Pelita Hidup Jangkau Dunia

Pembelaan Tuhan Atas UmatNya

Pembelaan Tuhan Atas UmatnyaSeorang pun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” Yosua 1:5

Bacaan Alkitab : 2 Samuel 5:6-10
(6) Lalu raja dengan orang-orangnya pergi ke Yerusalem, menyerang orang Yebus, penduduk negeri itu. Mereka itu berkata kepada Daud: “Engkau tidak sanggup masuk ke mari; orang-orang buta dan orang-orang timpang akan mengenyahkan engkau!” Maksud mereka: Daud tidak sanggup masuk ke mari. (7) Tetapi Daud merebut kubu pertahanan Sion, yaitu kota Daud. (8) Daud telah berkata pada waktu itu: “Siapa yang hendak memukul kalah orang Yebus, haruslah ia masuk melalui saluran air itu; hati Daud benci kepada orang-orang timpang dan orang-orang buta.” Sebab itu orang berkata: “Orang-orang buta dan orang-orang timpang tidak boleh masuk bait.” (9) Dan Daud menetap di kubu pertahanan itu dan menamainya: Kota Daud. Ia memperkuatnya sekelilingnya, mulai dari Milo ke bagian dalam. (10) Lalu makin lama makin besarlah kuasa Daud, sebab TUHAN, Allah semesta alam, menyertainya.

Betapa Allah yang kita sembah di dalam nama Tuhan Yesus adalah Allah yang sangat hebat, dahsyat dan perkasa. Musa memperkatakan kedahsyatan Tuhan, karena ia sudah merasakannya, Ulangan 3:24 Ya, Tuhan ALLAH, Engkau telah mulai memperlihatkan kepada hamba-Mu ini kebesaran-Mu dan tangan-Mu yang kuat; sebab allah manakah di langit dan di bumi, yang dapat melakukan perbuatan perkasa seperti Engkau? Perbuatan Allah sangat tidak ada yang dapat menandingi.
*courtesy of PelitaHidup.com
Sampai Pauluspun menulisnya di dalam Roma 8:31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Jika di katakan tidak ada seorangpun yang bertahan menghadapi kita, itu bukan karena kekuatan kita, perhatikan Zakaria 4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam. Semua hanya karena Tuhan ada bersama dengan kita.”

Pada saat orang Yebus mengatakan bahwa Daud tidak mungkin dapat mengalahkan mereka, Daud tidak mungkin dapat masuk kepada pertahanan mereka yang kuat. Namun ketika Allah di pihak kita, Allah akan menerobos dan melakukan segalanya buat kita, untuk kemuliaan namaNya! Jika kita lihat kuasa Daud yang semakin lama semakin besar, semua hanya karena Tuhan. Bukan karena kekuatan dan kepintaran Daud. Perhatikan yang dikatakan Daud I Samuel 17:47 dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANlah pertempuran dan Ia pun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.”

Ketika Yosua harus memikul tanggung jawab menggantikan Musa, Tuhan katakan bahwa Dia sendiri yang akan menyertai Yosua sama seperti ketika Allah menyertai Musa, bahwa kemana ia pergi selama bersama dengan Tuhan, dan Tuhan membuktikan bahwa Dia yang membuat Yosua senantiasa meraih kemenangan demi kemenangan. Apakah Anda takut untuk memikul tanggung jawab yang Tuhan berikan ? Ingat apa yang Tuhan lakukan terhadap Musa, ia lakukan juga terhadap Yosua, ketika Anda mau dan mempercayainya, Tuhan juga akan melakukan hal yang sama kepada Anda. Baca dan simak baik baik Keluaran 34:10, Firman-Nya: “Sungguh, Aku mengadakan suatu perjanjian. Di depan seluruh bangsamu ini akan Kulakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib, seperti yang belum pernah dijadikan di seluruh bumi di antara segala bangsa; seluruh bangsa, yang di tengah-tengahnya engkau diam, akan melihat perbuatan TUHAN, sebab apa yang akan Kulakukan dengan engkau, sungguh-sungguh dahsyat.



Apakah Anda sedang dilema? Atau apakah Anda sedang merasakan kekuatiran menghadapi problema? Satu kunci sebagai jawaban dalam hidup kita, jadikan Tuhan menjadi Tuhan yang sesungguhnya. Kita sering menjadikan Tuhan hanya sekedar Tuhan, tanpa memberikan Hak kepadaNya untuk mengatur hidup kita dan menjadi raja. Kita sering membiarkan hati kita, pandangan kita kepada ilah ilah lain. Jangan pernah Anda melangkah sendirian. Buat Allah selalu hadir dalam setiap hal yang Anda lakukan. Ingat, ketika Allah menyertai, Dia tidak pernah membuat diri Anda bergumul sendirian, bahkan Dia yang akan melakukan segala sesuatunya buat Anda yang sungguh sungguh dahsyat. Gbu.

.
*courtesy of PelitaHidup.com
Kuasa Allah sangat teramat sempurna.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Ketika Anda mendekat dan melekat padaNya, maka betapapun besarnya masalah Anda, seberapa hebatnya ‘musuh’ Anda, Dia akan membuat setiap ‘musuh’ Anda menjadi tumpuan kaki Anda.
*courtesy of PelitaHidup.com
Ingat selama Tuhan beserta Anda, tidak ada ‘musuh’ yang dapat bertahan menghadapi Anda.


SEM
SEM_adalah salah satu kontributor di Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 39 respon

  1. Sangat Memberkati.. yess.. Jb

  2. Amin,,,sungguh luar biasa TUHAN Ajaib

  3. Tuhan Yesus memang “LUAR BIASA” ketika kita taat dan menyerahkan segala pergumulan kita kepadaNYA, maka Tuhan dengan tepat waktu akan bertindak untuk menolong kita untuk memberi kemenangan sempurna.

    Thanks to writer and owner in the Pelita Hidup Blog who faithful to write meditation this word of GOD.

    Gbless U

  4. trimakasi buat PELITA HIDUP., smoga smakin membangun Iman ku utk Slalu mengandalkan Tuhan Yesus sbagai penolong ku stiap saat, smoga smakin banyak jiwa2 yang haus akan Firman Tuhan, setelah membaca ayat renungan ini. Terpujilah Engkau Bapa sampai slama2nya. GBU………..

  5. Syalom,
    Puji Tuhan, sungguh tanpa Tuhan tak mungkin kami dapat hidup dan bertahan menghadapi musuh-musuh yang siang malam menjaga sedetik saja kelengahan kita, maka ia akan mengambil alih kendali dan menawan kita menjadi tawanannya. Tapi Syukur kepada Allah kita yang hebat, perkasa dan ajaib, hanya Dialah yang sanggup membebaskan kita ketika ditawan. Terpujilah NamaNya yang ajaib, Nama Yesus, adalah nama di atas Segala nama. Amin.
    Teks Lot. May God Bless You All.

  6. trma kasih buat semua yangbersankutan pelitahidub
    saya sangat di berkati pagi ini………. G.B.U

  7. syalom,firmannya begitu bagus,cocok dng keadaan yg saya alami,
    Tuhan ingin membentuk anaknya menjadi lebih baik lg.
    makasih TUHAN semoga kau berikan aku kemampuan tuk berubah…
    menjadi anak anak ALLAH

  8. Dahsyat..sangat membangun,sbg anak2 Tuhan maju terus karena Allah dipihak kita.Thank buat renungan ini.God Richly Bless U

  9. Kalimat di dalam Yosua 1:5 bukan hanya ditujukan kepada Yosua, tetapi kepada kita secara individu. Terima kasih. Sangat diberkati. JBU

  10. Syaloom, terima kasih atas renungan yang begitu indah serta mengingatkan kita kembali bahwa kita tidak dapat mengandalkan kekuatan dan kemampuan kita, karena semua yang kita milii adalah berasal dari Tuhan, terima kasih penulis (pak Riva) terima kasih Tuhan, kiranya firman yang indah ini kita pakai dalam kehidupan kita hari lepas hari bahwa Tuhan adalah Kekuatan kita dan Benteng kehidupan kita. salam bagi penulis,semoga pelita hidup ini selalu menjadi saksi dan dapat menyelamatkan banyak jiwa .. amin….

  11. Benar, sebenarnya Tuhan memberi kita dua kaki, agar dapat berdiri, tetapi ketika kaki kita berpijak pada dua landasan yang berbeda, dipastikan kita menjadi korban. tetapi hendaklah kita memilih landasan kaki yang sungguh dapat menopang kita, yaitu Yesus Kristus yang menjadi batu Batu Penjuru gereja.

  12. Terima kasih Tuhan….!!!! Engkau telah menjadi Pembela yang setia bagi kami, meski kami sebenarnya tidak layak mendapatkan pembelaan dari Engkau, karena kami sering tidak setia dan terlalu percaya diri dalam mengandalkan kekuatan kami. Terima kasih Pak Riva telah mengingatkan kami melalui renungan ini. GBU !!!

  13. Hanya Tuhan Yesus, satu satunya tempat untuk bersandar,
    Hanya tuhan Yesus, satu satunya tempat untuk menaruh harapan,
    Kalau Tuhan dipihak kita.. siapa yang dapat melawan kita,
    Dialah kekuatan, Dialah satusatunya yang layak kita sembah… Tuhan memberkati…

  14. puji Tuhan untuk berkatNya bagi kita hari ini

  15. Sungguh benar , kalau kita berjalan dgn TUHAN tidak ada yang berat , tidak ada yang sukar kemenangan demi kemenangan akan kita raih . kita menyembah TUHAN yang Hidup…selalu ada harapan dan kemenangan atas segala masalah Amin….JBU

  16. Tuhan adalah pengharapanku,, aku percaya apapun yg aku doakan & berharap sepenuhnya kepada Yesus, pasti Yesus tolong…. Tuhan Yesus adalah Harapan Dalam Hidup ku. Amin
    Renungan yang menguatkan..Thanks buat renungannya…
    Gbu 🙂

  17. God is great all the time..thanks Pak buat artikelnya..
    Tuhan berkati berlimpah2…

  18. Renungan Pembelaan Tuhan ini telah berulang kali menjadi rhema dalam hidup kami, dan sungguh sangat menakjubkan.

  19. Kalau kita sadar dan memndang secara positif selalu kita akan melihat dan merasakan betapa pembelaan Tuhan luar biasa bagi hidup kita, dari hal sekecil apapun yang kita alami,kita akan merasakan bahwa Tuhan itu dahsyat pembelaanNya pada kita.

  20. Roy dears saragih
    Tuesday 20 April 2010, 9:01 pm

    Sungguh Mengagumkan,Pertolomngan Allah kalau kita benar mengandalkan nya,,,

  21. Jaln Tuhan tak terselami,,
    How great is our God…

  22. Terima kasih pak,,, sangat menguatkan…
    GBU 🙂

  23. Tuhan adalah kekuatanku, dalam keadaan apapun disaat kita lemah serahkan saja masalah kita ,pasti Dia akan turun tangan dan membela kita. Dia rela menyerahkan nyawaNya bagi kita apalagi hal-hal yang bisa melebihi hal tersebut. Persoalan yang dihadapi adalah masalah kecil bagi Tuhan yang sanggup mengubah segalanya. Percaya saja pasti kemenangan demi kemenangan akan kita lewati dan Nama Tuhan Dipermulaikan. Amin

  24. wow laur biasa jika ALLAH bekerja…..tidak tanggung-tanggung….puji Tuhan

  25. firmannya sangat membantu dan memberi kekuatan, pa lagi didalam pergumulan yg sedang saya alami. saya merasa firman itu benar ntuk saya…saya percaya bahwa apabila Tuhan dipihak kita siapakah lawan kita..? tidak ada. Thanks Pak Sem.Imanuel semua..

  26. Social comments and analytics for this post…

    This post was mentioned on Twitter by theresia_mhs: Pembelaan Tuhan Atas UmatNya – http://b2l.me/p4ayt

  27. shalom !
    Firman Tuhan ini sangat pas buat hidup saya, terkadang saya bimbang apakah Allah mengasihi dan mengabulkan permohonan doa saya atas apa yang terjadi pada diri saya. Padahal Tuhan dapat melakukan yang sangat dahsyat buat kita….GBU

  28. Puji Tuhan. Sungguh Allah kita adalah Allah yg hidup n berkuasa atas sgala sst. Ia sanggup melampaui apa yang kita kuatirkan atau takutkan. Thx untuk renungan ini yang sangat menguatkanku kembali. Saya pun alami bagaimana penyertaan Tuhan yg tidak pernah berubah, bahkan saat menghadapi keputusan sangat penting untuk daerah baru, Ia pun beri kekuatan, keberanian dan kemampuan. Tuhan adalah kekuatan dan kemenangan kita! GBU all.

  29. Amin. Bener sekali bahwa hanya bersama Tuhanlah kita dapat memenangkan banyak perkara/pergumulan hidup dengan luarbiasa.Sudah selayaknya kita serahkan segalanya dalam Dia sebagai Tuhan yg maha kasih karena hanya Dia yang tahu yang terbaik untuk kita.

  30. Tuhan memang pengasih dan penyayang, tidak kekurangan kita apabila menyerahkan hidup kita pada-Nya

  31. Benar, Allah kita adalah Allah yang dasyhat. Dalam kehidupan saya terutama dalam pekerjaan saya setiap hari, saya benar -benar mengandalkan Tuhan dan Tuhan tidak pernah tinggal diam, selalu ada tanda heran yang Tuhan buat.

  32. Tuhan Yesus sanggup, bahkan lebih dari sanggup membela kita dari musuh2 kita.
    Taruh Percaya kita pada Tuhan Yesus, maka Dia akan bertindak.
    Amen.

  33. betapa baiknya Tuhan itu, hal yang terkadang kita tidak sadari bahkan terpikirpun tidak itulah hal-hal yang Tuhan lakukan atas kehidupan kita. Pembelaan dan perlindungan Tuhan terkadang saya tidak menyadari tapi TUhan lakukan. Terkadang sempat saya berpikir siapakah aku ini Tuhan?, sehingga begitu berharga dimata-Mu. Terima kasih atas pembelaanMu Tuhan, dan terima kasih kepada Pelita Hidup yang telah menjadi berkat untuk membawa suara kabar dari Sorga kepada banyak orang, Tuhan Berkati.!

  34. Shalom Pak….renungan yg membangun iman. Pembelaan Tuhan nyata dalam hidup kita saat hati dan pikiran kita sejalan dg hati dan pikiranNya. Nilai tambah jika sebagai umatNya kita mau belajar mengerti isi hati Tuhan dan kerinduanNya dlm hidup kita secara pribadi. Tuhan sedang berurusan dg hati kita sampai benar-benar kita rela dibentuk dan “diringankan isi hati” kita olehNya.

    Seperti sebuah kapal membutuhkan nakhoda demikian kita juga butuh Tuhan mengendalikan hidup kita. Dan kita adalah kapal itu sendiri yg penuh muatan (beban hidup) jadi perlu di bongkar muatannya oleh Tuhan supaya jadi ringan. Saat masalah/persoalan datang dalam hidup kita, Tuhan akan menyatakan pembelaanNya kalau kita berserah dan biar Dia yg mengatur semuanya sampai selesai tanpa kita mengintervensi dan mengatur Tuhan seolah-olah kita lebih memahami situasi daripada Tuhan. Tetapi Dia sedang berkata: AKU mau meringankan beban di hatimu, supaya engkau tidak merasa berat. Apakah kita sebagai umatNya peka akan isi hatiNya? Atau kita lebih fokus pada diri kita, hal-hal di dunia atau masalah kita yg seperti gunung tingginya dan tidak pernah ada habisnya.

    Mengutip kotbah dari seorang hamba Tuhan yg diurapi Tuhan, beliau mengatakan: akhir zaman ini Tuhan sedang mengumpulkan anak-anak “favoritNya” yg bergaul karib dg Roh Kudus & menyenangkan hati BAPA dg hidup & hatinya, apakah kita tergolong dalam anak favorit Tuhan atau hanya identitas kita saja sebagai orang Kristen.

    Saya berdoa supaya kita semakin peka & belajar dg hati kita menghormati & mengasihi Tuhan, meskipun sulit tapi bisa asal kita minta Tuhan Roh Kudus memampukan kita. Saya sedang mengalaminya, Tuhan sedang membongkar isi muatan hati saya yg tidak berkenan kepadaNya, sakit sekali rasanya karena saya masih mau mempertahankan ego & hak dihadapanNya seolah-olah saya lebih benar dari Tuhan. Sebenarnya semua adalah anugrahNya jadi tidak ada alasan untuk kita menyombongkan diri dan merasa benar dihadapanNya. Dia akan membersihkan hati kita, meluruskan jalan kita & melakukan dalam hidup kita tepat seperti yg Dia mau, tugas kita hanya rela & mau Dia bentuk sampai jadi. Kristen yg sejati adalah mereka yg hidupnya selalu melihat pembelaan & mujizat Tuhan serta merasakan hadiratNya setiap saat, Amin. Praise God!

  35. fanis soeherdjito
    Monday 19 April 2010, 1:32 pm

    saya sangat berterima kasih buat Pelita Hidup & puji Tuhan boleh senantiasa merasakan kebaikan-Nya menerima renungannya & ini sangat membantu iman saya untuk terus boleh bertumbuh dlm pelayanan saya, thx n GBU!

  36. Puji Tuhan Smesta Alam….God is good all the Time….and All the time God is good….

    GBUA,…

  37. Kesanggupan Tuhan untuk menolong memang tidak terbantahkan, meskipun seringkali kita tidak bisa segera menikmati suasana pendampinganNYA, tetapi kita justru telah lebih dahulu menikmati kemenangan – kemenangan lain yang ALLAH kehendaki untuk kita rasakan. Karena itu, bersandar kepada TUHAN adalah langkah yang tepat bagi setiap kita untuk menjalani kehidupan ini.

  38. Terimakasih, bila Tuhan di pihak kita, siapakah lawan kita ?
    saya percaya, dan banyak mengalami penyertaan Tuhan dalam kehidupan ku.
    saya juga percaya jika setiap pembaca telah dan akan terus mengalami berkat Tuhan Jika kita belajar untuk mengandalkan Dia dalam hidup kita, dan mensyukuri Kasih Nya

  39. saya sangat senang membaca renungan ini…sepertinya trenungan yang dikirim ke saya dari renungan harian pelita hidup ini, memang untuk saya, karna sesuai dengan kebutuhan saya saat ini..terima kasih banyak…

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: