Pelita Hidup Jangkau Dunia

Memperoleh Berkat Yang Luar Biasa Melalui Penderitaan

Memperoleh Berkat Yang Luar Biasa Melalui Penderitaan“Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.” Ayub 42:2

Kata-kata di atas keluar dari mulut Ayub setelah dia mengalami penderitaan yang begitu beratnya yaitu anak-anaknya meninggal, istrinya meninggalkan dia, teman-temannya mengucilkan dia dan penyakit kulit yang parah sekali serta kehilangan seluruh harta kekayaannya. Ayub sempat tidak menerima apa yang terjadi atas dirinya, karena dia mengetahui bahwa dia adalah orang yang benar-benar taat dan setia kepada Tuhan (Ayub 1:1).

Tetapi melalui penderitaan ini Tuhan mengajarkan hal yang sangat penting kepada Ayub. Kita akan melihat apa yang Ayub dapatkan melalui penderitaan yang dia alami:

1. Mengenal Tuhan secara pribadi

Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.” Ayub 42:5
*courtesy of PelitaHidup.com
Ayub mengakui bahwa selama ini dia belum sepenuhnya mengenal Tuhan secara pribadi. Penderitaan yang dia alami membuat matanya terbuka dan melihat kebesaran kuasa Tuhan.

Penderitaan seberat apapun yang kita alami sekarang juga merupakan seijin Tuhan supaya kita dapat mengenal Tuhan lebih dekat lagi. Mungkin kita telah jauh daripada Tuhan sehingga Tuhan mengijinkan masalah datang agar kita dapat berseru kepada namaNya dan mendekatkan diri kita kepada Dia.

Ataupun kalau kita merasa sudah dekat dengan Dia, Tuhan ingin agar kita lebih lagi memperdalam hubungan kita dengan Dia. Tuhan ingin membawa kita kepada tingkat berikutnya dalam kehidupan rohani kita.
Melalui penderitaan inilah iman kita diuji. Dan ketika kita dapat melalui ujian ini, maka Tuhan akan menyediakan upah bagi kita.


.

2. Mengetahui rencana Tuhan tidak ada yang gagal

Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.” Ayub 42:2

Masalah yang begitu berat yang dialami oleh Ayub tidak menghentikan rencana Tuhan atas dirinya, yaitu mencurahkan berkat atas dirinya dan menjadikan dirinya kesaksian kepada semua orang.
Apa yang telah Tuhan firmankan bagi kita tidak akan keluar dengan sia-sia, tetapi Tuhan akan menggenapi rencanaNya bagi hidup kita.
*courtesy of PelitaHidup.com
Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. ” Yesaya 55:11

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Penderitaan akan membuat iman kita semakin kuat sehingga kita dapat melihat bahwa tidak ada rencanaNya yang gagal. Kita akan melihat bahwa semua masalah maupun pencobaan yang kita alami merupakan jalan menuju tingkat yang lebih tinggi lagi dalam hubungan kita bersama Tuhan.
*courtesy of PelitaHidup.com
Sama dengan Ayub yang diberkati Tuhan dua kali lebih dari harta kekayaannya sebelumnya, demikian juga Tuhan akan memberikan kita jalan keluar dan memberkati kita semua dengan berlimpah-limpah. Tidak hanya secara materi, tetapi berkat rohani yang belum pernah kita lihat sebelumnya akan kita dapatkan oleh karena FirmanNya ya dan amin.

.

.

Mengenal Tuhan secara pribadi dan mengetahui dengan pasti bahwa rencana Tuhan yang tidak pernah gagal merupakan pengalaman yang bisa kita peroleh melalui penderitaan yan gkita alami. Ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi hidup kita. Inilah berkat yang luar biasa yang akan kita peroleh.

Tetap percaya kepadaNya apapun yang sedang kita alami saat ini. Kuasa Tuhan terlalu besar dan tidak ada sesuatupun yang mustahil di muka bumi ini. Tetap pegang kepada FirmanNya dan berserah kepadaNya, maka Dia akan memberikan kita kekuatan dan memulihkan keadaan kita pada waktuNya. Haleluya!


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 143 respon

  1. Terima kasih Tuhan, semoga aku kuat.

  2. syaloom PelitaHidup.com

    kalau orang mau merai sesuatu dalam hidupnya pasti ada penderitaan…tapi kalau tidak ada penderittan tidak ada kesuksesan dalam hidup kita,,,,,,,

  3. Terima kasih atas renungannya…. kadang kita salah menerti tentang Tuhan ketika kita menghadapi pendertaan….Rancangan Allah bukanlah rancangan kita…. thanks.

  4. Shalom, renungan yang indah membuat kita tidak putus asa bila menghadapi masalah. Iman kita diuji dan disinilah Tuhan menunjukan kasihnya yang indah bagi setiap anak Tuhan yang sabar dan setia dalam Imannya.

  5. tks renungannya sungguh sangat membangun, Tuhan memberkati

  6. Terima kasih, renungan ini sangat menguatkan, hari ini saya merasa diberkati dengan membaca dan merenungkan tentang penderitaan Ayub, penderitaan yang kita alami sekarang belum seberapa dibanding penderitaan Ayub tetapi dia tidak pernah menyalahkan Tuhan, Yesus memberkati

  7. Renungannya sungguh luar biasa, mengubahkan cara pandang saya , semoga pergumulan dan masalah yg saya hadapi bisa saya lewati bersama dengan Tuhan, karena tidak ada yg mustahil bagi DIA. Aminnnn ……. love Jesus always….

  8. Haleluyah,, renungan ini sangat menguatkan saya.
    selama ini hidup saya jauh dihadapan Tuhan, melalui persoalan yang saya alami saat ini Tuhan ijinkan terjadi agar saya berseru dan datang kepadaNya…
    Terima kasih Tuhan karena begitu besar kasihMu kepadaku.

  9. Bisa bangun pagi dan melakukan segala sesuatu itu adalah suatu berkat, mari hitung berkat Tuhan mulai dari hal-hal yang kecil sehingga menjadi suatu berkat yang luar biasa. Tertawa, sedih, atau pun itupun menangis. Menangis mengeluarkan air mata adalah suatu berkat. Saya pernah baca bahwa ada seseorang harus mengeluarkan dana 3,5 juta untuk membeli air mata dalam seminggu. Berkat Tuhan mari hitunglah dalam hal-hal yang setiap hari kita rasakan dalam menjalani hidup. HIDUP adalah berkat….berkat dan berkat.. ” Disaat beban berat dan penderitaan terjadi saya akan mengingat penderitaan YESUS KRISTUS DI KAYU SALIB” sehingga bebanku tidak ada arti …dan mengucap syukur…TUHAN adalah gembalaku aku tidak akan kekurangan” Amin

  10. Apakah kt mengetahui rencana Tuhan melalui perasaan,emosi atau peristiwa ajaib yg terjadi atau bgmna?krn seringkali klaim rencana Tuhan kalau itu seturut kehendak kt,bgmna menyikapi hal ini?…..shallom

  11. Dalam masa sulitku yang datang silih berganti, aku masih menggagumi kasih dan kuasa Tuhan. Sampai saat ini aku masih diberi kesempatan hidup dan bekerja untuk melunasi hutang yang tidak pernah aku pakai (Ditipu orang) walaupun dalam situasi sekarang ini ada saja masalah baru yang datang.
    Tuhan tidak pernah meninggalkanku sendiri, selalu memberikan solusi yang terbaik buatku.
    Aku bersyukur bahwa didunia ini aku mendapatkan hukuman yang setimpal sesuai dengan dosa dan kesalahan yang pernah aku buat, hingga disaat kedatangan Yesus yang kedua kali. Aku tidak mendapatkan hukuman lagi,semua sdh aku terima didunia ini.
    Aku pasrah apa yang Tuhan kehendaki dalam hidupku, karna sesulit apapun rencana Tuhan adalah baik buat kehidupanku saat ini dan yang akan datang.
    Terima kasih Tuhan, Engkau telah memberikan kekuatan dalam hidupku untuk menghadapi masalah yang aku alami saat ini. Engkau yang memberi, Engkau yang mengambil. Terpujilah nama Tuhan, Bentuklah aku sesuai rencana-Mu

  12. Terimakasi…renungan singkat ini banyak membantu saya di bidang pelayanan mahupun meningkat ilmu pengetahuaan kerohanian saya. GB all

  13. Satu yang aku Tahu bahwa selama ini aku selalu mengandalkan kekuatan diriku sendiri, rajin ke Gereja karena ada seserang yang selalu pengen dekat, bukan dengan hati tulus tapi dengan maksud lain untuk datang menyembah kepada Tuhan. selama beberapa Tahun aku tidak pernah menyadari apa yang aku perbuat sampai suatu saat aku ditegur dan orang tersebut pergi meninggalkanku. hari – hari aku lalui dengan penuh penderitaan, hati tidak tenang, jiwa tidak tentram aku bertanya kenapa Tuhan semua ini terjadi dalam Hidupku ? aku memilih untuk menyendiri dan menyelidiki mengapa sampai aku mengalami hal yang tidak pernah aku bayangkan, dalam kesendirianku aku mengerti bahwa selama ini aku jahu dari pada Tuhan, aku mengucap syukur bahwa Tuhan begitu baik bagiku sehingga lewat penderitaan yang aku alami ini Tuhan mengajariku untuk selalu berharap padanya bukan mengandalkan kekuatan ku sendiri. Tuhan Trima kasih bapa, selama ini aku jahu dari padamu, tapi aku sadar dan aku serahkan semua hidupku atas kuasamu. Penderitaan yang aku alami adalah suatu jalan untuk aku lebih mengenal pribadimu yang selama ini aku tinggalin. semua yang aku alami suatu saat nanti akan kujadikan suatu kesaksian untuk memuliakan Engkau.

  14. saya sangat terkesan dengan tema di atas. Tahun 2007 dan 2010 saya mengalami sakit berkepanjangan, tetapi saya tetap yakin bahwa Tuhan tidak akan pernah membiarkan saya terus begini. dari sini banyak sekali yang mendukung saya dalam doa, banyak bantuan perawatan. dari peristiwa ini juga saya merasa Tuhan sangat dekat dengan saya walau pun saya sakit. itulah berkat yang luar biasa bagi saya. Tuhan memberkati penulis renungan ini. Terpujilah Dia.

  15. Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya…
    Ia tidak pernah memberikan pencobaan/penderitaan yang melebihi kekuatan kita sebagai manusia…
    Terima kasih utk renungan Pelita Hidup…saya merasa sangat diberkati melalui renungan ini.
    GB

  16. Trimakasih, saya sangat diberkati melalui renungan renungan dari Pelita Hidup. dan biarlah semakin banyak orang yang terberkati, JBUs.

  17. Terimakasih Tuhan Yesusku untuk semua penyertaanMu dalam setiap pergumulan hidup kami.
    Saya percaya bahwa Tuhanlah yang akan menjadikan kami kuat dan iman kami semakin didewasakan
    oleh setiap pergumulan hidup yang kami lalui. Kami pasti di menangkan dan nama Tuhan akan semakin
    di tinggikan. amin.

  18. Puji Tuhan…

    saya mendapat kekuatan dari “Renungan pelita hidup ini”..karna apa yang z hadapi dalam hidup ini.
    saya mendapat kekutan dan berkat yang baru dari “renungan pelita hidup”.
    saya juga mengucap syukur pada TUHAN..pake setiap hamba2nya yang melayani dan membuat Renungan Hidup ini…TUHAN YESUS…MEMBERKATI…***!!!

  19. Apa yang kita pikir baik, belum tentu di mataNya. Cara kerjaNya memang beda. Kadang bahkan mungkin sering paradox. Tapi dengan begitu, kita makin kagum, berserah dan membuktikan bahwa tanpa DIA kita tidak bisa berbuat apa-apa. Hal yang buruk bagi kita, dijadikan dan diubah menjadi hal yang baik dan malah berkat besar buat kita. Cuma masalahnya…memang kita butuh punya hati untuk mendengar, kepala untuk mau tunduk,dan telinga untuk menangkap..Sebab, sangat tidak mudah bagi kita manusia berdosa dan terbatas untuk memahami penderitaan, kesusahan, masalah dan kesesakan seperti yang DIA pahami….Saat semua itu dialami, saat dimana hati, pikiran dan telinga ingin cepat mendengar jalan keluar, logika dan otak yang berhasrat mendapatkan pencerahan, serta sayup-sayup bisa menangkap keberhasilan…disaat itulah kita mungkin telah gagal memahami pikiranNya bagi kita melalui penderitaan..mungkin yang terbaik adalah mencari ketenangan.. ,”kembalilah tenang hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu,”Mzm 116:7..menghitung berkat TUHAN dalam ketenangan mungkin menjadi salah satu jalan untuk memahami apa yang DIA ingin nyatakan lewat penderitaan.

    GBU all..

  20. Tuhan Yesus Sangat Baik… dan tidak ada satu persoalan pun yang tidak dapat terselesaikan jika Tuhan Yesus yang menjadi Andalan Kita. Terkadang saya melihat masalah saya sangat banyak… Tuhan Yesus Engkaulah Jawaban dalam hudupku.

  21. Beban dan masalah yang bertubi-tubi dan tak kunjung henti datang pada keluarga kami beberapa tahun belakangan ini sehingga kami terbelit dengan hutang yang tak kunjung selesai…. kami tahu bahwa ini adalah akibat hati kami yang menjauh dari Tuhan….. hingga suatu saat Tuhan datang dan mengetuk pintu hati keluarga kami…. seketika itu juga kami tak mengsia-siakan kedatangan Tuhan di tengah keluaraga kami. Kami tahu Tuhan ingin memulihkan keluaraga kami yang mengalami keterpurukan iman dan ekonomi…. Sejak saat itu walau tidak mudah kami terus melangkah dan percaya pada Tuhan bahwa Tuhan datang untuk memberi pengharapan dan jalan keluar… Waktu demi waktu berjalan, bimbingan demi bimbingan dari Tuhan sungguh kami rasakan…. bagaimana Tuhan membuka jalan bagi perekonomian keluarga kami…. Tuhan Allah yang baik telah mengutus kenalan di waktu lampau kami untuk memberi pekerjaan untuk pegang produk baru di area yang lebih luas dari yang biasa suami saya pegang walau harus butuh banyak perjuangan berat… tapi kami tetap bersyukur, Tuhan Maha baik telah menolong kami….. kini saatnya kami meneruskan apa yang sudah Tuhan percayakan…. walau perjuangan dan masalah belum selesai tapi kami percaya ini semua adalah awal dari kegerakan Allah memulihkan keluarga kami…. Thanks Jesus, Thanks Father terlebih dari semua itu Engkau telah membawa kami kembali kepadaMu dan sebagai hadiahnya Kau beri jalan keluar bagi persoalan hidup kami….. WE LOVE YOU…..

  22. Tidak ada peristiwa yang terjadi tanpa se izin DIA..

  23. Thank you GOD untuk renungan harian yang sangat membangun iman saya, secara pribadi saya sangat diberkati dengan membaca renungan harian Pelita Hidup. bayank tantangan yang saya hadapi dan membuat saya menangis dengan setiap masalah yang saya hadapi, saya merasa beban itu begitu beart untuk dihadapi dan saya selalu menangis di hadapan TUHAN, namun saya tetap percaya pasti TUHAN menolng saya dan saya percaya rencana TUHAN indah dan tepat pada waktunya. saya baru bergabung dan saya sangat diberkati sekali lewat renungan ini, thank you God,thank you pak Riva, Kasih dan Rahmat TUHAN selalu baru dan memberkati hidupmu sekeluarga

  24. Kadang Saya, tak sanggup menghadapi semua iini….Penderitaan yg datang tak kunjung ber hentiiiiii. . . . Klau semua itu datank dari KELUARGA. . .
    MUnkin takdir ku. . . tak sejalan dengan Kemauan. . . Trimakasi Atas Renungan ny…..Trimakasi Allah BAPA kira ny ada setitik cahaya untuk Ku Arungi Hidup Ini.

  25. Frans Sanggenafa
    Sunday 10 July 2011, 3:57 am

    Salam Sejahtera utk semua saudara yg telah membaca Firman tersebut diatas, luar biasa….Firman tersebut benar2 menyentuh hati ini, tak terasa air mata menetes ketika membaca kata per kata, bait per bait, Tuhan itu luar biasa….smoga kita smua diberkati senantiasa

  26. Suatu hari ku akan menghapus segala air mata dari mata ndut,selalu dihati ku ini…

  27. guaaa!! me encanta el blog, siempre encuentro temas muy interesantes.

  28. thanks atas firmannya…sangat menguatkan…haleluyah…TUHAN Memberkati

  29. Semua yang ada di PH sangat bermanfaat dan menjadi berkat bagi kami dan saya bagikan kepada teman dan kerabat, terimakasih pak Riva, Berkat melimpah bagi keluarga.

  30. saya kebetulan sdg di Dubai, agak bingung karena tidak bawa buku renungan,
    saya berterima kasih atas fasilitas / berkat rohani yg bapak sediakan ini, dan baik sekali/ sangat membantu u mengingatkan kita dan juga masukan dalam menyiapkan Firman Tuhan u pelayanan, tks, GBU

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: