Pelita Hidup Jangkau Dunia

Memperoleh Kepercayaan Yang Lebih Besar Melalui Pengembangan Kapasitas Diri

memperoleh-kepercayaan-yang-lebih-besar-melalui-pengembangan-kapasitas-diriHamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. ” Mat 25:20-21

Banyak dari kita yang sudah mengetahui kisah mengenai perumpamaan talenta ini. Ada 3 orang hamba yang dipercayakan harta oleh tuannya. Hamba pertama diberi 5 talenta, yang kedua diberi 2 talenta dan yang ketiga diberi 1 talenta, sesuai dengan kesanggupan/kemampuan mereka masing-masing (Mat 25:15). Ketika hamba pertama dan kedua mengelola dan mengembangkan talenta yang dipercayakan kepada mereka, mereka memperoleh keuntungan darinya. Sehingga ketika tuannya datang menanyakan hasilnya, mereka bisa mempertanggungjawabkannya dan mereka memperoleh kepercayaan yang lebih besar.

Tidak demikian dengan hamba yang ketiga, dia tidak mampu mengembangkan talenta yang dipercayakan kepadanya, walaupun itu dalam jumlah yang kecil. Sehingga ketika tuannya datang, apa yang dimiliki oleh hamba itu malah diambil darinya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Kapasitas atau kemampuan seseorang akan sangat berpengaruh kepada apa yang akan dipercayakan kepadanya. Sebagai contoh sederhana, tidak mungkin seorang anak SD diberi kepercayaan untuk mengendarai sebuah mobil. Anak tersebut harus mempunyai umur yang cukup dan mengikuti ujian mengemudi terlebih dahulu agar bisa dipercaya untuk mengendarai sebuah mobil. Dan tentunya itu semua membutuhkan proses dan waktu. Hal ini berlaku dalam setiap aspek kehidupan umat percaya, baik dalam keluarga, studi, pekerjaan, keuangan, karir, bisnis, pelayanan dan lainnya.

Oleh karena itu, apa yang harus dilakukan agar bisa mengembangkan kapasitas diri hingga memperoleh kepercayaan yang lebih besar lagi?

1. Bertindak Dengan Iman

Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta.” Mat 25:16-17

Langkah iman sangat diperlukan agar kapasitas diri kita bisa berkembang. Hanya dengan bertindak maka kita bisa mempelajari sesuatu yang baru. Ketakutan akan kegagalan merupakan cara iblis untuk menghalangi diri kita untuk menuju kepada keberhasilan. Sama dengan hamba yang ketiga yang hanya menyembunyikan talentanya dan menganggap tuannya jahat. Pikiran negatif tidak akan membantu kita untuk dapat mulai bertindak melakukan pekerjaan kita.

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan (Ibr 11:1), dan tentunya kita mengharapkan hal yang positif terjadi dalam kehidupan kita. Bertindak dengan iman adalah melangkah maju dengan pikiran positif, yakin bahwa Tuhan pasti menyertai langkah kita. Singkirkan segala pikiran negatif, ketakutan, kekuatiran dan segalanya yang menjadi penyebab kita tidak bisa melangkah.



.

2. Setia Dalam Perkara Kecil

“…engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar…” Mat 25:21

Setiap hal yang besar akan datang dari hal yang kecil. Ketika kita setia dalam perkara yang kecil, yang mungkin tidak berarti di mata manusia, maka kita sedang memperkuat kapasitas diri kita untuk dapat dipercaya mengemban tugas dan tanggung jawab yang lebih besar lagi. 
*courtesy of PelitaHidup.com
Tuhan sudah menyiapkan segala sesuatunya bagi kita. Yang jadi masalah adalah: apakah kita cukup setia dengan apa yang saat ini Tuhan percayakan kepada kita? Jangan anggap remeh dengan apa yang kita jalani saat ini. Jangan mengeluh atas apa yang terjadi kepada kita saat ini. Tetapi bersyukur dan jalanilah apa yang kita punya saat ini. Tuhan akan memberikan hal yang lebih besar lagi ketika Dia melihat bahwa kita benar-benar setia mengerjakan apa yang kita miliki saat ini. Segala sesuatu yang kita kerjakan berulang-ulang akan membuat diri kita mahir di dalamnya. Dan ketika kita mahir dalam perkara kecil, maka di saat itulah kita siap untuk perkara yang lebih besar lagi.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

.

3. Tunggu Waktu Tuhan

Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka.” Mat 25:19
*courtesy of PelitaHidup.com
Dari ayat di atas diceritakan tentang kedatangan sang tuan pemilik harta, untuk mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. Si tuan datang untuk meminta pertanggungjawaban dari harta yang dipercayakan kepada hamba-hambanya. Dan upah, yaitu kepercayaan yang lebih besar lagi, diberikan oleh sang tuan kepada hamba yang mengerjakan tugasnya dengan setia.

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.” Pkh 3:1

Pada waktunya Tuhan akan melihat apakah kita cukup setia melakukan apa yang telah dipercayakan kepada kita saat ini. Kita tidak pernah tahu kapan waktunya Tuhan. Tetapi ketika waktu Tuhan terjadi dalam hidup kita, maka Dia akan memberikan kepercayaan yang lebih besar lagi bagi kita.

Nantikan uluran tangan Tuhan. Jangan menyerah dengan keadaan kita saat ini karena Tuhan sedang melihat apakah kita cukup sabar menanti waktuNya. Kesabaran akan membuat kapasitas diri kita meningkat. 

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” Ams 16:32

Promosi bukanlah hasil kerja keras kita semata, tetapi datang dari Tuhan. Ketika Dia melihat bahwa kita cukup dipercaya, maka kita akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar lagi. Tidak akan ada yang dapat menghalangi ketika waktu Tuhan datang bagi kita.

.
*courtesy of PelitaHidup.com
Bertindaklah dengan iman, setia dalam perkara kecil dan tunggu waktunya Tuhan, maka kita sedang mengembangkan kapasitas diri kita untuk menerima kepercayaan yang lebih besar lagi dari Tuhan.

Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.” Luk 16:10


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 28 respon

  1. sungguh ku bangga Bapa karena aku memiliki Allah yang hidup…..
    terimakasih untuk hambaNya yang luar biasa, kami sangat terberkati dengan semua renungan2 yang ada. Haleluya…

  2. saya sgt yakin dan percaya pertolongan tuhan tidak pernah terlambat slu tepat pada waktuNya….dan itu terjadi dalam khidupan saya.

  3. Luar biasa firman TUHAN.Ia adalah peta kehidupan bagi kita semua yang percaya,ia laksana pelita yang akan menerangi setiap langkah hidup kita agar kita tidak tersesat dalam perjalanan hidup kita.Tq pak Riva ats renungannya semoga semakin banyak anak2 TUHAN yang terberkati oleh renungan firman Tuhan ini dan semoga TUHAN juga selalu memberkati bpk dan kel sehingga bpk bisa terus melakukan pekerjaan Tuhan dalam melayani anak2 Tuhan,amin3x

  4. Ia tau kapan harus campur tangan dalam setiap persoalan dalam hidup kita, asalkan kita tetap setia mensyukuri berkat yang diberikan sekecil apapun itu..Amin

  5. Praise the Lord…terima kasih Tuhan Yesus karena Kau sudah menyediakan semua yang kami perlukan, berilah kami hikmat agar dapat selalu bertindak sesuai dengan rencana Mu dan agar kami selalu bersyukur dalam melakukan semua pekerjaan yang Tuhan percayakan kepada kami saat ini..
    Amien

  6. bertindak dengan iman … ini yang terkadang sulit. Tuhan tolonglah aku.

  7. MUSTIKAWATI BUNTORO
    Thursday 1 December 2011, 9:53 pm

    Betul sekali ,kalau sesuatu yg sederhana dipercayakan ,kita lakukan dengan sungguh,TUHAN YESUS akan me-nambah 2 -kan kemampuan ,untuk tugas yg lebih besar dan akhirnya kita heran,bagaimana mungkin ,kita yg nggak ada apa 2 -nya bisa menyelesaikan suatu tugas yg diluar kemampuan kita ,SEMUANYA KARYANYA YG HEBAT lalui kita yg dipercayaiNYA kemampuan dan kita menggunakannya,kita KOSONG ,KRISTUS yg BESAR .

  8. Tuhan luar biasa…”setia dalam perkara-perkara kecil maka Tuhan akan percayakan perkara-perkara yang besar kepada kita”. amin…intinya tetap bersyukur dan lakukan apa yang kita bisa lakukan saat ini.God bless us…:)

  9. bagiku firman sangat nyata dlm kehidupan sehari-hari.dalam bisnis,rumah tangga,dll.krn hal ini yg sedang terjadi dlm hidupku,ketika aq merintis usahaku,aq merintisnya dari nol,semua serba kekurangan,bertahap usahaku mulai mengembang sedikit demi sedikit.dari warung makan biasa dikampung meningkat agak pinggir jalan raya, meningkat lagi sekarang dipinggir jalan raya yg harga sewanya cukup mahal.saya yakin itu pekerjaan TUHAN.dari saya belum punya motor,sampai saya diberkati motor.utk cari uang pinjaman di bank apalagi,rasanya mustahil.tapi,jika waktunya Tuhan sudah tiba,semua berjalan dengan baik.tak ada yang mustahil bagi Tuhan jika kita setia dengan hal hal yg kecil,maka Tuhan juga akan mempercayakan kpda kita hal-hal yg lebih besar sesuai kapasitas masing2 kita.thx.GBU.

  10. semua yang diberikan tuhan wajib kita syukurin baika tau tidak baik waktunya, percayalah tuhan selalu menyertai kita

  11. Trimakasih atas Firman TUHAN yang telah menguatkan saya untuk senantiasa belajar setia dalam perkara kecil sehingga kitapun dapat Setia terhadap perkara yang besar,dengan Firman TUHAN ini dapat menuntun saya dlam melakukan segala tanggung jawab yang harus saya kerjakan..Amin

  12. Amin, saya akan bekerja dgn iman pd Yesus… Krn seringkali, dlm bekerja, saya terlalu sibuk menggunakan kekuatan saya sendiri, saya jd lupa dgn Tuhan Yesus, bahwa hny Dia yg sanggup membuka pintu berkat….Berkat itu akan datang pd waktunya
    Dan saya tidak ingin lagi mengkhawatirkan masa depan karir saya, I will do the Best and God will do the rest, AMIN!

  13. Terima kasih atas renungannya, karena telah menguatkan saya. Melalui tulisan ini, menyadarkan saya untuk lebih meningkatkan kualitas diri saya baik secara rohani maupun mengembangkan kemampuan bidang lain untuk mendukung pekerjaan saya. Sehingga pada waktunya nanti Tuhan akan memberkati saya dalam pekerjaan ini.

  14. Firman yang sungguh menguatkan agar kita sebagai anak Tuhan selalu bertindak dengan IMAN karena IMAN adalah kunci dari setiap keberhasilan dalam kita melakukan segala sesuatu.
    Iman menguji kesetiaan kita kepada janji Allah.
    Yang Pasti dengan Iman kita akan memperoleh Pengharapan yang pasti di dalam Tuhan

  15. saya kembali diingatkan akan firman ini, bahwa bersyukur dan menerima apa yg tuhan sediakan saat ini sebagai suatu yg terbaik buat kita dan pada waktunya semuanya akan ditambahkanNya Amin. karena saya menyadari dulu saya tidak sabar menunggu berkat Tuhan karena merasa salary terlalu kecil sehingga saya sering berpindah2 kerja dan akhirnya saya menyadari kesalahan saya ini. semoga Tuhan menuntun saya kembali didalam kegagalan saya ini

  16. TUHAN JESUS BERKATI KITA SEMUA…AMIN..TERUSLAH BERKARYA

  17. saya sangat diberkati oleh teks ini..saya percaya segala sesuatu ada waktunya..bahkan Tuhan ada waktunya sendiri untuk kita benar2 siap untuk diberi tanggungjawap yang besar..dengan taks ini kini saya lebih berkeyakinan menunggu waktunya tuhan percayakan perkara yang besar dalam hidup saya..Thanks lord..Thnks jg kpd bpk Riva kerna memuatkan teks ini..gbu..

  18. orbit jenus silitonga
    Thursday 13 May 2010, 3:08 pm

    syalom……bpk Riva sinjal……saya sungguh di berkati dengan teks di atas.karna saya sungguh merindukan teks dari bpk Riva……..sya sangat bertrima kasih kpd bpk riva ..banyak orang di berkati….. ..AKU cinta yesus……..

  19. Syalom Bpk Riva Sinjal. Artikel yang bagus, dan menjadi berkat buat banyak orang.
    Tuhan Yesus kiranya memberkati Bapak dan kel.

  20. Sabar akan mendatangkan berkat, melalui kesabaran kita memperoleh pekerjaan walaupun belum sesuai dengan keinginan kita, tetapi dengan keyakinan bahwa segala sesuatu pasti ada waktunya maka Tuhan memberi jawaban kepada kita sesuai doa-doa yang disampaikan kepadaNya, untuk pak Riva Sinjal semoga Tuhan menyertai dan memberkati pak Rival dengan segala tugas dan pelayanan kepada kita. Amin

  21. Inti dari semuanya itu kita harus tahan uji…melalui kekuatan yang dari Tuhan kita akan di mampukan untuk tetap berkembang dengan kesabaran..jangan di liat hasilnya tapi diliat dari proses dimana Tuhan membentuk kita menjadi pribadi yang tangguh dan maksud Tuhan ialah supaya kita bisa lebih dekat dan tetap melekat..segalanya untuk kemuliaan Tuhan.terimakasih untuk renungan Bpk Riva Sinjal semoga Tuhan selalu menguatkan Bpk unutk tetap berbuah bagi orang lai denagn penyertaan Tuhan Yesus

  22. aku bersyukur kepada Tuhan, yang mengajarkan kepada kita bahwa kita harus setia dalam perkara – perkara kecil, maka Tuhan pasti jg mempercayakan kepada perkara – perkara besar sesuai waktunya Tuhan bagi kita. Selalu bersyukur, tetap percaya, lakukan yang terbaik, berharap pada Tuhan hingga janjiNya tergenapi dalam hidup kita, semua untuk kemuliaan bagi Tuhan kita Yesus Kristus. Amin.

  23. saya senang membacanya, jujur secara pribadi cerita ini menyadarkan saya karena saya terkadang tidak sabar menunggu jawaban dari Tuhan, terkadang saya marah dan berhenti berdoa, tapi mulai sekarang saya akan bersabar dalam menanti jawaban dari Tuhan.

  24. Huum,
    I just want to say, the is the second day, ive starting to read scripture again.
    It really gives me strength and hope, that actually i can do better as He already has purpose for all of us.

    God bless

  25. Thank”s Father
    firman ini meneguhkan iman saya untuk tetap bersabar menungu waktu nya Tuhan
    dan mengajar saya utuk brani bertindak dalam iman,
    pengharapan ku tak akan SIA-SIA DidalamNya
    @–>>–>—- O.P–<–<–@

  26. saya sungguh diberkati dengan teks di atas….saya percaya tuhan akan memberikan kita dengan segala sesuatu sesuai kepada keupayaan kita…cuma kita hendaklah jujur dalam segala hal baik kecil atau besar…saya di teguhkan oleh bacaan <emperoleh kepercayaaan ,elaui kapasitas diri ini..Puji Tuhan…AMEN!!

  27. saya menjadi lebih yakin dalam melalui semua persoalan yg ada di tempat kerja saya setelah membaca renungan Memperoleh Kepercayaan Lebih Besar Melalui Pengembangan Kapasitas Diri. karena di tempat kerja ada kesenjangan salary, saya yg di terima Januari ’09 memperoleh salary dibawah teman saya yang baru masuk bulan Juni’09. Semua ada waktunya

  28. Awesome!! I am so blessed for this article. thank you for this. keep this up for a wonderful articles, let God’s will be done in your life. God bless u all

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: