Pelita Hidup Jangkau Dunia

Penyertaan Tuhan

Bacaan Firman Tuhan, Ulangan 11:12

“Suatu negeri yang dipelihara oleh TUHAN, Allahmu:  mata Tuhan, Allahmu tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun”

Bangsa Israel menghadapi banyak hal-hal yang penting dalam perjalanan mereka ketika hendak mau meninggalkan  tanah Mesir dan dalam perjalanan menuju tanah Kanan.  Musa yang ditunjuk oleh Tuhan memimpin mereka keluar dari tanah Mesir telah menunjukkan banyak tanda-tanda mujizat, melalui kuasa dan perintah Tuhan dengan 10 tulah. Bangsa Israel harus menempuh perjalanan yang panjang dan penuh dengan tantangan,  menyeberangi laut Tiberau, dan perjalanan di padang gurun selama 40 tahun. Perjalanan itu sangat melelahkan untuk memasuki ke tahapan baru, yaitu tanah perjanjian. Tanah Kanan yang dijanjikan Allah itu sangat subur dan diberkati Allah. Tanah Kanan tersebut mendapat suplai air dari danau Galilea yang cukup luas dan berair jernih.
*courtesy of PelitaHidup.com
Kita tahu bahwa perjalanan tersebut dipimpin langsung oleh Allah dengan menempatkan Musa di tengah bangsa Israel sebagai nabi, yang seringkali melakukan pemberontakan kepada Allah.  Pemberontakan-pemberontakan yang terjadi dalam bangsa Israel itupun sering muncul menentang kepemimpinan Musa. Adapun sikap yang selalu diambil Musa dalam menghadapi mereka  adalah selalu mengarahkan dan membimbing supaya bangsa Israel dapat tetap hidup untuk mengikuti Perintah Allah. Meskipun Musa tidak masuk ke tanah Kanan, namun nasehat-nasehat Musa itu sangat berguna bagi bangsa Israel.

Kita sebagai orang percaya yang telah dipilih Allah, akan selalu banyak mengadapai kesulitan dan tantangan  dalam menghadapi arus kehidupan di akhir zaman ini.  Dalam 2 Timotius 3:1, dikatakan Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.  Banyak manusia dalam keadaan ini, telah memilih hidup jauh dari Tuhan, dan mereka mengandalkan kekuatan sendiri. Sekalipun kesulitan dan tantangan pasti selalu ada, itu bukan alasan bagi kita untuk menjauh daripadaNya.

Mau masuk tanah Kanan?  Bangsa Israel harus berhadapan dengan musuh-musuh besar. Namun karena penyertaan Tuhan, maka semua musuh dapat dikalahkan. Masa depan merekapun telah disiapkanNYa,  yaitu tanah Kanan yang diberkati. Begitu pula hendaknya kita saat ini, kita harus  tetap hidup seturut Firman Allah, Tuhan pasti akan memelihara kita senantiasa, pertolonganNya sempurna. Percaya, Dia telah menyediakan berkat yang terbaik bagi kita, bahkan apa yang tak pernah terpikirkan oleh kita akan disediakanNya bagi orang yang sungguh berharap kepadaNya.



Setiap kesulitan dalam hidup ini jangan sampai membuat kita bimbang, putus asa dan membuat iman kita menjadi lemah. Sebaliknya, kita harus semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, banyak belajar Firman Allah agar iman kita semakin diteguhkan.  Ingat, bahwa Mata Tuhan tetap mengawasi kita orang percaya, dari awal sampai akhir, sampai kita meraih berkat-berkatNya yang telah disediakan bagi kita.


Rita Ribka Tarigan
Rita Ribka Tarigan adalah salah satu kontributor di Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 5 respon

  1. daniel ndara hanggoda
    Friday 6 May 2016, 12:30 am

    mohon dukungan doanya spy keluarga kami diberkati Tuhan Yesus..

  2. Firman yg sungguh menguatkan…Tuhan memberkati…

  3. mohon doa agar tuhan memberikan saya pekerjaan

  4. mohon doa agar tuhan menyertai hidup aku yang hancur karena vidio s.e.x yang slalu ada dalam pikiranku . aku rindu penyertaan tuhan hadir dalam hidup aku kembali\tuhan berkenan pada aku kembali.gbu

    • Tuhan tak pernah meninggalkan kita sebaliknya kitalah yg sering meninggalkan Tuhan dan FirmanNya n sering menjauh dari Tuhan untuk lebih senang dekat dg khidupan dunia yg kita anggap dapat membuat hidup kita lebih bahagia !

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: