Pelita Hidup
“Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang...

Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh.” 1 Tesalonika 1.5a

Setiap hari Minggu pada saat kita pergi beribadah, kita selalu mendengar pendeta yang berkotbah menyampaikan Firman Tuhan. Tidak hanya itu, pada saat kebaktian-kebaktian yang lain seperti di tengah minggu, pertemuan kelompok sel, ibadah doa, pelajaran Alkitab dan lainnya, kita juga selalu mendengarkan Firman Tuhan yang disampaikan oleh pelayan/hamba Tuhan yang bertugas.Ketika kita meluangkan waktu untuk bersaat teduh, kita juga dapat membaca sebagian dari Firman Tuhan melalui Alkitab.

Tanpa dapat dipungkiri, Firman yang kita dengar ada yang dapat kita terima dan percayai, tetapi ada beberapa juga yang menimbulkan pertanyaan dalam hati kita, seperti ‘apakah benar hal itu akan terjadi dalam hidupku?’ atau ‘masa iya kalau aku layak untuk menerima janji itu?’. Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang muncul dalam hati kita sesaat kita mendengar FirmanNya.

Hal itu terjadi karena begitu banyak masalah yang menghimpit kehidupan kita, sehingga Firman Tuhan tidak dapat bertumbuh dalam hati kita (seperti perumpamaan sang penabur benih).

Pikiran kita terlalu dipengaruhi oleh semua kesibukan, kegiatan, masalah, ketakutan, kekuatiran dan lain sebagainya sehingga Firman yang kita dengar tidak mendapat ‘ruang’ yang cukup untuk dapat mengubah pola pikir kita.

.

Bagaimana agar Firman Tuhan yang kita dengar dapat memberi pengaruh bagi hidup kita?

1. “Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus

Untuk dapat meraih dan mempercayai janji Tuhan setiap kita mendengar FirmanNya, kita perlu yakin bahwa yang kita dengar adalah bukan hanya kata-kata biasa saja. Kita tidak mendengar janji dari manusia, tetapi janji yang kita dengar adalah janji yang diberikan oleh Tuhan semesta alam, Tuhan yang mencipta dunia dan seisinya. Oleh FirmanNya-lah dunia ini dibentuk dan diciptakan. Oleh FirmanNya-lah semuanya dapat jadi. Oleh FirmanNya semua dapat diubahkan dari yang tidak ada menjadi ada. Oleh FirmanNya-lah mujizat terjadi.

Setiap Firman Tuhan yang kita dengar mempunyai suatu kekuatan yang supranatural (yang tidak kelihatan secara kasat mat), yaitu kekuatan Roh Kudus. RohNya akan bekerja dalam hidup kita ketika kita mempercayai kuasa dari FirmanNya.

RohNya akan membantu dan menolong kita dalam menjalani hari-hari kita, sehingga mujizatNya dapat terjadi dalam kehidupan kita.

.

2. “…dan dengan suatu kepastian yang kokoh

Janji-janji dari manusia mempunyai kelemahan dan tidak sempurna. Seringkali manusia berjanji dan tidak menepatinya.
Berbeda dengan janji Tuhan, janjiNya mempunyai suatu kepastian yang kokoh, yang tidak dapat diubahkan.

Ketika Tuhan berfirman kepada kita, maka Dia juga memberikan jaminan bahwa FirmanNya akan dan pasti digenapi dalam kehidupan kita. Dan Dia tidak pernah berhutang kepada umatNya yang bersungguh hati kepada Dia. Dia juga adalah Allah yang tetap setia menepati setiap janjiNya. JanjiNya adalah janji yang sempurna.

Pegang teguh setiap Firman yang kita dengar, karena cepat atau lambat semuanya itu akan digenapi dalam hidup kita. Jangan biarkan pikiran kita lebih mempercayai manusia dan kekuatannya, tetapi biarlah kita lebih mempercayai kepada Firman Tuhan yang memberikan kepastian yang kokoh untuk masa depan yang kita penuh damai sejahtera.
Haleluya!

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • anton

    December 27, 2014 #1 Author

    setiap perkataan Tuhan benar & amin adanya jadi jangan pernah meragukan kebesaran firmanNya.

    Reply

  • Nian Christian

    July 12, 2014 #2 Author

    Saya sering sekali berpikir sendiri dan memikirkan orang laen apa yang mereka pikirkan tentangku, ketika aku melakukan sesuatu.. bahkan timbul kepahitan… namun sekarang aku mau bertobat dan bersyukur bahwa Tuhan Yesus selalu menyertai hidup saya bagaimanapun keadaan saya saat ini… aku mau sungguh-sungguh percaya Roh Kudus akan mengantarkan saya ke air yang tenang jika aku mau sepenuhnya percaya pada Firman-Nya.. GOD BLess You pelita hidup! 😀

    Reply

  • jerni

    March 11, 2014 #3 Author

    Puji Tuhan , persoalan selalu silih berganti dan tak henti2nya , kadang ingin berteriak …nyaris tak mampu berkata “namun Kasih , Iman dan Pengharapan dalam Roh dan Kebenaran Firmanlah  yang mengubah , itulah yg bisa membuat saya untuk ttp bersyukur, God Blesss

    Reply

  • sopan aritonang

    July 12, 2013 #4 Author

    bagaimana cara tobat yang benar

    Reply

  • sopan aritonang

    July 12, 2013 #5 Author

    bagaimana betul2 inngin bertobat dan ada dijalan TUHAN

    Reply

  • anton

    June 10, 2013 #6 Author

    luar biasa firman Tuhan ini, setiap perkataannya penuh dengan mujizat untuk orang yang
    mengasihi dan mengandalkannya dalam hidup dan kehidupannya, yakinlah dengan sungguh – sungguh dengan firman Tuhan mujizat nyata. Tuhan memberkati kita semua.

    Reply

  • elvin

    April 5, 2013 #7 Author

    Terima kasih untuk renungannya…saya merasa bahwa saya iman saya semakin dikuatkan…KAsih Tuhan tiada taranya…. Janji Tuhan selalu dibuktikannya dalam kehidupan saya…Terima Kasih Tuhan,bantulah saya untuk selalu dekat pada-Mu dan hanya selalu rindu pada-Mu..Amiin.

    Reply

  • elvin

    April 5, 2013 #8 Author

    Terima kasih untuk renungannya…saya merasa bahwa saya iman saya semakin dikuatkan…KAsih Tuhan tiada taranya…. Janji Tuhan selalu sibuktikannya dalam kehidupan saya…Terima Kasih Tuhan,bantulah saya untuk selalu dekat pada-Mu dan hanya selalu ridu pada-Mu..Amiin.

    Reply

  • winday

    February 2, 2013 #9 Author

    AMIN!JESUS adalah jawapan dalam hidup.andalkan TUHAN dlam stiap langkah kita,Tuhan punya rencana yang terindah dalam hidup kita.trma kasih buat shringnya amat mbangun buat sya,damai sjhtra mnyrtai kita smua puji Tuhan Amen!

    Reply

  • Romauli Munthe

    September 25, 2012 #10 Author

    Tuhan tidak pernah ingkar janji untuk itu kita harus tetap berdiri tegak untuk menanti penggenapan janji Tuhan…amin

    Reply

  • pariama pardede

    September 22, 2012 #11 Author

    Terimakasih Buat renungan yang menguatkan HATIKU.Amin GBU

    Reply

  • eko manurung

    July 15, 2012 #12 Author

    bagi TUHAN gak ada yang Mustahil…

    Reply

  • Nita

    June 8, 2012 #13 Author

    thax, pelitahidup n pak Riva Sinjal, lewt renungn ini benar penjlsan bpk bhw kita hrs rubah pola pikir, sdr bhw janji ALlah lewt firmanNya adalah pasti, ya, wkt kita memegang n meyakiniNya, n pasti terjadi. amin! tks.Gbu all.

    Reply

  • ana

    May 24, 2012 #14 Author

    terima kasih sahabat ku yang baik , lewat kebanaran firman yang di taburkan oleh pa rival kepada kami terlebih khusus kami , yang berkerja di kebun anggur milik tuhan .kami percaya bahwa tuhan memberikan kekuatan kepada kami untuk terus berpegang teguh kepada firman .

    Reply

  • cucuk

    May 15, 2012 #15 Author

    matur nuwun Gusti !!!!! Gusti Yesus tansyah mberkahi kulo sedoyo umat-Nya.

    Reply

  • Tri Oldy Rotinsulu

    April 26, 2012 #16 Author

    Firman Tuhan hari ini sungguh memberikan kekuatan, semangat baru dan dan inspirasi untuk menjalani aktivitas hari ini. Haleluya… Amin…

    Reply

  • Kalistus Octavianus G

    January 22, 2012 #17 Author

    Semoga Firman Allah Hari Ini meneguhkan kita semua. Dan Menjadi Pandangan Hidup Kita, Karna sungguh dengan Kuasa Nya Tuhan Telah menuntun Hidup Kita. Sekarng dan Selamanya

    Reply

  • HANNA

    December 27, 2011 #18 Author

    miliki hati yang selalu meresponi Firman Tuhan yang disampaikan oleh hambaNya da percaya dengan sepenuhnya bahwa janji Tuhan dan FirmanNya adalah ya dan amin . Percaya FirmanNya ………. Mujizat pasti terjadi dalam hidup kita. Setiap permasalahan apapun percaya bahwa Allah Turut bekerja didalamnya …….. amin…..

    Reply

  • theo GSJA blitar

    December 18, 2011 #19 Author

    Firman Tuhan sangat luar biasa mengubahkan hidup saya,,,,

    Reply

  • theo GSJA blitar

    December 18, 2011 #20 Author

    saya suka belajar tentang firman Tuhan

    Reply

  • ade syaranamual

    August 25, 2011 #21 Author

    terima ksh buat materi meditasi hari ini bang riv … ” tak habis habisNya kasih dan rahmat Tuhan”

    Reply

  • ade syaranamual

    August 25, 2011 #22 Author

    terimakasih buat Tuhyan Yesus setiap hari, buat bang riva ” karena kasih penyertaanya Tuhan tidak kenal batas hari ini terus dan selamanya…… penderitaan yang kita hadapi tidak melebihi hidup kita… sukacita yang tuhan Janjikan lebih besar penderitaan yang kita hadapi…besar setianNya disetiap hidup kami…. amin

    Reply

  • kaff

    July 17, 2011 #23 Author

    saya telah menyakiti hati kawan saya…
    aku mohon pada Tuhan berikan saya kekuatan untuk meneruskan dan menebus kesalahan saya..
    saya syg kwn saya, tdk mahu kehilangannya..
    saya tahu Tuhan tdk akan meninggalkan sendirian…

    Reply

  • yongky

    May 11, 2011 #24 Author

    kasih Tuhan tidak bersyarat, janji Tuhan bersyarat, kesalahan manusia selalu menukarnya…

    Reply

  • benni

    April 10, 2011 #25 Author

    mantap om.. GOD bless us

    Reply

  • Bambang

    August 7, 2010 #26 Author

    Terimakasih pak buat perenunganya… maaf mohon izin saya bagikan ke teman” FaceBook
    God Bless..

    Reply

  • d.manik bogor

    July 29, 2010 #27 Author

    awali semuanya pagi ini dgn DOA DAN MEMBACA FIRMAN TUHAN,Dan TERSENYUM LAH BUAT TUHAN DAN BUAT ORANG ORANG DI SEKITAR KITA.

    Reply

  • d.manik bogor

    July 29, 2010 #28 Author

    Haleluya DAMAI SEJAHTERA BUAT KITA SEMUA,Yesus sungguh baik Kasih setianya sllu di berikannya bagi orang yang mengasihinya,sllu berdoa,bersyukur,dan tetap merindukan NYA setiap waktu.TUHAN KITA AKAN MELIHAT ITU SEMUA.

    Reply

  • lilik papua

    June 11, 2010 #29 Author

    syalom….salam buat temen2 seiman
    syukur kepada Yesus atas semua nasihat firman NYA untuk saat ini…aku rindu Tuhan selalu perbarui iman dan kehidupan aku lewat nasihat nasihat firman ENGKAU ….begitu banyak permasalahan dan pergumulan ku hanya TUHAN YESUS selalu setia membimbing dan mengajar aku untuk ambil keputusan penyelesaian permasalahanku…TERIMA KASIH TUHAN PENYERTAAN MU SELALU NYATA DALAM SETIAP KEHIDUPAN KITA…AMIN

    Reply

  • djatmika

    June 9, 2010 #30 Author

    Ucap syukur kepada Tuhan karena hingga saat ini saya masih bisa membaca,mendengar dan merenungkan firman Tuhan,semakin erat hubungan kita dengan Tuhan semakin nyata janji firman Tuhan tergenapi.Jangan pernah jauh dari Tuhan kalau ingin menikmati dan merasakan janji firman Tuhan.Amin.GBU.

    Reply

  • Heni

    May 19, 2010 #31 Author

    ya..Pak akan ku imani setiap janji Tuhan yang kubaca dan kudengar

    Reply

  • alpha tesisyanto

    May 7, 2010 #32 Author

    Terima kasih atas Firman Tuhan hari ini karena memberi semangat baru kala hati dalam kegundahan. Puji Tuhan.

    Reply

  • benny

    April 19, 2010 #33 Author

    Syallom, halleluya puji Tuhan. mmg benar bahwa pada masa ini banyak hal, segala sesuatu sudah berubah, baik situasi, kondisi, bebagai tawaran dunia yang meyakinkan yang sering kali membawa kita pada situasi “”akut”. Iman kita benar di uji sampai dengan titik lemah kita dan sering kali kita jatuh dalam dosa, pengharapan yang paling tepat ada pada Tuhan Yesus Kristus sang empunya dunia ini, cukup jelas bahwa kita seringkali lalai, kita manusia diciptakan lebih dr ciptaan yang lain Tuhan benar” Sayang dan mengistimewakan kita sbg umat pilihan, halleluya… hati yang sujud menyembah dan tau kepada siapa kita harus berpengharapan secara total. janji Tuhan ya dan amin.

    Reply

  • george

    April 7, 2010 #34 Author

    Puji Tuhan….Saya sungguh merasa dikuatkan setelah membaca renungan diatas,..trima kasih Pak Riva..Memang sudah selayaknya kita berpegang pada JanjiNya…karena Tuhan itu setia pada JanjiNya..Kuasa FirmanNYa adalah kekuatan bagi kita..dan kita akan dijadikanNya lebih dari pemenang….Amin

    Reply

  • Sony E. Setyawan

    April 5, 2010 #35 Author

    Janganlah berharap kepada manusia karena manusia mengecewakan, tetapi berharaplah hanya kepada Tuhan, Dia yang menjawab masalahmu.
    Yeremia 17:6

    Reply

  • ojieea

    March 29, 2010 #36 Author

    terima kasih atas perkongsian yang menguatkan saya secara peribadi, saya kadang-kadang mempersoalkan tentang janji Tuhan dalam hidup saya kerana dipengahruhi oleh pandangan manusia.Tetapi saya telah memilih untuk percaya kepada janji Tuhan yang akan di genapi dalam hidup saya, Tuhan punya cara dan masa yang istimewa untuk melakukan semuanya.. Dia Bapa yang tahu apa yang harus Dia lakukan.Ya benar janji Tuhan itu ya dan amen!!:)

    Reply

  • frid

    March 27, 2010 #37 Author

    syallom.
    terima kasih buat renungan hari ini, karena memberikan kekuatan dan mengingatkan saya akan kebenaran firman Tuhan dalam kehidupan saya dan keluarga, saya percaya akan Yesusu Kristus dan Firmannya Amin. Terima kasih untuk Bp Riva dan juga atas pelayanannya , saya percaya sungguh bahwa Tuhan selalu memberkati Bp Riva dan memakai Bp Riva lebih dasyat lagi serta memjadi saluran berkat dan dan menyelamatkan banyak orang..

    Reply

  • rahel

    March 2, 2010 #38 Author

    Terima kasih buat renungannya, saya merasa lebih termotifasi untuk mengejar janji2 Tuhan sampai tergenapi dlm hidupku,aku harus percaya diri kalau aku mampu dan bisa meraih janji Tuhan Amin.Terima kasih Bp.Riva buat pelayananya biarlah Tuhan Yesus memakai lebih dasyat lagi..GBU..

    Reply

  • imelda

    March 1, 2010 #39 Author

    Hari ini saya di kuatkan kembali utk selalu tetap berharap pada TUHAN seberat apapun kondisi kehidupan kita.
    Kepastian bhw TUHAN akan selalu ada di sekitar kita bukan cuma janji semata

    Reply

  • Djatmika

    February 11, 2010 #40 Author

    Syallom,puji Tuhan hari ini saya bisa membaca renungan ini,hal yang paling sulit adalah menunggu realisasi janji Tuhan dalam hidup kita,kadang kita memaksakan kehendak kita pada Tuhan untuk memenuhi janjiNya dengan instant. Sekarang saya disadarkan bahwa ” waktu Tuhan tidak sama dengan waktu kita ”
    Tetapi yang jelas janji Tuhan adalah “ya dan amin ” pasti terjadi dalam kehidupan kita. Sambil menunggu waktu Tuhan mari kita dekatkan diri pada Tuhan lewat firman-firmanNya. Halleluya.GBU

    Reply

  • Refcida

    February 5, 2010 #41 Author

    Terima kasih untuk sharing ini. Saya didorong dan dikuatkan.

    Reply

  • Kimjun

    February 4, 2010 #42 Author

    Pegang teguh setiap Firman yang kita dengar, karena cepat atau lambat semuanya itu akan digenapi dalam hidup kita. Amin.
    Thanks Pak Riva Sinjal atas kemurahan hatinya berbagi Firman ke kita-kita. Gbu n Fam’.

    Reply

  • yanti

    January 30, 2010 #43 Author

    Amin.. terima kasih atas postingan renungan ini, saya sangat di berkati, dgn membaca serta merenungkan firman dan renungan ini sehingga saya dapat mengubah pola pikir saya yang mungkin selama ini mengandalkan kekuatan saya sendiri. Gbu.

    Reply

  • lilih Terribilini

    January 29, 2010 #44 Author

    Amin. terima kasih pak Riva untuk renungan yang sangat berharga bagi saya, dengan firman yang ditaburkan menambahkan kekuatan bagi saya, saya sangat rindu sekali selalu dekat bersekutu dengan Tuhan, saya tinggal dieropa sangat jarang pergi ke gereja pertama disini banyak gereja cuman 1kali sebulan ibadahnya dan mungkin karena jemaatnya sedikit sekali, hanya orangtua karena setiap bulannya pendeta harus berpindah pindah kotbah ke lain gereja, dan untuk kendaraan umum sangat jarang sekali,,,, sangat sulit untuk saya bawa 2 anak. to the point, saya sangat rindu sekali mendengarkan firman dan renumgan Tuhan. iman saya semakin berkurang,, banyak takut,tidak percaya diri,,,dll. melalui pilita hidup dan pak Rival saya akan coba belajar untuk membaca dan mendekat kepada Tuhan walaupun lewat internet Amin….Terimakasih Tuhan Yesus memberkati!

    Reply

    • Riva Sinjal

      January 30, 2010 #45 Author

      Shalom Lilih,
      Keadaan apapun yang kita alami merupakan bagian dari proses yang sedang Tuhan kerjakan dalam hidup kita.
      Tetap pegang teguh iman yang ada dalam hati kita, karena Tuhan senantiasa ada dekat kita.
      Jadikan proses yang kita alami sebagai motivasi untuk mencari Tuhan lebih lagi, sehingga pada akhirnya Tuhan akan memuaskan dan memenuhi segala keinginan dan kerinduan hati kita.
      God bless you always 🙂

      Reply

  • bhoy

    January 29, 2010 #46 Author

    untuk pak.riva terima kasih untuk postingan bahan renungan nya saya juga minta ijin untuk bisa membagikan nya pada teman2 sy yg lain. Gb u n fam

    Reply

  • anto

    January 29, 2010 #47 Author

    Thanks God, biarlah Roh dn FirmanMu yg bekerja atas kami…..

    Reply

  • eliz

    January 19, 2010 #48 Author

    AMIN!.kadang2x memang kita manusia biasa ini selalu mengunakan kekuatan kita sendiri tanpa kita sedar,sehingga kita lupa bahawa Tuhanlah yang memberi kita kekuatan…dan saya sendiri mengaku kekadang saya juga kurang yakin setelah berdoa tapi puji tuhan sekarang saya bertekad untuk belajar bahawa biarlah tuhan yang melakukan mujizatnya pada kita sebab setiap apa yang berlaku pada kita adalah yang terbaik dari Tuhan dan Tuhan akan mengabulkan doa kita sesuai dengan kehendakNya dibumi seperti di surga….Gos bless!!

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *