Pelita Hidup
“Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan...

Berdoa Satu Jam Membawa Perubahan BesarSetelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?” Matius 26:40

Kisah dari ayat di atas telah kita ketahui dimana Tuhan Yesus mengajak ketiga muridNya ke Taman Getsemani untuk berdoa. Yesus tahu bahwa Dia akan mengalami penderitaan yang begitu berat di atas kayu salib. Oleh karena itu Dia pergi ke Taman Getsemani untuk berdoa kepada Bapa di sorga. Tetapi ketika Yesus sedang berdoa, ternyata ketiga orang muridNya tertidur. Mereka tidak sanggup bertahan untuk dapat berjaga menyertai Yesus yang sedang berdoa.
Keadaan ini banyak dialami oleh umat Tuhan, dimana ketika mereka kurang disiplin dalam menjalankan kehidupan doa, sehingga banyak umat Tuhan mengalami kekalahan dalam menghadapi berbagai masalah.

Kehidupan doa sangatlah penting bagi kehidupan kita. Ada kuasa yang bekerja melalui doa. Melalui doa, ada sesuatu yang terjadi dalam hidup kita.

Apa yang kita dapatkan jika kita berdisiplin dalam berdoa?

1. Menjadi Kuat

Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” Mat 26:41

Tuhan Yesus mengingatkan muridNya bahwa manusia mempunyai kelemahan dalam hal kedagingan. Oleh karena itu Dia menyarankan murid-muridNya untuk berjaga-jaga di dalam doa, agar memperoleh kekuatan dalam menghadapi segala kelemahan.

Di tengah kemajuan teknologi pada saat ini dan banyak kenikmatan yang tersedia, umat Tuhan harus senantiasa berdoa di dalam Tuhan agar dapat kuat dalam menghadapi berbagai cobaan atau godaan yang datang. Keinginan daging akan begitu kuat menguasai hidup kita jika kita tidak membangun kehidupan doa yang kuat. Melalui doa kita akan mendapat kekuatan untuk menolak segala keinginan daging yang ingin menguasai hidup kita. Melalui doa kita akan mendapat kemampuan untuk menjalani hidup yang sesuai dengan Firman Tuhan.

.

2. Kemampuan Menjalani Kehendak Bapa

Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” Mat 26:39

Yesus tahu bahwa penderitaan yang akan dijalani bukanlah penderitaan biasa. Menjalani penyaliban merupakan tugas yang paling berat di atas muka bumi ini. Sebagai manusia, Dia menyadari bahwa Dia sendiri tak kuasa untuk menjalani penderitaan ini. Bahkan Dia meminta kepada Bapa di sorga untuk melalukan semuanya itu jika mungkin. Tetapi Yesus tahu bahwa Bapa di sorga menghendaki agar Dia menjalani semuanya itu. Melalui doa Yesus mendapat kekuatan untuk menjalaninya dengan sempurna.

Ketika kita menghadapi suatu pergumulan yang sangat berat sekalipun, satu hal yang harus kita lakukan adalah datang padaNya dan sujud berdoa di bawah kakiNya. Tuhan akan memberikan kekuatan yang luar biasa, kekuatan supranatural (yang tidak kelihatan secara kasat mata), sehingga kita akan sanggup melalui/menjalani semua pergumulan yang ada. Bahkan kita akan menjalaninya sampai kita meraih kemenangan sebagaimana Yesus sendiri ditinggikan atas segalanya di muka bumi ini.

Melalui doa kita akan sanggup melakukan segala kehendak Bapa dalam hidup kita. Segala rencanaNya akan digenapi dalam hidup kita jika kita datang sujud berdoa kepadaNya.

.

.

Biarlah kita mulai mendisiplinkan diri kita untuk datang kepadaNya, sujud berdoa kepadaNya hari demi hari, agar kita memperoleh kekuatan dan kemampuan untuk melakukan kehendakNya. Kemenangan, kemuliaan dan kehormatan telah disediakan bagi setiap umatNya yang mau datang merendah di bawah kakiNya. Haleluya!

.

Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. ” 1 Pet 4:7

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • maya

    September 26, 2013 #1 Author

    Tuhan itu sangat baik, aku mulai mngerti jawaban setip doakau, Tuhan memberikan dengan cara yang berbeda..aku tau bahwa itulah yang kuminta, tapi terkadang ketika aku mendapatkannya aku tidk bisa menjaganya, aku malah inggin melepasnya,,dan Tuhan memebrikan aku cara untuk melepasnya.Tuhan itu sangat baik..meskipun sakit aku tau Tuhan pasti menguatkanku.

    Reply

  • supranowo

    August 30, 2013 #2 Author

    sejauh ini doa merupakan nafas,pengharapan,air kehidupan dalam kehidupan kita.Selama ini kalau aku sehari,sedetikpun aku tidak berdoa maka berkat Tuhan jauh dariku oleh sebab itu sobat jangan berhenti berdoa kalau sobat ingin hidup diberkati,hidup dalam pemeliharaan Allah,hidup dalam kuasaNya. Amin

    Reply

  • aston

    July 25, 2013 #3 Author

    Dengan doa ada jalan keluar dan petunjuk bagi hidup kita.
    Tuhan memberkati

    Reply

  • Hardjono

    June 11, 2013 #4 Author

    Haleluya !
    Terima kasih atas paparan perihal penting berdisplin dalam berdoa, lewat doa kita membangun relasi dengan Tuhan dan berkomunikasi dengan Tuhan dan inilah yang Tuhan inginkan seperti saat di taman Getsemani.

    Reply

  • treee

    April 25, 2013 #5 Author

    Sangat menguatkan dan membuat semakin mengandalkan Tuahan

    Reply

  • Selamat Purba

    September 11, 2012 #6 Author

    Pengalaman ku di fitnah oleh dua orang yg masih family, dan aku sempat bingung utk meyakinkan bahwa apa yg di fitnah kan kepadaku tdk pernah aku lakukan dan saudaraku sdh terlanjur menerima berita fitnah tersebut dan malah sdh sempat menghakimiku, dengan tekun berdoa secara kusuk Tuhan mendengar doaku, tanpa di sengaja kedua orang yg menfitnah tersebut membongkar sendiri apa yg mereka perbuat padaku bahwa mereka benar2 mem fitnah. Hal ini menjadi kesaksian bagiku bahwa berdoa memohon kepada Tuhan adalah satu2nya jalan untuk memperoleh bukti kebenaran, JBU

    Reply

  • Bastian Leinussa

    August 11, 2012 #7 Author

    Terma kasih pelita hidup dengan hanya berdoa dan puasa kita mampu untuk menghadapi setiap tantangan yang trus datang silih berganti di dalam hidup kita tanpa doa kita tidak bisa berbuat apa apa doa saya supaya pelita hidup tetap di pake Tuhan dengan luar biasa menjadi sara untuk penginjilan. Tuhan Yesus Memberkati…..

    Reply

  • Lili Sroyer

    August 3, 2012 #8 Author

    hanya dengan Doa ku dikuatkan. saat ku merasakan tidak ada lagi yang dapat mengerti apa yang ku alami ku hanya datang pada Tuhan Yesus dalam Doa. memang sangat Benar, dengan Doa, ku merasa tenang. Doa membuat ku merasa lebih dekat dengan Tuhan Yesus.

    Reply

  • johan

    July 7, 2012 #9 Author

    Amin, kita tak akan mampu menghadapi tiap persoalan yang datang dalam hidup jika kita tidak berdoa dengan Sungguh-sungguh, pasrah meminta kekuatan dari Nya.. ajar lah kami untuk senantiasa rindu datang pada Mu melalui doa / saat teduh yg teratur Bapa.

    Reply

  • ana

    June 22, 2012 #10 Author

    syalom. dengan yakin saya percaya tuhan tdk pernah meninggalkan saya. tuhan adalalah bapa yang baik. yang mendengar keluh kesah anak-anaknya yang penting dengan sungguh kita bertelut di bawa kaki nya . dan memohon belas kasihan. tuhan pasti menjawab apa yang kita pinta . amin.

    Reply

  • victor a s

    June 5, 2012 #11 Author

    Namun jangan kita menjadikan doa sebagai alat sim salabim (pesulap) karena Tuhan menjawab doa kita yang Tuhan anggap perlu buat kita bukan sebaliknya karena melalui kemurahan Tuhan doa itu dikabulkan bukan panjangnya ,lamanya ,hebatnya kita berdoa sekali lagi dimata Tuhan semua doa sama tidak ada yang bisa mengklaim doanya PASTI dijawab kalau yang PASTI adalah Tuhan Mendengar doa kita tetapi TIDAK PASTI di jawab Tuhan ,karena tuhan punya HAK yang tidak bisa diganggu gugat.

    Reply

  • welly

    May 6, 2012 #12 Author

    terima ksh Bapa u/ rhema-Mu yg kmbl mnguatkan n mengingatkanku agar trs brskutu di dlm-Mu. brjaga n berdoalah 1 jam sj,krn dr brdoa 1 jam tsb hdp kt akan trs diperbaharui.berdoa tdk hny brkata2 kpd Tuhan sj,tp jg dgn memuji&menyembah dlm lagu/pujian.mulai sj dr 5 mnt brdoa & mnyembah trs dilakukan stiap wkt dgn krinduan mk bila kt trs dtg dlm hadirat-Nya n trs mlakukannya mk tnp trasa dr 5 mnt bs mjd 15 mnt,stgh jam bhkn lbh dr 1 jam.TYb

    Reply

  • Jumaat Baru

    April 20, 2012 #13 Author

    Tuhan akan menyediakan upah bagi mu di sorga
    segala usaha dan jarih payah orang yg setia melayani Dia.
    Amin….Ya memang benar bahawa Doa adalah kekuatan kita, jadi dengan cara bagai mana kah? kita
    dapat melakukan doa sampai 1 jam

    Reply

  • rince

    April 12, 2012 #14 Author

    tidak ada kekuatan yang lain yang dapat menandingi kekuatan dari doa orang percaya karena itu tetap rajin untuk doa agar kita dikuatkan senatiasa oleh Tuhan Yesus AMIN……

    Reply

  • empanai

    April 3, 2012 #15 Author

    Ya Tuhan..benar bapa,doa itu sumber kekuatan..ajar aku bapa dan disiplinkanlah aku agar meluangkan masa lebih banyak untuk berdoa dari sebelumnya.

    Reply

  • Sri Jayani

    March 21, 2012 #16 Author

    kita memang harus mengalokasikan waktu untuk berdoa, baca alkitab, kalau mau tumbuh. terima kasih GBU

    Reply

  • Roy Takalamingan

    March 19, 2012 #17 Author

    Syalom…. Doa adalah keseluruhan hidup orang ditaruhkan sepenuhnya kepada Lengan Yang Kuat yaitu Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus yang menjadi Penolong dalam kehidupan orang yang percaya. Amin. terima kasih bp. Riva, Tuhan Yesus memberkati bapak dalam pelayanan dan dlm hidup keluarga.

    Reply

  • Osa

    March 13, 2012 #18 Author

    Terima kasih Tuhan Yesus buat FirmanMu hari ini.

    Reply

  • gjoseph william

    March 7, 2012 #19 Author

    trima kasih atas firmannya yang luar biasa

    Reply

  • gjoseph william

    March 7, 2012 #20 Author

    Syaloom, terima kasih atas firmannya yang luar biasa

    Reply

  • MUSTIKAWATI BUNTORO

    March 5, 2012 #21 Author

    DOA merupakan KUNCI SUKSES ,kita yg percaya didalam menjalani hidup dan mengalahkan MUSUH BESAR kita EGO,melalui keakraban kita dengan TUHAN TESUS ,kita belajar taat,saat salah langkah ,DIA tegur kita,bermasalah ,kita nggak lari ,tapi melalui BERSAMANYA ,TUHAN YESUS HEBAT,makasih TUHAN ,

    Reply

  • arles saragih

    February 28, 2012 #22 Author

    TX BUAT RENUNGANNYA YG MENGUATKAN

    Reply

  • arles saragih

    February 28, 2012 #23 Author

    dengan berdoa kita kuat tAK BERDOA AKAN LEMAH

    Reply

  • Aheye asher aheye

    February 27, 2012 #24 Author

    in bible says, “not only was the Teacher wise, but also he imparted knowledge to the people. He pondered and searched out and set in order many proverbs,( Ecclesiastes 12;9

    Reply

  • joe

    February 27, 2012 #25 Author

    perlu satu jam berdoa untuk mengalami perubahan dalam kehidupan? sekiranya kita berdoa dan disertai dengan iman selama 10 minit sahaja pun boleh mengalami perubahan dalam hidup kita. dalam firman Tuhan berkata doa orang benar besar kuasanya (Yak 5:15-16)

    Reply

  • elly

    February 17, 2012 #26 Author

    doa mrp cara untuk meraih kemenangan…amen

    Reply

  • Dedy Bataha

    January 29, 2012 #27 Author

    Kristus adalah teladan dalam segala hal dan segalanya.

    Reply

  • Iyastina

    January 26, 2012 #28 Author

    Haleluya,,Tuhan terus menyadarkan aku dengan perkataannya melalui Doa, semakin hari semakin bertambah Iman Kepercayaan ku dan merasakan kasih dan mujizat yg luar biasa dari Tuhan Yesus Kristus.

    Reply

  • jhon

    January 18, 2012 #29 Author

    doa adalah kepanjangan dari suara tuhan .

    Reply

  • Nancy Neorita Siagian

    December 28, 2011 #30 Author

    Doa mampu mengubah segala sesuatu! amen

    Reply

  • paulus agung yoga prasetya

    December 7, 2011 #31 Author

    Dengan berdoa qt meraskan hubungan yg spesial dgn-Nya..tdk terbatas oleh apapun..Thanks God

    Reply

  • Frits Sohilait

    November 29, 2011 #32 Author

    Apapun permasalahan yang kita hadapi itu karena kehendakNya ,karena Tuhan mau kita sebagai Umat pilihanNya harus membangun mesba dalam keluarga mesba dalam kelompok D O A .Hubungan /Intiim dengan Tuhan itu perlu karena tanpa berdoa sia sia perjalanan hidup ini..Kadang kita sebagai manusia kita belum memberikan yang terbaik untuk Tuhan , kita selalu mementing diri kita dulu , memang Roh penurut tetapi daging lemah .Tetapi dengan renungan ini kita sebagai Umat Pilihan harus bangkit meninggalkan kehidupan yang lama ,kehidupan yang biasa ……ntar ….nanti dulu….dengan adanya renungan ini AYO Bangkit ………….S E M A N G A T………. dan Intropeksi diri Minta Ampun segala dosa lama dosa orang tua , dosa yang kita sudah lupa . Mulai hari ini kita Memberikan yang terbaik dari kita kepada Tuhan Yesus Supaya kita di berkati setiap saat……….-Membersihkan diri kita masing – masing dan ambil keputusan bahwa , kerjakanlah dulu bagian Tuhan ………………, utamakan Tuhan Yesus Kristus . A M I N………………. GBU

    Reply

  • Erieca

    November 15, 2011 #33 Author

    Setiap masalah hrs di hadapi dng doa,karna doa lah yg mampu Dan bisa membuat kita yg lemah menjadi kuat.Amin

    Reply

  • kristian

    November 13, 2011 #34 Author

    trima kasih atas firman nya,,dengan doa kita tetap saling satu dan mendoakan,,mari sebarkan kabar baik ini untuk membangun iman saudar2 kita yg lemah,,Tuhan yesus Memberkati.

    Reply

  • Sampe Samosir, S.Pd

    November 9, 2011 #35 Author

    Kalimat yang membawa berkat, dan jika dapat dilakukan terbukti kuasa dari doa itu,
    but i have problem…jika saya berdoa seperti diatas lebih dari 4 kali berturut, saya kehabisan perbendaharaan kalimat untuk memuji dan menyembah..lalu kadang bolong tidak berdoa selama beberapa hari, bagi yang berhikmah tolong beri tips untuk masalah diatas, pleasee…

    Reply

    • euodia

      December 21, 2011 #36 Author

      saya dulunya berpikiran demikian. Kadang bingung dan kehabisan kata2 untuk memuji & menyembah tapi saya balikkan lg kepada diri sendiri, apakah saya memuji hanya sekedar memuji atau meyembah hanya sekedar menyembah? Memang itu semua adlah kata2 tapi2 kuncinya adalah sikap hati kita sendiri, apakah kita sudah segenap hati dan segenap pikiran memuji dan menyembah Yesus atau hanya ucapan bibir yang kalau kita dengarkan sendiri rasanya seperti membosankan/ hanya itu2 saja. Jika demikian maka ada yg harus diubah, kita ubah sikap hati kita pd waktu memuji & menyembah Tuhan. Bagaikan para malaikat memuliakan Tuhan dgn memuji & menyembahNya, ibarat manusia dunia menghadap presiden/tamu penting kehormatan sudah sedemikian hormat & seperti menyembah, apalagi kehadapan Tuhan yang adalah penebus dan peyelamat yang juga pencipta alam semesta & seisi dunia dan pengasihi kita. Lakukan sepenuh jiwa kita krn kita menyembah Raja Surgawi bukan orang2 raja dunia/penguasa dunia yg fana. Kalau kalimat berulang2 tp keluar dr kerinduan hati dan penghormatan kita yg terdalam maka Tuhan mengerti dan sudah mengetahui krn dari Roh yang ada di dalam kita yg Tuhan berikan yg menyampaikan kepadaNya, segala kerinduan, haus & lapar akan Tuhan ataupun keluh kesah & segala macam pergumulan. Maka naikkan lah dlm doa dgn segenap jiwa, akal pikiran dan perasaan hati kita menyatakan cinta, isi hati, rindu yg terdalam kepada Yesus.
      Krn Dia juga menanti dgn rindu yg lbh dalam lg untuk berhubungan dgn kita utk memberi jawaban doa pd kita.
      Semoga saran saya dapat sedikit banyak membantu, tolong dikoreksi atau saran jika ada kata2 yg kurang/tdk tepat. Tuhan Yesus memberkati. Maju terus dalam Tuhan.

      Reply

  • Gunawan

    October 31, 2011 #37 Author

    setiap kali membaca FT ini, aku selalu dibangun untuk lebih sering berdoa. Trimaksih Tuhan untuk orang-orang yang kau pakai untuk menguatkan sesama melalui Firman Mu. JLU all

    Reply

  • ayet yadi

    October 29, 2011 #38 Author

    trm ksh pk mberi firman ni…teruslah brdoa tuhan yesus sentiasa ada mdengar doa kita….baik ssh atau senang…

    Reply

  • renaldo manoppo

    October 27, 2011 #39 Author

    amen ,,,,,,,

    dengan renungan ini aku bisa lebih mengerti ttng semuanya,,,,

    Reply

  • eidelwies

    October 24, 2011 #40 Author

    Love Jesus 🙂

    Reply

  • james mustamu

    October 22, 2011 #41 Author

    Makasih Firmannya…
    karna diluar Engkau aku tidak dapat berbuat apa2
    aku bisa berbuat jika aku tidak setia berdoa…..
    tapi itu tidak akan sempurna dan sia sia.
    Amin

    Reply

  • elpiana turnip

    June 3, 2011 #42 Author

    Sebulan yg lalu,suami saya meninggal secara tiba-tiba.Suami saya sngt baik,dan sepanjang hidupnya slu berusaha taat pd Tuhan dan berbuat utk orng lain.Kami termasuk keluarga yg slu taat beribadah (Menurut penilayan saya),sehingga ketika peristiwa itu terjadi,saya berontak dan menyangkal keberadaan Tuhan.Saat ini,saya merasa Tuhan tdk lagi mau mendengar doa saya,dan merasa bahwa Tuhan sangat murka pd saya.saya merasa kepedihan dan kegelapan yg sngt dalam,hingga merasa tak mampu lg melanjutkan hidup ini.saya mohon doa agr saya dpt bertahan hidup,dan kiranya Tuhan mau menyertai saya.Trimakasih.

    Reply

    • Pdt Lammartua Simamora

      July 19, 2011 #43 Author

      syalom ibu Elpiana, sy yakin Tuhan Yesus PASTI memberi ibu kekuatan dan penghiburan. Saya dan keluarga Pasti akan mendoakan Ibu. GBU

      Reply

  • christin

    May 27, 2011 #44 Author

    saya sangat percaya kekuatan doa…
    semua doa pasti akan dijawab oleh Tuhan, semua indah pada waktunya……..;)

    Reply

  • leonhyta.S

    May 25, 2011 #45 Author

    bapa sudah mengubah kehidupan saya saat ini,tapi ketika hidup saya dekat dengan dia ada saja cara iblis untuk menggagalkanya.tapi saya percaya dalam hidup saya,jika saya berpegang teguh pada janjinya.saya akan dimenangkan dari perang melawan iblis dan keinginan daging,dan saya akan diselamatkan tuhan dari dalam dosa.amien

    Reply

  • lelie

    May 13, 2011 #46 Author

    Dengan doa dan ucapan syukur kepada Tuhan Yesus, pasti ada jalan keluar dan petunjuk bagi hidup kita, Yesus kekuatanku yang selalu menopang hidupku. Trims yah atas renungannya Tuhan Yesus memberkati setiap pelayanan Bapak.

    Reply

  • Jhon Edy As

    May 7, 2011 #47 Author

    Trimakasih ya Allah trimaksih ya Tuhan Yesus engkau sungguh baik ……
    Kurang lebih 20 thn sy jrg ke gereja, selama 20 thn itu, bila dihitung dengan jari belum lewat dari 20x, bukan hanya itu, berdoa pun sy jrg sekali, tetapi seiring dgn berjalanya waktu seorang hamba Tuhan 1/2 thn yg lalu berkenalan dgn sy (saat itu usaha sy sudah diujung tanduk karena ulah dari rekan sekerja, sy dihianati), pendek cerita hampir setiap hari ia mengunjungi sy dan memberikan pencerahan …. Puji Tuhan…. Tuhan bukakan pintu buat sy, sekarang sy mulai rajin ke gereja dan berdoa, benar Tuhan itu sungguh baik dan luar biasa, lambat laun ada kedamayan dalam diri saya, inilah buah DOA yang sy rasakan. TERIMA KASIH TUHAN YESUS …. ENGKAU SUNGGUH BAIK TUHAN. Amen

    Reply

  • Jabetson Purba

    May 2, 2011 #48 Author

    sambungan,..

    mohon buatkan saya contoh khotbah pendek tapi singkat diselingi dgn cerita yang menghibur yang membuat jemaat tidak ngantuk… he..he

    Terimakasih, Tuhan memberkati.

    St. Ir. Jabetson Purba
    Purwakarta

    Reply

  • Jabetson Purba

    May 2, 2011 #49 Author

    Syalom pak Riva,

    Terimakasih atas pelayanan bapak ini, yang bisa menjaring jiwa-jiwa untuk percaya dgn membuat website ini.
    Kiranya berkat Tuhan berlimpah buat bapak.
    Ya, saya baru diangkat jadi majelis dan nanti tgl 29 Mei diminta berkhotbah “perdana” di cikarang.
    Khotbah dari Injil Lukas 11:1-8, Topik mingguan ” Hal Berdoa”,Mazmur 66:20

    Mohon buatkan saya contoh khotbah pendek tapi padat diselingi dgn cerit

    Reply

  • Hasan Hutabarat

    April 26, 2011 #50 Author

    Jika merasa nyaman manusia biasanya lebih dominan untuk tidak melakukan sesuatu,
    padahal seperti nats diatas Tuhan Yesus sudah mengingatkan untuk senantiasa berjaga jaga, tetap aja manusia tidak mau menuruti karna mereka merasa terproteksi karna ada Tuhan Yesus bersama mereka.Biasanya manusia jika sudah menghadapi suatu tantangan baru mau mencari Tuhan minta kekuatan, Karna itu Marilah kita dan mau meninggalkan rasa egois kita dan mau merendahkan hati dihadapan Tuhan, sehingga kita memperoleh damai, sukacita dan memperoleh kekuatan sehingga memperoleh kemenangan dalam meghadapi persoalan yang ada di depan mata. Tuhan Yesus Memberkati

    Reply

  • ria

    March 31, 2011 #51 Author

    Syalom,sering kali jika aku ada masalah aku datang bersujud dan berdoa kepadaMU,tapi seringkali pula DOA itu hanya sebagai rutinitasku semata.Apa yang harus saya lakukan agar aku bisa slalu berdoa dgn khusuk dan merasa bahwa doa itu adalah tuntutan hidupku.Saat ini aku punya kelemahan yang sangat menyiksaku,yaitu Kekwatiran akan segala hal yang sangat berlebihan,tolong aku pak agar aku bisa menjadi pribadi yang tenang dan BERSERAH sepenhnya pad TUHAN.trimakasih

    Reply

  • angga

    January 30, 2011 #52 Author

    sejauh ini masalah” berat yang saya hadapi, semuanya dapat dilalui berkat doa..baik kita menyadari bahwa doa itu sudah terjawab atau tidak menyadarinya…yakin saja kalau sudah berdoa…TUHAN sudah mendengarnya dan percaya saja dengan keputusanNYA..

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *