Pelita Hidup Jangkau Dunia

Sahabat Yang Setia

sahabat-yang-setiaAku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.” Yoh 15:15

Kehidupan manusia tidak lepas dari interaksi sosial. Setiap orang pasti mempunyai teman dekat atau yang biasa disebut sahabat. Sahabat adalah orang terdekat dalam kehidupan kita. Mereka senantiasa menghibur, mendengarkan, menemani, bahkan rela mengorbankan hidupnya demi menolong kita.

Demikian juga sebagai umat Tuhan, kita memperoleh hak istimewa untuk bisa memiliki seorang sahabat yang dekat dengan kita. Yesus telah mengangkat kita menjadi sahabatNya (Yoh 15:15). Ini merupakan suatu anugerah yang sangat besar, karena kita sendiri tidak memilih sembarang orang untuk menjadi sahabat kita.
*courtesy of PelitaHidup.com
Apa yang bisa kita peroleh melalui persahabatan dengan Yesus? Apakah arti dari persahabatan ini?

1. Kasih
“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” Ams 17:17

Kasih Yesus senantiasa tercurah bagi kita, entah kita dalam kondisi apapun, karena Dia tetap setia. Yesus sangat mengerti apa yang menjadi pergumulan kita karena Dia telah melalui penderitaan di muka bumi ini dan menanggung setiap dosa pelanggaran umat manusia.


Yesus senantiasa ada bagi kita, walaupun seakan-akan Dia terasa jauh, Dia selalu ada di dalam hati kita. Dan Dia selalu mendengarkan apa yang menjadi keluhan dan doa kita. Kapan saja kita mau mencurahkan isi hati, Dia selalu siap menanti kita.

2. Pengorbanan
“Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.” Yoh 15:13
*courtesy of PelitaHidup.com
Pengorbanan Yesus tidak dapat diragukan lagi. KasihNya yang begitu besar telah terbukti dengan kematianNya di atas kayu salib. Dia rela menyerahkan nyawaNya demi menebus setiap dosa umat manusia.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Karya penebusan ini menghapuskan setiap dosa kita yang diakui di hadapanNya. DarahNya menyucikan dan melayakkan kita untuk dapat datang ke hadiratNya dengan penuh keberanian (Ibr 10:19).
*courtesy of PelitaHidup.com
3. Kedekatan
“Tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara.” Ams 18:4b

Ketika Ayub mengalami suatu penderitaan, semua keluarga dan kerabatnya pergi meninggalkan dia, dan bahkan melupakan dia (Ay 19:14). Tetapi ada satu pribadi yang tidak pernah meninggalkan dan melupakan Ayub, Dia adalah Bapa di sorga.

“Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.” Yes 49:15
Tuhan adalah sahabat setia yang begitu dekat dengan kita, sehingga tidak akan pernah melupakan umatNya.

4. Keterbukaan
“Tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.” Yoh 15:15b

Persahabatan erat sekali dengan kepercayaan. Tidak ada cerita yang dirahasiakan bagi seorang sahabat. Demikian juga Yesus akan mengungkapkan segala rahasia sorgawi kepada kita umatNya.
Hikmat-hikmat luar biasa akan dicurahkan bagi kita, ketika kita membina persahabatan dengan Yesus. Dia akan menuntun kita dan menunjukkan jalanNya yang terang bagi kehidupan kita.
Dia akan memberikan jalan keluar bagi setiap masalah dan problema kita.

5. Kepercayaan
“Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” Karena itu Abraham disebut: “Sahabat Allah.” ” Yak 2:23

Persahabatan mengandung ikatan kepercayaan. Ketika kita percaya kepada Yesus, kita menjadi sahabatNya dan kita menjadi orang yang bisa dipercaya olehNya. Kepercayaan akan membawa kepada pemberian tanggung jawab yang lebih besar.
Kita melihat bahwa Tuhan memberikan suatu janji yang luar biasa kepada Abraham, dan janji itu telah ditepati. Apakah Anda mau menjadi orang yang bisa dipercaya olehNya?
*courtesy of PelitaHidup.com
.

Renungan Harian sebelumnya: Memiliki Doa Yang Penuh Kuasa


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 16 respon

  1. ya.aku udah merasakan kehilangan sahabat yang pergi jauh dari hadapan aku.aku gak bisa terima.air mataku habis hanya untuk itu.
    tapi,aku yakin..,aku bisa mencurahkan isi hatiku pada Yesus.karna dia sahabat yang setia.dan tanpa menceritakannya,Ia dapat memahami isi hatiku saat ini.aku harap dibalik kesedihanku,Ia dapat memberi yang lebih baik lagi kepadaku.

  2. marselina pananginan
    Sunday 18 September 2011, 10:43 pm

    biarlah Tuhan yang zllu menjadi Juruselamat kami sampai selamanya….

  3. marselina pananginan
    Sunday 18 September 2011, 10:41 pm

    Tuhaann,,,biarlah zhabatqhu LENDHY sllu add dlam pangkuanMu d’sorga.. kami sangadh merindukannya,,,!! bawalah rindu kami kepadanya

  4. didalam Dia sorang sahabat benar-benar dapat saya rasakan, menerima, mengerti, memahami dan memberi solusi..

  5. SAHABAT TERBESAR HANYALAH YESUS KRISTUS…

  6. Tuhan Yesus adalah sahabat yang sejati,, janjiNya selalu baru dalam hidupku

  7. Tuhan Yesus…berkati aku dan semua jemaatMu yang ada Gaung ini, jadikan kami menjadi MuridMu agar kami bisa belajar dan mengajar.

  8. Terima kasih Tuhan Yesus Engkau mau menjadi sahabatku…

  9. Sebaik apapun sahabat kita sesama manusia, TUHAN YESUS tidak akan pernah terkalahkan bersahabat dengan Manusia. Hanya kita Manusia tidak tahu diri
    brsahabat dengan Tuhan Yesus. Terpujilah Engkau Yesus yang selalu merendahkan
    diri bersahabat dengan saya yang tidak pantas dihadapanMU, semoga saya bisa menempatkan diri sebagai sahabat Yesus dan sesama yang sejati dengan
    adanya situs ini, terima kasih TUHAN YESUS, Amien.

  10. tq u God for the things u have done for me….:)

  11. Never end…HIS LOVE…HIS POWER…It’s true…believe HIM!!!!!

  12. Teladan yg TUHAN YESUS berikan,adalah teladan yang sangat sempurna.

  13. DIA selalu terbukti dalam segala pergumulan saya, HE is ALL in my live, ever and forever

  14. HE is my All, He knows me and I still try to know Him and love Him as my self . JESUS MY LORD

  15. Tuhan Yesus adalah sahabat yg sejati
    , tetapi manusia terkadang menyalah gunakan apa arti persahabtan itu sendiri , dan terimaksih berkat nya

  16. Makasih buah berkatnya yaa…

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: