Pelita Hidup Jangkau Dunia

Kunci Rahasia Untuk Meraih Kemenangan Dalam Setiap Masalah

kunci-rahasia-untuk-meraih-kemenangan-dalam-setiap-masalahOrang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” Amsal 16:32

Masalah merupakan hal yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Selama kita masih hidup kita tidak akan lepas dari masalah. Bahkan ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat kitapun, kita akan tetap menghadapi masalah demi masalah.
Tetapi ketika hidup di dalam Yesus, Dia akan memberi kita kekuatan untuk dapat menghadapi dan menyelesaikan masalah. Dia berjanji untuk senantiasa memberi kemenangan demi kemenangan dalam setiap masalah kita. Dengan demikian, kita tidak perlu kuatir menjalani kehidupan ini. Tetapi pada prakteknya tidak semudah yang kita bayangkan.
Kita perlu mengetahui apa yang menjadi kunci rahasia untuk meraih kemenangan dalam setiap masalah.

Apakah kunci rahasia untuk meraih kemenangan dalam setiap masalah?
*courtesy of PelitaHidup.com
1. Sabar

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan” Ams 17:32a
Masalah yang bertubi-tubi datang membuat kita ingin agar masalah dapat cepat terselesaikan. Kita selalu menginginkan jawaban yang instan dalam kehidupan kita. Sehingga pada akhirnya, jika tidak ada pilihan lain, kita mulai mencari jalan pintas. Kita mulai menghalalkan cara-cara yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan.
Kita mulai berkompromi dengan kehidupan dosa. Iblis senantiasa mencari kesempatan melalui masalah yang kita hadapi untuk dapat menjatuhkan kita. Iblis selalu ingin menyeret kita untuk jatuh ke dalam dosa.

Firman Tuhan mengajarkan kita untuk menjadi orang yang sabar. Orang yang sabar bagaikan seorang pahlawan. Seorang pahlawan adalah seseorang yang berjasa bagi orang/pihak tertentu, seorang yang mempunyai kekuatan untuk meraih kemenangan, seorang yang punya kemampuan untuk mengalahkan musuh dan seorang yang mampu memimpin orang banyak untuk memenangkan pertempuran.
Ketika kita menanti jawaban Tuhan dengan sabar, maka Dia yang adalah setia akan selalu menolong kita tepat pada waktunya. Dan pada akhirnya kita akan dapat menyelesaikan masalah demi masalah dengan kekuatan yang dari Tuhan dan meraih kemenganan bagi masalah kita.


2. Kuasai Dirimu

Orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” Ams 17:32b
Seringkali dalam menghadapi masalah, kita cenderung berada dalam posisi yang tertekan. Hal ini mengakibatkan emosi kita naik dan menjadi mudah marah. Orang-orang di sekeliling kita akan mudah sekali kena efeknya, entah itu keluarga, suami, istri, kakak, adik, teman, rekan kerja dan lainnya. Ada kecenderungan untuk mencari-cari kesalahan. Bahkan hal-hal masa lalu yang tidak perlu diungkitpun juga ikut terungkit kembali.
Kemarahan sering muncul ketika kita berada dalam masalah. Apalagi jika masalah yang satu belum selesai, kemudian datang lagi masalah-masalah lainnya. Seakan kepala akan meledak rasanya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Kitab Amsal mengajarkan kita untuk menguasai diri dan menjadi lambat dalam amarah. Ketika kita mau belajar untuk mengendalikan amarah dan emosi kita, kita melebihi orang yang dapat menguasai sebuah kota dalam suatu peperangan. Kita dapat menguasai segala masalah berat apapun yang kita hadapi. Kita akan dapat menyelesaikan masalah dengan pikiran yang jauh lebih jernih. Sebagian besar keputusan yang diambil pada waktu emosi adalah keputusan yang akan berakibat buruk bahkan fatal. Oleh karena itu perlu sekali bagi kita untuk dapat mengendalikan emosi kita. Jangan sampai kita mengambil keputusan yang akan disesali di kemudian hari.
Amarah tidak akan membawa kepada penyelesaian masalah, melainkan akan menjadikan masalah semakin rumit. Tetapi kepala yang dingin akan sangat membantu sekali dalam menghadapi masalah.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.” 1 Pet 4:7b. Marilah kita menguasai diri dalam keadaan berat apapun yang dialami, sehingga kita sanggup meraih kemenangan.
*courtesy of PelitaHidup.com
Firman Tuhan banyak sekali memberi rahasia untuk meraih kemenangan dalam berbagai masalah kehidupan. Di atas telah kita lihat beberapa di antaranya. Dengan menjadi sabar dan menguasai diri maka kita memiliki kunci rahasia untuk meraih kemenangan dalam setiap masalah.

Renungan Hidup sebelumnya: Menjaga Sumber Kekuatan Di Dalam Hidup Kita


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 22 respon

  1. Jantianus Surbakti
    Wednesday 15 May 2013, 9:06 am

    Saya sungguh diberkati lewat renungan ini karena topik tersebut merupakan salah satu kelemahan saya sehingga saya tidak bisa kepenuhan Roh Kudus, mohon saya didoakan agar dapat menguasai diri, tdk gampang marah dan tetap tenang..Gbu

  2. Syukur pada Tuhan! dengan membaca firma ini saya diberi kekuatan dalam menghadapi malasah yang beitu buanyak . baik pribadi, keluarga. Semoga Tuhan senang tiasa memberikan kesabaran dan kekuatan serta hikmat. Amin.

  3. orang yang tidak sabar dan tidak dapat menguasai diri tidak akan mendapat berkat Tuhan

  4. Terima kasih, setelah membaca renungan teman2 saya semakin kuat menghadapi pergumulan di dalam masalah saya ?°???°??°???°??°???°?
    ?°ALLAH ??ß??SS?? ???°?
    ?°???°??°???°??°???°?..

  5. Trims buat renungan yg indah dan yg menguatkanku,,,,
    TUHAN YESUS MEMBERKATI kita smua, AMIN.

  6. trima kasih Tuhan atas hidup dan kesempatan yang masih ada untuk saya hari ini, berilah saya hati yang sabar dalam menjalani hari-hari yang masih Kau beri . . . . , jadikan hamba yang sabar dalam segala hal. amin

  7. Ketika anda punya masalah, bersyukurlah…percayalah masalah yang anda hadapi adalah rentetan kesaksian yang Tuhan berikan dan Tuhan mau anda dapat membagikan keorang lain…tu jadi kekuatan, berkat yang luar biasa…..GBU All

  8. Tuhan trimakasih untuk firmanMu yang terus menguatkan aku. namun saat ini aku bingung, sebab aku tak tahu apakah rencana yang saat ini ingin kami lakukan benar dihadapanMu! namun jika ada jalan lain yang menurut Tuhan lebih baik, mohon Tuhan tunjukan bagi kami, dan jika inilah jalan yang harus kami ambil mohon Tuhan campur tangan didalamnya agar tak terjadi malapetaka dalam dirinya. Tuhan aku percaya Engkau takan membiarkan umatmu terus tenggelam dalam lautan penderitaan, untuknya aku sebagai hamba memohon agar Tuhan terus berkarya dalam setiap masalah yang kami hadapi saat ini. karna hanya Engkau yang mampu membuat keajaiban dalam hidupku. Amin

  9. Tuhan terimakasih ats berkat yg berlimpah yg telah Engkau beri pada hamba mu ni sehingga bisa menjalani hidup ini dgn lebih baik.Engkau tahu Tuhan dlm perjalanan hidupku yg berliku2 Engkau tetp setia mendampangi aq wlupun kadang2 aq lupa u/ tetp bersyukur.semoga aq tetap kuat & tetp bersemangat dlm menjalani hidup wlpun kdang2 org2 disekitar aq memandang rendah padaku dgn kekurangan yg punya.kr aq percaya dibalik kekurangan yg aq punya pasti ada kelebihan yg bisa aq kembangkn u/ masa depan aq kelak nnti.Amen.

  10. Tuhan Jesus ajar aku agar aku dapat selalu bersabar dalam setiap permasalahn yang aku hadapi sehingga aku bisa kuat dan melihat kemuliaanmu dalam setiap pergumulan hidupku.Tuhan Jesus kutau sungguh engkau adalah satu-satunya Allah yang hidup yang mampu melakukan setiap mujizat dalam setiap perkara hambamu ini, aku undang engkau roh kudus agar selalu hadir dalam setiap nafas hidupku biarlah roh ini selalu menyalanyala dan melayani engkau selamalamanya…dalam kesesakan aku berseru padamu dan engkau membaringkan aku dipadang rumput yang indah dan dalam Jesus aku percaya apapun yang aku hadapi hari ini adalah kehendakmu saja…dalam Jesus aku berdoa biarlah apapun yang menjadi kehendakmu terjadi atasku karena aku tau rancangan hidup yang indah sudah Tuhan sediakan bagiku dan beri aku roh takut akan Tuhan agar selalu setia dijalanmu…kuatkan aku Tuhan untuk menanti hari indah yang tlah kau sediakan bagiku…Amen…Tuhan memberkati:)

  11. Kemuliaan bagi Tuhan di tempat yang maha tinggi dan damai sejatera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya

  12. Sabar adalah salah satu kunci kesuksesan dan meraih kemenangan,…
    Tuhan Yesus telah sabar dalam penderitaan-Nya sampai mati di kayu salib,…
    dan akhirnya juga Ia berhasil dan menang mengalakan maut,…Puji Tuhan,…
    Saatnya kita mencontoi Tuhan kita Yesus Kristus dalam menghadapi tantangan hidup ini,…
    Anak Tuhan harus tetap Semangat,…

    ,…………………………………………………… Tuhan Yesus memberkati

  13. Tuhan berfiran supaya kita sabar dalam penderitaan. Karena sesungguhnya Tuhan punya jalan keluar u setiap masalah yang kita hadapi. Tidak ada perkara yang terlalu kecil u ditiadakan, dan tidak ada perkara terlalu besar sehingga Tuhan tidak dapat menyelesaikannya. Sesungguhnya Tuhan menginginkan agar kita lebih bertekun di dalam doa dan percaya Tuhan punya rencana yang indah. Tunggu saatnya akan tiba……all blessing

  14. Saat menghadapi masalah,kt sering kali b’sungut2 seakan merasa bahwa Tuhan tak perduli.Tp sadarilah bhwa mel masalah,Tuhan mau menunjukkan mujizatNya bg hdp kt.sebesar apapun mslh kt,jika kt serahkan semua kpdNya,pasti semua akan terselesaikan.biarlah Tuhan yg bkrja bg hdp kt.amin

  15. Masalah adalah bagian daripada hidup..Untuk itu harus dijalani.Karna Allah merancang kita bukan lari dari masalah tapi menghadapi masalah…

  16. Dear Juno,
    Tangan Tuhan senantiasa terbuka bagi setiap umatNya yang rindu untuk datang kepadaNya.
    DarahNya telah menebus setiap dosa kita dan bilurNya telah memberi kekuatan bagi setiap kita yang lemah.
    Terus berakar di dalam Tuhan. Ikut aktif dalam ibadah-ibadah yang ada supaya saudara-saudara seiman dapat memberi support baik secara moril maupun doa.
    GBU

  17. Semoga Tuhan bntuk q sesui dengan kehedak-Nya,imanq lemah,sehingga q srg tak kuat mlawan Arus dunia ini,TUHAN ampunilah atas segala dosaq,dan berilah q kekuatan-MU,untuk bs jd anak-MU yg baik

  18. Tuhan melihat setiap ketulusan hati umatNya. Dia akan memberikan kekuatan bagi umatNya yang rindu untuk melakukan kehendakNya.
    Keep the faith…

  19. TUhan ..ampuni aQ ,,sering kali aQ melanggar akan perintah firmanakan mu ,,senang akan dunia ini ,,,ampuni aku karena ketidak sabaran ku dalam segala hal,,,

    kawal aQ TUHAN ,,,,,

  20. Aq org yg paling tdk bisa sabar, maunya tiap masalah cepat selasai dengan dan tanpa pertolongan Tuhan,tapi sekarang aq mau brusaha sabar dan menguasai diri q agar aq bisa menjadi pahlawan setidaknya bagi diru q sendiri.

  21. [...] Harian sebelumnya: Kunci Rahasia Meraih Kemenangan Dalam Setiap Masalah Suka artikel ini? Bookmark [...]

  22. TUHAN YESUS ajarkan saya untuk menjadi sabar dan mampu untuk menguasai diriku agar aku dapat berdoa sehingga aku mendapat pertolonganMU yang ku tunggu . amin

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: