Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terlepas Dari Kesesakan

terlepas-dari-kesesakan“Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada Tuhan, kepada Allahku aku berteriak minta tolong. Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong kepada-Nya sampai ke telinga-Nya“ Mazmur 18:7

Mazmur 18 merupakan kitab nyanyian syukur Daud kepada Tuhan, karena Tuhan telah melepaskan hidupnya dari cengkeraman semua musuhnya dan juga dari tangan Saul yang selalu mengejar-ngejar dia.

Daud begitu banyak mengalami kesesakan dalam hidupnya. Tetapi pada akhirnya Tuhan mengangkat dia dan memuliakan namanya atas seluruh bangsa.

Apa yang menjadi rahasia Daud sehingga dia dapat terlepas dari semua kesesakan yang dialami ?

1. Menjadi seorang yang berkenan di hatiNya

“…Tuhan telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya…” 1 Sam 13:14

Daud memilki hati yang tulus di hadapan Tuhan sehingga dia disebut “A man after His own heart”.

Manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati (1 Sam 16:7).

Terhadap orang yang setia Tuhan berlaku setia (Maz 18:26-27).

Jangan keraskan hati. Rendahkan hatimu di hadapan Tuhan, seperti Daud (2 Sam 15:25-26)

2. BERSANDAR DAN PERCAYA PENUH KEPADA ALLAH

“…Sebab siapakah Allah selain dari TUHAN, dan siapakah gunung batu kecuali Allah kita?” Maz 18:31-36

Banyak kejadian yang Daud alami yang membuat dia sangat terjepit (1 Sam 30:6). Tetapi Daud tetap percaya kepada Allahnya yang hidup. Daud tahu pasti bahwa Tuhan pasti memberikan pertolongan dan jalan keluar bagi setiap masalah yang dia hadapi.

Daud selalu membawa setiap masalahnya ke hadapan Tuhan. Dia percaya penuh bahwa Tuhan yang mengendalikan seluruh langkah hidupnya.

Dan setiap kemenangan yang diraih, membawa Daud semakin dekat kepada Allah. Sehingga nyanyian syukur dapat keluar dari mulutnya sebab Tuhan hidup (Maz 18:47-51).


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 2 respon

  1. Hanya Tuhanlah menjadi penolong yang setia. Ya Tuhan……….terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela. (Maz.18:26) GBU.
    Terimakasih buat tulisnya sangat membangun iman………… tetap semangat berkarya dalam Tuhan.

  2. Tuhan….Condongkan hatiku selalu kepadamu…karena hanya kepadamulah aku memohon… kalau Tuhan bisa membantu Daud….dan saya yakin bahwa Tuhan juga akan membantu saya dan keluarga saya dalam masa kesesakan ini… Syallom saudaraku dalam Kristus Yesus… mari kita berdoa bersama-2 bagi saudar-2 yg kena musibah/menghadapi masa kesesakan ini…. Bapak yang kekal kupersembahkan jiwa dan ragagu sebagai pemulihan dosa dosa kami dan dosa seluruh dunia…. Demi sengsaranya Yesus yang pedih, Tunjukanlah belas kasihmu kepada kami dan seluruh Dunia. Amien

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: