Pelita Hidup Jangkau Dunia

Janji Setia Tuhan

janji-setia-tuhanAllah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?” Bilangan 23:19

Kata-kata diatas disampaikan oleh Bileam kepada raja Moab pada waktu itu, Balak, bahwa Tuhan telah memberkati bangsa Israel, sehingga Bileam tidak bisa mengikuti permintaan Balak untuk mengutuk bangsa Israel. Walaupun sampai beberapa kali Balak menyuruh Bileam untuk mengikuti permintaannya dan dijanjikan harta yang begitu banyak, tetapi Bileam tidak berani melawan perintah Tuhan. Bileam tahu bahwa dia tidak bisa mengutuk sesuatu yang tidak dikutuk oleh Tuhan (Bil 23:8).

Pada waktu itu bangsa Israel ada dalam perlindungan Tuhan, sehingga tidak ada bangsa manapun yang dapat mencelakai mereka. Tuhan telah berjanji untuk memberkati dan melindungi bangsa Israel ketika mereka taat dan setia melakukan perintah-perintahNya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Hal ini benar-benar dinyatakan melalui peristiwa Bileam dan Balak. Kuasa Tuhan benar-benar bekerja melalui Bileam. Bahkan Tuhan juga memakai keledainya Bileam untuk menyatakan pesan Tuhan kepada Bileam. Bangsa Israelpun diluputkan dari kutuk yang diinginkan Balak pada waktu itu.

Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi. Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu” Bil 28:1-2

.



Bilangan 14:1-14 menyatakan janji Tuhan bagi setiap umatNya:

  1. Diberkatilah engkau di kota
  2. Diberkatilah engkau di ladang
  3. Diberkatilah buah kandunganmu
  4. Diberkatilah hasil bumimu
  5. Diberkatilah hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu
  6. Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu
  7. Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar
  8. TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu
  9. TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu
  10. Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu
  11. TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus
  12. Segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu
  13. TUHAN akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu
  14. TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman
  15. TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun

    Semua diberikanNya bagi setiap kita yang mendengarkan suara Tuhan, taat dan setia melakukannya. Dia tidak akan lalai menepati setiap janjiNya. Setiap janjiNya akan digenapi dalam kehidupan kita. Tidak ada siapapun yang dapat menghalangi berkat Tuhan datang kepada kita, ketika kita tetap berada di dalam kasihNya. Walaupun ada orang-orang yang ingin mencelakai kita, tetapi ketika kita tetap berada di dalam Tuhan, maka Tuhan akan menyatakan janji perlindunganNya bagi kehidupan kita. Berkat yang telah dijanjikanNya akan selalu menjadi bagian dalam kehidupan kita.
    *courtesy of PelitaHidup.com
    Perlindungan, kekuatan, kesehatan, kemakmuran dan kasih setiaNya akan senantiasa melingkupi kehidupan kita semua yang percaya kepadaNya. Haleluya!

    Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

    Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu. ” Wah 3:11


    Riva Sinjal
    Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

    Pelita Hidup Jangkau Dunia

    Terima update renungan baru via email:

    Respon: 1 respon

    1. syallom, janji TUHAN ya dan amin, luar biasa firman pagi ini memberikan kekuatan kepada
      setiap orang yg percaya & melakukan kehendaknya jangan pernah ragu akan segala kebaikanNYA. TUHAN YESUS bimbing setiap langkahku supaya dapat berjalan seturut kehendakmu. amin.

    Masukkan Respon Anda



    Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: