenapan FirmanNya. (Gbu)

KETIKA ANDA BERANI MENGANDALKAN DIA DALAM HIDUP ANDA,
KETIKA ANDA MULAI MELIBATKAN DIA DALAM SETIAP SISI KEHIDUPAN ANDA,
MAKA ALLAH AKAN MEMBUKTIKAN BAHWA DIA ALLAH YANG LAYAK UNTUK DI ANDALKAN.
SETIAP APA YANG AKAN ALLAH LAKUKAN BUAT ANDA
SEMUA ITU ADALAH KEBAIKAN, KEBAIKAN DAN KEBAIKAN…


SEM
SEM_adalah salah satu kontributor di Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 92 respon

  1. Terima kasih tentang renungannya yang mengajarkan agar kita tetap bersandar kepada Tuhan

  2. sonny eliazer titawanno
    Saturday 28 April 2012, 6:51 am

    Renungan yg bagus sekali. . .konstruktif dan menantang nyali iman saya !!!

  3. sonny eliazer titawanno
    Saturday 28 April 2012, 6:47 am

    Renungan yg membangun iman dan membuka pemikiran . . . Menantang keberanian kita utk mengandalkan Tuhan secara totalitas, bukan mengandalkan koneksi2/ kolega2 dan sekalipun itu, gaji bulanan (walaupun semuanya itu perlu) Execellent !!!

  4. Memang kita harus mengandalkan Tuhan.. Halleluya …!!

  5. Terimakasih untuk renungan ini. Yang mengingatkan saya bahwa kita tidak ada apa-apanya dan bukan apa-apa tanpa Tuhan.
    Praise the Lord!

  6. Laing Jok Anyie @ Tmn Clauldia
    Sunday 18 July 2010, 9:53 am

    Amen..renungan ini sangat menghidupkan iman saya.gbu

  7. Makasiya atas renungannya Tuhan Memberkati

  8. orbit jenus silitonga
    Friday 14 May 2010, 4:21 pm

    AKU CINTA TUHAN YESUS SELAMA LAMANYA……….

  9. orbit jenus silitonga
    Friday 14 May 2010, 4:20 pm

    syalom bpk Riva sungguh senang baca komentar dari bpk ..thax ,,,I LOVE YESUS FULL

  10. Thank’s atas renungannya TUHAN YESUS MEMBERKATI

  11. Tuhan punya kuasa yang tak ter hingga, Ia sanggup melakukan apa pun,tetapi kita manusia terlalu banyak permintaan, sampai-sampai hal yang paling kecilpun dan yang tak pantaspun kita minta bantu,Saya bukan menggurui anda, tetapi kita lihat hubungan kita dengan Allah adalah ibarat anak dan Bapa, anak selalu meminta dan Bapa selalu memberi…Tetapi kita harus punya rasa takut yang luar biasa padanya.Dalam hal ini banyak diantara kita memperlakukan Tuhan sebagai Teman, hal ini yang mengubah kedudukan Tuhan dalam diri kita, yang benar Tuhan tetap Tuhan, yang rasa ketakutan kita yang luar biasa.
    Konteks kekeristenan yang salah yang kita miliki sekarang anggapan Tuhan sebagai teman dalam konteks humanrelatioship, yang sering membuat orang berbuat dosa dan berdoa.
    Bukankah kita akan menjadi pribadi yang lebih baik apabila kita punya rasa takut yang luar biasa, dari pada kita menggangap Tuhan adalah teman,,,,

  12. Djarot,, berserah
    Wednesday 5 May 2010, 8:05 pm

    Sungguh Luar Biasa Tuhan di dalam hidup kita,,,
    tiada pernah terlambat kasih Tuhan,,

  13. Harap Tuhan , sandar Tuhan , pandang kemuliaanNya beban terlepas..bisakah kita melakukan itu, semua tergantung dari iman orang itu sendiri dan juga dukungan dari komunitasnya, baik rekan komsel maupun di gereja , maukah mereka hadir di saat teman-temannya membutuhkan suatu sentuhan, senyuman, telinga yang mendengar dan mulut yang menasehati/menghibur

  14. ini memang yang saya cari…..tuhan telah menunjukkan jalan…trimakasih tuhan

  15. trim’s ya buat renungannya…..

  16. Terima kasih.
    Bersandar kepada Tuhan tidak akan sia-sia. Percayalah pada Tuhan dan Ia akan meluruskan jalanmu.
    Untuk kesaksian: “Saat bapak ku meninggal, aku bersandar kepada Tuhan dan Dia memberikan penghiburan padaku, juga menuntun jalanku agar tak salah langkah. Puji nama Tuhan, aku bisa membiayai kuliah dg kerja part time & selesai kuliah tepat waktu serta tidak terlibat dalam narkoba,minuman keras dll.” I do believe I am nothing without Lord Jesus.

  17. renungan yang menguatkan, tatkala persoalan datang ternyata pertolonganNya datang tepat pada waktunya, maka jangan pernah meremehkan keberadaan Tuhan, libatkanlah Dia dalam hidup kita.

  18. ketika kita menyerahkan kelemahan kita kepada Tuhan, Dia akan menjadikan itu kekuatan dasyat yang sanggup membawa kita kepada kemenangan. Aku mau bersandar kepadaMu Tuhan, menyerahkan kelemahanku kepadaMu, dan hidup sesuai kehendakMu. Masalah yang aku hadapi tak akan pernah bisa memisahkan aku dari kasihMu, Hatiku percaya Tuhan.

  19. Terima kasih buat setiap renungannya,yg sangat membuat aku sedih dan juga buat aku menyadari pengetahuanku tentang Yesus sangat terbatas.Selama ini Tuhan mengijinkan aku untuk mengenalNya secara pribadi tetapi aku sering kali labil,terkadang imanku menyala-nyala,terkadang redup sampai merasakan kekosongan dlm hatiku.Tetapi saat aku membaca renungan ini aku merasa malu kepada Tuhan karena aku sering kali aku kurang percaya pada kuasa Tuhansehingga aku mengandalkan kekuatanku sendiri.Iblis sering membuat aku lemah dan mengintimidasi hidupku.Tuhan Yesus ampuni kelemahanku,aku membutuhkan Engkau,ubah hatiku dan ubah pemikiranku bahwa Engkau lebih berharga dari apapun di dunia ini amin.GBU ALL…

  20. Terima kasih atas renungannya. Secara jujur seringkali kita mencari allah lain dalam hidup ini dengan mengandalkan kekuatan diri sendiri atau orang lain. Kita sering lupa kalau kita mempunyai Allah sejati yang patut dan harus kita andalkan dalam hidup ini sehingga menuntun kita ke jalan Tuhan. Hidup kita akan semakin diperbaharui jika kita mengandalkanNya

  21. Syalom
    Terima kasih atas renungan yang telah disampaikan, dimana setiap pagi sebelum melakukan aktifitas saya usahakan selalu membacanya sehingga apapun yang terjadi baik dipekerjaan maupun hubungan dengan teman teman ( apapun hasilnya ) saya dapat mengendalikan diri.
    Bapak yang terhormat, ketepatan tanggal 30 Mei 2010 saya membawa firman Tuhan yang diambil dari Injil Lukas 12 : 1-12 dengan tema NYATAKANLAH KUASA DAN KEBENARAN ALLAH disuatu Gereja ( GBKP ) mohon bantuan bapak kalau berkenan memberi Tafsiran dan ilustrasi Injil Lukas 12 : 1-12 diatas, atas bantuannya terlebih dahulu saya ucapkan terima kasih

  22. Mengandalkan Tuhan dan juga berusaha. Mengandalkan Tuhan tanpa ada usaha yg kita lakukan, mustahil bisa mencapai apa yang ingin kita raih. Mintalah maka akan diberikan, carilah maka kamu akan mendapat, ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu…

  23. kata kata Percaya dan harap sama Tuha sering kita dengar ..tapi kadang kita lupa ketika masalah itu datang , renungan ini membuat kita ingat bahwa Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang besar .. tks & GBU

  24. Shaloom Pendeta dan semuanya..
    Puji Tuhan kerana kebaikanNya yang tidak pernah putus dari kita..hari ini adalah hari kedua saya bersama family di Dubai.Dan sebelum dan setelah kami di sini saya sangat tertekan maksud saya saya selalau berfikir bagaimana,itu dan ini dan memang saya bersandar kepada perngertian saya sendiri dan sebentar saya telah lupa Tuhan! dan semasa saya check email saya dan melihat ada artikal baru saya terus membukanya dan memang tepat yang Tuhan tegurkan kepada saya “Belajar Bersandar kepada Tuhan”..dan saya sangat terharu….minta maaf TUHAN..memang benar jika kita bersandar kepada kekuatan kita sendiri semuanya menghampakan kita TETAPI jika kita bersandar kepada Tuhan maka semuanya menjadi baik oleh kerana Atuhan mengaturkan segalanya bagi kita..Puji tuhan kerana kasihNya yang tidah pernah luput dari kita…Sya minta tolong agat Pendeta dan rakan2x yang lain membawea kami di dalam doa yah..saya akan terus belajar bersandar kepada tuhan…..terima kasih di atas renungan yang sangat membina,membangun rohani saya dari hari demi hari….God bless all………………

  25. Ketika kita merasa kuat dan mampu mengatasi masalah, kita sering menaruh Tuhan dalam “lemari pertolongan” yang terkunci rapat, dan bahkan keterusan sampai-sampai lupa tidak membukanya, ketika kita sudah merasa tidak berdaya lagi dan hampir-hampir putus asa. Terima kasih Pak Riva atas renungannya, telah mengingatkan saya sehingga saya tidak akan lagi menempatkan Tuhan dalam “lemari pertolongan” yang tertutup, tetapi lemari yang selalu terbuka, terlihat dan bertemu muka dengan muka – amien

  26. Terima kasih, renungan ini telah mengingatkan dan menyegarkan kembali siapa sebenarnya diri kita dan apa yang seharusnya kita lakukan dalam perjalanan iman kita dalam kehidupan kekristenan. gbu.

  27. thy atas renungannya dan saya menjadi tetap dan tetap dan terus tetap melekat kepada Tuhan Yesus dan Jesus Bless You

  28. Thx God sudah mempertemukan sy dgn Pelita Hidup.sangat memberkati sy.Kekristen yg sejati itu identik dengan yg namanya Mengandalkan Tuhan.klo tdk,itu bukan Kristen sejati.walaupun kebanyakan dr kita kadang naik turun.tapi dengan ada nya renungan dan sumber yg lain spt ini sangat membantu utk memompa kembali agar kita umatNYA kembali mengandalkan DIA.GBU

  29. thanks PELITA HIDUP buat renungannya,ini yg aq butuhkan saat ini…,mengandalkan Tuhan memang hal yang wajib kita lakukan dlm kehidupan ke kristenan kita,seringkali kita mengutamakan cara berpikir kita dlm mengatasi segala sesuatu yg kita hadapi ketimbang menyerahkannya pd Tuhan
    sekali lg terima kasih & biarlah PELITA HIDUP senantiasa jadi berkat buat semua GBU

  30. Bersandar pada Tuhan terkadang baru ingat saat saya sedang menghadapi jalan buntu, keegoisan saya terkadang muncul tanpa saya sadari saat belum menghadapi persoalan yang membuat pikiran saya buntu.Pengandalan akan Tuhan adalah suatu dasar yang paling kokoh dalam hidup kita. Trimakasih banyak ya buat tim “PELITA HIDUP” dah ngingatin kita untuk selalu bersandar sepenuhnya pada Tuhan sebagai dasar hidup kita.God bless all.

  31. Terimakasih atas renungannya, saya sangat di berkati lewat renungan ini. Amin ! GBU ^_^

  32. terima kasih TUHAN buat firman yg engkau berikan kepadaku lewat hambaMU……. Firman yg sangat menguatkan dimana saya di ingatkan dan di ajar bahkan di kuatkan lewat firman TUHAN yang mengajarkan untuk lebih mengandalkan TUHAN dalam stiap kehidupan kita…. dalam hal apapun selalu mengandalkan TUHAN dan dal stiap masalah kita harus berserah sama TUHAN sbab engkau ALLAH yg patut di andalkan dan ditinggikan amin……………….. maju terus PELITA HIDUP…………. GB all

  33. oh..trim’s atas Firman+renungannya, tapi daging ini slalu betentangan dng roh..slalu khawatir utk hari depan, slalu tkut susah, wlau ku tau printahnya PIKULLAH SALIBMU..mengandalkan Tuhan seprtinya hanya dibibir..saat menyerahkan smua pergumulan hidup ini dlm doa pd NYA, air mata mengalir bagai anak sungai..tapi khawatir ttap ada..ah..trim’s biar ku selami lagi firman NYA, sampai brkurang kehawatiran dlm menjlani hidup ini..PELITA HIDUP trim’s, kiranya engkau ttap dlm genggaman Tangan PengasihanNYA.

    • @Wido,
      Tuhan menampung setiap tetesan air mata umatNya dalam kirbatNya. Tetaplah berada dalam hadiratNya, maka kasih dan kuasaNya akan bekerja secara ajaib dalam hidup kita. Haleluya!

  34. bersandar kepada Tuhan memang adalah suatu hal mutlak bagi orang percaya,memang mengandalkan manusia memang perlu tapi pertolongan manusia sipatnya semu tetapi pertolongan Tuhan kekal adanya dan tidak mengecewakan,berbeda jika mengandalkan manusia disana dapat dipastikan akan ada kekecewaan,karena itu mengandalkan Tuhan jauh lebih kuat dari pada mengandalkan manusia. tanks ya “PELITA HADUP” telah menjadi berkat bagi saya dan keluarga bahkan bagi semua orang,semoga ‘PELITA HIDUP’ terus menjadi berkat.

  35. Terima kasih Tuhan masih ada beritatentang kasihMu yang diberikan dan diingatkan padaku… diberkatilah kiranya hambamu ini yang telah Engkau pakai sebagai saluran firmanMu untuk kemasakinian, Hidup dan berjayalah kiranya “PELITA HIDUP” terlebih hambamu ini yang masih kurang melibatkanMu dalam setiap langkah kehidupan hamba, kiranya Roh KudusMu senantiasa menyertai dan melindungi hamba……… amin…….. sekali lagi terima kasih buat rekan-rekan di PELITA HIDUP yang selalu setia

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: