Pelita Hidup Jangkau Dunia

HIDUP MENGALIR BERSAMA TUHAN

hidup-mengalir-bersama-tuhanKemudian ia membawa aku kembali ke pintu Bait Suci, dan sungguh, ada air keluar dari bawah ambang pintu Bait Suci itu dan mengalir menuju ke timur; sebab Bait Suci juga menghadap ke timur; dan air itu mengalir dari bawah bagian samping kanan dari Bait Suci itu, sebelah selatan mezbah.

Lalu diiringnya aku ke luar melalui pintu gerbang utara dan dibawanya aku berkeliling dari luar menuju pintu gerbang luar yang menghadap ke timur, sungguh, air itu membual dari sebelah selatan.

Sedang orang itu pergi ke arah timur dan memegang tali pengukur di tangannya, ia mengukur seribu hasta dan menyuruh aku masuk dalam air itu, maka dalamnya sampai di pergelangan kaki.

Ia mengukur seribu hasta lagi dan menyuruh aku masuk sekali lagi dalam air itu, sekarang sudah sampai di lutut; kemudian ia mengukur seribu hasta lagi dan menyuruh aku ketiga kalinya masuk ke dalam air itu, sekarang sudah sampai di pinggang.

Sekali lagi ia mengukur seribu hasta lagi, sekarang air itu sudah menjadi sungai, di mana aku tidak dapat berjalan lagi, sebab air itu sudah meninggi sehingga orang dapat berenang, suatu sungai yang tidak dapat diseberangi lagi. “ (Yehezkiel 47:1-5)

Kehidupan rohani umat Tuhan harus senantiasa bertumbuh dari hari ke hari. Tuhan rindu agar setiap umatNya dapat berjalan intim denganNya. Apapun yang dikerjakan haruslah sesuai dengan kehendakNya. Melalui kitab Yehezkiel pasal 47, Tuhan mengajarkan kita untuk dapat hidup mengalir bersamaNya. Sehingga pikiran, perasaan dan kehendak kita akan menjadi sejalan denganNya.

Ada empat tahap untuk dapat hidup mengalir bersama Tuhan :

1.       Pergelangan kaki

Tahap ini merupakan tahap awal pertumbuhan rohani.  Ini adalah saat-saat kita mengenal Tuhan. Tetapi kebanyakan orang berhenti pada tahap ini saja. Mereka hanya mau ikut ibadah/kebaktian saja. Mereka hanya mau “menyicip” saja, tidak mau melangkah lebih dalam. Mereka terlalu takut untuk menjadi basah. Menjadi jemaat sudah cukup dan tidak mau terlibat aktif dalam pelayanan pekerjaan Tuhan. Mereka tidak mau membangun hubungan yang lebih intim lagi dengan Tuhan. Ketika kita berhenti pada tahap ini, pada saat itulah kita tidak beda dengan yang disebut Kristen halaman (Wah 11:1-2).

 2.       Lutut

Bagi mereka yang mau melangkah lebih dalam lagi, mereka akan masuk ke tahap ini. Lutut berbicara mengenai doa, pujian dan penyembahan. Mereka mulai masuk kepada kehidupan doa. Doa, pujian dan penyembahan mulai menjadi gaya hidup (Yoh 4:24). Kehidupan yang lebih intim dengan Tuhan mulai terbangun.

Tetapi ada kalanya doa-doa mereka masih belum ada jawaban. Masih ada hal-hal yang menghalangi doa-doanya (Yak 4:3, Yes 59:1-2). Hati dan pikiran juga masih harus dibaharui (Rom 12:1-2)

 3.       Pinggang

Pinggang berbicara mengenai kebenaran (Ef 6:14). Dalam kitab Yeremia pasal 13 mengisahkan tentang ikat pinggang yang melekat pada pinggang akan lebih kuat/awet dibandingkan dengan ikat pinggang yang ditaruh di bawah batu yang berada di pinggir sungai.

Ketika kita tinggal di dalam firmanNya, dan firmanNya tinggal di dalam kita (Yoh 15:7), maka hidup kita akan semakin kuat. Hidup kita akan senantiasa dibersihkan dari segala hal yang tidak berkenan (Ibr 4:12). Hidup kita akan dipimpin oleh firmanNya (Maz 119:105).

Firman Tuhan akan menjadi cermin kehidupan kita. Hidup kita akan semakin disempurnakan melalui firmanNya.

Doa yang dibangun melalui dasar firman Tuhan yang kuat akan menjadi suatu kekuatan yang luar biasa bagi kehidupan kita.

 4.       Tidak dapat berjalan/berenang

Tahap ini merupakan tahap dimana, tubuh kita menjadi basah dari ujung kaki hingga ke ujung rambut. Kita tidak dapat lagi menentukan arah langkah kita, tetapi hidup kita akan terbawa oleh arus sungai yang ada.

Ketika kita melangkah lebih dalam lagi, kita akan sampai pada tahap menyerahkan pikiran dan perasaan kita kepada Kristus (Fil 2:5). Kita menundukkan hidup kita di bawah kuasa Kristus. Hidup kita bukanlah kita lagi, melainkan Kristus yang ada dalam kita.

Segala hak, harga diri, wibawa, ego, kesombongan, dan apapun yang bisa kita banggakan, tidak lagi menjadi sesuatu yang berharga bagi kita, melainkan itu semuanya tidak berarti bagi kehidupan kita (Fil 3:7).

Penderitaan merupakan sesuatu yang harus kita jalani. Ketaatan sebagaimana yang dijalani oleh Kristus (Fil 2), yaitu taat hingga mati di kayu salib, itulah yang menjadi bagian hidup kita.

Ketika kita sampai pada tahap ini, kehidupan kita akan mengalir bersama Kristus. Bukan kehendak kita sendiri lagi yang mengendalikan langkah hidup kita, tetapi kehendak Dialah yang senantiasa digenapi.

Ketika kita hidup mengalir bersama Tuhan, hidup kita akan senantiasa berbuah-buah. Hidup kita akan menjadi berkat bagi banyak orang (Yeh 47:12). Nama Tuhan dipermuliakan.

 


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 23 respon

  1. Yes Haleluya TUHANku Dahsyat………jadikan aku spy menjadi berkat bagi banyak orang.

  2. puji tuhan haleluya …….terima kasih buat renugan nya semga memotifasi saya untuk mnjlnkan tgs bersama tuhan .

  3. Trimakasih atas renungannya.. kiranya melalui renungan ini, semua yang mendapatkannya diberkati dan dipulihkan oleh kuasa-Nya… Tuhan Memberkati kita semua. AMIN

  4. sungguh indahnya hidup mengalir bersama TUHAN….DIA jamin hidup kita….how great is our GOD….

  5. tkx u 4 your artikel…smg org yg sdh membacanya mendapatkan brkat..semangat terus with Jesus..Jesus bless u…

  6. iya benerrrrrrrrrr neh hadis bkaerjaleh untuk duniamu seakan-akan kamu akan hidup selamanya dan bkaerjaleh untuk akhiratmu seakan-akan kamu akan meti besok .hmmm

  7. Hidup kita telah ditebus oleh darah Yesus, oleh sebab itu sudah selayaknya hidup kita mengalir di dalam kehendak-Nya.
    Rancangan dan rencana Tuhan Yesus yang paling baik dan tepat bagi kita dan itu sudah aku alami selama ini.
    Tq atas artikel yang mencerahkan dan memberkati ini. GBU

  8. Terima kasih buat Firman Tuhan,menjadi berkat buat saya bahwa hidup itu harus terus mengalir…dan menjadi berkat.GB All

  9. Trima kasih! artikelnya membuat pertumbuhan rohani saya semakin bertambah….Tuhan YESUS memberkati kita semua.

  10. Trimakasih ,Tuhan Yesus Memberkati

  11. . , Kukan terbang tinggi ,, . bagai rajawali …. diatas segala persoalan hidupku …. yang aku percaya saat kubersamanya … tiada yang mustahil baginya,. . .
    .. i believe with You … my God … My Jesus .. MY SaviOr, . . FoREVER,. . .

  12. sy cuma mo blg,, luar biasa…….. trima ksh tuhan yesus,, trima ksh juga pa riva…… GB all

  13. Trimaksih bgt buat firmannya.. Firmannya sgt menguatkan bgt buat aku. Prise the Lord. GBU

  14. Terima kasih Firmannya sangat menguatkan Dan memberikan jalan keluar GBU

  15. really like this :)

    thank you

  16. pembabitan kita dalam blog2 seperti ini amat bagus kerana kita sebagai anak2 Tuhan pun bijak mengambil peluang dalam mengembangkan injilnya..semoga di berkati dan memberkati

  17. TQ untuk renungan seperti ini kerana merupakan keuntungan bagi ku,saya sangat diberkati dan tertolong.GBU

  18. Shallom…boleh tak kalau sya mau print..artikal bapa?..
    kerana sya cuma ada kemudahan internet di Office..
    kalau mau merenungkannya di office tu ndak sesuaikan..lagi waktu bekerja..

    Terima Kasih..GBU.

    Alice

    • @Alice:
      Shalom Alice, boleh.. silahkan…
      Caranya blok/highlight seluruh text, kemudian tekan ‘Ctrl+C’ untuk mengcopy. Setelah itu buka document anda, dan tekan ‘Ctrl+V’ untuk memindahkan/paste ke dokumen anda. Jangan lupa untuk save dokumen tersebut. GBU :)

  19. saya sangat diberkati..Firman Tuhan memang unik tidak dapat dimengerti sekiranya hanya membaca dan tidak merenungkannya..these article help me to understand more deeply about whats God want in my life..thanks

  20. saya suka artikel ini………memberikan pencerahan dan berkat bagi setiap orang yang merindukan firman Nya dan arti firman Nya…..Kasih Allah begitu besar bagi setiap orang yang percaya…………….GBU all….love jesus….

  21. I love this articel, inspiring.
    Two thumbs up.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: