Pelita Hidup Jangkau Dunia

Mendapatkan Kekuatan Ekstra Di Tengah Keputus-asaan

mendapatkan-kekuatan-ekstra-di-tengah-keputus-asaanMaka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.” 1 Raja-raja 19:8

Izebel sangat marah sekali ketika mengetahui semua nabi-nabi baal-nya telah dibunuh oleh Elia. Izebel langsung menyuruh orangnya untuk menyampaikan pesan kepada Elia bahwa Izebel berjanji akan membunuh Elia pada keesokan harinya. Setelah Elia mendengar hal ini, dia menjadi sangat ketakutan dan melarikan diri.

Banyak perkara luar biasa yang telah dilakukan oleh Elia. Mujizat demi mujizat terjadi dalam pelayanannya, mulai dari kemarau panjang melalui nubuatan Elia, burung gagak yang membawa makanan untuk Elia di Sungai Kerit, tepung dan minyak janda Sarfat yang tidak habis-habis, anak janda Sarfat dihidupkan kembali, api yang turun menyambar mezbah di Gunung Karmel dan hujan yang turun setelah musim kemarau panjang oleh karena doa Elia. Tetapi semua perkara ajaib yang dilakukan tidak membuat Elia tegar dalam menghadapi ancaman Izebel. Elia begitu ketakutan dan melarikan diri sejauh-jauhnya agar tidak dapat ditemukan oleh Izebel dan orang-orangnya hingga sampai pada titik bahwa dia merasa lebih baik dia mati saja (1 Raj 19:4).

Kasih Tuhan bagi Elia tidak pernah berhenti. Dia mengirimkan malaikatNya untuk menuntun Elia supaya tetap bertahan (1 Raj 19:5-7). Di tengah keputus-asaannya, Elia mendapatkan kekuatan ekstra untuk terus melanjutkan perjalanannya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Melanjutkan perjalanan hidup bukanlah suatu hal yang mudah ketika kita berada di dalam keputus-asaan. Untuk keluar dari rasa putus asa juga bukanlah suatu hal yang mudah. Kita akan berpikir bahwa tidak mungkin lagi ada harapan atau jalan keluar. Semua yang menjadi kebahagiaan kita di masa-masa lampau juga sudah sirna. Tembok besar seakan-akan menutup semua jalan hidup kita. Rasa lelah, capai, kecewa, takut, semuanya bercampur aduk menjadi satu. Semua nasihat yang diberikan-pun seakan tidak ada gunanya lagi bagi kita.

Dalam kondisi seperti ini, kita membutuhkan kekuatan ekstra agar kita dapat bangkit kembali dari keterpurukan dan berjalan terus untuk meraih kehidupan masa depan kita.

Bagaimana mendapatkan kekuatan ekstra dalam keputus-asaan?

1. Makan

Sesudah itu ia berbaring dan tidur di bawah pohon arar itu. Tetapi tiba-tiba seorang malaikat menyentuh dia serta berkata kepadanya: “Bangunlah, makanlah!” ” 1 Raj 19:5



Makanan yang disediakan memberi kekuatan ekstra bagi Elia untuk melanjutkan perjalanannya. Bahkan dia sanggup berjalan selama empat puluh hari empat puluh malam oleh karena makanan yang dimakannya itu. Elia mendapatkan kekuatan supranatural yang tidak bisa didapatkan dari makanan biasa.

Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi” Yoh 6:35
*courtesy of PelitaHidup.com
Ketika kita datang pada Tuhan, hidup di dalamNya, membaca dan melakukan firmanNya setiap saat, maka di saat itulah kita memakan roti hidup yang Tuhan sediakan bagi kita. Roti hidup itu akan membuat kita tidak lapar lagi dan memberi kekuatan ekstra bagi kita. Makanan rohani yang disediakan bagi kita akan memampukan kita untuk bangkit dari segala keputus-asaan maupun keterpurukan. Kita akan berjalan terus meraih masa depan oleh karena makanan yang telah disediakan oleh Tuhan.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Jangan lewatkan pembacaan Firman Tuhan dalam hari-hari kita, karena FirmanNya akan memberikan kekuatan ekstra di saat kita membutuhkan.
*courtesy of PelitaHidup.com
.

2. Minum

Ketika ia melihat sekitarnya, maka pada sebelah kepalanya ada roti bakar, dan sebuah kendi berisi air. Lalu ia makan dan minum, kemudian berbaring pula. ” 1 Raj 19:6

Selain makan, Elia juga minum air yang sudah tersedia. Dengan air ini Elia juga mendapatkan kekuatan ekstra untuk melanjutkan perjalanannya yang masih panjang.

Tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” ” Yoh 4:14

Air berbicara mengenai roh dan kasih karuniaNya. Barangsiapa minum air dariNya akan mendapatkan kepuasan melalui roh dan kasih karunia yang mengalir dalam diri kita. Persekutuan yang intim kepada Tuhan melalui doa akan membawa kita kepada air hidup ini. Bahkan ketika kita minum air ini, dari dalam diri kita akan memancar aliran mata air yang juga membawa kehidupan dan kekuatan bagi orang lain, tidak hanya bagi diri kita sendiri.

Bina persekutuan yang intim dengan Tuhan agar rohNya senantiasa hidup di dalam kita dan kasih karuniaNya mengalir terus bagai gelombang laut yang tidak pernah berhenti. Kekuatan ekstra akan kita dapatkan ketika kita tetap menjaga persekutuan yang intim denganNya.

.

Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. 
*courtesy of PelitaHidup.com
Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau. ” Yes 43 : 1-2


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 3 respon

  1. Sungguh firman yg menguatkan…makan dan minum merupakan supply bagi kekuatan, …ketika kita lemah, kita dikuatkan… firman, roh, n kasih karuniaNya……..kita nikmati ketika kita setia makan dan minum firmannya …………….

  2. luar biasa firman Tuhan pagi ini, sarapan makan & minim dari karunianya membuat kita
    akan selalu kuat dimanapun utk kerja apapun luar biasa, mari sambut makan & minim yg
    sungguh luar biasa jangan pernah kita mendapatkannya. Tuhan memberkati kita semua .amin..

  3. saya yakin meski nggak ada yg kasih comment di sini, tapi artikel anda mampu menyegarkan tiap pembacanya…., terima kasih utk artikel nya…

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: