Pelita Hidup Jangkau Dunia

Kebutuhan Rohani Yang Terpenuhi

kebutuhan-rohani-yang-terpenuhiKata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.” Yohanes 6:35

Kebutuhan jasmani manusia dapat dipenuhi dengan segala kebutuhan akan pangan, sandang dan papan. Ketika semua kebutuhan itu terpenuhi, maka kondisi jasmani manusia akan menjadi baik atau sehat. Demikian juga sebaliknya, jika kebutuhan-kebutuhan itu tidak terpenuhi, maka kondisi jasmani manusia akan menurun.

Di samping kebutuhan jasmani, kita harus menyadari bahwa hidup kita ini juga memiliki kebutuhan rohani. Orang yang telah tercukupi secara jasmani belum tentu tercukupi dalam kehidupan rohaninya. Itu sebabnya mengapa manusia yang telah memilki segala harta di dunia ini bisa saja tetap merasakan bahwa hidupnya masih kosong. Ada sesuatu yang kurang dalam hidup mereka, dan mereka tidak mengetahui apa yang menyebabkan hal itu.
*courtesy of PelitaHidup.com
Bagaimana agar kebutuhan rohani kita dapat terpenuhi?

Tuhan mengajarkan umatNya bahwa hanya melalui Dialah hidup rohani kita dapat terpenuhi kebutuhannya. Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.” (Yoh 6:35).

Hanya Yesus yang dapat memenuhi segala kebutuhan rohani kita. Bahkan Dia mengatakan bahwa kita tidak akan merasa lapar dan haus lagi ketika kita datang kepadaNya. Dia akan memuaskan segala kebutuhan kita.


Ketika kita menghadapi suatu masalah yang berat, kita merasa kuatir, takut, sakit hati, kecewa, sedih, stress, depresi, letih dan lesu. Bahkan kita merasa marah dan dendam kepada orang yang menyakiti hati kita. Kita membutuhkan penghiburan, pengampunan, pemulihan, kekuatan baru dan sukacita. Hanya Tuhan yang sanggup memulihkan hidup kita. Hanya Dia yang sanggup memberikan damai sejahteraNya untuk membalut hati kita. Datanglah padaNya, maka Dia akan memberikan kelegaan bagi kita.

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.” (Mat 11:28-30).


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 3 respon

  1. LUAR BIASA FIRMAN INI, JANGAN PERNAH KAWATIR HIDUP DLM TUHAN YESUS KRISTUS SGL KEBUTUHAN KITA TERPENUHI DAN TDK AKAN MERASA KURANG TTP SELALU TERPENUHI SERTA TERCUKUPI
    UNTUK ITU AMBIL KEPUTUSAN UTK KOMITMEN MELAYANINYA DGN SUNGGUH – SUNGGUH DALAM HIDUP KITA. TKS YESUS BUAT TELADAN MU.

  2. Benar hanya Tuhan Yesus yang sanggup memberikan kedamaian abadi

  3. Benar sekali apa yang dikatakan itu… ga semuanya melulu kehidupan jasmani yg harus dipenuhi tapi rohani pun harus… salam kenal ya!!

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: