Pelita Hidup
“Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah...

cara-memperoleh-hikmat-dari-tuhanMaka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?” 1 Raja-raja 3:9

Ayat di atas merupakan permintaan Salomo kepada Tuhan ketika Tuhan memberi kesempatan kepadanya untuk meminta sesuatu kepadaNya. Karena masih muda dan belum berpengalaman, Salomo meminta hikmat untuk memimpin bangsa Israel. Tuhan mengabulkan permintaan Salomo dan bahkan memberikan bonus kepadanya yaitu kekayaan, kemuliaan dan umur yang panjang.

Dalam kehidupan kita sebagai umatNya, kita memerlukan hikmat dari Tuhan agar kita senantiasa berjalan di dalam rencanaNya. Berbagai masalah yang datang memerlukan keputusan yang tepat agar kita tidak salah langkah.

Bagaimana cara memperoleh hikmat yang dari Tuhan ?

  1. Takut akan Tuhan

Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan” Ams 1:7

Salomo hidup mengikuti ketetapan-ketetapan Daud, ayahnya (1 Raj 3:3). Apa yang dijalani Daud semasa hidupnya, pergumulannya, kesesakan, kejatuhan dalam dosa, bahkan kemenangan demi kemenangan yang diraihnya, semuanya itu dijalani dengan memiliki hati yang berkenan di hadapan Allah. Dan semuanya itu diajarkan kepada anaknya Salomo. Kehidupan yang takut akan Tuhan mendatangkan hikmat bagi Salomo. Seiring dengan bertambahnya waktu, hikmat yang Tuhan berikan kepada Salomo semakin terasah dan makin tajam. Terbukti dari kitab-kitab yang berisi tulisan Salomo (Amsal, Pengkotbah, Kidung Agung). Begitu luar biasa hikmat yang turun atas Salomo. Ini semua dimulai dari sikap hati yang takut akan Tuhan, hormat akan Tuhan, tunduk akan Tuhan.

Taati apa yang menjadi perintah-perintahNya. Lakukan semua firmanNya.

  1. Berjalan dalam Roh

“Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus” Rom 8:9

Roh Kudus merupakan penolong bagi kita (Yoh 14:16-17). Roh Kudus dicurahkan untuk menjadi penuntun bagi umat Tuhan. Dengan hidup mengandalkan Roh Tuhan-lah kita dapat mengerti apa yang menjadi rencanaNya. Kita harus belajar hidup dalam Roh dan berjalan dalam Roh. Dengan mengalir mengikuti tuntunan Roh Kudus, maka hikmat Tuhan juga akan mengalir tepat pada saat dibutuhkan. Pada saat masalah datang dan pada saat pilihan harus dilakukan, maka saat Itulah Roh Kudus akan membantu kita dengan memberikan hikmat tentang apa yang harus kita perbuat atau apa yang harus kita lakukan.

Latih kepekaan untuk hidup dalam Roh. Perbanyak jam doa dan pelajari firman Tuhan.

Dengan takut akan Tuhan dan hidup berjalan dalam Roh, maka hikmat dari Tuhan akan mengalir dalam kehidupan kita. Pola pikir kita akan dibaharui dan menjadi semakin bijaksana dalam Tuhan. Banyak orang akan diberkati melalui kehidupan kita.

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • Diana Nenoliu

    January 3, 2016 #1 Author

    amin 🙂

    Reply

  • Diana Nenoliu

    January 3, 2016 #2 Author

    haleluya
    Tuhan berilah hambaMu hikmat agar tak sesat jalan hambaMu ini
    amin

    Reply

  • hengki

    November 9, 2015 #3 Author

    Aminn…

    Reply

  • August Kesaulya

    October 24, 2013 #4 Author

    Saya aminkan Renungan Firman Tuhan khususnya mengenai Hikmat dari Tuhan yang diminta Raja Salomo, karena dengan hikmat dari Tuhan kita bisa menjadi pelayan Tuhan atau menjadi saksi Tuhan yang baik, terutama dalam rumah tangga kita sendiri dan dimana saja kita berada! Terima kasih…God Bless

    Reply

  • Aguastinus Gea

    August 3, 2013 #5 Author

    Tuhan, berikanlah hikmat kepada hambaMu agar hamba menjadi orangtua yang dapat menjadi teladan dan mewarisi hikmat dari Tuhan.

    Reply

  • Hans Kristian wahyudi (Wahyu)

    January 19, 2013 #6 Author

    Apapun sebagai pimpinan, mahasiswa atau apa saja kita benar benar membutuhkan Hikmat Allah …… Dialah yang menolong kita kemana kita mau pergi, keputusan apa yang harus kita lakukan dan lain sebagainya …….

    Reply

  • Hans Kristian wahyudi (Wahyu)

    January 10, 2013 #7 Author

    Ini dia yang saya cari, saya sungguh sungguh membutuhkan Hikmat Allah. Saya sudah merenungkan bagaimana mengatasi berbagai masalah. Jawab Tuhan tidak ada lagi selain Hikmat Allah, Haleluyah …..

    Reply

  • Hilda Moilim

    September 11, 2012 #8 Author

    Terima kasih Bapa, untuk sapaan firmanMu, Kiranya hambaMu ini senantiasa diberi hikmat sorgawi agar mampu bertindak sesuai ketetapanMu. amin…

    Reply

  • maringan

    August 12, 2011 #9 Author

    Selain takut akan Tuhan dan berjalan dalam Roh, setiap orang yang merindukan hikmat harus setia membaca, menghayati dan melakukan firmanNya

    Reply

  • dr.adieli zega

    March 2, 2011 #10 Author

    Mohon doa unuk diberi hikmat, kebijksnaan dan kekuatan dalam menjalankan pekerjaan serta tanggungjawab yang telah diberikan Tuhan. Shg.semua orang yang berhubungan dg.kami memiliki hati yang dituntun oleh Roh Kudus. Terima kasih. Shalom.

    Reply

  • same

    October 15, 2010 #11 Author

    TUHAN berikan hambamu hikmat dalam menjalani hidup

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *