Pelita Hidup Jangkau Dunia

Meraih Kesuksesan Hidup

raih suksesJanganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung” Yos 1:8

Kesuksesan merupakan suatu hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Kesuksesan dalam pekerjaan, bisnis, studi, bidang politik, sosialitas dengan sesama, hubungan keluarga, pelayanan dan masih banyak hal lagi yang menjadi idaman manusia. Ada yang hanya menunggu saja kapan datangnya kesuksesan itu, tetapi sebagian bekerja keras untuk berusaha meraih kesuksesan itu. Salah satu motivator nomor satu di Indonesia saat ini, Andrie Wongso, mempunyai moto yang sangat membangkitkan motivasi banyak orang: “Success is my right”, sukses adalah hak-ku.

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa ketika kita menunaikan kewajiban kita, maka kita memperoleh hak kita baik sebagai seorang warga negara atau dalam posisi apapun. Demikian juga Tuhan berjanji bahwa ketika kita berjalan di dalam firmanNya, maka Dia akan memberikan keberhasilan bagi kehidupan kita. Kesuksesan merupakan bagian bagi setiap orang yang percaya kepadaNya.

Bagaimana caranya untuk meraih kesuksesan hidup?

1. Renungkan Firman Tuhan

Tuhan mengingatkan kita agar tidak lupa memperkatakan firmanNya. Dia ingin supaya kita merenungkannya siang dan malam.

Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil” Maz 1:2-3

Firman Tuhan sanggup mencipta apa yang tidak ada menjadi ada. Dengan firmanNya maka segala sesuatu dapat jadi. Biarlah kehidupan kita senantiasa penuh dengan renungan firmanNya, maka keberhasilan akan mendatangi hidup kita.

Hidup dalam firmanNya membuat kita memperoleh janji kesuksesan yang sudah Dia sediakan bagi kita.

2. Rajin bekerja

Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan” Ams 13:4

Berkat atau kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Walaupun kita sudah rajin berdoa dan membaca firman Tuhan, kita dituntut untuk rajin bekerja. Firman Tuhan jelas sekali menyatakan bahwa orang yang rajin akan diberi kelimpahan (baca Ams 10:4, 12:24, 12:27, 21:5), sedangkan kemalasan mendatangkan kemiskinan.

Sikap menunda-nunda pekerjaan juga bukan suatu hal yang baik. Marilah kita membuat tangan kita rajin bekerja. Kerjakan apa yang bisa kita kerjakan. Ketekunan dalam melakukan suatu pekerjaan akan mendatangkan keberhasilan dan kesuksesan.

Kesuksesan bukanlah bagian atau hak dari beberapa orang saja. Tuhan ingin agar setiap umatNya dapat berhasil dalam hidupnya. Hidup dalam firmanNya dan rajin bekerja merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Ada satu istilah yang dapat menjadi pedoman bagi kita: Ora et Labora, yang berarti berdoa dan bekerja. Rasul Paulus juga menegaskan bahwa selain memberitakan firman Tuhan, dia juga tidak lalai dalam bekerja (2 Tes 3:7-10). Raihlah kesuksesan bagi hidup anda.


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 3 respon

  1. Sangat mengubah saya secara pribadi di dalam menjalani hidup ini,bahwa sebagai anak2Nya kita harus berdoa n bekerja seperti yang dilakukan Paulus dan selalu mengucap syukur atas apa yang kita dapat Gbu

  2. selalu libatkan Tuhan dalam setiap pergumulan hidup ini dan percaya akan Kuasa-NYA yang bekerja bagi kita.DIA meberikan yang terbaik untuk kita meraih kesuksesan shg kita tetap semangat dalam menjalani pekerjaan kita dan tetap bersyukur.amen.

  3. Meneguhkan utk tetapseimbang antara pelayanan n bekerja

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: