Pelita Hidup Jangkau Dunia

Meraih Jawaban Doa

Bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar di antara umat-Ku, dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.“ 2Taw 7:13-14

Tuhan mengajar kita cara berdoa melalui „Doa Bapa Kami“ (Mat 6:9-13). Dia selalu mengambil waktu utk berdoa. Dan Tuhan masih berdoa untuk kita sampai saat ini (Yoh 17). Banyak sekali jenis-jenis doa, di antaranya doa permohonan, doa ucapan syukur, doa syafaat, doa puasa, doa peperangan dan doa profetik.

Doa yang dinaikkan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan dampak yang luar biasa, seperti ada tertulis, “Lalu berkatalah Elia, orang Tisbe, dari Tisbe-Gilead, kepada Ahab: “Demi Tuhan yang hidup, Allah Israel, yang kulayani, sesungguhnya tidak akan ada embun atau hujan pada tahun-tahun ini, kecuali kalau kukatakan.” 1 Raj 17:1

Bagaimana caranya supaya kita dapat meraih jawaban atas doa-doa yang kita naikkan ?

1. BERSERU, MINTA TERUS

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu” (Mat 7:7).

“Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui” (Yer 33:3).

Seperti Bartimeus (Mrk 10:48) yang berteriak makin keras, walau dihalangi.
Elia berdoa meminta hujan (1Raj 18:41-46).
Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan (Yak 5:17).

Belajarlah dari seorang anak kecil yang tidak akan berhenti meminta jika belum mendapat jawaban.

2. BERSERAH KEPADA KEHENDAK TUHAN

“Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu” (Yes 55:9).

“Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki” (Mat 26:39).

Ada hal tertentu yang merupakan penghalang bagi jawaban doa :

“Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu” (Yak 4:3).

Ketika berdoa utk sesuatu yang kita butuhkan, biarlah kehendak Tuhan yg jadi.

3. PEKA AKAN JAWABAN TUHAN & MENERIMANYA

“Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia” (1Co 2:9).

Belajarlah untuk mengerti kapan saatnya Tuhan memberikan jawaban atas doa kita.

Flashback kehidupan kita. Lihat jalur yg telah kita tempuh. Tuhan memberkati kita dgn cara yg tidak kita pikirkan. Berseru, berserah, kemudian peka & terima jawaban dari-Nya.


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 17 respon

  1. Mohon doakan pergumulan sya. 
    Pribadi untuk mendapatkan jawaban atas pergumulan hidup sya.
    Saya merasa selalu diikuti roh gagal dan tidak beruntung. Saya sering mendapat tekanan sehingga sy keluar dari pekerjaan. Tekanan dari keluarga terutama mama. Saya minta Tuhan perjelas panggilan dan tujuan hidup saya. Saya di jodohkan dengan pria yg blm pernah sy temui. Saya minta Tuhan tunjukkan jika memang dia betul dari Tuhan kasih saya tanda. Saya minta kepekaan untuk mendengar dan memahami suara Tuhan.

    Saya yakin Tuhan akan menjawab doa saya ini.

    Amin

  2. Tuhan menguatkan bahuku 
    Tapi kini bahuku sangat sakit memikul bebanan ini
    Aku sudah tidak tahu apa lagi harus aku buat
    Aku cukup penat dengan dugaan yg menimpa 
    Tekanan hidup
    Wang tidak pernah cukup
    Kadang saya bosan dengan kehidupan saya 
    Gaji sangat kecil tapi kos sarah hidup sangat tinggi
    Badan ku selalu sakit 
    Waktu saya bersalin tiada sesiapa pun bantu saya walau suami sendiri pun tidak pernah kesah dengan kesihatan saya
    Bila saya sakit dia kata saya ini pemalas 
    Saya selalu berdoa pada tuhan
    Supaya saya dapat selesaikan masalah saya ini
    Saya perlu berkerja tapi tiada sesiapa nak jaga anak anak saya yg masih kecil nak hantar ke nesery pun saya tak punyi duit utk bayar diposit 
    Saya perlukan wang utk memulakan kehidupan ini

    Doakan saya

  3. MOHON DI DUKUNG DALAM DOA DANA PERSIAPAN pernikahan tgl 24 mei ini sya sampai punya niat untuk bunuh diri karena kendala dana di mana undangan dan segala telah dipersiapkan

  4. Edward Budi Setiawan
    Thursday 26 April 2012, 6:28 pm

    Bagaimana dengan kutuk dan kuasa kegelapan yang menghalangi, bahkan merebut, jawaban doa dari Tuhan untuk kita, bagi orang yang menggunakan kuasa kegelapan tersebut? Bagaimana cara memenagkan peperangan rohani?

  5. Mery Lelyana Lingga
    Monday 19 September 2011, 8:02 pm

    Dalam satu tahun ini saya tdak mengerti hidup ku dan semua pencobaan yang terjadi. Saat ini saya menghadapi tidak ada jalan sama sekali (buntu). saya tdak mampu membayar kredit saya, dagangan saya sepi pembeli sehingga pemasukan tdak ada, anak-anak saya tidak bisa saya bayarkan uang kuliah, uang sekolah mereka, karena saya tdak punya uang. Dan paling saya tdak mengerti, anak saya akan menghadapi ujian sidang akhir skripsinya, tapi saya tidak punya uang. saya coba meminjam tapi tidak dapat. saya tidak yakin Tuhan menginginkan hidupku seperti ini, saya memohon bantuan doa agar pintu usaha saya dibukakan, dan usaha saya kembali seperti semula, saya tetap Yakin dan Percaya, hanya saya tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidup saya.

  6. Ade Ray Cestra Surbakti
    Wednesday 4 August 2010, 7:20 pm

    Blog pelita hidup ini sungguh luar biasa.
    Saya yakin banyak yang diberkati melalui artikel-artikel yang terdapat di dalam blog ini.
    Buat ke depannya,semoga blog ini dapat lebih lagi menjadi berkat buat banyak orang…
    Tuhan memberkatimu dan keluargamu..

  7. terima kasih pa riva,, saya sangat tersentuh membaca renungan dari bpk tentang meraih jawaban doa,, jujur saya mau menagis ketika saya membaca renungan ini,,karna sy pnya pergumulan yg sangat berat,,sdh cukup lama sy menantikan jawaban doa sy,, tentang rumah tangga saya, pekerjaan,, dan kuasa gelap yg terus menyerang sy,, dan msh byk lg cobaan dan beban yg saya harus pikul,,rasa2 nya sy pengen menyerah sj,, tapi sy percaya pa TUHAN tak akan tega melihat sy hidup dalam cobaan terus menerus….. trima kasih byk pa utk bahan renugannya… tlg doakan sy pa tentang beban dan pergumulan sy,, sy selalu berharap pada tuhan yesus…… tuhan memberkati bpk,,keluarga bpk,, dan pelayanan bpk… maju terus pa…….. tuhan bersama kita

  8. mohon dukungan doa agar keponakan sy yg bernama marta dapat diterima bekerja di rumah sakit pantai indah kapuk

  9. Shalom Daniel,
    Kami semua berdoa untuk segala usaha Daniel agar senantiasa diberkati.
    Tetap lakukan FirmanNya maka Tuhan juga akan memberikan keberuntungan bagi setiap usaha Daniel.
    GBU always

  10. minta torong doakan usaha warnet supaya berkebang dan majuh dukung doa supaya untung besar $19juta &bisaha beri pinter,barang di tukar kebari dengan cepat

    kita bareng torak untuk usaha warnetsupaya untung ,bajak jabang dimana saja

    1 saya torak rugi
    2saya torak bang kurut
    3saya torak mengebara
    4saya torak tidak dapat untung
    5saya torak kerusakan
    6saya torak resesi ekonomi
    7supa saya diberkatin 1000 kali gada kita generasi biyamin,kita juga generasi mijak dan agur kita saring mendoakan masala saya ini supaya berasir pujah ruma dibumi&di sorga. terimakasi dukung doa sayaini baras dengan jeras supaya saya merasakan mujizat setiap hari.

  11. Shalom Inke,

    Tuhan tidak pernah berjanji bahwa hidup kita akan jauh dari masalah,
    tetapi yang pasti adalah: Dia berjanji akan memberikan kekuatan dan jalan keluar untuk setiap masalah yang kita hadapi.

    “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” 1Kor 10:13

    Maju terus dan berserah sepenuhnya kpd Tuhan.
    God bless you

  12. Syalom…

    Tuhan Jauhkah Aq dariMU, knp masalah demi masalah dlm kehidupan Rumah tanggaku tidak perna ada habisnya…

  13. Dear Sdra Yong HPM,

    Sdra Yong HPM yang terkasih dlm YESUS KRISTUS, raihlah janji TUHAN sebab IA tidak pernah ingkar janji.

    Mazmur 34:8
    Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan DIA, lalu meluputkan mereka.

    Mazmur 46:2
    Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.

    Ulangan 28:1-68
    Berkat & Kutuk

    Mazmur 51: 1-21
    Pengakuan dosa

    Sdra Yong HPM, firman TUHAN di atas sgt menguatkan dan menghibur saya, karena itu saya juga ingin membagikannya untuk Anda.
    Silakan dibaca dan dipelajari, jika kurang paham Bapak bisa konsultasikan kepada Pak Riva.

    Memang benar kata Pak Riva, TUHAN senantiasa memproses kita dengan segala cara agar kita bisa lebih dekat lagi kepada-NYA. TUHAN rindu kita intim dengan-NYA
    Tubuh kita merupakan bait ALLAH yang patut kita jaga, saya juga pernah mengalami sakit maag akut, namun sekarang telah TUHAN sembuhkan.

    Rancangan TUHAN mendatangkan kemuliaan bagi nama-NYA dan tentunya bagi kebaikan kita. TUHAN YESUS teramat baik.
    Percaya dan yakinlah, TUHAN membuat segala sesuatu indah pada waktunya.
    IA hanya ingin kita semua berserah total kepada-NYA, haleluya, amin.

    Sincerely in CHRIST,
    Melinda

  14. Dear Yong HPM,

    Doa saya senantiasa menyertai Anda & Ruslan, spy Tuhan menjamah Anda berdua dan terlepas dari segala macam penyakit yang menyerang.
    Tuhan senantiasa memproses kita dengan segala cara. Biarlah melalui kejadian ini, kita bisa lebih dekat lagi kepada Dia.
    Terus perdalam hubungan dengan Tuhan. Pelajari firmanNya. Firman Tuhan adalah firman yang hidup, yang sanggup menyembuhkan segala penyakit.
    Oleh bilurNya Anda berdua pasti sembuh.
    GBU

  15. Syalom…

    Sangat Mohon di doakan selalu :

    1.Yong HPM, sdh 6 bulan ( bln april s/d october 2008), sesak nafas/berat nafas/nafas tdk longgar ( sudah jenuh ke dokter ) namun apapun penyebabnya, mungkin krn maag/pencernaan/lambung ( dulu aku pernah sakit maag tp saat ini lambungku sudah tdk terasa sakit lagi ) atau sesak nafas/tdk longgar bernafas krn disebabkan ada penyakit lainnya, atau krn ada kuasa roh jahat yg coba-coba menggangu, atau krn ketegangan pikiran, mohon di doakan agar Tuhan Yesus berbelas kasihan menjauhkan dari segala sakit penyakit berbahaya dan agar Tuhan Yesus menyembuhkan dan memulihkan Yong HPM.

    2. Ruslan M, Sakit maag/lambung kronis, mohon di doakan agar Tuhan Yesus berbelas kasihan menjauhkan dari segala sakit-penyakit berbahaya dan kuasa jahat yg coba-coba menyerang, dijauhkan dari ketegangan pikiran dan agar Tuhan Yesus menyembuhkan dan memulihkan Ruslan M.

    Tambahan : agar Tuhan Yesus Kristus memakai kami menjadi pelayan Nya yg setia.

    Terima kasih… Tuhan Yesus memberkati
    Jakarta 14 oct 2008

    Yong HPM

  16. Dear Lita,
    Percaya dan berserah padaNya, Dia pasti akan memberikan yang terbaik bagi keluarga anda. Berdoa untuk setiap langkah yang dibuat, dan berjalanlah dengan iman. Anda akan melihat kuasa Tuhan dinyatakan dalam setiap langkahmu.
    “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia”
    God be with you…

  17. Mohon doakan keluarga kami lagi bergumul utk dpt menjual pabrik kami di amurang.Tuhan Yesus agar mengutus pembeli yang terbaik dari Tuhan.apa yg kami alami sekarang biarlah menjadi kekuatan bagi keluarga kami agar semakin dekat dgn Tuhan Yesus.Tuhan Yesus campur tangan akan segala rencana keluarga kami(lee-kusen), baik rumah tangga kami,anak-anak kami dan usaha usaha kami.Tuhan Yesus menjadi sumber pengharapan hidup kami.dan campur tangan secara details apa semua yang kami rencanakan dan lakukan.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: