Pelita Hidup
“Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke...

Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.” Mazmur 133:1-3

Berkat menjadi suatu hal yang sangat didamba-dambakan bagi manusia. Siapa yang tidak senang jika dapat diberkati tidak hanya secara rohani dan damai sejahtera yang melimpah, tetapi juga diberkati dengan kesehatan jasmani, kekayaan materi, posisi, jabatan dan lainnya?

Banyak sekali umat Tuhan yang mengejar-ngejar berkat ketika mereka datang beribadah ke gereja atau persekutuan. Tetapi ketika mereka telah berkali-kali datang beribadah ke gereja, mereka malah tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sehingga keraguan bahkan kekecewaan mulai timbul dalam diri mereka.

Berkat telah Tuhan sediakan bagi setiap orang percaya. Tetapi ada satu hal yang paling sering dilupakan, yang merupakan syarat agar berkat Tuhan dapat mengalir bagi kehidupan kita.

Apa yang menjadi syarat agar berkat Tuhan tercurah bagi kita?

Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!” Maz 1:1

Ketika kita sudah melakukan hal-hal yang Tuhan minta, ketika kita sudah rajin beribadah ke gereja, kita sudah memberi kepada orang yang membutuhkan bantuan, kita mengasihi sesama, mengampuni orang yang menyakiti; ada satu hal yang Tuhan minta dari kita, yaitu kerukunan.

Kerukunan di antara keluarga, suami-istri, orangtua-anak, kakak-adik, pimpinan-karyawan, gembala-pengerja-jemaat; merupakan syarat yang paling penting agar berkat Tuhan dapat mengalir bagi kehidupan kita.
Hubungan suami dan istri yang harmonis akan membawa kepada berkat yang berkelimpahan. Ketika tidak ada kerukunan di antara hubungan kita, maka berkat Tuhan akan tertahan. Sebab Firman Tuhan dalam Mazmur 1:3 dengan jelas sekali mengatakan bahwa Tuhan ‘memerintahkan’ berkat ke tempat di mana ada kerukunan.

Oleh karena itu segala pertengkaran, selisih paham, keributan, permusuhan, harus segera diselesaikan dan dipulihkan agar berkat dapat tercurah bagi kehidupan kita.

Tuhan sudah menyediakan berkat yang luar biasa bagi kita semua. Kita tinggal meraihnya. Binalah kerukunan di antara hubungan dengan sesama. Bangunlah hubungan dengan dasar kerukunan, maka kita akan melihat berkat-berkat yang sudah Tuhan sediakan dicurahkan bagi kehidupan setiap orang yang percaya kepadaNya.

Apakah Anda sudah mulai membina kerukunan? Silahkan komentar disini.

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • chandra

    June 13, 2011 #1 Author

    Nice..

    Reply

  • Agung

    June 1, 2011 #2 Author

    satu perintah sederhana,RUKUNLAH, tapi dalam melakukannya tdk sesederhana kalimatnya,kita manusia yg penuh ego,tetapi dibalik itu satu karunia besar menanti, doa kami sekeluarga,Tuhan ajarilah kami bahasa kasihmu supaya kami dapat hidup berdampingan, rukun dan saling peduli sehingga berkatMu tercurah benar dalam kami,(sudah menetes berkatMu, biar tercurah penuh).Amen

    Reply

  • widodo

    April 1, 2011 #3 Author

    ya benar.. hidup rukun hukumnya adl wajib bkn fakultatif (dijalani dapat pahala, tdk dijalani juga tdk apa-apa), apalagi kita hidup rukun dengan sesama kita tanpa dibatasi oleh agama, suku, budaya dan status sosial..dan ingat, bahwa kita ditugasi di dunia utk menjadi garam dan terang dunia bkn utk menjadi batu sandungan, garam terasa asin jika kita terjun ke tengah masyarakat..jgn-lah hidup kita, kita habiskan dlm gereja saja, itu sama saja dengan menggarami lautan

    Reply

  • Jo

    September 2, 2010 #4 Author

    Betapa pentingnya hidup rukun, dengan demikian akan berdampak positif, baik kepada sesama manusia juga kepada lingkungan sekitarnya. Tks pak Riva Tuhan memberkati “Pelita Hidup”.

    Reply

  • eliz

    February 4, 2010 #5 Author

    AMEN….firman tuhan ini menyedarkan saya betapa kerukunan itu penting dalam meraih berkat tuhan.Saya akan melakukan /belajar untuk hidup dengan rukun bersama-sama rakan yang lain…therimna kasih atas firman Tuhan ini yah…God bless

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *