Pelita Hidup Jangkau Dunia

Rahasia Mengalami Terobosan Dalam Doa Pergumulan

rahasia-mengalami-terobosan-dalam-doa-pergumulanLalu berdoalah Hana, katanya: “Hatiku bersukaria karena TUHAN, tanduk kekuatanku ditinggikan oleh TUHAN; mulutku mencemoohkan musuhku, sebab aku bersukacita karena pertolongan-Mu.” 1 Samuel 2:1

Hana merupakan isteri dari Elkana yang tidak mempunyai anak. Hana mengalami pergumulan yang cukup berat karena selalu dihina oleh karena tidak mempunyai keturunan. Dalam 1 Samuel 1:5 dikatakan bahwa kandungannya tertutup. Seorang wanita tidak akan mungkin mempunyai anak jika kandungannya tertutup.

Tetapi Hana tidak menyerah begitu saja, kita melihat begitu luar biasa pergumulan yang dilalui olehnya, menghadapi berbagai caci maki dan hinaan. Tetapi pada akhirnya Hana mengalami suatu terobosan melalui doanya. Tuhan mendengar doa Hana dan menjawab apa yang dimintanya. Hana menerima jawaban doa, TUhan menjamah kandungannya hingga dia dapat mengandung dan melahirkan seorang anak. Anak itu adalah Samuel yang akhirnya dikenal sebagai nabi yang luar biasa sekali pada jaman Raja Saul dan Daud.
*courtesy of PelitaHidup.com
Apa yang dialami oleh Hana juga sering dialami oleh umat Tuhan. Kandungan yang tertutup merupakan jalan atau pintu berkat yang tertutup bagi umat Tuhan. Segala cara maupun upaya apapun yang dikerjakan tidak dapat membuahkan hasil, oleh karena jalannya memang tertutup. Bahkan orang memandang sebelah mata terhadap diri kita. Sebagian malah mencibir dan merendahkan oleh karena kondisi yang kita alami.

Kita sering melihat justru orang lain yang lebih diberkati dibandingkan dengan hidup kita sendiri. 

Ketika kita berada dalam kondisi seperti ini, yang kita butuhkan adalah terobosan di dalam doa kita. Apa yang Hana lakukan sehingga dia dapat mengalami terobosan dalam doanya?


.

1. Penyerahan Diri Seutuhnya

Kemudian bernazarlah ia, katanya: “TUHAN semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hamba-Mu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hamba-Mu ini, tetapi memberikan kepada hamba-Mu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada TUHAN untuk seumur hidupnya dan pisau cukur tidak akan menyentuh kepalanya.” ” 1 Sam 1:11

Hana bernazar kepada Tuhan. Hana mengadakan perjanjian dengan Tuhan. Hana berjanji bahwa dia akan menyerahkan anaknya kepada Tuhan. Dan janji ini benar-benar ditepati ketika doanya dijawab oleh Tuhan.
*courtesy of PelitaHidup.com
Dalam pengiringan kita kepada Tuhan, Dia ingin agar kita senantiasa berubah setiap saat, berubah menuju kesempurnaan. Pencobaan yang datang diijinkan untuk dapat membuat kita lebih dekat lagi kepada Tuhan. Selalu ada aspek kehidupan kita yang sedang dibentuk oleh Tuhan ketika kita sedang menghadapi suatu pencobaan.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Tuhan ingin agar kita menyerahkan hidup kita sepenuhnya bagi kemuliaan Tuhan. Semakin kita bertumbuh di dalam Dia, semakin besar penyerahan diri yang harus kita berikan bagi Tuhan.
*courtesy of PelitaHidup.com
Menyerahkan anak yang pertama kepada Tuhan bukan suatu hal yang mudah bagi Hana. Anak itu merupakan anak yang sangat ditunggu-tunggu dalam hidupnya. Anak itu merupakan hal yang paling berharga bagi Hana. Tetapi Hana belajar untuk menyerahkan apa yang paling berharga dalam hidupnya. Hana tahu bahwa Tuhan ingin agar Hana menyerahkan segenap hidupnya hanya bagi Tuhan.

Apakah yang menjadi hal yang paling berharga bagi kita saat ini? Apa yang masih belum bisa kita lepaskan pada saat ini? Apa yang masih menyebabkan Tuhan hanya menjadi nomor dua di dalam hidup kita? Apa yang membuat kita masih belum bisa memprioritaskan Tuhan dalam hidup kita? 

Tuhan ingin penyerahaan diri kita seutuhnya bagi Tuhan. Dan di saat kita mau menyerahkan diri sepenuhnya, kita akan menerima terobosan doa dalam hidup kita sebagaimana yang dialami oleh Hana.

.

2. Memelihara Ibadah Kepada Tuhan

Keesokan harinya bangunlah mereka itu pagi-pagi, lalu sujud menyembah di hadapan TUHAN” 1 Sam 1:19

Hana dengan tekun memelihara ibadahnya kepada Tuhan. Dia bangun pagi-pagi bersama keluarganya dan sujud menyembah di hadapan Tuhan. Dan Tuhan mengingat Hana! Setahun kemudianpun Hana mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki (1 Sam 1:19-20)

Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.” 1 Tim 4:8

Dikatakan bahwa ibadah mengandung janji. Ketika kita memelihara ibadah kita kepada Tuhan, maka kita sedang memelihara perjanjian yang Tuhan berikan bagi kita. Janji yang Tuhan berikan akan digenapi cepat atau lambat, karena FirmanNYa adalah ya dan amin (2 Pet 3:9). 
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi jika kita lalai beribadah kepadaNya, maka kita memilih jalan di luar anugerahNya dan janjiNya tidak akan berlaku jika kita berada di luar Dia (Ul 28:15-46).

.

Terobosan bagi doa pergumulan yang kita alami bukanlah suatu hal yang susah. Semuanya hanya tergantung kepada pilihan kita, apakah kita mau berserah sepenuhnya dan taat beribadah kepada Tuhan atau tidak.

Tetapi janji Tuhan begitu nyata bagi kita (Ul 28:1-14). Berkat telah disediakan bagi kita yang mau datang kepadaNya. Berserahlah kepadaNya dan taat beribadah kepadaNya, maka kita akan mengalami terobosan dalam doa kita.

 

Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.” Ul 28:1

TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.” Ul 28:8

.

Renungan Harian sebelumnya: Berkat Yang Muncul Di Saat Menantikan Tuhan


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 22 respon

  1. syalom,
    mohon dibantu doa saya dan istri saat ini memang sudah bekerja dan kami mengalami pergumulan dimana utang kami tidak segera terlunasi malah semakin banyak dan bertambah saat ini rumah kami mejadi jaminan di bank sudah masuk proses lelang karena kami tidak dapat melunasi.kiranya Tuhan mau mengampuni segala salah dan dosa kami sekeluarga sehingga dengan muzijatmu pergumulan utang kami akan cepat

  2. Renungan yang sngat mnguatkan. Tuhan berkati.. 

  3. tks untuk renungan nya,,Saya makin dikuatkan,,

  4. Terpujilah Tuhan biarlah jadi berkat bagi setiap pembaca runungan ini

  5. sungguh terberkati dengan renungan diatas. Nama Tuhan dipuji dan dimuliakan. Roh-Nya lah yang bekerja di dalam semuanya

  6. jawaban dari doa kita adalah terletak pada ketekunan kita berseru pada Tuhan Yesus sebab kita harus mengamini dan mengimani bahwa janji Tuhan Yesus adalah pasti bagi kita yang percaya kepadaNYA tetap menjaga hubungan pribadi dengan Tuhan IMMANUEL…..

  7. terima kasih buat renungan ini sangat memberkati saya dan membuat saya haru shidup melakukannya sehingga saya dapat mengalami terobosan dalam hidup saya..tentang singel lagu saya bisa poromosi dan diterima diblantika musik indonesia..teman hidup yg dr Tuhan..biar semuanya sesuai dgn kehendak Tuhan..Thanks GBU

  8. renungan yang luar biasa…dan ini menguatkan saya..karena saat ini saya dalam pergumulan..mohon doa dari sodara2 seiman sekalian..agar Tuhan beracara dalam setiap masalah yg saya hadapi dengan pasangan saya…saya sangat percaya..Tuhan akan melembutkan hati kedua orangtuanya,,,,ya…sangat percaya

  9. Thanks untuk bp.Riva.
    Bernasar dan memelihara ibadah kita kepada Tuhan bukanlah hal yang gampang di lakukan.
    Terima kasih banyak untuk renungan ini, karena disaat saya lagi bergumul, saya baca renuangan ini, dan ini benar-benar menguatkan saya untuk pergumulan yang saya hadapi. Tuhan Luar Biasa.

  10. Shaloom…

    Terima kasih buat Bp. Riva yang telah menciptakan situs ini, semoga dapat menjadi berkat bagi kami dan setiap orang yang rindu untuk mengenal Yesus lebih lagi..
    Saya mohon didoakan agar terlepas dari segala hawa nafsu daging yang begitu menjerat saya..dan saya dapat menyelesaikan studi S2 pada tahun ini.
    terima kasih..GBU PH..

  11. Shalom,
    Puji Tuhan dg adanya website ini kita bisa saling berbagi… let us pray each other. Saya mohon dukungan doa pada saudara, kiranya saudara berkenan untuk mendoakan baby saya , 3 bulan , yang sedang mengalami masalah pada jantungnya… akan menjalani kateterisasi jantung saat beratnya 6kg nanti. Kiranya Tuhan berkenan memberikan kesembuhan total padanya, dan kami dimampukan untuk membiayai perawatannya…. Tuhan.. hanya padaMulah pengharapan kami…. Give me strenght….

  12. Syaloom Pelita Hidup…….saya baru bergabung disini?Saya mempunyai pergumulan dalam kehidupan saya,karena sampai saat ini saya belum dikarunia seorang anak dalam perkawinan saya.Saya mohon didoakan semoga saya cepat mendapat berkat seorang anak,karena sudah 3thn ini saya menikah,saya belummendapat anak.Mudah-mudahan….lewat Pelita Hidup keluarga saya boleh diberkati,karena Tuhan Yesus selalu memberi yang terbaik buat kita semua.Amin…….

  13. q rinddu tuhan yesus jamah hidup’ku.

  14. syalom, pelita hidup, saya sedang dalam pergumulan, pergumulan saya adalah agar terlepas dari jerat hutang piutang, dan saya mohon didoakan semoga saya cepat diangkat menjadi pns, mohon bantuan dan dukungan doanya. terima kasih.syalom

  15. Jeane J mangindaan
    Monday 9 August 2010, 8:25 am

    syalom,.. Pelta hidup, saya baru bergabung disini, dan masalah dengan pekerjaan suami saya sudah dijawab doa kami oleh Tuhan Yesus. Sekarang kami mohon didoakan Pak,.. agar biaya untuk anak kami kuliah boleh tercukupi…kami bersyukur atas kasih dan pemeliharaan Tuhan Yesus yang disalurkan lewat Pelita Hidup ..Amin Tuhan Memberkati.

  16. Saya sangat bersyukur dgan renungan ini saya sangat diberkati melalui renungan ini karena memang benar hanya dengan penyerahan penuh kepada Tuhan kita dapat melakukan terobosan2 . Dan saya percaya doa orang benar bila yakin didoakan sangat besar kuasanya. Apakah kita sudah hidup benar dihadapan Tuhan.

  17. syalom,..
    salam kasih dalam Tuhan kita Yesus Kristus,..
    saya sangat senang bisa bergabung disini,..
    mohon dukungan doa supaya Tuhan Memberikan jalan keluar atas permasalahan yang saya hadapi di pekerjaan saya,..mohon doanya supaya Tuhan Yesus ikut berperkara atas semua masalah yang saya hadapi dipekerjaan saya, terutama untuk perkembangan perusahaan yang telah dipercayakan kepada saya, supaya semuanya dapat berjalan lancar, dan nama Tuhan Yesus Kristus dimuliakan,..saya yakin Tuhan punya rencana yang indah buat saya,..dan Tuhan menghendaki untuk saya boleh alami ini supaya saya semakin bertumbuh dalam Dia dan semakin setia melayani Dia yang berkuasa atas hidup saya,..mohon bantuan Doanya,..Tuhan memberkati kita semua,..amin

  18. terima kasih Bp Riva atas perkongsian ini..menyerahkan sepenuhnya kepada TUhan sememangnya penting, kita harus mempercayakan dan benarkan Tuhan campur tangan dalam semua bahagian dalam hidup kita dan marilah setia beribadah.Tuhan memberkati!!

  19. Shalom…saat ini sy sedang dalam pergumulan Pak..orang tua pacar sy masih blum percaya Tuhan Yesus..dan hubungan saya dengan pacar saya masih diragukan oleh kluarga karena rentang usia yang berbeda lumayan jauh.Padahal, Tuhan yg sudah tunjukkan jalan ini.Sy dan pacar sy masih mendoakan hal ini.
    Sy percaya Tuhan pasti akan dateng ke hati orang tua pacar saya dan hubungan sy ini akan disetujui oleh kluarga nantinya..amin.. GBU

  20. Shalom Diana,
    Kami berdoa agar Tuhan memberikan hikmat bagi Diana untukdapat menyelesaikan masalah yang ada. Juga memberikan kelancaran bagi setiap persiapan yang berhubungan dengan rencana pernikahan Diana.
    Tiada yang mustahil bagi Dia dan juga tiada yang mustahil bagi setiap orang yang percaya kepadaNya.
    Tetap berharap dan berserah sepenuhnya kepada Allah.
    GBU always…

  21. Dear Pelita Hidup, mohon dukungan doanya dalam saat pergumulan yang berat ini. Saya sedang bergumul atas pasangan hidup saya, kurang dari 2 bln lagi kami akan melangsungkan pernikahan. Masih ada konflik yang belum selesai, saya mohon agar Tuhan Yesus bukakan semua dan tolong kami untuk keluar dari permasalahan ini, Dan Tuhan tolong kuatkan aku untuk bisa bertahan dan terus melihat segala sesuatu dengan mata iman, dan bukan dengan mata jasmani, Aku pegang Janji Tuhan. Tolong kami untuk bisa menang atas segala intimidasi dan rencana jahat dari iblis. Teman2 mohon dukungan doanya agar segala persiapan ini menjadi lancar, dan saya percaya bahwa semua akan indah pada waktuNya.

  22. [...] Harian sebelumnya: Rahasia Mengalami Terobosan Dalam Doa Pergumulan Suka artikel ini? Bookmark [...]

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: