Pelita Hidup Jangkau Dunia

Kuat Di Dalam Tuhan

kuat-di-dalam-tuhanAkhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya” Efesus 6:10

Kehidupan yang kita jalani sekarang tidak hanya kehidupan secara jasmani saja. Kita tidak hanya tinggal di dunia ini, makan, minum, menyelesaikan pendidikan, bekerja mencari nafkah, meraih kesuksesan, hidup berkeluarga mempunyai banyak keturunan dan sebagainya. Dalam kitab 2 Korintus 4:16, Rasul Paulus menyampaikan bahwa manusia terdiri dari manusia lahiriah/jasmani dan manusia batiniah/roh. Ada sisi lain yang harus kita perhatikan, yaitu kehidupan rohani.

Kondisi jasmani manusia akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya waktu/umur. Tetapi kehidupan rohani harus semakin meningkat hari demi hari. Persekutuan dengan Tuhan harus semakin kuat dalam kehidupan kita. Dia mau agar kita hidup di dalam kekuatan kuasaNya, sehingga apa yang kita kerjakan atau jalani, semuanya itu sesuai dengan kehendak Bapa di surga.

Iblis juga tahu bahwa jika keadaan rohani kita lemah, maka dia akan dengan leluasa menguasai kehidupan kita, sehingga kita akan semakin menjauh dari Tuhan.

Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.” Ef 6:11-12

Melalui ayat di atas semakin jelas bahwa kita tidak hanya menjalani kehidupan kita sehari-hari saja, tetapi iblis senantiasa bekerja di alam roh untuk melakukan tipu muslihatnya terhadap manusia. Jika kondisi rohani kita kuat, maka kita akan dapat tetap berdiri menghadapi segala tipu muslihat si iblis. Oleh karena itu kita harus senantiasa menggunakan seluruh perlengkapan senjata Allah (Ef 6:14-18) untuk melawan semua pekerjaan si iblis.

Kondisi rohani kita juga akan sangat mempengaruhi keadaan jasmani kita. Jika manusia roh kita kuat, maka manusia jasmani kitapun akan ikut sehat. Dengan rajin beribadah dan bersekutu denganNya (Ibr 10:25) maka manusia roh kita akan terbangun menjadi manusia roh yang kuat di dalam Tuhan. Sehingga kita akan menjadi cakap dalam menanggung segala perkara, oleh karena kekuatan yang diberikan Tuhan.


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 4 respon

  1. saya berharap renungan/firmanTuhan tetap online tuhan berkati, sangat berarti bagi kehidupan kita

  2. Kita tahu bahwasannya iblis adalah biang kerok segala kejahatan yang ada di muka bumi ini. Maka dari itu kita sebagai anak2 Tuhan harus mempunyai senjata rohani sebagai perlengkapan untuk melawan iblis bapa penipu Gbu.

  3. hamba lemah Tuhan, Kuatkanlah hamba. . .amin

  4. maju terus website rohaninya ini yach
    semoga dapat saling memberkati
    hmm..
    di tunggu ya, lagu2 up date an dari DangerXtreme
    lagu rohaninya bakal di lengkapin
    dan dapat di akses code nya untuk buat para Bloger
    thx
    salam kenal

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: