Pelita Hidup Jangkau Dunia

Percayalah Bahwa Tuhan Yang Kita Sembah Adalah Tuhan Yang Hidup!

Percayalah Bahwa Tuhan Yang Kita Sembah Adalah Tuhan Yang HidupKemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: “Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.

Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali.” ” 1 Raja-raja 18:36-37

Kisah ini dimulai pada saat Elia memperlihatkan dirinya kepada Raja Ahab yang dikenal sebagai Raja Israel yang menyimpang dari jalan Tuhan. Elia meminta Raja Ahab untuk mengumpulkan seluruh bangsa Israel di gunung Karmel, untuk menyatakan bahwa Tuhan yang Elia sembah, Dialah yang harus diikuti. Pada masa itu bangsa Israel telah menyimpang dari jalan Tuhan dengan menyembah dewa-dewa Baal. Ahab juga mengumpulkan nabi-nabi Baal ke tempat itu, sebanyak empat ratus lima puluh orang.
*courtesy of PelitaHidup.com
Setelah semua berkumpul, Elia menantang nabi-nabi Baal untuk memanggil allah mereka, sedangkan Elia akan memanggil Tuhan Allahnya.

Kemudian biarlah kamu memanggil nama allahmu dan akupun akan memanggil nama TUHAN. Maka allah yang menjawab dengan api, dialah Allah!” Seluruh rakyat menyahut, katanya: “Baiklah demikian!” ” 1 Raja-raja 18:24

Ketika para nabi Baal berusaha melakukan ritualnya untuk memanggil allah mereka, mereka tidak mendapat jawaban apapun. Bahkan sampai mereka menyiksa tubuh mereka, tidak ada satupun jawaban dari allah mereka (1 Raj 18:28-29).



Kemudian giliran Elia tiba, dia tahu bahwa dia hanya dapat mengandalkan Tuhannya. Bangsa Israel bahkan pada saat itu telah mengikuti nabi-nabi Baal, sehingga tentunya mereka tidak yakin apakah Tuhannya Elia akan datang menjawab panggilannya.

Tetapi dengan hati yang teguh, Elia membuat sebuah mezbah. Dan setelah selesai, ia berseru memanggil Tuhan Allahnya. Apa yang kemudian terjadi?
*courtesy of PelitaHidup.com
Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.
Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: “TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah
!” ” 1 Raja-raja 18:38-39

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Hal yang sama terjadi dalam hidup kita sebagai umatNya. Ketika kita ada dalam satu persimpangan jalan dan memerlukan jawaban, janganlah kita mencari jawaban dari manusia, yang belum tentu sesuai dengan kehendak Tuhan. Bahkan Firman Tuhan mengajarkan kita untuk tidak mengandalkan manusia dan kekuatannya (Yer 17:5-6).
*courtesy of PelitaHidup.com
Jawaban yang kita peroleh dari hikmat dunia ini bahkan bisa membawa kita kepada kehancuran. Tidak ada jawaban lain yang bisa kita andalkan selain jawaban dari Yesus.

Tapi seringkali kita justru mempertanyakan kuasa Tuhan, apakah benar Tuhan akan memberi jawaban bagi kita, apakah benar matanya sedang tertuju kepada masalah kita, apakah benar Dia akan menolong kita tepat pada waktunya, sebagaimana Tuhan menjawab Elia tepat pada waktunya.

Kita harus tahu bahwa Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang hidup. Dia tidak akan membiarkan kita berjalan sendiri. Dia tidak akan membiarkan umatNya jatuh sampai tergeletak.

TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” Mazmur 37:23-24

Dan Tuhan tidak pernah berhutang. Ketika Dia berfirman dan berjanji untuk menolong kita, maka kita harus benar-benar percaya bahwa Dia pasti menolong kita. Kita harus singkirkan segala keraguan, ketakutan dan kekuatiran yang melanda pikiran kita.

Rencana Tuhan adalah rencana yang sempurna. Dan ketika kita benar-benar berserah dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya dalam hidup kita, maka kita akan melihat campur tangan kuasa Tuhan dalam hidup kita. Kita akan melihat bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang hidup, yang benar-benar nyata dalam kehidupan kita.

Ada saat-saat di mana kita merasa sendiri dan merasa bahwa Tuhan meninggalkan kita. Hal itupun juga dialami oleh nabi Elia. Tetapi kita dapat melihat bahwa Tuhan tidak tinggal diam atas masalah yang dihadapi Elia. Tuhan tidak membiarkan Elia dipermalukan dihadapan ratusan nabi-nabi Baal dan seluruh bangsa Israel. Tuhan benar-benar membela Elia. Dan Tuhan yang samapun juga akan membela kita sebagai umatNya. Dia tidak akan meninggalkan dan mempermalukan kita. Dia Allah yang hidup!
*courtesy of PelitaHidup.com
Percayalah bahwa Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang hidup. Dan serahkan segenap hidup kita ke dalam tanganNya, maka Dia akan berperkara dalam hidup kita, menyatakan kuasa mujizatNya dalam setiap permasalahan maupun pergumulan kita. Haleluya!

.

Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti;
tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat.
” Mazmur 37:25-26


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 27 respon

  1. Biarlah kta smua orang prcya sllu dikuat kan dgn kta sllu mrnungkan Firman Tuhan dan mlkukannya..Tuhan akn sllu mmbri yg trbaik bgi kta aslkn kta sllu tkut akn Dia dan stia mlayani Dia,
    Tuhan Yesus memberkati

  2. Allah yang kita sembah adalah Allah yang hidup.
    Hal ini di buktikan oleh Yesus yang telah mati tapi Hidup kembali untuk selama – lamanya.
    Halleluya !!

  3. www.pelitahidup.com
    Tuesday 29 March 2011, 5:51 pm

    Percayalah bahwa tuhan yang kita sembah adalah tuhan yang hidup.. Bully 🙂

  4. “Percayalah Bahwa Tuhan Yang Kita Sembah Adalah Tuhan Yang Hidup!”
    Yesaya 2:22 Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?
    Mazmur 147:11 TUHAN senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setia-Nya.
    Ratapan 3:25 TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia.
    Yeremia 17:7-8 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

  5. Terima kasih. Renungan Pelita Hidup, benar-benar merupakan terang kecil yang menuntun saya kepada terang yang Besar yaitu Firman Tuhan / Alkitab. Kiranya Tuhan mencurahkan hikmat kepada semua pelayan Pelita Hidup sehingga pelayanan semakin ditingkatkan, dan lebih banyak orang yang disiapkan untuk menantikan kedatangan Yesus yang kedua kali, Tuhan memberkati

  6. Terima kasih atas kesediannya mengisi/menyampaikan Firman Tuhan n renungan ini untuk memperluas kerajaan Allah di dunia ini n semoga semakin banyak yang terselamatkan n semoga Tuhan memberkati Pelayanannya. GBU

  7. Allah yang kita sembah adalah Allah yang luar biasa Dia selalu hidup didalam kita disaat kita berserah sungguh-sungguh kepadaNya

  8. Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan Yesus yang Hidup, oleh sebab itu tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menyembah Tuhan Yesus di dalam Roh dan kebenaran. Thank’s GOD. GBu

  9. Terimakasih atas renungan ini.. mengingatkan diri kami. yang karena banyaknya persoalan hidup… kadang terasa lelah… padahal Tuhan punya rencana disetiap orang yang bersandar dan setia padaNya. TuhanYesus…. yang bri kekuatan dan kemampuan untuk tetap melangkah… Terimakasih Tuhan Yesus… Terpujilah NamaNya sampai selama-lamanya. Shalom.. buat sobat semuanya….mari mengikut Dia….

  10. PUJI tUHAN FIRMAN INI MENGUATKAN IMAN SY KARENA SAAT INI SY BAYK BEBAN SERING MENGANDALKAN KEKUATAN SENDIRI , SKRANG SY TAHU BAHWA TUHAN YG BEPERKARA DALAM HIDUPKU , AKU YAKIN JAWABAN TUHAN INDAH BG SY & KELUARGA SY . HALELUYA …. TUHAN MEMBERKATI KITA SMUA . AMIN

  11. Puji Tuhan ada kekuatan baru ketika membaca renungan ini…..Tuhan memberkati

  12. Terima Kasih Buat TUHAN YESUS karena saya percaya MUJIZAT-Nya selalu nyata disetiap kehidupan Saya dan Saudara, dan saya percaya setiap detik MUJIZAT itu selalu ada dikehidupan saya.
    TUHAN YESUS Memberkati Kita Semua. AMIN

  13. Terima kasih renungannya yang mengingtkan sekaligus menguatkan saya,bahwa kita mau-nggak mau harus percaya pada Tuhan Yesus meskipun kita tidak bisa mengdengar suara Tuhan secara mendengan secara langsung tapi kita harus memiliki Iman percaya yang tanpa melihat berdasarkan Firman Tuahn.JBU

  14. Terimakasih sangat membangun iman saya,, kita sepatutnya menyembah tuhan allah yang esa. Yesus tunjukilah jalanmu…….amen

  15. meiman Gulo (pulau NIas)
    Friday 23 April 2010, 11:43 am

    terimakasih atas firman Tuhannya……kita lebih bljr lg ya…..

  16. Terima kasih sangat membangun iman saya..amen!! kita sememangnya menyembah Allah yang hidup!!
    walaupun demikian seringkali kedaan hidup kita kadang-kadang membuatkan kita bertanya apakah benar Tuhan ada disini?apa benar Dia hidup?…STOP!!!!.. ya Tuhan selalu ada bersama-sama dengan kita,kalau saja burung2 diperhatikan oleh Tuhan apa lagi kita anak2 yang Dia kasihi..pekerjaanNya tetap sama dulu, sekarang dan selamanya!!!Amen..salam kasih dalam Kristus!! God bless.. 🙂

  17. Terlalu banyak bukti bahwa Tuhan itu “hidup”,……Ajarkan kami untuk selalu menyadarinya dan mengucap syukur…..Thanks GOD……^^

  18. Tuhan Yesus Allah yang hidup! Yang punya rencana besar buat umat-umatNya,meskipun di mata manusia kita tidak layak menerima anugerahNya! Thx God!

  19. RENUNGAN DI ATAS MENJAWAB KEBUTUHAN SAYA, DAN MENGUATKAN, TERIMA KASIH DAN HORMAT SAYA KEPADA PENYEDIA ARTIKEL DAN SITUS INI. TUHAN BEKERJA LEWAT SITUS INI DAN ARTIKEL SAUDARA-2 DAN MEMPENGARUHI ORANG HINGGA PADA TAHAP YANG SAUDARA (I) TIDAK MENGETAHUINYA. TUHAN MEMBERKATI KARYA SAUDARA

  20. terima kasih buat setiap artikel yang ada di website ini. Tetap menjadi berkat untuk sesama. Amien
    nb : saya akan meng kopi tulisan dari web ini. thank’s.

  21. dalam sgl perkara ada rencana Tuhan, tapi kita gak usah mencari tanda dari Tuhan, serahkan padaNya dan Ia akan bertindak. trims God.

  22. Berterimakasi atas artikel -artikel terbaik dalam Pelita Hidup ini yang membina kehidupan setiaap orang yang lemah , dengan harapan dapat mengajar dan belajar erti hidup ini dalam mencari wajah Tuhan , amin.

  23. Terima kasih buat renungannya, seringkali memang kita menyangka bahwa Tuhan tidak menjawab doa dan pergumulan kita, padahal justru seringkali kita sendiri yang menyimpang dari Tuhan lewat dosa yang kita lakukan, sehingga hal tsb menjadi penghalang bagi tangan Tuhan untuk mencurahkan berkatnya bagi kita, Tuhan Yesus Memberkati…!!!

  24. Sering kita lupa bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang hidup, Allah yang dahulu dan sekarang dan selamanya tetap. Kerap kali hidup kita tidak berharap sepenuhnya pada Allah yang hidup itu tetapi justru sebaliknya berharap dan mereka-reka dengan logika kita. Mulai saat ini harus berubah kita hanya mengandalkan Allah Yang Hidup Tuhan Yesus Kristus, amin.

  25. Berterima kasih atas bacaan di atas dan sangat bermakna buat saya.Bacaaan ini juga mengajar saya untuk berpegang teguh pada Tuhan dan telah menguatkan iman saya.Tiada allh yang hidup seperti ALLAH kita.AMEN…Tuhan memberkati…

  26. Amin. Tidak ada allah lain yang patut kita sembah selain Yesus Tuhan. Haleluya

  27. Terima kasih atas pelayanan FIRMAN TUHAN hari ini, GBU

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: