Pelita Hidup Jangkau Dunia

Bersyukurlah Kepada Tuhan

bersyukurlah-kepada-tuhan Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.” Mazmur 118:1

Masih ingatkah Anda kapan terakhir kali Anda bersyukur kepada Tuhan? Mungkin kita tidak menyadari bahwa sudah cukup lama kita tidak mengucapkan syukur lagi kepada Tuhan. Atau kita merasa bahwa segala apa yang kita perbuat adalah hasil dari usaha dan kerja keras kita sendiri, jadi untuk apa kita bersyukur kepada Tuhan?

Mungkin sebagian dari kita berkata bahwa sudah sekian lama juga berdoa dan berharap kepada Tuhan, tetapi tidak juga menerima jawaban atas segala masalah, jadi untuk apalagi kita berharap dan bersyukur kepadaNya?
*courtesy of PelitaHidup.com
Banyak hal yang bisa membuat kita tidak lagi bersyukur kepada Tuhan. Melalui keadaan, masalah, pekerjaan, keluarga dan banyak lagi yang bisa membuat kita justru malah bersungut-sungut di hadapan Tuhan. Bahkan sebagian orang menyalahkan Tuhan atas apa yang mereka alami dalam kehidupannya. Mereka merasa bahwa Tuhan tidak adil bagi mereka.

Padahal, kalau kita mau merenung sejenak, kita akan menyadari bahwa masih banyak yang bisa kita syukuri dalam kehidupan kita. Mungkin saat ini kita belum mendapatkan apapun yang menjadi keinginan kita. Tetapi ketika kita mencoba melihat ke “bawah”, masih banyak orang lain yang lebih menderita dari apa yang kita alami saat ini. Kalau kita masih mempunyai keluarga, kita masih beruntung dibanding sebagian orang yang sudah tidak mempunyai keluarga lagi. Atau bagi yang masih memiliki pekerjaan ataupun bisnis, masih jauh lebih beruntung dibanding dengan mereka yang terkena PHK atau belum mendapat pekerjaan.

Kalau kita masih memiliki anggota tubuh yang lengkap dan sehat, kita seharusnya merasa lebih beruntung dibanding dengan yang mengalami cacat tubuh atau sedang menderita suatu penyakit. Tetapi pada kenyataannya malah ada sebagian orang cacat maupun yang sedang sakit bisa jauh lebih bersyukur dan mengukir prestasi yang luar biasa.



Kita harus menyadari bahwa selalu ada yang bisa dibandingkan jika memang kita sendiri mau membanding-bandingkan kehidupan kita.

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” 1 Tes5:18.
*courtesy of PelitaHidup.com
Apapun kondisi dan masalah yang kita hadapi, entah itu baik ataupun buruk, Tuhan menginginkan agar kita senantiasa mengucap syukur. Bersyukur dengan apa yang masih kita miliki saat ini. Bersyukur kalau kita masih bisa menikmati hidangan walaupun sangat sederhana. Kalaupun kita diberkati dengan harta kekayaan, tetaplah ucapkan syukur kepada Tuhan oleh karena semuanya itu ada.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Mengucap syukur juga jika kita belum menemukan pasangan hidup yang sesuai. Mengucap syukur jika pekerjaan yang kita inginkan belum didapatkan.
*courtesy of PelitaHidup.com
Ucapan syukur bukan hanya dinaikkan ketika kita mendapat berkat dari Tuhan, entah itu promosi jabatan, rumah baru, mobil baru, wisuda sekolah, dan lainnya. Tetapi ucapan syukur harus dinaikkan di dalam segala keadaan. Bahkan di dalam keadaan yang paling buruk-pun kita harus tetap mengucap syukur kepada Allah.

Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepada-Mu, Allahku, aku hendak meninggikan Engkau.” Maz 118:28

.

Renungan Harian sebelumnya: Kunci Rahasia Meraih Kemenangan Dalam Setiap Masalah


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 4 respon

  1. bersyukur sesuatu yg mudah dilakukan ketika kt mendapatkan apa yang diinginkan, tp sulit dilakukan ketika yg terjadi adalah sebaliknya. namun ketika kita bersyukur pd saat terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan walau sulit untuk melakukannya, tapi yg kt rasakan ada ketenangan & damai sejahtera.
    Ada kalimat yg pernah saya baca dan saya ingin bagikan buat semua ” Ketika hati kita di penuhi dengan penyesalan akan masa lalu, dan kekuatiran akan masa depan, maka kita tidak memiliki hari ini untuk di syukuri” Maka BERSYUKUR lah……Jbu

  2. Manusia punya kecenderungan lupa cara yang paling efektive adalah dalam mengingat kebaikan Tuhan adalah dengan sering mengucap syukur, setuju ?

  3. Shalom Nie,
    Ucapan syukur memberikan kekuatan yang luar biasa dalam segala kelemahan yang kita alami.
    Sebesar apapun masalah/problem yang kita hadapi, dengan mengucap syukur maka kita membiarkan kuasa Tuhan yang bekerja atas hidup kita.
    GBU

  4. setujjjuuu… jadi inget film facing the giant…
    gw selalu berusaha mencoba untuk selalu bersyukur buat apapun juga yang terjadi dalam hidup gw…karena akhirnya adalah segala sesuatu itu adalah yang terbaik yang diberikan Tuhan Yesus buat gw…dan sekarang gw berusaha untuk tetep ingat Tuhan meski sedang dalam masalah besar…
    Puji Tuhan…Gbu… n_n

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: