Pelita Hidup Jangkau Dunia

Berjalan Dalam Kebenaran

 

berjalan-dalam-kebenaran“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.” Mazmur 119:9

Perkembangan jaman dan kemajuan teknologi pada saat ini mempunyai pengaruh yang besar sekali terhadap pertumbuhan anak muda. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak muda senantiasa mengikuti perkembangan mode dan tren terbaru, dan berusaha untuk bisa menjadi pusat perhatian dari lingkungannya. Anak-anak muda akan berusaha agar dapat diterima oleh lingkungan pergaulannya, sehingga apapun yang teman-temannya sedang lakukan akan mereka ikuti.
*courtesy of PelitaHidup.com
Pengaruh dari pergaulan sangat kuat sekali kepada anak muda. Kecenderungan emosi yang masih labil dan masih dalam kondisi untuk mencari jati diri akan membuat mereka mencoba-coba apa yang mereka lihat dan rasakan. Oleh karena itu anak muda perlu ekstra hati-hati dalam pergaulannya, karena masa depan mereka akan dipengaruhi dari apa yang dilakukan pada masa muda.

Tuhan ingin agar anak-anak muda dapat tetap berjalan dalam kebenaran. Pergaulan memang tetap dibutuhkan, tetapi anak muda harus tetap berada dalam pergaulan yang sehat dan positif.

Bagaimana agar anak-anak muda dapat tetap berjalan dalam kebenaran?



1. “Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu” Mazmur 119:9b
Firman Tuhan adalah perisai dan filter yang paling ampuh bagi anak muda untuk dapat tetap berada dalam pergaulan yang positif. Ketika anak muda tidak hidup sesuai dengan firman Tuhan, maka iblis akan berusaha mempengaruhi kehidupan anak muda. Segala cara akan dilakukan oleh si jahat agar anak muda dapat terjerumus ke dalam dosa. Pada awalnya si iblis akan menawarkan kenikmatan, tetapi pada akhirnya hidup anak muda akan dihancurkan sehingga masa depan mereka menjadi berantakan.

“Hai orang-orang yang takut akan TUHAN, percayalah kepada TUHAN! –Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka.” Maz 115:11.
*courtesy of PelitaHidup.com
Dengan hidup sesuai dengan firman Tuhan, maka Tuhan akan menjadi perisai bagi anak muda. Dia akan memberi perlindungan terhadap segala tipu muslihat si iblis. Tidak ada cara lain yang dapat dilakukan untuk dapat menghindari akal bulus si iblis. Hanya dengan menjaganya sesuai dengan firman Tuhan, maka anak-anak muda dapat tetap aman dalam pergaulan.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

2. “Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.” 1 Kor 15:33
*courtesy of PelitaHidup.com
Dengan siapa anak muda bergaul, seperti itulah anak muda akan terbentuk. Jika bergaul dengan teman-teman yang pintar, aktif dalam kegiatan positif, takut akan Tuhan dan rajin beribadah, maka anak muda akan ikut menjadi seperti teman-temannya itu.

Tetapi jika anak muda bergaul dengan teman-teman yang mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok, bolos, pergaulan bebas, kehidupan malam, perkelahian, pemberontakan terhadap orang tua, pencurian, narkotika dan obatan-obatan; maka tinggal menunggu waktu sampai kebiasaan mereka akan menjadi sama dengan teman-temannya itu.

Memilih teman merupakan hal yang sangat penting bagi anak muda. Bukan berarti anak muda harus sombong dan tidak perlu mengenal orang lain, anak muda tetap perlu bergaul secara luas. Maksud dari teman disini adalah orang lain yang dapat dijadikan sebagai orang yang ditemui hampir setiap hari, orang yang menjadi tempat untuk mencurahkan isi hati, orang yang dapat mengerti kesukaan, orang yang dapat “nyambung” dalam pembicaraan, orang yang dapat diajak jalan-jalan ke tempat yang disukai dan lainnya. Oleh karena orang itu juga yang akan mempengaruhi kehidupan anak muda, maka penting sekali bagi anak muda untuk “memilih ” dengan siapa ia dapat bergaul.
Artikel sebelumnya: Mensyukuri Karya Yang Luar Biasa Dalam Hidup Kita


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 34 respon

  1. Luar biasa…

    Pemuda Kristen ttp semangat dan teruslah berkarya di Di dalam Tuhan….

    Excellent ..
    Gbu al

  2. Artikelnya keren abissss……. keep on growing in Crist…… to be excellent youth…… thanks a lot all. Gbu…….

  3. Keren abis………
    Artikelnya membawa anak-anak muda ke dalam cara hidup yang tepat……. to be excellent youth, thanks for all. gbu

  4. Amin. Artikel diatas begitu memotifasi khususnya bagi muda-mudi kristen agar tetap menjaga kualitas iman. Karena muda-mudi merupakan Tulang punggung Gereja untuk membangun Tubuh Kristus didunia ini. Damai sejahtera bersama kita. Gbu all.

    Ridward efendi Sintang Kalbar

  5. mantap….. sungguh memberkati… GBU

  6. ponco hadi suberkah
    Thursday 17 May 2012, 7:18 pm

    Terima kasih buat renungan nya telah memberkati dan meng inspirasi dan memberkati teman – teman saya juga.

  7. Terima kasih pelita hidup, sungguh ini dapat menjadi berkat bagi kita semua.Tuhan memberkati…

  8. Saudaraku didalam Tuhan Yesus,terima kasih untuk pelayanan Saudara. Tuhan Yesus memberkati Saudara dalam melayani umat-Nya.

  9. terimah kasih pak Riva, saya senang membaca tulisan-tulisan bapak, termasuk yang satu ini. banyak menulis pak, supaya kami semua mendapat berkat dari tulisan bapak. Tuhan Yesus memberkat bapak bersama seisi keluarga, amin.

  10. MUSTIKAWATI BUNTORO
    Tuesday 29 November 2011, 9:46 pm

    Masa muda adalah masa yg TERBAIK kita berikan pada TUHAN ,ENERGIK ,PENUH SEMANGAT dan tahu apa yg mesti dilakukan ,hingga BUKAN PENYESALAN YG MUNCUL DIMASA TUA ,tetap setia sampai akhir.trim.

  11. alamak..ruang chat ada sdh pula..hahah..sory2 rabun ne hahha..:-)

  12. tq, untuk semuanya..kerana melimpakan berkat kepada kami yg haus akan firman TUHAN..
    harus di teruskan….

    cadangan saya…tambah lagu2 rohani MP3 dalam blog ini..supaya para pembaca dapat mendengar lagu rohani sambil membaca…heheh :-)…hanya cadangan…kalau boleh ada ruang chat..vedio sekali la…dan paling menarik ada DJ ..heheh…GOD Bless all…like2…

  13. Terima kasih pelita hidup,.dgn pelita hidup bisa memberikan motivasi utk qt smua.trutama bagi kaum muda mudi..tetp terus berkarya..God Bless

  14. teruslah berkarya bagi Tuhan maka jerih lelahmu tidak akan sia-sia. Tuhan Yesus senantiasa memberkati PELITA HIDUP

  15. Semoga Tuhan Memberkati.

  16. I think this article is very blessing..^_^
    jd sy harap semua yang membacanya..harus sentiasa mengingati dan melakukannya…
    agar kita sbgai org pcaya hidup menurut firman Tuhan
    (bukan sekadar membaca)
    *dan selidiki la hati kita selalu…(adakah kita hidup menurut firman Tuhan)
    ^_^ renungkanlah^_^
    God bless u all…

  17. Bagi pasangan Kristen, marilah kita beri contoh kepada anak-anak kita, tunjukan bahwa apa yang telah Tuhan pilihkan adalah baik adanya, sehingga para pemuda dan pemudi mereka dapat saling mencari pasangan yang seiman. Amin.

  18. Puji Tuhan, dalam jaman yang serba canggih ini, saya sangat bersyukur, masih ada bacaan yang sangat bermutu kusunya bagi anak muda, jangan kemana-mana isilah hati dan pikiranmu dengan Firman Tuhan, pasti engkau akan menjadi pemuda dan pemudi yang dasyat dalam rancangan dan rencana Tuhan kita Yesus Kristus.Shalom.

  19. Salam Sejahtera dalam KRISTUS YESUS,
    saya sangat setuju,
    sebagai generasi muda kita harus bercermin pada kebenaran yang hakiki yang diberikan KRISTUS YESUS bagi kita. semoga kita dapat benar2 menjadi gambar yang dipakai KRISTUS YESUS untuk umat manusia disekitar kita.
    I M A N U E L !!!

  20. SYALOM SAYA SANGAT DIBERKATI DGN ARTIKEL INI NAMUN MARI KITA MEMBANGUN BERSAMA MUDAMUDI KRISTEN

  21. yuuuppps bener bgt…zaman skarang susah bgt bwat ank2 muda berjalan dalam kebenaran…bnyak rintangan yg menghalangi …tpi sbgai ank muda yg knal Tuhan Yesus Qt hrus bsa melewati berbagai mcam tantangan tersebut…thx…GBu

  22. artikel yg sangat membantu pertumbuhan iman kita semua

  23. saya ucap terima kasih buat bpk Riva yang sudah mengirimkan renungan.

  24. saya diberkati utk hidup dalam kebenaran banyak tantangan tapi bersama dengan Tuhan kita bisa

  25. salom… saya sngat dberkati dgn dgan smua tlisanx pak riva.. saya ingin sekali copy tapi tdk bs.. bisakah saya mendapat bukux pak riva tentang 100 artikel terbaik itu? thanx..

  26. jamesaldo31 blo9
    Monday 24 May 2010, 1:46 pm

    anak muda punya potensi yang besar…ayoo semangat youthh …!!!
    we more than winner…

    salam kenal. GBU

  27. Haleluyahhh!!!!!]

    Terpujilah Tuhan dengan segala kelakuan anak muda yang mau diubahkan mejadi lahir baru yang hidup menurut FirmanNYA yang akan hidup berjalan dalam kebenaran…
    mari kita tingkakan Iman dan kepercayaan kita kepada Tuhan Yesus agar senantiasa kita hidup dalam kebenaran ” GBU all ”

    rina

  28. Amen!!!…hidup kita boleh membawa pengaruh yang baik atau buruk kepada teman di sekeliling.. kita sebagai orang2 percaya punya tanggungjawab untuk menyatakan kehidupan yang memberkati dan menjadi pengaruh yang baik dan teman yang boleh membawa orang melihat kepada jalan yang lebih baik…namun kita tidak dapat melakukanya dengan mengandalkan diri sendiri,,,tetapi kita dapat/bisa melakukanya dengan hidup berlandaskan Firman Tuhan!!! gaya/cara hidup kita adalah khotbah yang yang ampuh untuk Menyatakan pekerjaan Tuhan dalam kehidupan kita kepada orang lain!!! terima kasih !!!

  29. Amen…! Firman Tuhanlah yg menjadi teladan bg anak anak muda…Mari menangkan anak muda bg KRISTUS…

  30. Amien,,,, Artikel Ini sangat Luar Biasa……….
    pasti orang yang menulis inipun sangat di pakai Tuhan dengan luar biasa……
    Keep On Fire……..
    Supaya banyak Jiwa yang dapat di menangkan….HALELUYA
    JBU.

  31. Artikel di atas sangat2 berpengaruh dalam mengubah masa depan muda mudi kristen yg slama ni terlena akan kemewahan duniawi.maju trus pemuda kristus.

  32. anak muda akn dipakai Tuhan luar biasa,bila mau dibentuk en mau diubahkan.firman Tuhan emang pedoman yg tepat utk mjd laskar2 kristus masa kini.maju terus umat pemenang,maju terus anak muda.jaga hati,jaga kekudusan en tetep cinta Tuhan.Gb tt,wirobrajan

  33. Amen. Tulisan di atas sangat bermanfaat bagi kaum muda masa kini. Semoga damai Tuhan senantiasa beserta kita

    Albert
    Timor Leste

  34. Artikel ini sungguh memberkati saya…GBU

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: