Pelita Hidup Jangkau Dunia

Memiliki Hati Yang Dipandang Oleh Tuhan

 memiliki-hati-yang-dipandang-oleh-tuhanTetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati. ” 1 Samuel 16:7

Ketika Tuhan mengutus Samuel untuk mengurapi salah satu anak Isai untuk menjadi Raja Israel, Tuhan tidak memberi tahu sebelumnya anak yang bernama siapa yang harus diurapi. Ketika Samuel melihat anak Isai yang gagah perkasa, maka Samuel langsung mengambil kesimpulan bahwa anak itulah yang cocok menjadi raja. Tetapi ternyata Tuhan berfirman lain.

Tuhan mengingatkan Samuel untuk tidak melihatnya secara fisik, tetapi lebih kepada hatinya, karena Tuhan sendiri juga melihat apa yang ada dalam hati manusia. Bahkan kita mengetahui cerita ini bahwa Daud-lah yang dipilih Tuhan untuk diurapi menjadi Raja Israel. Padahal pada saat itu Daud masih muda sekali dan tidak memiliki penampilan seperti calon Raja.
*courtesy of PelitaHidup.com
Kecenderungan manusia selalu menilai dari apa yang kelihatan oleh mata, baik itu fisik, posisi/jabatan, harta kekayaan, hubungan sosial dan lainnya. Oleh karena itu juga manusia cenderung untuk melakukan sesuatu agar bisa diterima oleh lingkungannya. Bahkan sebagian orang rela untuk menghalalkan segala cara agar mereka menjadi orang yang bisa “dilihat/dipandang” oleh lingkungannya. Mereka ingin diakui keberadaannya.

Bukan demikian ketika kita sudah mengenal Yesus. Tuhan mau agar kita tidak menetapkan standar secara apa yang kelihatan oleh mata. Bahkan kita tidak perlu bersaing untuk mendapatkan “pengakuan” oleh lingkungan kita. 

Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka.” Yak 2:1



Sebab Allah tidak memandang bulu.” Rom 2:11

Tuhan yang kita sembah bukanlah TUhan yang memandang muka dan membeda-bedakan wajah, status dan keadaan kita. Dan kalau kita benar-benar menjaga hati kita di hadapan Tuhan, maka Dia yang setia dan adil akan melihat segala perbuatan kita. 
*courtesy of PelitaHidup.com
Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela.” Maz 84:12b

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Dia tidak akan menahan kebaikannya bagi setiap orang yang bersungguh hati kepadaNya. Bahkan promosi sekalipun datangnya dari Tuhan, “TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia” Ul 28:13.
*courtesy of PelitaHidup.com
Bahkan segala kekurangan dan kesalahan yang diperbuat di masa lampau juga tidak boleh dijadikan halangan bagi kita untuk datang kepadaNya. Tuhan sendiri juga tidak memilih siapa saja yang boleh datang kepadaNya, apakah dia itu pendeta atau aktivis saja, tetapi Tuhan menerima setiap orang yang mau datang kepadaNya. TanganNya selalu terbuka. Keadaan kehidupan yang penuh dosa juga hendaklah diakui di hadapanNya, dan berserah sepenuhnya kepada Yesus.

Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Rom 8:38-39

.

Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 6 respon

  1. ya Bapa, tetap 0berikan bimbinganmu dihari hamba nengikuti test hr esok kiranya Tuhan buka tabir kesulitan sehingga kemudahan yg hamba terima.amin..jbu

  2. Ya Tuhan ampunilah hati hambaMu ini, karena seringkali hambaMu ini tidak percaya Engkau mengasihi hamba. karena hamba sering merasa tak pantas untuk memohon padaMu. itu disebabkan hamba pernah mengecewakan dan mendukakan hati Engkau dimasa lalu, walaupun demikian Engkau senangtiasa memberikan segala keperluan hamba. Amin

  3. Ya Tuhan ampunilah hati hambaMu ini, karena seringkali hambaMu ini tidak percaya Engkau mengasihi hamba. karena hamba sering merasa tak pantas untuk memohon padaMu. itu disebabkan hamba pernah mengecewakan dan mendukakan hati Engkau dimasa lalu, walaupun demikian Engkau senangtiasa memberikan segala keperluan hamba. Amin

  4. MUSTIKAWATI BUNTORO
    Thursday 22 March 2012, 11:52 pm

    Kita serius memperhatikan penampilan kita ,tapi kurang serius menata dan memperbaiki penampilan HATI ini ,TUHAN YESUS ampuni saya yg bodoh ini .

  5. hati yg tdk berperasangka buruk baik kpd Tuhan dan sesama manusia

  6. […] Harian sebelumnya: Memiliki Hati Yang Dipandang Oleh Tuhan Suka artikel ini? Bookmark […]

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: