Pelita Hidup Jangkau Dunia

3 Rahasia Untuk Terlepas Dari Belenggu Masalah

3-rahasia-untuk-terlepas-dari-belenggu-masalahAkan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua ” Kisah Para Rasul 16:26

Filipi, suatu kota di daerah Makedonia, merupakan salah satu tujuan Rasul Paulus dan rekannya Silas dalam pelayanan misi mereka. Seperti halnya di tempat lain, di kota ini Paulus juga mendapat tentangan dari orang-orang yang tidak suka akan pemberitaan injil. Bahkan mereka ditangkap dan didera, kemudian dimasukkan ke dalam penjara.

Setelah mereka berkali-kali didera, mereka dilemparkan ke dalam penjara. Kepala penjara diperintahkan untuk menjaga mereka dengan sungguh-sungguh. Sesuai dengan perintah itu, kepala penjara memasukkan mereka ke ruang penjara yang paling tengah dan membelenggu kaki mereka dalam pasungan yang kuat.” Kis 16:23-24
*courtesy of PelitaHidup.com
Keadaan ini tidak mempengaruhi semangat Paulus dalam mengikut Yesus ataupun memberitakan injil. Bahkan kita akan melihat bahwa belenggu maupun penjara tidak dapat membungkam dan menghalangi pelayanan mereka.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali belenggu dosa maupun masalah yang mengikat kehidupan kita. Bahkan hidup kita seperti terpenjara, sehingga kita merasa bahwa kita tidak sanggup lagi berbuat apa-apa. Pengharapan hilang ditelan oleh keadaan maupun kondisi yang dialami.

Pekerjaan yang tidak menentu, orang-orang di sekeliling yang membenci kita, keuangan yang selalu berkekurangan, rumah tangga maupun keluarga yang selalu bermasalah, teman pelayanan yang juga selalu bertentangan dengan kita; semuanya itu yang selalu kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi keadaan ataupun masalah yang terjadi tidak boleh menghalangi kita untuk tetap setia di dalam Tuhan. Jangan sampai kondisi tersebut justru membelenggu bahkan memenjarakan hidup kita sehingga kita tidak dapat berbuat maksimal bagi kemuliaan nama Tuhan.



Berikut rahasia dari Rasul Paulus sehingga dia dapat terlepas dari belenggu dan penjara:

1. Doa dan Puji-pujian

*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.” Kis 16:25

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Penjara tidak membuat Paulus dan Silas bersedih, muram, menangis, putus asa ataupun stres.Tetapi mereka justru menaikkan doa dan puji-pujian kepada Allah. Dipenjara ataupun tidak, tidak menjadi alasan bagi Paulus untuk berhenti berdoa atau memuji Tuhan. Dalam segala keadaan dia tetapi bersyukur kepada Allah, baik dalam keadaan senang maupun susah.
*courtesy of PelitaHidup.com
Puji-pujian yang dinaikkan akan membawa kekuatan bagi hidup kita. Terlebih lagi jika kita berada dalam suatu masalah. Ada kuasa di dalam puji-pujian. Tuhan bertahta di atas puji-pujian kita (Maz 22:4).

Bahkan lewat doa dan puji-pujian, kita akan terlepas dari belenggu dan penjara yang mengurung hidup kita.

Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua. ” Kis 16:26

.

2. Mempererat Hubungan dengan Tuhan

Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.” Fil 3:10-11

Penderitaan yang dialami Paulus tidak membuat dirinya berhenti untuk mengenal Tuhan. Setiap derita dan aniaya yang dialaminya membuat Paulus lebih mengenal Allahnya. Paulus tahu bahwa pengenalan akan Tuhan merupakan suatu hal yang melebihi segalanya. Dan pengenalan akan Tuhan merupakan suatu harta yang begitu berharga yang jauh lebih bernilai dibandingkan segala apapun yang ada di dunia ini.
*courtesy of PelitaHidup.com
Oleh sebab itu, penjara tidak membuat Paulus bersedih, karena dia tahu bahwa dia memiliki sesuatu yang sangat berharga dalam dirinya. Dan Paulus tidak mau melepaskan hal itu, bahkan dia ingin lebih lagi mengenal Kristus agar dia dapat memperoleh mahkota yang sudah disiapkan baginya.

Masalah maupun pencobaan diijinkan Tuhan bagi hidup kita agar kita dapat lebih mengenal dan mendekat kepada Tuhan. Sakit penyakit, kebangkrutan, kegagalan dan bahkan pergumulan bertahun-tahun terjadi dalam hidup kita agar kita dapat lebih lagi mempererat hubungan kita dengan Tuhan. 

Dan ketika kita semakin intim lagi dengan Dia, maka tidak ada yang dapat menghalangi dan membelenggu semangat hidup kita, oleh karena sesuatu yang berharga telah menjadi bagian dalam hidup kita. Dan kita tahu pasti bahwa setiap janjiNya akan digenapi dalam hidup kita.

Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi. Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya. ” Maz 73:25-26

.

3. Berpikir Positif

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” Fil 4:8

Aniaya dan penjara bisa saja membuat Paulus merasa putus asa. Dia bisa saja kecewa dan protes kepada Tuhan. Dan sebagai manusia, dia juga bisa saja mengeluh dan bersungut-sungut. Tetapi yang kita lihat justru segala sesuatu yang positif keluar dari mulutnya. Dia tahu bahwa pikiran yang positif akan membawa dia kepada kemenangan.
*courtesy of PelitaHidup.com
Ketika bangsa Israel berada di padang gurun untuk menuju ke tanah perjanjian, banyak dari mereka yang bersungut-sungut atas keadaan yang mereka alami. Sebagian dari bangsa Israel yang bersungut-sungut ini tidak dapat masuk ke dalam tanah perjanjian (Bil 14:27-30).

Ketika kita berpikiran negatif, menggerutu, mengomel dan mengeluh, maka kita sedang melepaskan berkat yang sebenarnya sudah menjadi bagian kita. Marilah kita senantiasa berpikiran positif dalam keadaan seburuk apapun yang kita alami. Dengan demikian maka berkat Tuhan akan mengalir bagi kita. Masalah maupun pencobaan apapun tidak dapat membelenggu hidup kita yang senantiasa berpikiran positif. Kita akan terus melangkah maju meraih kemenangan demi kemenangan.

.

.

Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.” Fil 4:9

Rasul Paulus memberikan teladan yang begitu berharga bagi kita semua. Dia melakukan segala kehendak Bapa di surga dalam setiap langkah hidupnya. Penjara dan aniaya tidak dapat membelenggu hidupnya. Bahkan ketika dia tetap menjaga hidupnya murni di hadapan Tuhan, nama Tuhan semakin dimuliakan.

Demikian juga kita sebagai umat Tuhan, kita harus tetap menjaga hati kita di hadapan Tuhan. Ketiga rahasia di atas akan membawa kita untuk terlepas dari masalah apapun yang membelenggu kehidupan kita. Haleluya!


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 35 respon

  1. Tatkala terkena masalah kita merasa Tuhan demikian jauh….Ketika ingin mendekat kepada Tuhan justru timbul “godaan” mungkinkah Tuhan mendengar saya, masalah saya mungkin tak berarti bagiNya. Kata-kata masih untung….saya masih begini membuat malas berdoa, lebih menggerutu kenapa kondisi ku seperti ini seolah kondisi ini sudah takdir dari sononya. Padahal kita belum tahu apa rencana Tuhan bagi kita. Lebih senang dengan status quo walaupun sambil menggerutu, seolah Tuhan tak bisa sediakan jalan keluar karena kita menengk kanan dan kiri. Tuhan berikan aku iman sebesar biji sesawi saja maka aku akan memindahkan gunung.

  2. Buat aku selalu bersandar pada Mu Tuhan Yesus. 

  3. ampuni aku Tuhan…..

  4. amin,trims ya buat renungannya,semakin menguatkan iman percaya.GBU

  5. banyak masalah yang kita hadapi,baik dirumah, ditempat kerja, selisih paham dengan teman-teman, merupakan dinamika kehidupan sesehari, terkadang orang merasa ” bisa ” akhirnya meremehkan teman, menjatuhkan teman dsbnya banyak sekali yang saya alami seperti diatas, semoga Tuhan menguatkan iman saya lewat firman ini supaya tabah dalam menghadapinya. Amin

  6. Kuatkan aku Tuhan dan ingatkan aku sll bhw penderitaanku tidak seberat penderitaan Rasul Paulus.kan ku jalani hari ini dan esok dengan penuh pengharapan bersamamu Tuhan. Aku yakin dan percaya bahwa aku nggak berjalan sendiri karena ada Engkau yg senantiasa mengiringi langkahku.Thanks God

  7. kuterima berkat renungan ini untuk memberkati orang lain….JBU

  8. thnkx 4 the article..
    apa yg ada dlm article nie mmg seprti yg sy alami ketika ini..
    berbgai mslh yg timbul,dan sukar untk mncari jln pnyelesaian..
    tp skrng sy tahu jln pnyelesaiannya cuma satu..datang kepada “BAPA YG DSORGA”
    Amen….

  9. belenggu adalah ikatan dari setan, kalo kita dah dibelenggu oleh setan, maka hidup kita sulit berjalan…. siapa yang memelihara belenggu setan…??

  10. Ada banyak masalah dalam hidup ini tapi syukur Tuhan Yesus telah menopang dan memberi kemampuan untuk menyelesaikan bahkan bertahan dalam kesukaran…Paulus tetap semangat walau banyak masalah tentu karena Paulus kenal siapa yang dia sembah. Saya sangat belajar dari Paulus yang sangat luar biasa ini…Biarlah jadi pendorong untuk hidup semangat dan penuh pengaharapan walau banyak kesulitan. Berdoa dan pujian, intim dengan Tuhan dan berpikir positif atau berpengharapan….Amin

  11. MUSTIKAWATI BUNTORO
    Tuesday 22 November 2011, 4:24 pm

    Kita udah akan menutup tahun ini ,belajar dari Rasul Paulus,tahun ini tahun yg penuh sukacita ,meski ada tawa ,tangis ,melalui doa ,pujian kita [saya],usaha positive thinking,jatuh bangun ,berhasil ,gagal ,yg pasti ,saya akan meninggalkan tahun ini dan memasuki tahun baru ,SELALU BERSAMA TUHAN YESUS,thanks GOD .

  12. Tuhan itu baik sekali, walaupun kita sudah melakukan dosa tetapi Dia mengampuni kita walaupun prosesnya harus melalui ujian dan pencobaan yang tentunya sangat tidak kita ingini, namun itu semua adalah untuk kebaikan kita , jadi percayalah Dia adalah Allah yang m

  13. Syukur kerana kita telah dipilih Tuhan untuk menjadi anaknya yang percaya kepadanya..Bukan kita yang memilih Tuhan melainkan Ia yang telah memilih kita semua..Semoga anak-anak Tuhan menjadi saluran berkat bagi orang lain, dimana pun mereka berada…Tuhan kita, Allah yang hidup.

  14. Kuatkanlah saya Tuhan dalam menghadapi segala permasalahan hidup saya Tuhan, semoga dengan dikuatkannya saya, hidup saya dapat menjadi lebih baik dan lebih berkenan di hadapan Tuhan, semoga semua umat-MU yang sedang mengalami pergumulan dalam hidupnya dapat dipulihkan oleh kuasa-Mu dan belas kasih-Mu. Amen.

  15. Tetap andalkan Tuhan dalam sgala hal.Tetap berseru kepadaNya meskipun sedang mengalami masalah yang berat.Sebab rencana Tuhan indah pada setiap UmatNya.Tuhan Yesus Memberkat

  16. bukan komentar tapi semua yang ku baca, yang kudenganar, yang kulihat mohon doanya supaya saya lebih bijaksana sebagai ibu terlebih boleh menghadapi masalah utang-utang yang saya alami akibat kebangruktan perusahaan saya, jika belh mohon bantuanya..

  17. Shallom..
    terima kasih kerana menulis artikel ini.. sungguhnya, kini aku sudah tidak bersusah hati dan bersunggut apa yang aku hadapi sekarang. Ku yakin semua apa yang terjadi pastinya terbaik buat diri ku.Sesungguhnya Tuhan Yesus Kristus itu, maha Adil dan Penyayang.. Ya Tuhan, aku hambaMu yg telah kian jauh dari Mu..diriku di selaputi dgn kekotoran dan dosa. Aku malu!! aku malu bkn dgn sesama ku tapi aku malu dgn mu Ya Tuhan..kerna ikutkan nafsu duniawi, aku jatuh.. Ya TUhan,pimpin aku , bantu aku..! aku ingin selalu dkt dgn MU !! ku ingin jauh dri tarikan duniawi.. kuatkan aku Ya Tuhan.. Tolong aku Ya TUhan.. Aku betul-beyul mahu berubah.. :'( sentuh hati ku ya Tuhan..

  18. Tuhan Yesus , lepaskan lah setiap belenggu-belenggu yang menjadi beban bangsa kami , berkati bangsa kami ya Tuhan ,seperti Engkau memberkati bangsa-bangsa lainnya dan nama MU di permuliakan ,Aminnnnn

  19. Terpujilah Tuhan semesta alam..seperti kuasa Tuhan terhadap Paulus..semua belenggu bisa dilewati.mari kita buktikan dlm kehidupan kita.Tuhan Yesus Menyertai kita.AMIN.

  20. Tuhan… aku Percaya…
    Tuhan pasti buka jalan untuk segala belenggu masalah yang keluargaku hadapi saat ini.
    Berkerjalah pada kami Tuhan…
    karena hanya Engkau yang dapat memampukan kami lewati semua ini.
    Tuhan Masa Kuasa, Tuhan Maha Pengampun, Tuhan Maha Baik…
    Kan akan kami dibiarkan sendiri dalam pergumulan ini…
    BagiMu Tuhan segala Pujian, hormat serta syukur slama-lamanya…

  21. Saya senang dgn artikel ini, membantu menguatkan dan meyakinkan saya bahwa Tuhan ada bersama saya dan tidak sedetikpun Ia meninggalkan saya. Trimakasih Tuhan..saya sudah putus asa dan merasa tidak berguna, tetapi Tuhan menguatkan saya sehingga saya dapat menghadapi masalah didepan saya.Sungguh, tidak ada yang mustahi bagiNya dan jalanNya benar2 tidak terselami…

  22. Puji Tuhan saya dpt membaca renungan ini, rasa bimbang ,hilang pengharapan,merasa dikucilkan semua itu pernah saya rasakan dan alami dalam pergumulan saya, tetapi semakin saya memikirkan masalah semakin saya tersiksa.Bukan solusi yang saya dapt tetapi justru semakin saya tambah kalut. Pada saat seperti itu hanya satu yang bisa menolong saya yaitu Yesus Kristus. Janji-janjinya takkan berubah dan akan terjadi dalam kehidupan saya. Bila ada masalah hadapi! dan jangan pernah lari! GBU

  23. thk’ buat renunganya,sy prcy tuhan ijinkan semua yg terjadi atas kita,supaya kita mkn dekat&berseru kpdnya,karna justu dlm kelemahan kitalah kuasa allah menjadi nyata

  24. Tuhan….hidupku sudah sangat kotor sekali..aku jijik dengan kehidupanku ini…
    menjadi seorang anak yang pembangkang terhadap orangtua, berbohong terhadap orang banyak, bersikap seolah olah adalah anak baik dan suci, membuat aku semakin jauh dan semakin tidak mengenal mu Tuhan…
    Ingin ku kembali tapi aku selalu takut akankah Tuhan mau menerima ku kembali?
    Tolong lah aku Tuhan…….aku sudah lelah berjalan di jalan yang tidak benar ini, ajari aku Tuhan untuk mengingat Mu setiap hari….
    Aku butuh pertolongan Mu Tuhan…

  25. pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat, justru lewat masalah yang ada Dia ingin menyatakan kuasaNya karena tanpa masalah yang ada Kuasa Tuhan kita tidak akan keliatan contoh : jika pada saat musa keluar dari mesir dan tiba ditepi laut dan jika firaun tidak mengejarnya lewat tentara yang begitu besar maka laut tidak akan terbelah kenapa karena mungkin musa akan berjalan ditepi laut dan tidak akan menyeberang laut yang terbelah sebab musa / bangsa isreal tidak akan terjepit diantara laut dan pasuka firaun.

    Justru lewat masalah itu kemuliaan Tuhan dinyatakan sampai saat ini.

    Jadi bagi kaum yang seimam pesan saya, jangan mudah menyerah dan tetap berharap pada Tuhan dan yakinlah bahwa pertolongan Tuhan tidak mungkin akan terlambat dan selalu tepat waktu, Amin.

  26. hiduplah takut akan Tuhan karna Dia Allah yang sungguh dahsyat dan ajaib bagi kita , tetap pelihara kasih karunia yang Tuhan kita bri supaya pada saat Dia dtg menjemput kita Dia mendapati iman kita di bumi. amin

  27. Tuhan,kira engkau senantiasa menerangi jalan hamba mu ini dalam kegelapan,kuatkan hambamu ini dalam setiap msalah yang hambamu inh hadapi,buat hambamu ini tetap teguh bersamaMU..Amin

  28. ubahlah hidup kami dan mohon pengampunan akan segala dosa2 kami terhadapMu Ya Tuhan dan berkati untuk usaha serta sehat2kan kami sekeluarga

  29. Shalom Frans,
    Kuasa Darah Yesus telah tercurah di atas kayu salib utk menebus dosa setiap umat manusia.
    Dengan datang padaNya dan mengaku segala dosa2 kita, maka Dia yang taat dan setia akan menyucikan dan menguduskan hidup kita.
    Percayalah bahwa kuasaNya akan memampukan Frans untuk berjalan dalam kebenaran FirmanNya. Tetap datang padaNya dan perkuat hubungan dengan Tuhan, maka Dia yang akan menolong kehidupan Frans dari segala kesesakan.
    Tuhan menyertai Frans senantiasa…

  30. tuhan….. andai aku masih layak di hadapan mu dan boleh memohon kpd mu aku mau minta: ubah lah hidup ku dan jangan biarkan aku berjalan dalam kegelapan terus menerus,,,… aku lelah TUHAN…. aku pengen berubah tp aku tak tau harus bagai mana dan berbuat apa… engkau maha tau dan engKAU pasti mengerti apa yang aku rasakan saat ini……. bantu aku bapa… lepaskan aku TUHAN……

  31. Tuhan YESUS memang luar biasa,ketika aku sakit dan menderita hatiku tetap ingin memuji Dia dan mengagungkaNya.Dialah gembala yang baik yang selulu menuntunku dan membimbingku dan memberikan segala sesuatu yang terbaik bagiku,Dia tak pernah sekali-kalipun meninggalkan domba-dombaNya.bahkan selalu menyediakan makanan dihadapan lawanku dan menyegarkan jiwaku.

  32. Tuhanlah yang Maha tau seluruh keberadaan kita baik buruk pun Tuhan tau…. kita telanjang dihadapan-Nya…..selidikilah Hatiku Tuhan Lihatlah Hatiku Tuhan…………sungguhpun ku hanya inigin sllu bersama-Mu..

  33. Tuhan adalah segala-galanya dalam hidup kita, dimanapun kita berada,bagaimanapun keadaan kita, Tuhan selalu ada untuk kita, Tuhan selalu setia kepada kita yg walaupun kita selalu melupakanNya.
    Dalam hal ini Tuhan selalu bertindak dan mnenyelesaikan masalah kita.
    Karena kita adalah anakNya Tuhan tahu dan mengerti apa yg anak-Nya perlukan.
    sekalipun oarang tua, ibu-bapa, kakak-adik, dan saudara meninggalkan kita, tetapi ada satu yang paling setia menunggu dan menolong dan menemani kita yaitu “Yesus Kristus” Tuhan kita yang hidup

  34. saya snang akan artikel ini.dmana mmbangktkan sya dr ketrpurukan iman.mslah mmbuat sya jauh dr Tuhan.dan mngangp mslh itu bsar.skrng sya bngkt dan sllu sukacita ats mslh yg sya hdpin.thx bngt y

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: