Pelita Hidup Jangkau Dunia

Pemulihan dalam Pernikahan

Kesaksian oleh AS.

Saya adalah seorang suami yang telah menikah selama 6 tahun, selama waktu itu kehidupan pernikahan kami naik turun. Setelah saya mengikuti camp pria maka saya menyadari dan mangakui bahwa selama ini saya tidak menjalankan fungsi saya sebagai seorang suami. Saya bukan suami yang suka main tangan dengan istri dan anak2 saya. Tapi kadang kala perkataan saya yang sinis dan tidak membangun istri dan anak2 sering keluar dari mulut saya.

Dua tahun sebelum saya mengikuti camp ini istri saya cerita bahwa dia pernah mengasihi seorang pria. Betapa terpukulnya saya pada saat itu. Rasa marah dan sedih bercampur dalam hati. Saya berusaha untuk menahannya, tetapi rasa sakit itu tetap saja ada dalam hatiku. Saya berusaha melupakan kejadian tersebut dan mengampuni istri saya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Waktu terus berlanjut sampai mengikuti camp pria. Ternyata saya yang salah selama ini yang menyebabkan istri saya mulai melirik pria lain. Ketika saya pulang dari camp saya mengakui segala kesalahan saya sebagai suami yang tidak menjalankan fungsinya dengan baik (sebagai imam). Kemudian istri saya mengaku kepada saya dan menceritakan bahwa dia tidak hanya pernah mengasihi pria lain tapi lebih dari itu. Hubungan mereka sudah mengarah lebih dalam lagi.

Betapa semakin hati saya hancur mendengar semua keterbukaan istri saya. Dengan saling menangis saya katakan kepada istri saya tersebut bahwa semua adalah salah saya. Sebagai suami saya harus bertanggungjawab dengan hal tersebut. Walaupun tidak semudah untuk menerima itu semua tapi saya berserah kepada Tuhan bahwa hidup saya mau maksimal sehingga dosa apapun yang terjadi saya harus buang jauh-jauh.

Akhirnya istri saya mengirimkan e-mail kepada pria itu dan mengatakan kepadanya bahwa dia telah menyadari kekeliruannya selama ini. Emailnya-pun di-cc-kan (tembusan) kepada saya.



Saya sangat bangga dengan istri saya dan bersyukur setelah saya mengakui segala kesalahan saya maka perubahan demi perubahan terjadi di dalam kehidupan pernikahan kami. Istri saya semakin dipakai Tuhan dalam pelayanannya, saya pun dipakai Tuhan sungguh luar biasa dalam pelayanan dan pekerjaan.

Saya harus berfungsi sebagai kepala dan istri sebagai lehernya. Inilah kesaksian pertama saya di media ini semoga ini menjadi berkat bagi orang yang membacanya.


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 33 respon

  1. Saat ini usia pernikahan saya dan istri menginjak 7 thn,kami di karuniai satu putri usia 4 thn..pergumulan keluarga cenderung penyebabnya adalah saya pribadi . Sejak pacaran saya sering menduakan istri hingga kelahiran putri saya usia 2 thn saya masih sering mendua hingga pada akhirnya istri mengetahui,saya juga sering ringan tangan..isteri waktu itu meninggalkan rumah selama 1 bln,anak ditinggal dgn saya…oh betapa terpukulnya saya ..saya pergi kedukun dukun untuk mencari keberadaannya tapi gak ada hasil ,sampai akhirnya saya memutuskan pergi ke gereja untuk berserah…puji Tuhan mukjizat terjadi selang berapa minggu istri menelepon ternyata ada di Bali dan akhirnya saya dan anak menyusul ke Bali pas malam natal 2015 saya dipertemukan dan kami pulang dgn suka cita,.  ..setahun berlalu pergumulan terjadi lagi semua jg karena perempuan dihidup saya,padahal saya benar sudah berserah kepada Tuhan untuk merubah saya,kali ini putri saya sudah TK …tak diduga istri selalu mengingat2 kejadian2 itu..setiap waktu istri mengungkapkan kecewa dan ingin pisah,tapi saya berkomitmen untuk bertahan dan merubah pribadi saya dgn campur tangan Tuhan,tgl 8 oktober 2016 istri keluar rumah tanpa membawa HP dan KTP hingga saat ini belum kembali…dgn peristiwa yang ke dua ini mata hati saya benar2 dicelekkan Tuhan agar saya benar2 bertobat,.sampai detik ini saya benar2 berserah kpd Yesus agar memulihkan keluargaku dan memulihkan luka batin kami…saya percaya YESUS akan segera MEMULIHKAN SEMUA 

  2. Pdt. Berthy Marthyn.R,M.Th,{getsemani ministry}
    Tuesday 22 December 2015, 2:06 pm

    untuk membangun keluarga/rumahn tangga memang tidak mudah:
    tetapi ada beberapa tips yg saya sampaikan kepada saudara2 kaum muda dan yang sudah menikah/berumah tangga.

    1.sebelum menikah kenali pasangan anda sebaik2nya minimal 1 tahun dalam pergaulan dan dlm kebersamaan.sehingga ada hal2 baik dan buruk keduanya sehingga saling mengetahui/memahaminya dengan baik. 2.sama2 hrs mengenal dan takut akan Tuhan dalam kehidupan perkenalan/pertemanan anda.3.harus memiliki mentor/pendeta consulen yg selalu memberikan motivasi,pengajaran iman,shg apa yg dhadapi selalu melibatkan mentor anda.4.bl sdh menikah tetaplah bersama hidup dlm takut akan Tuhan,dan mendasarinya dlm pengenalan Firman Tuhan bersama sampai selamanya.

    {getsemani ministry}

  3. Tuhannnnn,pulihkan keluarga q…..aq ingin kado terindah pada Natal ini.Aq ingin di berikan jiwa yang mengasihi dan mampu mengampuni semua pengkhianatan yang di lakukun suami q.pulihkan keluarga q Tuhan

  4. Setelah saya membaca respon2 dari bro nd sis , sy juga pernah mengalami rumah tangga yg hampir berantakan , krn sy sebagai suami yg tdk berfungsi , tapi berkat tangan TUHAN keluarga sy di pulihkan Kita harus berdoa dgn tdk jemu2 dan senantiasa mencintai TUHAN dari segala yang ada , Tq JESUS

  5. Sungguh kesaksian Anda telah memberkati banyak pembaca situs ini, bahkan jadi pelajaran yang berharga bagi mereka yang sedang bergumul dalam masalah rumah tangga yang hampir sama dengan masalah Anda. Yang saya pelajari dari kesaksian Anda adalah :
    1. Anda mau mengakui kesalahan Anda yang sering menyakiti hati istri dan anak-anak lewat perkataan-perkataan Anda. Tidak mudah bagi seseorang untuk mengakui kesalahannya dan mau bertindak benar untuk memperbaiki kesalahannya itu.
    2. Sebagai seorang suami, Anda mau merendahkan hati Anda untuk menerima kembali istri Anda yang telah berbuat salah. Saya tahu ini tidak mudah bagi seorang laki-laki. Ini akan menjadi pelajaran yang berharga bagi banyak suami yang membaca kesaksian Anda. Jika ingin rumah tangganya dipulihkan, minimal salah satu dari pasutri harus mau merendahkan hatinya menerima pasangannya dengan semua kekurangan / kesalahan yang pernah dibuatnya. Istri Anda pernah berbuat salah sama seperti Anda pun pernah salah. Tidak ada yang sempurna. Anda mengambil keputusan yang benar untuk mengampuni dan menerima dia apa adanya.
    3. Anda mau berserah kepada Tuhan untuk memulihkan rumah tangga Anda artinya Anda membiarkan Dia menyelesaikan masalah Anda dengan caraNya, bukan cara Anda. Dan lihatlah hasilnya. Indah pada waktunya bukan?

    Pujian di atas kiranya tidak membuat Anda besar kepala (he..he..he..), namun semakin merendahkan hati di hadapan Tuhan sebab jika bukan karna Roh Kudus, Anda tidak akan mampu melakukannya bukan?

    Ada banyak keluarga diluar sana baik yang belum percaya maupun yang sudah percaya Yesus, yang membutuhkan pertolongan demi menyelamatkan bahtera rumah tangga mereka. Seringkali pasutri yang sedang dalam masalah tidak dapat berpikir benar apalagi mengambil keputusan dengan tepat dan benar menurut Firman Tuhan apabila keduanya tidak memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan. Hendaklah kita menjadi pasangan yang seimbang dalam rohani kita. Pasutri sama-sama memiliki “passion” yang besar kepada Tuhan. Pasangan yang pincang, apabila hanya satu orang saja yang hidup intim dengan Tuhan sementara yang lainnya tidak merasa perlu untuk bersekutu dengan Dia, akan bisa mengalami masalah yang sama lagi atau masalah lain yang lebih kompleks.
    Namun pasutri yang hidup intim dengan Tuhan akan mampu berpikir dengan baik dan benar, menilai satu masalah dengan benar dan juga mengambil keputusan yang tepat dan benar menurut Firman Tuhan. Istilahnya berpikir waras menurut Tuhan.

    Semoga kesaksian Anda bisa memberkati lebih banyak keluarga diluar sana lewat banyak media-media berbeda lainnya. Tuhan Yesus Memberkati.

  6. mohon bantuan doanya, saat ini pernikahan saya diambang perceraian.
    kami menikah hampir 7 tahun. pada saat saya mengetahui suami saya memiliki WIL kami bertengkar dan suami meninggalkan saya dan berniat menceraikan saya.sakit rasanya diperlakukan tidak adil, selama 6tahun pernikahan kami semua berjalan sangat baik tanpa ada pertengkaran karena saya selalu mengalah.semua terjadi saat suami saya mengenal perempuan di tempat pijat, ada yg bilang suami saya diguna guna,lelah rasanya dan tidak sanggup menanggung semua cobaan ini.

    • Tetap kuat dalam Yesus Maria… “Pencuri hanya datang untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan” {Yohanes 10:10} Iblis datang untuk menghancurkan mahakarya Tuhan yaitu perkawinan, “karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging,tapi melawan pemerintah pemerintah,melawan penguasa penguasa,melawan penghulu penghulu dunia yang gelap ini,melawan toh roh jahat di udara {Efesus6;12} Pasangan perjanjian kita bukan musuh kita dia sedang di sandera iblis untuk melawan Tuhan, kasihilah pasangan kita, ampuni dia dan doakan dia,Tuhan Benci perceraian, Maleakhi 2:16.Berterima kasih pada Tuhan, minta Dia merubah kita seperti yang Tuhan mau dan jadikan Dia nomer1 dalam hidup kita, Serahkan semua ke Tuhan, dia setia dan Dia adalah spesialis dalam pemulihan, Dia mau kasih liat mukjijat nya dalam pemulihan pernikahan.. jangan liat apa yang kelihatan di natural karna Tuhan kita SuperNatural GOD, ALmighty God.. Haleluya, GBU

    • shalom.saudara maria sama persis dengan masalh yg sy hadapi di Ntt ini.sy nikah sdh 9 th puny 2 anak,suami tiba2 mencwraikan sy lancaran ketemu WIL dari tempat pijat plus2,sampai sekarng rasanya hancur hidup kami,sy hanya pasrah kapan saatnya TUHAN berikan sy jalan.tolong bantu kami cari solusi saudara2…

      • Dear Ida,

        Jangan pernah putus asa.
        Kita punya Tuhan yg Hebat dan Maha Kuasa.
        Kita ini sangat berharga di mata Tuhan.
        Tidak satu pun hal terjadi di dalam hidup kita diluar pengetahuan Tuhan .
        Jadi Tuhan tahu penderitaan dan pergumulan kita . Dia beserta kita menjalani pergumulan ini.
        Tangan KananNya menggandeng kita dan memberi kemenangan.
        “Hanya Kepada Tuhan Hatiku Percaya. Sungguh besar kasih Setia Tuhan. Selamanya aku tidak akan Goyah”. Tuhan yang berperang bagi Kita.
        Percaya dan berharap hanya kepada Tuhan saja .
        Tetap semangat dan tunjukkan kepada Anak2 bahwa anda kuat dan selalu bergembiralah bersama anak2. TUhan pasti tolong kita tepat pada waktunya. Pertolongan Tuhan tidak akan terlambat. Tetap Kuat di dalam Tuhan. Tuhan Yesus memberkati . Amin.

  7. Sungguh kesaksian yang luar biasa..Apapun persoalan yang kita gumuli saat ini,entah masalah rumah tangga,masalah ekonomi atau banyak masalah yg lain harus kita serahkan kepada Tuhan .karena Tuhan tau sampai di mana batas kemampuan kita anak – anaknya untuk menghadapi pergumulan dunia.

  8. Memang kalo Tuhan sudah mengijinkan semua itu ga ada yg mustahil n dapat terjadi.Saya ikut senang dengan pemulihan keluarga anda.Saya berharap juga pemulihan akan terjadi ditengah” keluarga saya.Saya baru menikah 2 tahun,dari tahun 2010 lalu,karena keadaan ekonomi mengharuskan suami saya untuk kerja di luar kota,ketambah lagi kami harus mempersiapkan dana untuk kelahiran anak pertama kami.Bulan” pertama segala sesuatunya masih normal,sampai kelahiran anak kami,setelah beberapa bulan kelahiran anak kami,suami saya menghilang entah kemana.Tidak ada kabar n tidak pernah pulang sampai sekarang.Setelah saya cari tau ternyata dia terseret dalam pergaulan yang tidak baik,karena dia secara tidak sengaja bertemu dengan teman smpnya,yang kelnya juga hancur berantakan karena dia punya simpenan dan hidupnya tidak baik.Sampai detik ini pun saya coba komunikasi dengan suami saya melalui facebook untuk merangkul dia kembali dan memberi kesempatan untuknya untuk berubah,dia masih sajah bersikukuh disana.Saya berharap dengan kasih seprti anda dapat merubah n merangkul kembali suami saya kembali ke jalan yang benar,karena saya tau suami saya pada dasarnya adalah orang baik,dia hanya memiliki kepaitan akan masa lalunya terhadap ibunya,sehingga membuat dia mudah terseret pergaulan yang tidak baik.

    Tapi……saya benar” masih bersyukur kepada Bapa Allah kita,sampai saat ini even saya tidak diberi nafkah sekali pun,saya masih bisa bertahan hidup dengan anak saya,segala apa yg kami butuhkan masih dicukupkan.Saya mendapat pekerjaan dengan cepat,padahal saat saya ditinggalkan saya tidak bekerja karena tidak boleh oleh suami.Saya mendapatkan temen” kerja yang baik n selalu menguatkan saya.Biarpun penghasilan saya tidak seberapa,tapi Tuhan kirimkan berkat untuk kami selalu melalui hamba”nya yang telah Dia pilih.Sampai saya bisa mengulangtahunkan anak saya walaupun tidak mewah dengan hasil jerihpayah saya sendiri.

    Saya bener” merasakan penyertaan n pemeliharaan Tuhan yg luar biasa,asalkan kita berada dijalan yang benar n mau berusaha Tuhan tidak pernah diem,Tuhan tidak pernah tidur n tutup mata.Walaupun sulit,saya masih menaruh harapan saya pada Tuhan melalui doa” saya,supaya Tuhan pulihkan keluarga kami dan kembalikan,sadarkan kembali suami saya ditengah” anak n istrinya.Saya percaya ga ada yg susah n ga ada yg mustahil bagi Tuhan,amin…….Karena saya sudah melihat pemulihan sudah terjadi di kel AS,saya yakin itu pun akan terjadi di keluarga saya.

  9. Kunci dari kebahagian dan keutuhan Rumah tangga adalah sebagai suami ataupun istri selalu terbuka terhadap pasangan dan saling menghargai. Dan yang terutama Taat dan setia kepada Kristus sebagai Terang dan Firman yang Hidup.

  10. Shallom… kesaksian yang baik ..campur tangan tuhan yang luar biasa dalam rumahtangga kalian.Puji Tuhan kerana saat anda punyai masalah anda tunduk dikaki Tuhan yang maha mengasihi,mengetahui dan mengampuni.Apapun bebanan yang kita tanggung harus berserah kepada Tuhan.Sifat yang terpuji dan mulia saling mengampuni dalam jiwa kalian kerana ada kasih Yesus dalam hati.Amalkan sifat bertolak ansur,saling menghormati dan Mengasihi serta mengampuni dalam rumahtangga..selainnya kita berserah dan berdoa minta pimpinan Tuhan untuk membentuk rumahtangga yang bahagia di dalam lindungan Kasih Yesus.Setiap rumahtangga punyai masalah tersendiri dan kita sebagai umat yang percaya kepada Yesus sebagai JURUSELAMAT dan Penolong yang sungguh haruslah berserah..suka duka rumahtangga pasti Tuhan campur tangan.Renung bersama dalam EFESUS 5:21-28

  11. biarlah semua kesaksian diatas dapat memberkati setiap orang yang membaca berita yag kita kirim. kuasa Tuhan pasti bekerja dalam tulisan ini untuk memberkati semua bangsa demi kemuliaanya. Mari kta ciptakan dunia yang semakin indah bersama dengan tuhan Yesus. Tuhan Yesus Memberkati.

  12. kesaksian yg sangat membangun kiranya Tuhan Yesusu memakai bpk AS dan keluarga lebih lagi bagi kmuliaan nama Tuhan. Tuhan Yesus memberkati

  13. Kisah Bapak AS mirip sekali dengan kisah perjalanan rumah tangga saya, kebetulan istri saya dari “seberang”. kami telah menikah selama 11 tahun saat menikah dilakukan dengan cara seberang dan kami telah diberkati Tuhan dengan 2 orang putra. karena keegoisan saya, dosa saya yang juga punya “WIL” dan kesalahan saya yang tidak bisa menjadi “imam” dalam rumah tangga ini maka istri saya berpaling ke seorang “PIL”, malah istri sempat menggunakan “jasa-jasa orang pintar” untuk membuat saya berpaling dari Tuhan Yesus, Puji Tuhan Iman kristiani saya tetap teguh. Hingga akhirnya beberapa bulan yang lalu istri tercinta kabur/pergi dari rumah bersama PILnya dan membawa semua barang-barang dan meninggalkan buah hati kami di rumah orang tuanya. Akhirnya anak-anak saya ambil dan tinggal bersama saya. Selama 3 bulan pergumulan terberat dalam hidup saya dan saat itu menurut saya hanya ada dua pilihan dalam menyembuhkan sakit hati saya ini. Pertama jatuh ke dalam dosa (nikmat dunia) atau kedua datang pada kaki Tuhan Yesus meminta pertolongannya. Puji Tuhan atas support keluarga besar pilihan ke dua yang saya ambil, saya datang pada Tuhan Yesus mengakui semua dosa-dosa saya dan dengan air mata berlinang saya meminta pengampunan Tuhan lalu walau berat saya mencoba mengampuni kesalahan istri.Ternyata nasib istri tidak lebih baik diluar sana, banyak hutang dan PIL nya juga ternyata cuma iseng dan karena malu keluarga besarnya turut mengucilkannya. Akhirnya karena rencana Tuhan kami dipertemukan, karena kangen sama anak-anak dia minta bertemu, saya katakan kami akan menemui dia di malam natal di sebuah gereja kecil di pinggir jakarta, saat istri datang kami beribadah bersama. setelah itu kami bertemu dalam ibadah Natal bersama juga, lalu ada pertemuan yang cuma kami berdua saja. Saya katakan sebaiknya dia bertobat dan pertobatannya hanya ada dalam Tuhan Yesus, saya akan memaafkan semua kesalahannya dan menerima dia kembali asal dia mau sungguh-sungguh menerima Tuhan Yesus sebagai Juru penyelamatnya dan meninggalkan semua kehidupan lamanya, Dengan derai air mata dan penyesalan akhirnya dia mau menerima Tuhan Yesus dan pertobatannya menjadi kado natal terindah bagi saya dan anak-anak. Akhirnya oleh Pak Gembala berikan doa pelepasan untuk kehidupan lamanya dan menjadi lahir hidup baru. Kemudian di gereja tersebut pernikahan kami di teguhkan tepat pada saat malam pergantian tahun 2012. Terima kasih Tuhan Yesus engkau baik, Engkau telah memulihkan pernikahan kami dengan bonus yang terindah yaitu istri tercinta mau bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru slamatnya. Untuk itu kami mohon bantuan doa agar hati istri tetap di teguhkan Roh Kudus. Mohon bantuan doanya agar kami sebagai “iman bayi” ini dapat tumbuh terus menjadi “Iman dewasa” dalam perjalanan rumah tangga kami. Mohon doa karena ini baru awal dari “pemikulan salib” kami, doakan kami tetap teguh dan setia mengikuti Tuhan Yesus kristus dan di kuatkan dengan kasih Tuhan dalam pergumulan hidup kami selanjutnya. Terima kasih Bapa, Terima kasih Tuhan Yesus yang baik, terima kasih Roh Kudus. Mujizat itu ada sungguh besar Kuasa Mu….Amin

    • Saya membaca tulisan bapak RMT, saya terus mengeluarkan air mata, karna sya mengingat kesalahan-kesalahan saya yang menghianati istri sya dan pergi dengan WIL, istri dan anak” saya pergi meninggalkan saya dibulan desember ini saya, saya minta pertolongan Tuhan Yesus semoga Kado Natal Terindah di Tahun ini adalah dapat berkumpul kembali bersama-sama dengan keluarga saya…..

  14. saya sangat kagum dgn kesaksian dari keluarga ini yg mampu membuka aib keluarganya dan hal inilah yg perlu bagi kita contohi pengakuan dan keterbukaan satu hal yg paling mendasar dari kehidupan keluarga2 keristen dan memang semuanya ada dan terletak pada suami sebagai kepala rumah tangga dan memang perlu kita mengikuti camp pria sangat membantu utk menyelesaikan permasalahan dlm rumah tangga kita serta kita mau jadikan TUHAN YESUS sebagai nakoda dalam baktera kehidupan kita terima kasih dgn kesaksian ini menguatkan kita semua amien

  15. Ungkapan di Malaysia berkata sedangkan lidah lagi tergigit inikan pula suami isteri. selagi digelar manusia ertinya tidak terkecuali dari masalah. Pengalaman yang saudara lalui sebagai suami isteri adalah perkara normal. Namun sepahit apapun kita rasai selalunya Obat yang paling mujarab selalunya pahit…..Puji Tuhan

  16. Luar biasa! saya sangat di berkati dengan kesaksian anda. dan ini merupakan teladan yang baik bagi semua pasangan yang mau melakukan restitusi, pasti mengalami pembaharuan.

  17. Luar biasa pergumulan yang dialami oleh AS, saat ini saya juga sedang mengalami pergumulan yang sama, setiap malam saya memohon belas kasih Tuhan untuk menyelamatkan bahtera rumah tangga kami. Saya akui saya bukanlah suami yang baik dan benar menurut Tuhan saya juga memohon Tuhan merubah saya sebagai kepala rumah tangga sehingga bisa memberikan contoh dan arahan yang benar bagi istri dan anak saya. Istri saya sudah meminta kami berpisah, namun saya senantiasa memohon Tuhan memberikan saya kebijaksanaan dan kekuatan. Saya percaya ada rencana indah dari Tuhan sehingga kita boleh mengalami persoalan seperti ini, dan rencana Tuhan pasti indah dan tepat pada waktunya…amin.GBU

  18. Kehadiran Tuhan justru lebih terasa ketika kita mau melalui proses hidup ini. Karena proses hidup adalah sarana Tuhan untuk kita lebih menyadari bahwa tanpa TUHAN kita tidak bisa melakukan apa-apa. GBU

  19. saya salut dengan AS…sy skr jg sedang mengalami pergumulan seperti AS…istri sy bersikukuh meminta cerai yg saya tidak tau ap masalahny..sy tdk pernh sekalipun bertindak kasar..malah sy cenderung memanjakan dy..tp mungkin perkataan sy yg sinis dgn dy yg buat dy minta pisah dgn sy..setiap dy sy ajak sharing untuk membicarakan mslh ini,dy selalu menolak..sampai sy bingung ap yg msti sy perbuat..saat ini sy sungguh butuh pertolongan tuhan ap yg mesti sy lakukan untuk pergumulan yg sedang sy hadapi saat ini……amien

  20. Luar biasa……dan dari kesaksian itu hampir sama dengan saya…akan tetapi saya tidak naik tangan terhadap istri saya…dan dia kabur dari rumah tanpa sebab…Segala kesalahan yang hampir sama dengan kesaksian ini saya sudah ungkapkan kepada istri akan tetapi hatinya yang keras dan mengikuti keinginan dagingnya yang mengalahkan akal sehat..dan berpaling pada PILnya serta segala upaya persuasif hukum,pemerintah dan keluarga tidak hasil sama sekali..Dan dukungan doanya agar Istri saya yang sudah meninggalkan kewajibannya selama hampir 2 tahun bisa kembali dan mau mendengar apa yang dimau oleh Tuhan Yesus…Dan menjaga Putra dna putri kami yang masih kecil 4 dan 2 Tahun.

  21. Sangat mengagumkan campur tangan TUHAN dalam hidup kita. AS dan Tono Lauwda, saya merasa salut dan terharu dengan ketulusan hati anda untuk memaafkan, teruslah berdoa agar TUHAN memulihkan keluarga anda seperti sediakala, karena tak ada yang mustahil bagi TUHAN, waktu TUHAN akan datang untuk orang-orang yang pasrah dan berharap kepadaNYA saja. GBU

  22. sangat luar biasa pekerjaan Tuhan yang menerobosi kehidupan anak2nya saya sangat di berkati dan dikuatkan dengan kesaksian AS..saya masih belum khawin tetapi kesaksian2 seperti ini pasti menjadi satu peringatan kepada saya agar bisa menjadi peribadi yang boleh membangun sebuah insitusi keluaga akan datang.. sangat menyentuh hati saya disini adalah tentang pengampunan,bukan mudah untuk melakukannya tetapi pekerjaan Tuhan dalam kehidupan membuktikan sentiasa ada penyelesaian yang terbaik bagi mereka yang mengandalkan Tuhan..mengampuni membebaskan kita dari banyak tekanan dan memberi sinar yang baru untuk meneruskan kehidupan..Jesus is the best leader!!! semuanya terjadi luar biasa kerana kasih Tuhan..halleluyah!!!
    Tono Lauwda-Tuhanlah kekuatan kita..Dia tidak pernah berhenti bekerja..terus hidup tabah dan biarkan Tuhan campur tangan dalam hidup kita..Tuhan memberkati!!!

  23. Luar biasa! benar-benar kasih Bapa udah ada didalam hati AS. Rumah tangganya pasti diberkati Tuhan.

  24. Nice sharing…. saya tidak pernah terfikir bahawa ada sang suami yang bisa memaafkan seorang isteri yang berlaku curang namun tiada yang mustahil bagi DIA… Tuhan selalu hadir saat kita sudah semakin hancur Dia yang pulihkan… Saya kondisi kita sudah 50/50… dia yang perbetulkan menjadi lebih dari yang kita harapkan… Allah yang sungguh dahsyat & Luar biasa…

  25. Luar biasa .

    Anda bisa melewati badai rumah tangga anda . Apa sampai hari anda masih bersama istri anda ?

    Sekarang ini saya sedang menghadapi pergumulan yang mirip dengan anda ,
    Usia pernikahan kami 16 tahun .,

    Dan istri saya pun menghianati saya , saya juga tahu , saya juga bukan suami yang sempurna , Saya terlalu mau enak sendiri .

    Pertama kali saya maafkan dan saya kembali pada istri saya .
    sejak itu saya berubah , saya menerima Yesus Sebagai juruselamatsaya , saya terus bergumul dengan Bapa . Saya kegereja seminggu lebih dari 2 kali .

    Semua teman teman saya bilang saya jadi berubah . dan mereka melihat perubahan yang positif di diri saya .

    TApi kejadian itu terulang kembali , istri saya yang berjanji akan melupakan pria itu , ternyata masih terus menjalin hubungan dengan pria itu .

    Dan istri saya tetap menyalahkan saya . bahwa saya tidak sebaik pria itu .
    kejadian pertama hingga hari ini belum setahun . Perubahan yang terjadi dalam diri itu , kerena kerja Bapa , perlu proses dan gak semudah membalik telapak tangan .

    Istri berkata , dia minta maaf karena tidak bisa jadi istri yag baik , dan istri saya memutuskan pisah dengan damai sama saya .

    Istri saya belum menerima Yesus sebagai juru selamatnya . ( beda agama )

    Sebenarnya , Bapa telah meminta saya menjadi terang buat dia . tapi saya gagal.

    Saat ini saya pisah dengan istri saya .

    Saya sedih ,16 tahun membina rumah tangga , dengan 3 orang buah hati , harus porak poranda . tapi saya tetap bersyukur.
    KArena apapun yang terjadi , saya yakin , saya percaya , Bapa turut bekerja di dalamnya ,
    dan akan indah pada akhirnya .

    Tuhan Berkati

  26. Jalan kehidupan saya hampir sama dengan anda, dimana suami saya sering memaki-maki dan mengeluarkan kata2 yg menyakitan hati dan membuat saya dan anak2 merasa tak berharga. Sampai akhirnya saya memiliki figur lain yang saya harapkan (PIL). Tetapi akhirnya saya menyadari seiring dengan perubahan sikap suami saya yg menjadi baik, dan saya memutuskan hubungan dengan PIL tersebut. Dan saya benar2 sdh mohon ampun kepada Tuhan atas segala kesalahan saya. Tapi sampai saat ini saya belum berani mengakui kesalahan saya kepada suami saya, sehingga membuat saya sering merasa bersalah (walaupun saya tidak melakukan kesalahan). Saya ingin mengikut sertakan suami saya dalam camp pria, tapi dia tidak mau.

  27. Istri anda baik karena mau trebuka dan itu tanda bahwa dia berserah kepada Tuhan apapun yang terjadi nantinya.mukin sebelum mengaku di terlebih dahulu berdoa untuk di beri kekutan untuk bilang yang sebenarnya…dan anda suami yang luar biasa karena anda tidak melihat keslahan istri anda sebagai suatu malapetaka karena anda telah di ubah untuk lebih dekat lagi pada Tuhan jadi Tuhan beri kekuatan kepada anda….Tuhan memang dahsyat..GBU all

  28. Hanya Yesus yang sanggup memulihkan setiap pernikahan yang bermasalah. Hanya Yesus yang sanggup mengikat kembali rumah tangga yang telah rusak.
    Mari kita jadikan Yesus sebagai pemimpin di dalam rumah tangga/pernikahan kita, sehingga berkat-berkat yang telah Dia sediakan dapat tercurah bagi kehidupan dan keluarga kita. God bless us.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: