Pelita Hidup
“Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”...

memiliki-doa-yang-penuh-kuasaKarena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” Yakobus 5:16

Sebagai umat Tuhan tentunya kita senantiasa menaikkan doa kepadaNya, entah itu doa untuk kebutuhan, perlindungan, kelepasan, permohonan, ucapan syukur, syafaat dan lain sebagainya. Tetapi seringkali terjadi bahwa kita sendiri kurang yakin apakah doa yang dinaikkan itu benar-benar membawa pengaruh dalam kehidupan kita.

Bahkan ada waktu-waktu tertentu kita malah meminta orang lain yang kita anggap lebih rohani dari kita, mungkin bapa rohani kita, gembala, ataupun pendeta, untuk berdoa bagi kita. Kita menganggap bahwa kalau mereka yang berdoa, pasti lebih “ampuh” dibanding kalau kita yang menaikkan doa tersebut. Sehingga pada akhirnya, pendeta-lah yang dianggap memiliki “kesaktian” dalam berdoa.

Tuhan memang memakai sebagian orang yang khusus dipanggil olehNya untuk melayani umatNya dalam pelayanan pekerjaan Tuhan seperti di gereja. Dan otoritas daripadaNya juga turun ke atas mereka. Dan bukan suatu kesalahan jika kita meminta dukungan doa dari mereka. Tetapi dalam hal berdoa, Tuhan tidak membatasi siapa saja yang dapat menaikkan doa yang memiliki kuasa dan benar-benar membawa pengaruh bagi kehidupan kita. Bahkan orang yang baru menerima Kristus sebagai Tuhan dan juruselamatnya-pun juga bisa memilki doa yang mempunyai kuasa.

Kalau begitu, bagaimana dapat memiliki doa yang penuh kuasa, supaya kita tidak lagi bergantung kepada orang lain untuk berdoa bagi diri kita sendiri?

1. Mengaku Dosa

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu” Yak 5:16a

Halangan yang paling utama bagi doa kita adalah dosa. Sebanyak apapun kita berdoa, namun jika masih ada dosa yang masih diperbuat, maka kita tidak akan memiliki doa yang berkuasa.

“Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.” Yes 59:1-2

Akuilah dosa yang ada, bertobat dan datang pada Yesus. Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang setia. Dia akan menghapuskan setiap dosa kita akui di hadapannya.

Jangan lakukan lagi dosa yang pernah diperbuat. Minta kekuatan bagi Tuhan supaya dapat hidup benar di hadapanNya.

2. Saling Mendoakan

Dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.” Yak 5:16b

Ada kalanya bahwa ketika kita sendiri sedang dalam kondisi tidak sehat, tetapi Tuhan meminta kita untuk mendoakan orang sakit. Atau bahkan ketika kita sendiri sedang ada masalah, tetapi ada orang lain yang meminta untuk didoakan atas segala masalah yang mereka hadapi.

Ketika kita taat mengikuti perintah Tuhan, kita akan melihat pekerjaan Tuhan yang luar biasa. Kita akan melihat bahwa Tuhan sendiri yang akan membereskan masalah-masalah yang kita hadapi, ketika kita taat mengikuti perintahNya. 

Doakanlah orang-orang yang membutuhkan dukungan doa, maka Tuhan akan memberikan apa yang kita ingini.

3. Yakin

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” Yak 5:16c

Keraguan dan kebimbangan identik dengan ketidakpercayaan. Kisah Petrus yang berjalan di atas air mencerminkan hal ini. Petrus tidak seratus persen percaya bahwa dia bisa berjalan di atas air, walaupun sempat sesaat berjalan di atas air.

Keraguan muncul dalam dirinya ketika dia melihat keadaan sebenarnya yang dia hadapi. Di saat keraguan itu muncul, di saat itulah dia mulai tenggelam.

Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.” Yak 1:6

Yakinlah dengan apa yang didoakan, percaya sepenuhnya bahwa doa yang dinaikkan akan membawa pengaruh kepada kehidupan kita. Jangan bimbang dan jangan ragu.

Jawab Yesus: “Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!” ” Mar 9:23

.

Renungan Harian sebelumnya: Memiliki Hati Yang Dipandang Oleh Tuhan

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • febi

    November 11, 2013 #1 Author

    TUHAN terimakasih krna TUHAN telah menjawab semua doaqu,,meski kadang aku ragu kepada MU,tapi aku yakin dan percaya KAU mengenal pribadi kami… jika doa kita belum terjawab jangan pernah kita brputus asa ,karna TUHAN punya rencana yg indah bagi kita…amin

    Reply

  • ENIVA

    August 13, 2013 #2 Author

    Sngguh besar setia Tuhan, nyta di spnjang hidupku,

    Tuhan aku benar2 sangat merasakan kuasa atas Doa2 yg sllu aku pnjatkn padaMu. engkau telah menunjukkan itu dlm diri ku pribadi, trimakasih kasih Tuhan atas kasih setia Tuhan yg tk prnah brhenti untuk selalu mengasihi ku, klwrga q dan tman2 ku. terlalu mahal kasihMu Yesus kau gantikan semua itu dngan suka cita ku.Bless the lord.

    Reply

  • scott

    August 9, 2013 #3 Author

    Yesus pokok dan kitalah caranya tinggal’ah ?ï dalamnya

    Reply

  • anton

    June 28, 2013 #4 Author

    syalom, Tuhan terima kasih utk setiap kesempatan Tuhan ijinkan utk menyapa Engkau
    tanpa mengenal waktu maupun tempat serta apapun yg hamba sampaikan, Engkau mendengar
    dan menjawab serperti janjiMu kpd setiap org yg percaya kepadaMu. dalam namaMu yg Kudus hamba megucap syukur. amin Jesus memberkati.

    Reply

  • maria

    May 4, 2013 #5 Author

    TUHAN YESUS pasti menolong kami.. karena sampai saat inipun kami masih ada karena hanya AnugerahMU ya BAPA.. tetap berdoa dan jangan ragu.. tidak ada yg mustahil bagi kita semua, khususnya kita orang percaya..

    saya yg dulu bukan orang percaya, dipilih TUHAN YESUS, karena itu saya sangat bersyukur atas hal itu, walaupun rintangan besar menghadang, dr cacian, makian, dll.. tp saya tetap yakin ada TUHAN YESUS bersama saya.. dan akhirnya semua indah..ada kuasa dalam nama TUHAN YESUS kita… JESUS Bless..

    Reply

  • christina sirait

    April 30, 2013 #6 Author

    percayalah segala sesuatu nya indah pada waktunya
    dengan iman percaya pada Bapa yesus Aminnnn…

    Reply

  • fritz

    May 10, 2012 #7 Author

    Tuhan, Ampuni Aku akan segala dosa-dosaku agar aku layak dihadapan-Mu

    Reply

    • Sugiayt

      May 11, 2012 #8 Author

      sungguh luarbiasa dengan adanya renungan ini kita bisa dikuatkan, diyakinkan dan yang lebih besar lagi kita dimenangkan. kita menjadi orang yang percaya diri di dalam Yesus Kristus. Amin

      Reply

  • ari situmorang

    May 9, 2012 #9 Author

    Doa yang penuh kuasa
    Puji Tuhan Allah Kita,… begitu besar kasih setiaNYA

    Hanya melalui doalah kita bisa mengucap syukur kepada Tuhan dan meminta pertolongan
    Filipi 4:6

    Reply

  • kiki jabat

    April 30, 2012 #10 Author

    Tuhan, ini aku.. Maafkanku karna sempat meragukan-Mu Tuhan Yesus. Bantu aku untuk jauh dari dosa-dosa itu..
    Terima Kasih Tuhan Yesus…

    Reply

  • TINA

    April 27, 2012 #11 Author

    Thanks GOD atas apa yang aku alami saat ini,, beban yang aku tanggung saat ini terasa sangat berat aku kecewa dan putus asa melalui renungan ini hari ini aku mendapatkan suatu kekuatan dari Engkau agar aku tidak mudah menyerah dan yakin berjalan bersama Tuhan….maka aku akan capai apa yang aku rindukan dalam hidup ini…Terpujilah Tuhan amiiin…

    Reply

  • yuli

    March 6, 2012 #12 Author

    haleluya..
    aku bner” pngen lbih serius lgi dlam berdoa. bnyak dosa yg terselip di hidup q. mungkin dosa itu yg menjaid penghalang aku.
    ampuni aku Yesus, aku ingin berjalan melalui jlan-Mu lagi.
    teman-teman bantu doa aku ya
    god bless

    Reply

  • matius dharmani

    February 14, 2012 #13 Author

    siiiiiiiiiiiip, banget dech..!!!!!! amen….12X ” Gereja tanpa doa seumpama tengkorak hidup ” bisa berjalan namun sebenarnya mati.

    Reply

  • DIAN SIRAIT

    February 2, 2012 #14 Author

    TERIMAKASIH TYUHAN YESUS BUAT HAMBAMU YANG BOLEH MEMBERKATI BANYAK ORANG SUPAYA LEBIH MENGENAL FIRMANMU DENGAN BENAR,TYM

    Reply

  • RMT

    January 4, 2012 #15 Author

    Amin…Ya Tuhan..Ampuni segala bentuk dari dosa-dosaku yang telah aku lakukan selama ini agar aku layak mendapatkan terang Mu dalam jalanku…

    Reply

  • emmanuel deallova

    November 15, 2011 #16 Author

    amen,,,,,,,terima kasih Tuhan ats kehidupan yng indah yg Kau tlah brikan ini……….

    Reply

  • santi

    November 5, 2011 #17 Author

    Memang benar.Disaat saya sungguh-sungguh berdoa maka apa yang saya minta akan saya dapatkan. Yesus memang luar biasa.sekarang saya lagi bergumul untuk satu hal yang saya inginkan.Walopun belum di jawab oleh Tuhan, tapi saya yakin bahwa Tuhan akan menjawab doa saya.itu keyakinan saya….karena kata penghotbah “SEGALA SESUATU ADA WAKTUNYA”.
    Amin…..

    Reply

  • noel SInaga

    July 5, 2011 #18 Author

    Tuhan……………..
    bantu lah aku melawati ini semua……..
    aku tak mau kehilangan orang yang aku sayangi lagi…………..
    tolong aku Bapa…….

    Reply

  • roscia

    June 5, 2011 #19 Author

    Kemuliaan dan Hormat hanya bagi MU ya TUHAN, kerana telah memberkati saudara Riva dalam ruangan pelita hidup. Saya percaya pasti ramai umat kristian akan diberkati melalui renungan ini.

    Reply

  • Sukanto Hadi

    April 21, 2011 #20 Author

    Haleluya !!! terpujilah Dia selama lamanya
    Renungan yang membuat kita dikuatkan, Terima kasih Tuhan !

    Reply

  • lina MS

    February 5, 2011 #21 Author

    Yesusku luar biasa dasyat, tanks God.Father name Jesus

    Reply

  • zipcoi

    August 27, 2010 #22 Author

    thx renungannya.. sangant memberkati..
    keep posting..
    JBU..

    Reply

  • Debora Enny

    July 21, 2010 #23 Author

    renungan anda sangat memberkati. JBU

    Reply

  • SELVI

    June 26, 2010 #24 Author

    Than’k,,,, renunganX sangat menguatkn.!!! GBU

    Reply

  • Ramal

    May 31, 2010 #25 Author

    Puji Tuhan…….berkat adanya pilita hidup kita semua smakin dikuatkan, bahwasanya Tuhan itu baik bahkan TERamat BAIK.

    Reply

  • MARIANCE

    May 29, 2010 #26 Author

    aku butuh rasa optimis dalam hidupku,karena begitu banyak harapan untuk masa depanku..
    tp rasa pesimis selalu menghantui ku.

    Reply

    • maria

      May 30, 2010 #27 Author

      u sama sama g….g jg lg sedang ingin keluar dari rasa pesimis g yang begitu besar…tapi msh blum tau caranya gimana

      Reply

  • rita

    May 19, 2010 #28 Author

    Yesusku Baik dan luar biasa

    Reply

  • Yonathan

    May 19, 2010 #29 Author

    Renungan yang luar biasa dan menguatkan..
    Praise The Lord~

    Reply

  • yasinta heni

    May 8, 2010 #30 Author

    Puji Tuhan setelah sy benar2hidup dlm pertobatan , selalu menjaga kekudusan hidup doa saya selalu dijawab Tuhan kalau dulu sy selalu cari orang lain u doain sy tapi Puji Tuhan skarang ini Tuhan pakai sy u mendoakan orang lain. Mknya sy nyesel knapa nga dulu2 hidup dlm pertobatan Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • laurensia gozali

    April 28, 2010 #31 Author

    Puji Tuhan, Allah kita memang baik, banyak kejadian dalam hidup saya merupakan bukti dari kuasa doa dan kemurahan hati Tuhan, tapi saya akui saya adalah manusia biasa, sangat sulit bagi saya untuk melupakan ,memaafkan dan mengampuni orang yang menyakiti saya, tapi saya terus-menerus berdoa dan meminta kuasa pengampunan dari Tuhan untuk melunakkan hati saya yang keras agar dapat mengampuni musuh-musuh saya, dan alangkah terpananya saya, karena saya menyaksikan mujizat Tuhan terjadi berulan-ulang dalam hidup saya.TUHANLAH KEKUATANKU.

    Reply

  • hendrik

    April 11, 2010 #32 Author

    Haleluya…..
    Sungguh baik Allahku, Ia tdk pernah lelah mendengar & mengabulkan semua keluh kesahku di dalam doa, Dia slalu ada…….

    Reply

  • Pingkan

    March 11, 2010 #33 Author

    Syukur kepada TUHAN….
    Dengan doa qt bisa meminta,walaupun qt seperti pengemis di hdpan TUHAN,..kita harus tetap brdoa,krn kpd siapa qt hrs meminta.
    Krn firman brkata: Mintalah…..
    dengan iman TUHAN yg mengerjakan.amin

    Reply

  • jan

    March 1, 2010 #34 Author

    Terpujilah Tuhan kita firmannya hidup untuk kita saya masih belajar untuk mengerti dan membaca
    firmanNya biarlah Tuhan menyertai dan membimbingku kejalan yang benar.Amin

    Reply

  • eliz

    February 7, 2010 #35 Author

    Puji Tuhan..firman Tuhan yang amat ringkas tapi tepat dan padat sekali..saya senang memahami bacaan ini..terima kasih Pdt.Riva….saya akan terus menerus belajar dari sharing ini…God bless all…

    Reply

  • Jimmy

    January 30, 2010 #36 Author

    Renungan doa yang simple, sederhana namun memuat pesan yang kuat buat saya tentang doa dan pentingnya saling mendoakan.

    Reply

  • suhartono susilo

    January 27, 2010 #37 Author

    renungan yang luar biasa bagus,walau tampaknya biasa ,tetapi ini adalah renungan yang membawa berkat,dan dapat memberkati,thanks renungannya .GBU

    Reply

  • John Tjhia

    December 17, 2009 #38 Author

    Doa sangat perlu bagi orang percaya , baik senang maupun susah kita harus tetap berdoa karena doa adalah nafas hidup bagi orang percaya,amin.

    Reply

  • agung

    December 10, 2009 #39 Author

    thanks….sangat memberkati…

    Reply

  • danualdi

    October 19, 2009 #40 Author

    dalam hdp psti ad sesuatu memori yg trsimpan..tpi nenori it tlah hilang dn smpai saat in ak blm utk mengiklas`kan

    Reply

  • danualdi

    October 19, 2009 #41 Author

    ak mta do`a keiklas`san donk

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *