Pelita Hidup
“Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan,...

3-kunci-mendapatkan-kekuatan-di-masa-sukarSekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.” Habakuk 3:17-19

Habakuk hidup pada jaman dimana bangsa Israel ditindas oleh musuh-musuhnya. Bukan hal yang mudah baginya untuk dapat terus mempertahankan imannya. Masa-masa yang sukar dimana musuh senantiasa menindas, membuat semua aspek kehidupannya terpengaruh. Ladang yang biasanya menjadi tempat yang mendatangkan penghasilan dan merupakan tempat tumpuan bagi penghidupannya tidak lagi membuahkan hasil. Ternak yang menjadi harta kekayaannya terhalau dari kurungannya. Tidak ada lagi simpanan baginya. Sedangkan dia mempunyai kebutuhan yang harus terus dipenuhi.

Bukankah hal-hal ini juga yang banyak dialami oleh umat Tuhan? Keadaan krisis global yang sedang terjadi belakangan ini menimbulkan dampak yang sangat besar. Begitu banyak terjadi pengurangan tenaga kerja di seluruh bagian dunia ini. Tidak terkecuali di Indonesia, makin banyak pengangguran terjadi dimana-mana. Pekerjaan atau bisnis yang masih berjalan-pun tidak menjadi semakin mudah. Semakin banyak tekanan dalam kehidupan kita. Tetapi apakah kita menyerah dengan keadaan seperti itu?
Mari kita belajar dari nabi Habakuk, bagaimana dia mendapatkan kekuatan dia masa-masa yang sukar.

Berikut 3 kunci mendapatkan kekuatan di masa sukar :

1. Bersorak-sorak di dalam Tuhan (Hab 3:18a)

Ketika bangsa Israel selesai mengelilingi kota Yerikho pada hari ke tujuh, mereka bersorak-sorai. Setelah itu kita melihat bahwa tembok Yerikho diruntuhkan.
Tembok sebesar tembok Yerikho dapat diruntuhkan dengan kuasa dari sorak sorai. Demikian juga masalah seberat apapun yang kita hadapi, ketika kita bersorak-sorai bagi Tuhan, maka masalah itupun dapat diruntuhkan. Bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati! (Ef 5:19)

2. Beria-ria di dalam Allah (Hab 3:18b)

Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu. Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.” 1Pet 4:12-13

Rasul Paulus mengingatkan kita bahwa penderitaan adalah bagian dari proses hidup kita, dan kita akan menerima bagian yang telah Tuhan sediakan bagi kita, jika kita bertahan sampai pada akhirnya. Oleh karena itu Rasul Paulus menasehatkan agar kita bersukacita di dalam apapun yang kita alami, supaya kita bisa terus bertahan sampai pada akhirnya.
Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukacita.” Maz 68:4

3. Berharap kepada Tuhan (Hab 3:19a)

TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya.” Maz 28:7a

Tempatkan harapan kita kepada Tuhan, jadikan Tuhan kekuatan hidup kita. Ketika kita menghadapai suatu masalah, janganlah kita mengandalkan kekuatan dan kemampuan sendiri. Gantungkan harapan kita kepada Tuhan. Serahkan apa yang menjadi masalah kita kepada Tuhan. Minta kekuatan dariNya, maka Dia akan memberikan kekuatan sehingga kita sanggup melalui setiap problema.

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” 1 Kor 10:13

Ketiga point di atas akan memberikan kita kekuatan yang luar biasa dalam menghadapi masa-masa yang sukar saat ini. Kita akan melihat pertolongan Tuhan dalam perjalanan hidup kita.

Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.” Yes 43:2

“Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.”  Hab 3:19b

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • okto

    January 3, 2017 #1 Author

    Tolong doakan sakit yang saya alami. 

    Reply

  • Ria

    March 12, 2016 #2 Author

    Renungan ini sungguh menyejukkan hati saya.. Saat ini saya sedang menghadapi problema susahnya menemukan pekerjaan. Putus asa dan lelah itulah yg saya rasakan, tolong bantu saya dalam doa. Krna saya slama ini sudah berusaha dan berdoa kpd Tuhan tp aku slalu gagal dan gagal utk mndapatkan pkerjaan. Skrg ini saya hanya berserah kpd Tuhan, dan berpengharapan kepadaNya bhwa suatu hari nnti saya akan mendapatkan pekerjaan.

    Reply

    • Olivia

      March 15, 2016 #3 Author

      Syalom Mbak Ria, saya bisa merasakan kondisi Mbak saat ini, karena saya pernah mengalaminya. Namun tetap dan terus berharap dalam doa dan puasa baca firman akan janji Tuhan. Klaim semua janji janji Tuhan dalam kehidupan Mbak. Seperti Tuhan memulihan Sion, Tuhan memberkati Abraham, Ishak Yakub Daniel Yusuf dan memulihkan  kehidupan mereka, percayalah Tuhan yang sama yang akan menolong Mbak. Ingat, Tuhan tidak pernah berubah dahulu sekarang dan selamanya.
      Saya akhirnya mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginan saya tepat 3 bulan, Tuhan menjawab doa saya tepat pada waktunya. Tuhan pasti tahu yang terbaik menurut rancanganNYA. Kalaupun saat ini Mbak belum dijawab doanya, jangan pernah menyerah, tetap bersuka cita dan bersyukur senantiasa Habakuk  3:17-19. 

      Reply

  • Ernesto Do Rego

    October 20, 2015 #4 Author

    Terima kasih atas renungan yg begitu luar biasa smg Tuhan senantiasa memberkati kita semua

    Reply

  • febe wulan

    September 22, 2015 #5 Author

    saat ini sy dan suami mengalami hal yg sangat pahit,suami sy habis2an dan seperti tdk ada harapan lg.kami hidup sy mengandalkan gaji sy yg pas2an,tinggal di kost2an kumuh. dipekerjaan pun sy harus pikul salib,krn sy satu2nya yg percaya tekanan baik dari kanan kiri atau atasan menghimpit sy.saya dibenci krn sy tidak bisa diajak “kerjasama” dan terlalu jujur menurut teman2 juga ga bisa menjilat dgn kata2 manis jadi seringkali saya dimarahi hal yg difitnahkan krn sy tdk tahu apa yg mereka laporkan.keadaan semakin sulit dgn harga diri suami yg terlalu tinggi.seakan semua tidak ada harapan,semua usaha sia2 dan tidak ada hasil.apa yg harus kami lakukan.semua teman atau saudara seakan menjauh,kami sendiri seakan Tuhan jauh.makin cuma percaya suatu saat akan ada perubahan,saya hanya punya sedikit harapan ,dan hanya iman kepada Tuhan yesuslah kekuatan sy,amin

    Reply

  • Ryan

    August 6, 2014 #6 Author

    Tuhan menuntun saya hingga masuk di situs ini dikala saya sedang goyah, rusak secara mental dengan segala pencobaan atas keluarga saya. Renungan ini memberikan saya secercah harapan, bagai air sejuk. Tuhan, saya yakin Engkau sedang merancang sesuatu yang sangat sempurna bagi saya, dan paksa saya untuk masuk dalam rancanganmu ini. Thanks GOD, You are so Great.

    Reply

  • Matheos Ottu

    June 5, 2013 #7 Author

    Trima kasih atas firman Tuhan ini sebagai energi baru dalam menjalani kehidupan ini. Tuhan memberkati Bp. Riva Sinjal bersama keluarga.

    Reply

  • lanny

    June 8, 2012 #8 Author

    Mujizat tetap ada dulu dan sekarang, bagi orang yang percaya dan bertekun didalam Tuhan, Tuhan tidak pernah berubah dulu dan sekarang, yang berubah adalah kita sebagai pengikutNYA. semoga melalui renungan2 ini kita tetap diteguhkan. terima kasih. Tuhan selalu memberkati.

    Reply

  • Masrin

    June 1, 2012 #9 Author

    Bersyukur ketika keadaan yang sangat sukar bukan mudah dilakukan.Apatah lagi dalam kesakitan atau sewaktu menanti janji-janji Tuhan dalam hidup kita.Sepanjang menanti permasalahan itu berlalu dalam hidup kita,bukan sedikit orang yang akhirnya berputus asa,hilang sabar,dan akhirnya meninggalkan janji Sang Penebus itu.Akhirnya,itu pasti menjauhkan kita daripada kasih-Nya.Ada orang yang mengakhiri hidupnya dengan kekecewaan dan hilang percaya terhadap Tuhan.Renungan ini menegur sikap hati kita agar dalam apapun keadaannya,kita harus TETAP kuat dalam menghadapi apapun kesukaran.Percaya saja.Bagi saudara yang menghadapi apapun permasalahan dalam hidup,saya rindu untuk mendorong saudara untuk tetap mengandalkan Tuhan.Sayapun melalui liku kehidupan yang sangat mencabar.Namun saya tetap belajar berserah kepada Tuhan.Bersyukur ketika keadaan yang sangat berat bukan mudah dilakukan tetapi tidak mustahil.Mari kita saling mendoakan agar kekuatan yang dari sorga menyertai kita.Kita disembuhkan,kita dilepaskan,dan kita dimerdekakan oleh Tuhan.Saudara Riva,terima kasih untuk artikel ini.Tuhan memberkati saudara dan keluarga.Amen!

    Reply

  • Elieser Mose

    February 17, 2012 #10 Author

    Shyalom, Trimakasih buat renungannya…..
    memberikan kekuatan dan menyegarkan iman…., Allah kita dahyat Ia selalu sanggup melakukan segala perkara tepat pada waktu yang tepat….Amin. Gb.

    Reply

  • majalah sinode20

    October 3, 2011 #11 Author

    benar-benar memberkati
    trims
    majalah.sinodegia.or.id

    Reply

  • Daisy

    June 6, 2011 #12 Author

    Terima Kasih di atas renungan firman yang sungguh indah, sehingga menjadikan diri saya seorang yg kuat dan berfikiran positif ketika ini. Di mana ketika ini saya sedang menghadapi masalah yg rumit dlm perkahwinan dan keluarga.Saya merasa diri terlalu sedih dan berpatah hati,hilang arah tujuan lalu jadi buntu.Saudara dlm Kristus,saya memohon bantuan dlm doa saya.Minta bimbingan dan petunjuk dari Tuhan supaya saya mendapat ketetapan dlm hati mengenai keputusan hidup dan jalan yang harus saya ambil dalam permasalahan perkahwinan saya. Semoga Tuhan memberkati….

    Reply

  • agus panjaitan

    January 7, 2011 #13 Author

    Terima kasih atas, renungan firman yang begitu baik, sehingga dapat mengkuatkan saya dalam menghadapi cobaan, permasalah yang kami hadapi dalam keluarga kami, kira doa kan kami agar kami selalu bertahan dalam perjalanan hidup ini …..

    Reply

  • Rin

    October 7, 2010 #14 Author

    saya sedang berputus asa dalam hidup saya….apa yang saya temui selalu saja mengecewakan…bantu saya dalam doa…

    Reply

    • lewi sapada

      November 15, 2010 #15 Author

      Tangan Tuhan tak kurang panjang memegangmu, mata Tuhan selalu tertuju padamu katakan padaNya segala pergumulanmu karena DIA Tuhan Allahmu sangat mengasihimu. Gbu

      Reply

  • Evi Siregar

    October 1, 2010 #16 Author

    aku ingin mendapat kekuatan dr Tuhan krn sekrg ini aku sgt lemah & sgt jauh dr Tuhan,,,,

    Reply

  • d.manik bogor

    July 29, 2010 #17 Author

    Terpujilah Tuhan semesta alam…HIDUP TIDAK SELAMANYA INDAH tapi seperti FIRMAN TUHAN Berkata;senantiasalah BERSUKACITALAH dalam PENGHARAPAN, SABAR dalam KESESAKAN dan BERTEKUNLAH dalamDOA (ROMA 12:12.)Smoga ayat FT ini bisa jadi KEKUATAN dalam menjalani masa2 dlm kesulitan dan kesusahan.Tuhan Yesus Memberkati.

    Reply

  • yane

    June 17, 2010 #18 Author

    Puji Tuhan pada pagi hari ini saya mendapatkan kekuatan baru melalui Renungan ini.
    Pertolongan Tuhan Indah Pada Waktu Na.
    TUHAN MEMBERKATI bpk selalu

    Reply

  • george

    April 19, 2010 #19 Author

    Puji Tuhan,..Terima kasih Pak Riva..saya merasa diberkati dengan renungan diatas,..tapi secara manusia jamani terkadang saya masih merasa lemah..oleh karena itu mohon bantuan doanya agar semakin hari saya semakin dikuatkan didalam Yesus dan dapat memperoleh kekuatan dalam melewati masa-masa sukar hidup saya …Trima kasih.

    Reply

  • djatmika

    March 3, 2010 #20 Author

    Pak Riva keadaan saya saat ini sama dengan Habakuk di renungan di atas, tolong dukung doa untuk usaha mebel saya yg sedang goyah dan untuk saya pribadi supaya bisa melalui ujian ini,trina kasih.GBU

    Reply

  • Riva

    September 13, 2009 #21 Author

    Shalom Theresia,
    Kami dukung doa untuk masalah pekerjaan yang Anda & suami hadapi.
    Tetap berserah sepenuhnya pd Tuhan karena Dia pasti buka jalan untuk Anda.
    Yakin dan imani bahwa Yesus telah memberikan pekerjaan baru untuk suami Anda.

    GBU always

    Reply

  • Theresia

    September 12, 2009 #22 Author

    Terima kasih,renungan ini seperti air yg memberi kesegaran. Tolong bantu saya dalam doa karena kontrak kerja suami saya berkahir bln novemver ini dan sampai saat ini suami saya belum dapat pekerjaan baru,sedangkan saya sedang dalam pemulihan kesehatan.

    Tuhan memberkati

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *