Pelita Hidup Jangkau Dunia

Tetaplah Berdoa

“Tetaplah berdoa.” 1 Tesalonika 5:17

Melalui ayat yang singkat ini Rasul Paulus memberikan nasihat kepada jemaat di Tesalonika untuk tetap berdoa. Ini juga berlaku bagi kita umat Tuhan. Dalam penantian akan kedatangan Tuhan yang kedua kalinya, iblis senantiasa akan mencoba untuk menjatuhkan umat Tuhan. Segala macam tipu daya muslihat akan dilancarkan untuk dapat mengelabui umat Tuhan. Dengan segala kemajuan teknologi dunia inipun iblis juga dengan gencarnya melancarkan serangan. Banyak kenikmatan dunia yang ditawarkan kepada manusia saat ini, mulai dari barang-barang konsumtif, harta kekayaan, fasilitas-fasilitas kenyamanan, bahkan sampai kepada dunia gemerlap yang penuh dengan godaan. Tawaran obat-obatan dan narkotika semakin gencar menyerang generasi muda. Bahkan era informasi tiada batas melalui internet juga menyerang anak-anak muda dengan segala informasi yang berbau negatif.

Tidak ada manusia yang sanggup bertahan menghadapi berbagai macam tawaran yang begitu menggiurkan. Bahkan manusia akan dibawa oleh iblis untuk menghalalkan segala cara untuk mendapatkan semuanya itu.
*courtesy of PelitaHidup.com
Hanya ada satu cara untuk dapat menangkis semua godaan itu, yaitu dengan berdoa. Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.(Mat 26:41)

Ketika kita berdoa, Roh Kudus akan memberikan kekuatan secara supranatural (tidak kelihatan), sehingga kita dapat menolak semua tawaran-tawaran yang menggiurkan, yang bisa membawa kepada dosa. Kita akan diberikan kemenangan atas setiap pencobaan-pencobaan yang kita alami.

Supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang. (1 Pet 4:2-3)



Kedatangan Tuhan yang kedua kalinya sudahlah dekat. Biarlah waktu yang ada kita gunakan untuk mempermuliakan nama Tuhan. Segala harta kekayaan yang kita miliki, kemudahan/fasilitas yang kita dapatkan, hingga kemajuan teknologi yang ada, pakailah semua itu untuk memperluas kerajaan Alllah. Gunakan segala yang ada untuk hal-hal yang positif dan berkenan di hadapan Tuhan. Dan tetaplah berdoa, agar kita diberi kekuatan supaya pada akhirnya kita kedapatan tak bercacat dan bercela di hadapan Tuhan pada waktunya.

Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.(2 Pet 3:14)


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 9 respon

  1. sesuai dengan bukti nyata dari teladan yang telah di buat oleh Tuhan melalui suatu doa yang tulus dari hati kita maka apa yang akan di minta pasti dikabulkan. saya senang menjadi salah satu dari pengunjung yahoo.com lewat renungan harian/doa

  2. luar biasa firmannya terim.a kasih kiranya bekat Tuhan berkecukupan bagi kita sekalian

  3. Dengan berdoa, membawa kita semakin dekat dgn Tuhan dan membawa kita tetap mengandalkan Tuhan. Àmin

  4. terima kasih atas renungan “Tetaplah Berdoa” karena dalam kehidupan kami juga selalu diingatkan untuk tetap berdoa. dengan berdoa kita lebih dekat dengan Allah Bapa kita melalui Yesus Kristus AnakNya bahkan kita semakin dikuatkan dalam menghadapi pergumulan hidup.

  5. MUSTIKAWATI BUNTORO
    Tuesday 22 November 2011, 3:28 pm

    Trima kasih TUHAN YESUS,ENGKAU mau dan ingin selalu berelasi dengan saya,saya sangat membutuhkan ENGKAU TUHAN ,trima kasih juga untuk bapak ,renungan yg sangat kami butuhkan ,FIRMAN TUHAN yg merupakan PELITA yg menerangi langkah kehidupan kita .

  6. Saya sangat percaya, bahwa salah satu cara untuk kita mendekatkan diri kepada Allah adalah “berdoa”. Karena doa merupakan nafas kehidup bagi setiap kita umat yang percaya kepada Kristus dan juga doa merupakan komunikasi dengan Tuhan… Amien GBU all syalom al syamarnu min elohim.

  7. melalui renungan ini kita sebagai kaum muda di ingatkan untuk tetap berdoa karena pengaruh zaman yang membuat kita akan terjatuh dalam berbagi macam dosa. God bless

  8. dalam kehidupan sbgai seorang remaja, byk hal yang perlu sy hadapi dr segi pelajaran, hubungan dengan kluarga dan juga sama teman-teman. this article membri saya dorongan dan kekuatan rohani untuk terus brgerak ke hdapan dgn Pimpinan Roh Allah dan betapa pntingNy dOa dalam khidupan. God Bless we all n thanks pak Riva.

  9. renungan yang sangat bgs, mengajarkan kita akan pentingnya arti berdoa… thanx God, coz u have given 2 us who believe in You a strenght 2 pray in the name of Your name..coz pray of believe people have a big power result…

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: