Pelita Hidup
“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan...

meraih-rancangan-damai-sejahtera-yang-tuhan-sediakanSebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. ” Yeremia 29:11

Tuhan selalu menetapkan rancangan damai sejahtera bagi setiap umatNya yang mau datang padaNya. Dia senantiasa memberikan yang terbaik bagi kita sebagai umatNya. Yang menjadi masalah bagi sebagian orang adalah mereka belum mengerti bagaimana meraih janji yang telah disediakan tersebut.

Kenapa harus diraih? Karena Tuhan memberikan kehendak bebas bagi manusia untuk memilih jalan yang akan ditempuhnya, apakah jalan kebenaran atau sebaliknya. Tentunya jika kita memilih jalan yang sudah Tuhan sediakan, maka setiap janji-janjiNya akan berlaku bagi kita semua.

Apa yang harus dilakukan untuk meraih janji rancangan damai sejahtera dan meraih masa depan yang penuh harapan tersebut?

1. Berseru dan Berdoa

Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu” Yer 29:12

Mungkin kita harus mencoba bertanya kepada diri kita sendiri: “Kapan terakhir kali kita berdoa?” “Seberapa banyak kita berdoa dalam satu hari?”
Berdoa bukanlah merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Doa merupakan komunikasi dua arah yang kita lakukan kepada Tuhan. Oleh karena Dia adalah Bapa kita, maka sudah selayaknyalah kita berdoa sebagaimana kita melakukan komunikasi dengan orang tua (jasmani) kita.

Kita tidak perlu takut untuk mengungkapkan isi hati kita kepada Tuhan. Bahkan tidak perlu dengan kata-kata yang bagus atau diatur-atur, karena Tuhan melihat ketulusan hati kita.

Firman Tuhan bahkan mengatakan kepada kita untuk berseru kepadaNya. Berseru merupakan suatu tindakan atau ungkapan yang mengerahkan sekuat tenaga/upaya kita untuk mengeluarkan isi hati/pikiran kita.

Oleh karena itu, marilah kita dengan penuh keberanian berseru dan berdoa kepadaNya, sehingga kita dapat melihat karya Tuhan dinyatakan dalam kehidupan kita, rancangan damai sejahtera digenapi bagi kita.

Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” Ibr 4:16

.

2. Cari Wajah Tuhan

Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati” Yer 29:13

Masalah demi masalah selalu datang kepada kita, mulai dari masalah yang ringan hingga masalah yang sangat berat. Dengan datangnya masalah-masalah tersebut, seringkali kita mencoba untuk menyelesaikan semuanya dengan kekuatan dan kemampuan kita sendiri. Dan tidak jarang kita menemui jalan buntu atas masalah yang kita hadapi.

Satu-satunya jalan keluar bagi setiap masalah kita adalah dengan datang kepadaNya, mencari wajahNya. Yesus adalah jawaban bagi setiap masalah kita. Tidak ada pribadi lain yang dapat memberikan jalan keluar terbaik selain Yesus. Dan ketika kita datang mencari wajahNya, maka Dia akan menyatakan diriNya kepada kita. Dia akan memberikan ketenangan, damai sejahtera, sukacita, kekuatan baru, pemulihan dan hikmat yang baru untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Dia akan memberikan kita kemampuan yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya sehingga kita sanggup melalui masalah yang kita hadapi dan mendapatkan jalan keluar atas masalah tersebut.

Tuhan tidak pernah menyembunyikan diriNya terhadap kita. Ketika kita menanggalkan segala yang tidak berkenan kepadaNya (Yes 59:1-2), dan kita datang mencari wajahNya dengan penuh ketulusan, maka Dia pasti akan menyatakan diriNya bagi kita.

.

Dan janji pemulihan bagi kita akan digenapi oleh Tuhan jika kita setia datang mencari wajahNya, kita setia berada di dalam hadiratNya. Masa depan yang penuh harapan dan rancangan damai sejahtera telah disediakan bagi kita semua yang taat dan setia kepadaNya. Haleluya!

Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu.” Yer 29:14

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • jhon parulian aritonang

    April 4, 2012 #1 Author

    Terima kasih atas firman uhan, yg senantiasa memperbaharui kehidupan saya untuk lebih lagi masuk dalam rencana Tuhan.
    JBU.

    Reply

  • MUSTIKAWATI BUNTORO

    November 3, 2011 #2 Author

    Hidup memang sebuah perjuangan,sukses didalam TUHAN ,harus diusahakan ,diraih BERSAMANYA ,HASILNYA PASTI HIDUP YG BERKEMENANGAN ,meski kita terbatas ,PUJI TUHAN .

    Reply

  • arry

    April 2, 2011 #3 Author

    RancanganNya pasti digenapi, yakin itu!!!

    Reply

  • ino

    July 10, 2010 #4 Author

    “Sekarang br sy sadar bgmn Tuhan bekerja dlm hidup sy, trima kasih Bapa, atas rancanganmu dlm hdp sy.”

    Reply

  • Di Qi

    April 6, 2010 #5 Author

    kok rasanya damai itu hanya kata-kata indah

    Reply

  • Daniel

    December 10, 2009 #6 Author

    Damai tidak senantiasa menunjuk pada hal-hal yang menyenangkan. Di tengah situasi yang sulit sekalipun kita bisa merasakan damai sejahtera-Nya karena kita tahu bahwa hal yang tidak enak itu pun Allah bisa pakai untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. 

    Reply

  • Maria

    November 28, 2009 #7 Author

    Suamiku sayang …………….. seandainya engkau membaca kesaksian ini, maka aku bisa berharap kehidupan keluarga kita lebih harmonis seperti yang aku inginkan …. amin, GBU

    Reply

  • Lydia

    October 30, 2009 #8 Author

    Puji Tuhan..
    TUHAN TERLALU SANGAT LUAR BIASA TAHU DAN MENGERTI APA YANG TERBAIK BUAT HIDUP KITA.
    TUHAN BERKATI

    Reply

  • HERDI

    October 22, 2009 #9 Author

    tx buat renunganya,1 tahun ini aq telah brgumul dng masalah yg tidak henti2 nya menimpaku dn keluargaku sampai saat ini…trkadang aq merasa lelah dngan smua ìni dan terkadang aq merasa kalo Tuhan itu jauh sekali sehingga tidak dpt mendngar doaku lagi,atau aq udah begitu tak berharga bagiNya shingga penderitaanqu tak ada henti2nya…..tlng doakan saya pak,agar tetap kuat di dlm Dia dan firmanNya….tx SYALOOM….

    Reply

  • lidia

    October 22, 2009 #10 Author

    Rancangan Tuhan itu adalah rancangan Damai Sejahtera dan aku Aminkan itu didalam kehidupan baik susah ataupun senang.
    Aku sadari bahwa Tuhan sangat sayang umatNya menurut kehendakNya. Yang nantinya kita akan mengerti maksud dan tujuan Tuhan dalam kehidupan disaat dan diwaktu yang tepat.
    Dan kadang kala kita pengen memberontak kepada Tuhan terhadap apa yang baru kita alami, kita seakan2 menyalahkan Tuhan. Tetapi suatu saat kita pasti akan menyesal dgn apa yg telah kita perbuat yang sudah menyakiti hati Tuhan.
    Jangan pernah menyesali sesuatu yang telah terjadi.. melainkan syukuri itu semua. Sebab apa yang telah Tuhan perbuat itu adalah baik adanya dan selalu indah pada waktuNya. Amin

    Reply

  • Hedmon Tampubolon

    October 20, 2009 #11 Author

    Terimakasih pak Riva.
    Semoga doa-doa dan dukungan yang diberikan dapat dihayati oleh adik saya.
    Tuhan juga menyertai semua umat-Nya dimanapun berada.

    Shalom.GBU

    Reply

  • Riva Sinjal

    October 17, 2009 #12 Author

    Shalom P’ Hedmon,
    Kami berdoa agar Tuhan senantiasa mencurahkan penghiburan, kekuatan dan sukacita yang baru bagi adik bpk. Dan supaya Tuhan menyingkapkan segala rencanaNya bagi kehidupannya & keluarganya.
    Dan Tuhan tidak akan memberikan pencobaan kepada manusia melampaui kekuatannya, tetapi Dia akan memberikan jalan keluar sehingga kita dapat melaluinya bersama Yesus.
    GBU

    Reply

  • Hedmon Tampubolon

    October 16, 2009 #13 Author

    Kadang2 tidak semudah membalikkan telapak tangan…untuk mengerti hal diatas. Adik perempuan saya baru kehilangan suaminya akibat gempa di Padang tgl 30 Sept 2009 lalu masih dalam umur yang muda dengan 2 org anak umur 3 th dan 1 th, sampai sekarang dia masih sulit utk menerima dan mengerti kejadian tsb. Apalagi bila dihubungkan dengan ayat diatas. Mohon dukungan doa dan bantuan dalam memberi kekuatan pada adik saya…Syalom.

    Reply

  • Ev. Kawi Armiyasa,SE.MA

    October 10, 2009 #14 Author

    Terima kasih Tuhan Yesus, Engkau Bapa yang sangat baik, yang sudah menyediakan hidangan bagiku hari ini, Terpujilah Engkau Bapa.

    Rekan-rekan sepelayanan dalam Tuhan, tetap setia setia melayani Dia. Allah kita tidak akan pernah meninggalkan kita seorang diri. Halelluya.

    Reply

  • cholas manurung

    August 10, 2009 #15 Author

    rencana Tuhan selalu tepat pd wktunya…puji Tuhan…

    Reply

  • Onal

    August 9, 2009 #16 Author

    Sudah kubuktikan.. Rancangan-Nya luar biasa..(“,)

    Reply

  • tata

    July 31, 2009 #17 Author

    masa depan ada di tangan Tuhan,puji Tuhan! rancangannya terbaik bagi kita.Gbu

    Reply

  • wati

    July 22, 2009 #18 Author

    Puji Tuhan, begitu besar Kasih Allah pada hidup kita semua…Haleluya

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *