Pelita Hidup Jangkau Dunia

Hidup Berkenan Kepada Allah

hidup-berkenan-kepada-allah“…Tidak tahukah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.“ Yakobus 4:4

Keadaan dunia yang semakin tidak menentu menuntut manusia agar selalu menyesuaikan dirinya dengan keadaan dan lingkungannya. Tidak terkecuali umat Tuhan. Banyak umat Tuhan yang ikut berkompromi dengan cara-cara dunia agar mereka dapat diterima atau bahkan dapat mencapai sukses di dalam hidupnya.

Tetapi Alkitab mencatat bahwa persahabatan dengan dunia merupakan permusuhan dengan Allah. Karena manusia tidak dapat mengabdi kepada dua tuan (Mat 6:24).

Bagaimana supaya kita tidak tercemar oleh keadaan dunia ini sehingga menjadi umat yang berkenan kepada Allah ?

1. Tunduk Kepada Allah

“Karena itu tunduklah kepada Alah …” Yak 4:7a

Kita harus tunduk di bawah kehendak Allah yang sempurna. Miliki roh penundukan diri di hadapan Allah (submission spirit).

Biarlah kita melakukan apa yang berkenan di hati Allah (Gal 1:10).

Lakukan apa yang menyukakan hati Tuhan. Dan biarlah ini yang selalu menjadi kerinduan bagi kita setiap saat. Apapun yang kita lakukan, lakukanlah itu untuk Tuhan (Kol 3:23).

Kuasailah dirimu (1 Pet 4:7) dan jangan kompromi dengan cara-cara dunia.

2. Lawan si Iblis

“…lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu !” Yak 4:7b

Iblis sudah hidup ribuan tahun. Dan dia mempunyai banyak cara untuk menjatuhkan umat Tuhan. Tapi ada satu hal yang dia takuti, yaitu umat Allah yang tunduk kepada Allah dan melawan dia (iblis).

Pakailah seluruh perlengkapan senjata Allah (Ef 6:10-18); kuasa doa, kekuatan iman, pedang bermata dua yaitu firmanNya, untuk melawan si iblis.

Tolak segala cara-cara dunia yang tidak berkenan di hadapan Allah. Iblis tidak akan tahan terhadap perlawanan umat Tuhan.

Kuasa darah Yesus terlalu besar untuk dikalahkan (1 Kor 15:54-55). Iblis akan takut dan lari daripada kita.

Penundukan diri kepada kehendak Allah dan perlawanan kepada si iblis akan membuat kita tidak tercemar oleh keadaan dunia ini.

Dan pada akhirnya kita akan kedapatan kudus, tidak bercacat dan berkenan di hadapan Allah.


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 1 respon

  1. terima kasih Tuhan, untuk fimanMu ini, miliki integritas diri dalam Tuhan dlm kehidupan didunia ini tetap berpegang dlm kebenaran firman Tuhan, berani ambil resiko, tdk untuk kompromi dgn hal keduniawian tetapi yes Tuhan Yesus.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: