Pelita Hidup
“Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang...

hidup-yang-terpelihara“Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya.” Matius 9:17

Anggur yang baru merupakan hasil dari proses fermentasi. Anggur hasil fermentasi akan mempunyai suatu kekuatan yang luar biasa (Ayb 32:19), sehingga anggur yang baru akan disimpan di dalam wadah yang baru dan kuat.

Anggur berbicara tentang Roh Kudus. Tuhan senantiasa mencurahkan Roh-Nya yang baru setiap hari. Oleh karena itu diri kita harus senantiasa diperbaharui, agar RohNya dapat memenuhi hidup kita dan bekerja dengan kekuatan yang luar biasa. <!–[if !vml]–><!–[endif]–>

Bagaimana caranya agar hidup kita tetap terpelihara dan senantiasa diperbaharui?

1. HIDUP DALAM FIRMAN TUHAN, Yoh 7:38

“Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

Kantong/kirbat anggur yang digunakan pada jaman Yesus adalah kantong yang terbuat dari kulit binatang. Jika tidak dirawat maka kantong tersebut akan kering dan kemudian pecah-pecah. Untuk menjaga agar kantong tersebut tidak kering dan pecah-pecah, maka hal pertama yang dilakukan adalah kantong tersebut direndam di dalam air.

Sama halnya dengan hidup kita. Kita harus hidup dan tinggal di dalam firmanNya. Baca dan renungkan firmanNya setiap hari. Lakukan firmanNya, maka hidup kita akan senantiasa dibasahi oleh aliran-aliran air hidup.

2. HIDUP DALAM DOA, Luk 21:36

“Berjaga – jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan…”

Kantong/kirbat anggur yang sudah direndam dalam air akan diolesi dengan minyak. Dengan demikian kantong itu akan menjadi tetap kuat seperti baru.

Selain hidup dalam firman, kita juga harus hidup dalam doa. Kehidupan doa akan membuat kita senantiasa dipenuhi oleh urapan Tuhan. Roh Kudus akan memberi kita kekuatan supranatural (Kis 1:8). Bersama Tuhan kita akan lakukan perkara besar.

Kegerakan Roh Tuhan semakin cepat dan semakin kuat akhir-akhir ini. Marilah kita senantiasa memelihara hidup kita agar rencana Tuhan dapat bekerja secara sempurna di dalam hidup kita.

Seperti gadis bijaksana yang tidak hanya membawa pelita saja, tetapi mereka juga menyiapkan minyak (Mat 25:4). Biarlah kita juga senantiasa hidup di dalam firmanNya dan berjalan di bawah kuasa urapan Roh Kudus, sehingga pada akhirnya kita akan kedapatan tidak bercela di hadapanNya.

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • farida evi Tarihoran

    January 12, 2014 #1 Author

    Syalom, terimakasih atas renungan ini membuat hati bersukacita dalam Tuhan. GBU

    Reply

  • David

    March 23, 2012 #2 Author

    terima kasih atas renungannya, bukan suatu kebetulan saya membuka renungan tentang 3 Kunci Mendapatkan Kekuatan di Masa Sukar, hal ini sangat relevan dengn keadaan sekarang ini. skali lagi terima kasih. Tuhan Yesus Memberkati Pelayanan dari Pelita Hidup.

    Reply

  • jury

    June 2, 2011 #3 Author

    Sunguh renungan yang indah terimakasih saudarku yang telah menerbitkan renungan ini membuat kita untuk senatiasa berjaga2 dan memlihara kehidupan kita untuk berbuat baik dan berbuat sesuai dengan yang di firman kan Tuhan kepada Umat nya….Terimakasih Tuhan atas firmanMu ini ajarlah anakMu ini untuk mengerti danjagalah setiap perbuatan kami supaya kami tetap berjalah di jalan yang telah Tuhan ajarkan kepada kami.Amin God Bless Us….

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *