Pelita Hidup Jangkau Dunia

Karunia Mengetahui Rahasia Kerajaan Sorga – Bag.1

karunia-untuk-mengetahui-rahasia-kerajaan-sorga-bag1“Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka. Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar“. Mat 13:11-16

Banyak hal yang terjadi atas dunia ini, baik hal-hal positif maupun yang membawa dampak negatif seperti peristiwa pemboman, bencana alam, kekeringan, perang dan bahkan mujizatpun terjadi di banyak tempat.

Banyak kejadian yang merupakan misteri, dimana hanya Tuhanlah yang punya jawaban atas segala kejadian tersebut.

Dalam Alkitab versi King James Version (KJV), kata rahasia ditulis sebagai kata “mystery“. Banyak misteri yang terjadi dalam kehidupan kita. Tuhanlah yg mengetahui segala rahasia di langit dan bumi ini.

“Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga” (Mat 16:19)

“Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu, dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu“ (Eph 3:8-9)

Cara untuk mengetahui Rahasia Kerajaan Sorga adalah dengan Melihat dan Mendengar.

Bagaimana dapat melihat jika „masalah“ selalu menjadi fokus kita? Bagaimana dapat mendengar jika kita sudah merasa nyaman/cukup dengan keadaan kita, atau bahkan mengeraskan hati?

1. MELIHAT

“Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal“ (2Kor 4:16-18)

Anda masih ingat lukisan tiga dimensi yang pernah menjadi tren beberapa tahun lalu? Untuk dapat melihat apa yang ada di dalam lukisan tersebut harus mengetahui bagaimana cara melihatnya. Kita harus terbiasa untuk dapat melihat gambar tiga dimensi tersebut.

Demikian juga kehidupan kita, kita harus belajar untuk memakai sudut pandang Allah, sehingga kita dapat mengetahui apa yang menjadi rencanaNya bagi kehidupan kita.

Abraham melihat dengan sudut pandang Allah ketika ia mempersembahkan Ishak. Yusuf melihat jauh ke depan dengan mimpi yang dari Allah ketika ia dijual oleh kakak-kakaknya. Daud melihat kemenangan yang Tuhan berikan ketika ia menghadapi Goliat.

Rencana Allah bukanlah rencana yang instan. Rencana Allah merupakan rencana jangka panjang (Long Term). Iblis selalu menipu manusia untuk menginginkan segala sesuatu dengan cara cepat. Dalam kitab Wahyu 12:12 disebutkan bahwa Iblis tahu kalau waktunya telah singkat. Janganlah kita terpancing oleh tipu muslihat iblis. Ketahuilah bahwa Tuhan tidak pernah terlambat, bahkan Dialah yang empunya kekekalan.

Ketika kita belajar melihat dengan sudut pandang Allah, kita bagaikan rajawali yang terbang naik tinggi. Kita akan melihat bahwa segala sesuatu yang di bawah menjadi kecil. Jarak pandang kita makin luas, makin jauh ke depan. Kita makin tahu segala sesuatu yang terjadi di sekeliling kita. Dengan kata lain, Tuhan menyingkapkan segala sesuatu yang sebelumnya tidak kita ketahui. Bukankah ini luar biasa?

Dengan belajar melihat situasi sekeliling kita dengan sudut pandangNya. Tuhan akan memberitahukan rahasia-rahasiaNya secara ajaib!

(Bersambung…)


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 2 respon

  1. Trimakasih bt Tuhan Yesus kristus,dgn mencintai Tuhan Yesus kristus ada mujizat dlm hidup yg luarbiasa,kesejukan,kekuatan,pemahaman,keselamatan,I love YOU my God Jesus Christ

  2. Renungan yang menyentuh hati. Jutaan Terima kasih. Kami doakan Tuhan terus-menerus mengurapi dan memberkati kehidupan Pak Riva dan keluarga.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: